cover
Contact Name
Indriyanti
Contact Email
indriyanti.iyt@bsi.ac.id
Phone
+6285643793653
Journal Mail Official
jurnal.khasanahilmu@bsi.ac.id
Editorial Address
Jl. Ringroad Barat, Gamping Kidul, Ambarketawang, Kec. Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya
ISSN : 26555433     EISSN : 2527449X     DOI : http://dx.doi.org/10.31294/khi
Core Subject : Social,
Jurnal Khasanah Ilmu sebagai bagian dari semangat menyebarluaskan ilmu pengetahuan hasil dari penelitian dan pemikiran untuk pengabdian pada masyarakat luas. Situs Jurnal Khasanah Ilmu menyediakan artikel-artikel jurnal untuk diunduh secara gratis. Jurnal kami adalah jurnal ilmiah nasional yang merupakan sumber referensi akademisi di bidang Pariwisata, Perhotelan dan Budaya.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2014): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2014" : 8 Documents clear
Peranan Housekeeping Dalam Menangani Komplain Untuk Memberikan Kepuasan Tamu Di Mawar Asri Hotel Jogja Weningtyas Damayanti dan Yulianto
Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya Vol 5, No 2 (2014): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2014
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (305.496 KB) | DOI: 10.31294/khi.v5i2.498

Abstract

Hotel merupakan salah satu bentuk akomodasi yang menyewakan sebagian atau seluruh bangunannya bagi setiap orang untuk memperoleh penginapan beserta pelayanan makan, minum dan fasilitas tambahan yang lain. Dalam usaha jasa perhotelan unsur kepuasan tamu merupakan tolak ukur keberhasilannya. Hasil kepuasan tamu dapat didefinisikan sebagai sesuatu yang memuaskan dan melampaui keinginan dan kebutuhan tamu. Apabila tamu tidak puas maka akan menurunkan citra hotel. Ketidakpuasan tamu biasanya diungkapkan dalam bentuk komplain. Komplain ini bisa disampaikan oleh tamu kepada departemen manapun yang ada di hotel, tidak terkecuali pada Housekeeping Departement yang memiliki tanggug jawab atas kebersihan maupun kenyamanan tamu selama menginap di hotel. Berdasarkan hal tersebut penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai upaya yang dilakukan oleh Departemen Housekeeping di Mawar Asri Hotel Jogja dalam mengatasi komplain. Tujuan penelian mengetahui tugas dan tanggungjawab Housekeeping department, mengetahui complain dan bagaimana peranan yang dilakukan Housekeeping Departament dalam menangani complain tamu. Penelitian ini menggunakan empat metode penelitian yaitu observasi, interview, studi dokumentasi dan studi pustaka.Hasil dan kesimpulan dari penelitilian bahwa Housekeeping Departement selalu menjaga kebersihan, kerapian, keindahan seluruh area, juga bertanggungjawab atas kenyamanan tamu dan mampu menangani complain tamu yang sering terjadi pada air panas, AC, listrik, kamar kurang bersih dan lain-lain sehingga menangani tamu sesuai dengan SOP yang ada Hotel Mawar Asri. Kata Kunci:  Housekeeping, Kepuasan, Komplain.
PERKAWINAN ADAT JAWA DALAM KEBUDAYAAN INDONESIA Fahmi Kamal
Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya Vol 5, No 2 (2014): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2014
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/khi.v5i2.2427

Abstract

Upacara adat perkawinan merupakan serangkaian kegiatan tradisional turun-temurun yang mempunyai maksuddan tujuan agar sebuah perkawinan selamat sejahtera serta mendatangkan kebahagiaan di kemudian hari.Kebudayaan Jawa telah berinteraksi dengan norma – norma agama sehingga perkawinan adat Jawa merupakansuatu upacara tradisional keagamaan yang di dalam pelaksanaannya terdapat norma – norma agama. Tujuanpenelitian ini adalah untuk mengetahui kebudayaan masyarakat Jawa yang memiliki pola-pola kebudayaan berupaide-ide, cita - cita, adat istiadat, kepercayaan dan kebiasaan-kebiasaan lainnya yang dijadikan pedoman dalammencapai tujuan bersama untuk kelangsungan hidup masyarakat secara keseluruhan. Metode penelitian yangpenulis gunakan adalah studi pustaka (library research), website, dan sumber – sumber tertulis baik yang tercetakmaupun media elektronik sehingga dapat memperjelas penelitian ini. Dari hasil penelitian ini dapat dikatakanbahwa nilai sosial pada perayaan tradisi perkawinan adat Jawa dipercaya akan mendatangkan suatu pengaruhyang kuat berkenaan dengan kehidupan sosial budaya. Nilai – nilai keagamaan pada tradisi perkawinan adat Jawaadalah untuk lebih meningkatkan ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa dan pengucapan rasa syukur kepada TuhanYang Maha Esa karena telah diberi berkah, rahmat, serta pertolongan di masa sekarang dan dimasa yang akandatang.Kata kunci : Perkawinan adat Jawa, kebudayaan Indonesia
Pemasaran Online Melalui E-Tourism, Bauran Pemasaran Jasa Pariwisata Dan Pemosisian Untuk Promosi Pariwisata Daerah Di Indonesia Diah Pradiatiningtyas
Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya Vol 5, No 2 (2014): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2014
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (677.868 KB) | DOI: 10.31294/khi.v5i2.479

Abstract

Tourism is one sector that generates foreign exchange, equity, employment, and income that will accelerate the development of tourism and regional economic growth and regions income. Tourist visits are indicators of tourism development. The problem that arises then is how to maximize the tourism tourist traffic because conventional marketing no longer reach the community at large, especially outside of Indonesian society. Environmental dynamism evolving rapidly as the impact of globalization makes the role of the Internet become indispensable today. This paper attempts to examine the existing literature to form a concept of promotion of tourism through online marketing via e tourism, tourism services marketing mix and positioning. The method used is literature study with a scope of discussion of the online tourism marketing, tourism services marketing mix and positioning of tourism products. The results obtained from this study is that in order to establish an online marketing business tourism e need to establish tourism by developing tourism products, serial impact generated by the tourism industry, the structure of the tourism industry, the availability of communications and information technology devices. The next thing is to identify the marketing mix of tourist services that includes product, price, location, promotion, people involved, the service process, and physical evidence. The final step is to position the tourism products to gain competitive advantage.   Key Words: websites, marketing, online, promotion, tourism
Standar Operasional Reservation Section Di Cakra Kusuma Hotel Yogyakarta Heri Setyawan dan Ani Wijayanti
Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya Vol 5, No 2 (2014): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2014
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (363.673 KB) | DOI: 10.31294/khi.v5i2.505

Abstract

Reservasi adalah salah satu bagian dari front office departemen, yang bertugas menerima pesanan kamar tamu tamu yang akan menginap di hotel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana standard opersional yang diterapkan oleh bagian reservation section di Cakra Kusuma hotel. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara terhadap beberapa staff kantor depan hotel.  Ketatnya persaingan hotel, menuntut hotel Cakra Kembang untuk menerapkan standard operasional bagi kantor depan hotel. Penerapan standar operasional bagi reservation section di hotel Cakra Kembang, bertujuan untuk menciptakan pelayanan yang mampu memberikan kepuasan pelanggan, sehingga tercipta  repeat bussines. Selain itu standar operasional yang tepat, memberikan kemudahan bagi bagian reservasi dalam menangani keluhan pelanggan. Pesanan kamar tamu bisa berasal dari tamu individu atau tamu rombongan. Standar operasional prosedur yang ada di kantor depan hotel Cakra Kembang, diantaranya meliputi standar operasional prosedur pemesanan kamar, penanganan kedatangan tamu, perubahan pemesanan kamar, dan penanganan keluhan tamu. Standar operasional prosedur, yang diterapkan di kantor depan hotel Cakra Kembang, sudah dilaksanakan dengan baik oleh semua staff dan operasional berjalan dengan lancar.                                                 Kata kunci: Standar Operasional, Reservasi, dan Front Office.
Pengaruh Lingkungan Sosial, Perilaku Konsumen Dan Persepsi Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa BSI Yogyakarta Atun Yulianto
Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya Vol 5, No 2 (2014): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2014
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (330.963 KB) | DOI: 10.31294/khi.v5i2.496

Abstract

The small interest of students BSI Yogyakarta in entrepreneurship became an the problems which is the focus of this study. This situation is indicated by the least amount of students the following sort course entrepreneur that ever into a work program BSI Entrepreneur Center.  Based on this, researchers attempted to knowing several factors such as the social environment, consumer behavior and perception against student interest in entrepreneurship. The method used is quantitative descriptive with multiple linear regression analysis for knowing effect independent variables against the dependent variable either partially or simultaneously. T tests were done partially for social environment and consumer behavior no effect against the interest of students in entrepreneurship. Perception as an independent variable last as measured by t test showed significant effect against the interest of students in entrepreneurship.  While the simultaneously  based on the results of F test showed the significant influence between variable social environment, consumer behavior and perception simultaneously against interest  of BSI Yogyakarta  students in entrepreneurship.   Keywords: socialenvironment, consumer behavior, perceptions
Aktivitas Recepsionist Dalam Menangani Tamu Personal Di Ameera Boutique Hotel Yogyakarta Fandi Saputro dan Emmita Devi Hari Putri
Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya Vol 5, No 2 (2014): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2014
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (81.614 KB) | DOI: 10.31294/khi.v5i2.458

Abstract

Ameera Boutique Hotel  adalah salah satu hotel yang ada di Yogyakarta yang berlokasi di Jl. Dagen No 13 dan 15 Yogyakarta 55271 Indonesia. Hotel merupakan akomodasi yang menjual jasa pelayanan terhadap tamu yang ingin menginap di hotel tersebut.Departemen yang menangani tamu yang ingin menginap di hotel adalah departemen front office atau sering dikenal dengan reseptionis. Resepsionis adalah orang yang bertugas melayani tamu yang akan check in dan memprosesnya, sehingga memperoleh kamar sesuai yang diinginkan dengan cara yang menyenangkan serta menjalankan tugas lain yang berhubungan sesuai dengan job description. Dalam penulisan ini penulis menggunakan metode penelitian diskriptif kualitataif dimana penulis hanya menceritakan keadaan hotel yang menjadi tempat untuk melakukan penelitian.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih jauh tentang penanganan tamu personal yang ada di Hotel Ameera Boutique beserta tugas dan tanggung jawab seorang resepsionis.Proses pennganan tamu personal di Hotel Ameera Boutique masih menggunakan sistem operasional semi komputer, sehingga tidak menutup kemungkinan recepsionist untuk memberikan pelayanan yang baik dalam  melayani tamu personal di Ameera Boutique Hotel. Tugas dan tanggung jawab Tugas recepsionist dalam menangani tamu personal di Ameera Boutique Hotel adalah recepsionist memberikan kenyamanan dan pelayanan  yang baik bagi tamu personal dengan menonjolkan keramahtamahan recepsionist sehingga tamu merasa nyaman untuk tinggal di hotel. Keywords  :  Receptionist, Ameera Boutique, Personal Guest
Tradisi Rasulan Menjadi Andalan Etnik Tourism Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta Erlangga Brahmanto
Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya Vol 5, No 2 (2014): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2014
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (216.305 KB) | DOI: 10.31294/khi.v5i2.506

Abstract

Etnik tourism ( Wisata Budaya )  pada masa sekarang sering dijadikan senjata andalan suatu daerah untuk meningkatkan pendapatan asli daerah dibidang pariwisata. Kabupaten gunung kidul memiliki berbagai ragam tujuan wisata meliputi wisata alam, wisata budaya. Salah satunya adalah tradisi rasulan, tradisi ini kuat melekat pada masyarakat gunung kidul. Pemerintah daerah gunung kidul melirik potensi tradisi rasulan ini menjadi daya tarik wisata yang mampu menyedot jumlah wisatawan yang datang ke gunung kidul selain menikmati keindahan alam gunung kidul. Rasulan adalah tradisi yang unik karena perwujudan rasa syukur masyarakat gunung kidul kepada Tuhan yang maha esa atas karunia kesejahteraan, rezeki, panen yang melimpah. Dengan metode deskriptif kualitatif kita bisa mengetahui tradisi Rasulan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Tradisi ini dijadikan oleh pemerintah daerah gunung kidul sebagai cara untuk menaikan pendapatan daerah dari sektor pariwisata. Kata kunci : Etnik tourism, kebudayaan, pendapatan asli
Peranan Front Desk Agent Dalam Membentuk Citra Positif Di Dunia Perhotelan Wisnu Hadi
Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya Vol 5, No 2 (2014): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2014
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (313.552 KB) | DOI: 10.31294/khi.v5i2.497

Abstract

Hotel adalah industri hospitality yang dinamis yang menjual keramah-tamahan, fasilitas, dan kenyamanan dalam menginap. Disana terdapat beberapa departemen yang saling berhubungan dan merupakan kesatuan yang kuat satu sama lain. Sebagai salah satu departemen dalam hotel, Departemen Kantor Depan mempunyai tanggung jawab yang besar dalam memberikan kesan yang baik. Front Desk Agent adalah bagian dalam Departemen Kantor Depan yang mempunya tugas untuk menangani kebutuhan tamu dengan memberikan pelayanan yang baik.Untuk itu bagaimana membuat citra pada bagian Front Desk agar mempunyai citra yang baik dihadapan tamu. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah dengan lecture buku-buku yang mendukung tulisan ini terutama masalah-masalah buku-buku tentang kantor depan dan perannya. Dalam pembahasan ini adalah menjelaskan bagaimana bagian Reception menangani tamu. Pelayanan yang diberikan Front Desk Agent merupakan refleksi dari citra hotel. Ini berarti bahwa Front Desk Agent harus mampu menangani tamu secara profesional. Keramah-tamahan dan etiket yang baik dari Front Desk Agent sangat berguna dalam memberikan kesan yang baik kepada tamu. Oleh karena itu, bagian Reception mempunyai tanggung jawab penting untuk meningkatkan kesan tamu dengan memberikan pelayanan terbaik. Berdasarkan pembahasan bahwa  disimpulkan  Reception memiliki peranan penting dalam membangun citra baik hotel dengan memberikan pelayanan terbaik kepada tamu. Kata Kunci: Hotel, Front Desk Agent, Citra

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2014 2014


Filter By Issues
All Issue Vol 16, No 1 (2025): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2025 Vol 15, No 2 (2024): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2024 Vol 15, No 1 (2024): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2024 Vol 14, No 2 (2023): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2023 Vol 14, No 1 (2023): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2023 Vol 13, No 2 (2022): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2022 Vol 13, No 1 (2022): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2022 Vol 12, No 2 (2021): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2021 Vol 12, No 1 (2021): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2021 Vol 11, No 2 (2020): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2020 Vol 11, No 1 (2020): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2020 Vol 10, No 2 (2019): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2019 Vol 10, No 1 (2019): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2019 Vol 9, No 2 (2018): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2018 Vol 9, No 1 (2018): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2018 Vol 8, No 2 (2017): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2017 Vol 8, No 1 (2017): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2017 Vol 7, No 2 (2016): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2016 Vol 7, No 1 (2016): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2016 Vol 6, No 2 (2015): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2015 Vol 6, No 1 (2015): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2015 Vol 5, No 2 (2014): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2014 Vol 5, No 1 (2014): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2014 Vol 4, No 2 (2013): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2013 Vol 4, No 1 (2013): Jurnal Khasanah Ilmu - Masret 2013 Vol 3, No 2 (2012): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2012 Vol 3, No 1 (2012): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2012 Vol 1, No 1 (2010): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2010 More Issue