cover
Contact Name
Agus Junaidi
Contact Email
agus.asj@bsi.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.widyacipta@bsi.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Widya Cipta : Jurnal Sekretari dan Manajemen
ISSN : 25500805     EISSN : 25500791     DOI : -
Core Subject : Science, Social,
Widyacipta: Jurnal Sekretari dan Manajemen dipublikasi mulai tahun 2017 dengan P-ISSN: 2550-0805 E-ISSN: 2550-0791 memuat tulisan ilmiah tentang gagasan konseptual, kajian, aplikasi teori, studi kepustakaan, dan hasil penelitian yang mempunyai fokus pada perkembangan manajemen, sosial, kesekretarisan, ekonomi, dan bisnis.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2022): Maret 2022" : 10 Documents clear
Hubungan Harga CPO, Nilai Kurs, dan IHSG selama Era Labelisasi Palm Oil Free Hary Saputra Sundoro
Widya Cipta - Jurnal Sekretari dan Manajemen Vol 6, No 1 (2022): Maret 2022
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (477.696 KB) | DOI: 10.31294/widyacipta.v6i1.12112

Abstract

Indonesia is the largest country in producing CPO of the world. CPO price should have relationship with Indonesia economy on to exchange rate and capital market. Moreover, Palm Oil Free policy has been released which is prohibit to consume CPO. This will certainly have an impact on the price of CPO which will later have a relationship with the exchange rate and the JCI.The research aims to determine the relationship between CPO prices, exchange rates and JCI during the Palm Oil Free period. The research method is VECM. The period is conducted during from January 2017 to June 2021. The result of the research is the CPO price and the exchange rate have a positive relationship. Then, JCI and the CPO price have a negative relationship and the relationship between the exchange rate and the JCI is positive during the Palm Oil Free era. The implication shows that the government must be able to control the price of CPO considering that this variable can be related to other macroeconomic fundamentals such as the exchange rate and capital market index. Keywords: CPO Price; Exchange Rate; JCI
Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Dian Mardiana; Rosdiana Sijabat
Widya Cipta - Jurnal Sekretari dan Manajemen Vol 6, No 1 (2022): Maret 2022
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (137.377 KB) | DOI: 10.31294/widyacipta.v6i1.11126

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh positif dan signifikan consumer review online, promosi dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian pada pembelian tiket pesawat di PT. XYZ selama pandemic Covid-19. Data primer dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang disebar melalui Google Form. Penelitian ini menggunakan sebanyak 400 responden pada anggota fan page PT. XYZ dengan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda menggunakan program SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa consumer review online berpengaruh positif dan signifikan  terhadap keputusan pembelian, Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dan kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian The purpose of this study is to examine the effect of consumer review online, promotions and trust in purchasing decisions on purchasing airplane tickets at XYZ, Inc. during the Covid-19 pandemic. Primary data were collected by using a questionnaire distributed via Google Form. The sampling method used was purposive sampling. Data analysis used multiple linear regression analysis with SPSS 25 program. The findings revealed that online consumer reviews positively and significantly influence purchasing decisions, promotion positively and significantly influence purchasing decisions and trust positively and significantly influence purchasing decisions 
Urgensi Literasi Keuangan Terhadap Pengelolaan Keuangan Pribadi Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia Reni Hariyani
Widya Cipta - Jurnal Sekretari dan Manajemen Vol 6, No 1 (2022): Maret 2022
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (242.694 KB) | DOI: 10.31294/widyacipta.v6i1.12234

Abstract

Ketidakpastian ekonomi merupakan salah satu dampak dari pandemi Covid-19 di Indonesia. Pemulihan ekonomi dilakukan dengan berbagai upaya. Program literasi keuangan mulai ditingkatkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan berbagai strategi. Konsep pemahaman dasar keuangan menjadi bekal utama dalam pengelolaan keuangan pribadi. Mayoritas sumber pemasukan utama mahasiswa berasal dari orang tua. Sedangkan karakteristik mahasiswa mengenai gaya hidup dimaknai dengan menikmati hidup yang hanya sekali (YOLO/ You Only Live Once) dan ketakutan ketinggalan tren yang tengah berlangsung di komunitas (FOMO/Fear Of Missing Out). Kondisi inilah yang membuat semakin memprihatinkan dalam kondisi pandemi Covid-19 dimana orang tua berusaha semaksimal mungkin untuk memenuhi semua kebutuhan biaya kuliah dan uang saku putra putrinya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan literasi keuangan terhadap pengelolaan keuangan pribadi mahasiswa. Metode asosiatif digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan skala likert dan teknik purposive sampling dalam pemilihan responden. Sampel penelitian berjumlah 116 Orang berasal dari mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Bisnis  Universitas Budi Luhur dan Akademi Sekretari Budi Luhur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara literasi keuangan dengan pengelolaan keuangan pribadi mahasiswa dalam bentuk hubungan moderat dan arah koefisien positif. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi literasi keuangan yang dimiliki oleh mahasiswa maka semakin baik pengelolaan keuangan pribadi yang dilakukan oleh mahasiswa. Menumbuhkan habit menabung dan mulai melakukan micro investing merupakan cara yang dapat dilakukan oleh mahasiswa. Sebuah implementasi yang bijak dan tepat untuk bertahan dalam kondisi sulit serta meningkatkan kesejahteraan hidup di tengah kondisi pandemi Covid-19. Kata Kunci: Literasi, Keuangan, Pengelolaan, Mahasiswa.
The Effect Promotion E- Commerce Toward Effectiveness Promotion By Using (AIDA) Methods Nurvi Oktiani; Kartika Yuliantari; Taat Kuspriyono; Haryani Haryani; Rani Kurniasari
Widya Cipta - Jurnal Sekretari dan Manajemen Vol 6, No 1 (2022): Maret 2022
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (308.454 KB) | DOI: 10.31294/widyacipta.v6i1.11683

Abstract

Adpers-art communities is one of community have been built by similarity of hobbies, which is consist of making artworks in paper media or others which have three dimension. This research used quantitative method by multiply analysis regression, the sample from this research include 57 of consumer, the analysis data use reliability test, validity test, multicollinearity, Heteroscedasticity, Autocorrelation, normality, regression test. The Purpose of this research are known, the effect promotion E- Commerce toward effectiveness promotion by using AIDA Methods for Adpers – Art Community Product. For result, it can be described the regression model are significant  for measuring percentage from dependent variable and change independent variable every 1%, coefficient regression from attention :3.28, interest 6.43, desire : 3.324 as much can make increase effectiveness promotion, and Action :3.309 as much give effect for increasing effectiveness promotion , in advice, Adpers Art Community must think of about how to improve attention, desire and  action from consumer with any strategy for example increasing the effectiveness promotion by website and make specify strategies for improve especially attention, desire and action from consumer
Strategi Inovasi Bumdes Meningkatkan Potensi dan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Mukhrizal Effendi; Muhammad Taher Rambe; Rini Antika Ritonga; Riana Sitio
Widya Cipta - Jurnal Sekretari dan Manajemen Vol 6, No 1 (2022): Maret 2022
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (268.895 KB) | DOI: 10.31294/widyacipta.v6i1.11479

Abstract

Kabupaten Labuhanbatu Utara telah mengalokasikan dana Desa sejak tahun 2014 dengan harapan pembangunan semakin merata sampai ke tingkat desa. Terdapat 57 Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang berstatus aktif sejak tahun 2018, namun berdasarkan jumlah tersebut posisi BUMDes rata-rata masih pada posisi cluster rintisan, dimana ditandai dengan sistem manajemen masih tradisional, SDM terbatas dan pemasaran yang belum memadai. Agar rakyat pedesaan dapat mengembangkan potensi, sehingga tidak dirugikan dan lebih diuntungkan, maka diperlukan arus balik dalam pemerataan sumber daya alam dan kebijakan. Permasalahan memilih dan menentukan jenis usaha yang akan dijalankan oleh BUMDes merupakan masalah yang harus dituntaskan. Penelitian menggunakan pendekatan campuran (mix methods) antara kualitatif dan kuantitatif dengan studi kasus sebagai strategi penelitian. Data di peroleh dari wawancara, observasi dan kuesioner. Analisis data deskriptif dengan menggabungkan analisis SWOT. Hasil menunjukkan bahwa BUMDes di Kecamatan Kualuh Selatan, Kabupaten Labuhanbatu Utara tersebut secara umum sudah cukup baik, meskipun ada beberapa hal yang masih perlu dibenahi dalam hal pemilihan jenis usaha yang kurang sesuai kebutuhan masyarakat, belum memiliki sumber daya yang memadai. Peran kepala Desa dan Badan Perwakilan Desa (BPD) dan Direktur BUMDes sudah terjalin komunikasi yang baik. Keterlibatan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa sangat diperlukan untuk mensosialisasikan pendirian, rekrutmen pengelolaan BUMDes, penguatan kapasitas SDM dan pendampingan aktif BUMDes oleh SKPD terkait sebagai suatu rangkaian model.
Pengaruh Brand Image, Customer Engagement, dan Brand Reputation Terhadap Performa Perusahaan Dimediasi Keunggulan Bersaing Tiffany Valencia Wong; Rosdiana Sijabat
Widya Cipta - Jurnal Sekretari dan Manajemen Vol 6, No 1 (2022): Maret 2022
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (320.18 KB) | DOI: 10.31294/widyacipta.v6i1.12094

Abstract

Pandemi Covid-19 berimbas Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang berdampak terhadap berbagai sektor. Menurut literatur yang digunakan, diketahui jika kinerja UMKM dapat ditingkatkan dengan mengacu pada faktor brand image, customer engagement, brand reputation, dan keunggulan bersaing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image, customer engagement, dan brand reputation terhadap kinerja UMKM keunggulan bersaing. Penelitian ini merupakan penelitian kausal dengan populasi adalah UMKM yang berada di pulau Jawa. Teknik yang digunakan adalah simple random sampling, yakni seluruh populasi memiliki hal yang sama untuk dijadikan sebagai responden penelitian. Sampel penelitian merupakan 105 UMKM. Penelitian ini merupakan penelitian SEM-PLS dengan menggunakan bantuan software SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand image dan customer engagement memiliki pengaruh positif yang siginifikan terhadap keunggulan bersaing. Brand reputation tidak memiliki pengaruh terhadap keunggulan bersaing. Customer engagement dan keunggulan bersaing memiliki pengaruh positif yang siginifikan terhadap kinerja UMKM. Brand image dan brand reputation tidak memiliki pengaruh terhadap kinerja UMKM. UMKM dapat memanfaatkan customer engagement untuk meningkatkan keunggulan bersaing, yang pada akhirnya akan meningkatkan kinerjanya, perlu adanya evaluasi terhadap brand image dan reputation yang diterapkan oleh UMKM, dan juga UMKM dapat menyadari jika brand image dan reputationmerupakan sebuah modal yang dapat meningkatkan kinerjanya. Covid-19 pandemic had an impact on every sector including Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs). According to the literature used, it is known that the performance of MSMEs can be improved by referring to the factors of brand image, customer engagement, brand reputation, and competitive advantage. This study aims to determine the effect of brand image, customer engagement, and brand reputation on the performance of MSMEs in competitive advantage. This research is causal research with the population is MSMEs on the Java island. The technique used is simple random sampling, which means the entire population has the same thing to be used as research respondents. The research sample is 105 SMEs. This research is a SEM-PLS research using SmartPLS software.The results showed that brand image and customer engagement had a significant positive effect on competitive advantage. Brand reputation had no influence on competitive advantage. Customer engagement and competitive advantage had a significant positive influence on the performance of MSMEs. Brand image and brand reputation had no influence on the performance of MSMEs. MSMEs can take advantage of customer engagement to increase competitive advantage, which in turn will improve their performance, it is necessary to evaluate the brand image and reputation applied by MSMEs, and MSMEs can realize that brand image and reputation is a capital that can improve its performance.
Persepsi Generasi Z pada Penggunaan E-wallet selama Pandemi Covid-19 Dila Indriyani; Sri Hardianti Sartika
Widya Cipta - Jurnal Sekretari dan Manajemen Vol 6, No 1 (2022): Maret 2022
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (155.031 KB) | DOI: 10.31294/widyacipta.v6i1.12200

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi Generasi Z dalam penggunaan e-wallet selama masa pandemi Covid-19 di Tasikmalaya. Metode deskriptif kualitatif digunakan untuk menguraikan fenomena tersebut, melalui pengambilan data survey berupa kuesioner yang disebar dengan google form. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sample sebanyak 50 responden. Indikator yang digunakan untuk melihat persepsi Generasi Z ada penggunaan e-wallet yaitu persepsi manfaat, persepsi kemudahan, dan persepsi risiko. Data yang telah ada kemudian di olah dan diinterpretasikan dengan lebih dalam sehingga bisa diambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi manfaat menunjukan 92,6% generasi Z setuju bahwa e-wallet memberikan manfaat pada kegiatan bertransaksi, persepsi kemudahan menunjukan 93,63% generasi Z setuju bahwa e-wallet memberikan banyak kemudahan, serta persepsi risiko menunjukan 71,3% generasi Z memberikan tanggapan bahwa e-wallet memiliki risiko yang sedikit. Jadi bisa disimpulkan, penggunaan e-wallett pada generasi Z di Kota Tasikmalaya dipengaruhi adanya tiga persepsi yaitu manfaat, kemudahan serta resiko. This study aims to find out how Generation Z perceived the use of e-wallet during the Covid-19 pandemic in Tasikmalaya. Qualitative descriptive method was used to describe this phenomenon, by taking survey data in the form of a questionnaire distributed by google form. The sampling technique used a simple random sample of 50 respondents. The indicators used to see the perceived  of Generation Z are the use of e-wallet are perceived benefits, perceived convenience, and perceived risk. The existing data is then processed and interpreted more deeply so that conclusions can be drawn. The results showed that the perceived  of benefits showed that 92.6% of Generation Z agreed that e-wallet provided benefits for transaction activities, the perceived  of convenience showed that 93.63% of Generation Z agreed that e-wallet provided a lot of convenience, and the perceived  of risk showed 71.3%. Generation Z responds that e-wallet has little risk. So it can be concluded, the use of e-wallet in generation Z in Tasikmalaya City is influenced by three perceived s, namely benefits, convenience and usability.
Teknologi Informasi dalam Integrasi Supply Chain dan Pertukaran Informasi Terhadap Performa Supply Chain Wiji Safitri; Miftakul Huda
Widya Cipta - Jurnal Sekretari dan Manajemen Vol 6, No 1 (2022): Maret 2022
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (530.501 KB) | DOI: 10.31294/widyacipta.v6i1.11465

Abstract

UMKM sebagai sektor penggerak ekonomi mengalami penurunan performa di masa pandemi. Khusunya performa supply chain, teknologi dinilai sebagai hal yang dapat meningkatkan performa supply chain. Selain teknologi diduga ada hal lain yaitu Integrasi Supply Chain dan Pertukaran Informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Teknologi Informasi, Integrasi Supply Chain, dan Pertukaran Informasi dengan Performa Supply Chain. Penelitian ini merupakan penelitian explanatory. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada 200 UMKM. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Structural Equation Model yang menggunakan software IBM Amos 26 untuk olah data. Hasil penelitian menyebutkan Peran Teknologi Informasi terhadap Integrasi Supply Chain dan Pertukaran Informasi adalah positif signifikan, selain itu peran Integrasi Supply Chain terhadap Performa Supply Chain juga positif signifikan. Teknologi Informasi tidak signifikan secara langsung berpengaruh terhadap Performa Supply Chain begitu juga Pertukaran Informasi tidak signifikan pengaruhnya terhadap Performa Supply Chain. Dengan ini, UMKM perlu meningkatkan kesadarannya dalam pemanfaatan teknologi informasi karena dalam peningkatan integrasi supply chain akan mempengaruhi terhadap performa supply chain yang akan bersama – sama dengan mitra untuk berkordinasi dalam penyampaian barang yang lebih cepat kepada konsumen akhir dengan biaya lebih rendah. Selain itu, perlu dilakukan pengkajian mengenai peran teknologi secara tidak langsung terhadap performa supply chain.
Optimalisasi Antrean Pelayanan Customer Service Nasabah Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Kediri Trade Center Asis Sundari Sukma Intan Margasiwi; Hery Purnomo
Widya Cipta - Jurnal Sekretari dan Manajemen Vol 6, No 1 (2022): Maret 2022
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (298.185 KB) | DOI: 10.31294/widyacipta.v6i1.12170

Abstract

Bank merupakan lembaga keuangan yang berperan sebagai pendorong perekonomian guna  meningkatkan taraf hidup masyarakat di seluruh dunia. Pada sebuah bank sangat diperlukan model antrean untuk mengatasi panjangnya antrean. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti kinerja dalam sistem antrean yang terjadi saat transaksi serta bagaimana cara mengoptimalkan pelayanan nasabah dengan menerapkan model antrean di PT. Bank Syariah Indonesia, Tbk Kantor Cabang Kediri Trade Center. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Dalam mengumpulkan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara pengamatan serta interview sehingga dapat mengetahui antrean yang terjadi. Objek pada penelitian ini adalah Business Operational System Manager atau customer service. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja sistem antrean yang terjadi saat ini belum sepenuhnya optimal dengan tersedianya dua customer service.Kata Kunci: Bank, Antrean, Multiple Channel Query System
Implementasi Penerapan Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan PT. Retota Sakti Kota Pekalongan Di Era New Normal Aria Mulyapradana; Yustiana Dwirainaningsih; Salman Al Farisi
Widya Cipta - Jurnal Sekretari dan Manajemen Vol 6, No 1 (2022): Maret 2022
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (232.991 KB) | DOI: 10.31294/widyacipta.v6i1.11390

Abstract

AbstractThe purpose of this research is to determine the effect of implementing safety and health programs on work productivity in the new normal era at PT. Retota Sakti Pekalongan City. This research uses quantitative methods and explanatory research and the number of respondents is 90 respondents who are employees of PT. Retota Sakti. Occupational safety and health of employees is one of the determining factors for the success of companies both engaged in the production of goods and services. Productivity itself is not new in the business world, so many opinions or business perspectives are raised, how to actually measure the productivity standards of a business or company. So how much attention the company pays to the safety and health of employees in increasing their productivity. In the new normal era, it seems that it is now one of the words that are often echoed by business people. Not because the new normal era is a transition period from the COVID-19 pandemic, but precisely because the new normal era was the beginning of the revival of the productivity of business people since previously being shackled in the Covid-19 circle. This research concludes that there is an effect of work safety on work productivity and the effect of occupational health on work productivity in the new normal era. Keywords: work safety, occupational health, work productivity, new normal, covid-19

Page 1 of 1 | Total Record : 10