cover
Contact Name
Nurul
Contact Email
journal.pendidikan@uniga.ac.id
Phone
+6282118190799
Journal Mail Official
journal.pendidikan@uniga.ac.id
Editorial Address
Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151
Location
Kab. garut,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan UNIGA
Published by Universitas Garut
ISSN : 1907932x     EISSN : 25799274     DOI : http://dx.doi.org/10.52434/jp.v14i2
Jurnal Pendidikan adalah media ilmiah yang memuat gagasan ilmiah yang bersumber dari hasil penelitian, yang menyangkut tentang hal-hal yang berkenaan dengan model/ strategi/ bentuk pendidikan sebagai proses pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan/ atau kebiasaan sekelompok orang yang ditransfer melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. Jurnal Pendidikan merupakan media publikasi hasil penelitian dan telaahan kajian pustaka dari berbagai kalangan pemerhati dan pemrakarsa tentang pendidikan dan bidang humaniora, agar memberikan kontribusi bagi perbaikan/ memajukan teori dan implementasi pada bidang pendidikan dan kemanusiaan.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan UNIGA" : 9 Documents clear
Konsep Pembelajaran Materi Perubahan Benda dengan Menggunakan Metode Penemuan Terbimbing Siti Hadijah
Jurnal Pendidikan UNIGA Vol 11, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan UNIGA
Publisher : Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jp.v11i2.163

Abstract

Abstrak. Penggunaan sebuah metode adalah suatu keharusan bagi guru untuk menyampaikan materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti efektivitas metode penemuan terbimbing dalam upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan teknik kualitatif. Desain penelitian ini menggunakan model spiral sebanyak 2 siklus 4 pertemuan dengan langkah-langkah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Setiap siklus dilakukan tindakan sesuai dengan skenario pembelajaran dan untuk siklus selanjutnya berpedoman dari hasil refleksi siklus sebelumnya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, dan wawancara. Data penelitian dikumpulkan dengan instrumen berupa lembar observasi, tes hasil belajar dan wawancara. Hasil observasi kinerja guru dalam merancang RPP untuk tiap siklus mengalami peningkatan, pada siklus I pertemuan 1 2,9 (kurang memadai), siklus I pertemuan 2 mencapai 3.1 (cukup baik), siklus II pertemuan 1 mencapai 3.5 (memadai), dan siklus II pertemuan 2 mencapai 3,68 (memadai). Selain itu kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran untuk tiap siklus juga mengalami peningkatan, siklus I P1 mencapai 2,86 (cukup baik), siklus I P2 mencapai 2,95 (cukup baik), siklus II P1 mencapai 3.2 (memadai), dan siklus II P1 mencapai 3,40 (memadai). Hasil penelitian setelah dianalisis menunjukkan bahwa tes hasil belajar pada Siklus I dilanjutkan dengan Siklus II mengalami peningkatan. Siklus I P1 yaitu 67,06%, siklus I P2 yaitu 70%, siklus II P1 77,06% dan siklus II P2 82,35%. Target yang ingin dicapai sebelumnya adalah 75%. Hasil yang dicapai pada siklus terakhir adalah 82,35%. Hal ini menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode penemuan terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan metode penemuan terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada pada konsep faktor penyebab perubahan benda di kelas VI SDN 3 Pawindan Kabupaten Ciamis. Kata kunci: Belajar, perubahan benda, metode penemuan terbimbing
Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Ketelitian Mahasiswa Nurdin Muhamad
Jurnal Pendidikan UNIGA Vol 11, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan UNIGA
Publisher : Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jp.v11i2.158

Abstract

Abstrak. Masalah yang melatar belakangi penelitian ini adalah kurang berminatnya mahasiswa terhadap mata kuliah yang mengandung unsur hitungan karena memerlukan pemahaman terhadap konsepnya dan ketelitian saat mengerjakannya. Sehingga diperlukan alternatif model pembelajaran yang dapat mempengaruhi kemampuan berfikir kritis dan ketelitian dari mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti empiris yang membahas pelaksanaan model Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan ketelitian mahasiswa Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, sehingga sampel dibagi menjadi dua, yaitu kelas eksperimen menggunakan model PBL dan kelas kontrol yang menggunakan model. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kemampuan berikir kritis, skala sikap berdasarkan skala Likert, skala aktivitas siswa dan pedoman wawancara. Dari penelitian ini, diperoleh hasil bahwa Model PBL dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan ketelitian mahasiswa, hal ini diunjukkan dengan derajat korelasi antara kemampuan berfikir kritis dengan ketelitian mahasiswa dengan kriteria kuat dan signifikan. Kata kunci: PBL, kemampuan berikir kritis, dan ketelitian
Potret Kemajemukan Masyarakat Madinah pada Jaman Rasulullah Yusuf Baihaqi
Jurnal Pendidikan UNIGA Vol 11, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan UNIGA
Publisher : Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jp.v11i2.205

Abstract

Madinah pra kedatangan Rasulullah saw merupakan sebuah kota yang penuh dengan sisi negatif. Pasca kedatangan Rasulullah saw, sisi negatif yang melekat pada kota Madinah berubah menjadi positif. Persatuan merupakan kunci bagi kejayaan dan kesuksesan sebuah masyarakat yang heterogen. Saling menghormati dan membantu diantara masyarakat yang heterogen, akan melahirkan keuntungan dan menjauhkan kerugian bagi semua komponen dalam masyarakat yang heterogen tersebut, sebaliknya pengkhianatan dan pengingkaran atas sebuah kesepakatan dalam sebuah masyarakat yang heterogen, merupakan pintu masuk bagi tersingkirnya komunitas yang melakukan pengkhianatan dan pengingkaran tersebut. Kata kunci: Madinah, Heterogen, al-Qur’an
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar Irfan Hilman
Jurnal Pendidikan UNIGA Vol 11, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan UNIGA
Publisher : Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jp.v11i2.159

Abstract

Abstract. Cooperative learning according to some experts useful to grow the capability to work together and help friends. In the cooperative learning students actively involved in the learning process so that a positive impact on the quality of the interaction and communication quality can motivate students to improve school results. Research method used in this research is the method of the experiment facades (quasi experiment). Samples in this research amounted to 40 students for the class to Va and Vb. Divided into class experiment 20 students and control classes 20 students. The results of the study showed that significant difference between the value before we learn (pretes) with the value after learning (postes). Study results after getting the implementation of cooperative learning model model stay two stray (TSTS) greater than before treatment. Based on the results of research can be advanced that cooperative learning Model TSTS types better than conventional method both seen from the social skills and learning results. Recommendation from the results of this research are two types of cooperative learning model TSTS can be an alternative learning model in Social Studies lessons to the object other topics. Key Words: cooperative model, model two stay two stray, learning results, social skills.
Universalisasi Nilai-Nilai Komunikasi Bahasa Antar Umat Beragama Yufi Mohammad Nasrullah
Jurnal Pendidikan UNIGA Vol 11, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan UNIGA
Publisher : Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jp.v11i2.160

Abstract

Abstrak. Hampir di setiap pelosok atau daerah di kota Bandung mayoritas penduduknya beragama Islam, di lain pihak berbagai etnis dengan pemahaman agama yang berbeda berhadapan dengan lingkungan masyarakat yang mayoritas tersebut. Walau demikian, situasi dan kondisi kehidupan umat beragama di kota Bandung dipandang kondusif dan rukun. Kondusifitas dan kerukunan kehidupan antar umat beragama di kota Bandung jika tidak dikelola dengan baik, bukan mustahil persinggungan kehidupan antar umat beragama akan mendatangkan masalah baru bagi stabilitas sosial. Dengan demikian, ruang kebersamaan dalam kehidupan beragama di kota Bandung harus dipelihara agar solidaritas bermasyarakat menguat. Penelitian ini diorientasikan untuk menemukan titik-titik potensial yang dapat merekat komunikasi yang diperankan para pemeluk agama yang beragam. Artinya, jika terjadi kondisi rukun atau ketidakharmonisan dalam kehidupan antar umat beragama, maka kondisi itu salah satunya bersumber pada titik potensial tersebut, yang dalam penelitian ini adalah komunikasi melalui bahasa religiusitas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif beralur pada pendekatan naturalistik, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi dokumentasi.Hasil dalam penelitian ini, bahwa nilai-nilai komunikasi berupa diksi religiusitas yang bersifat universal dan dipandang dapat memelihara kerukunan hidup antar umat beragama di kota Bandung, yang dikemukakan oleh para tokoh-tokoh agama, di antaranya adalah adil, Alhamdulillah, Amin, Assalamu’alaikum, Ikhlas, Islah, Musyawarah, Rahmat, dan Silaturahmi. Kata kunci: nilai, komunikasi bahasa, umat beragama
Eksistensi dan Partisipasi Perempuan Muslim dalam Pembangunan Sumber Daya Manusia di Jawa Barat Masripah .
Jurnal Pendidikan UNIGA Vol 11, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan UNIGA
Publisher : Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jp.v11i2.161

Abstract

Abstrak. Eksistensi dan partisipasi perempuan dalam gerak pembangunan sumber daya manusia di Jawa Barat dalam diberbagai bidang pendidikan, sosial, kesehatan, politik dan keluarga nampaknya belum optimal. Penyebabnya sangat variatif, mulai dari persoalan marginalisasi, stereotype, subordinasi, misioginis, violence, domestik, publik, dan diskriminasi. Hasil penelitian ini mengindikasikan eksistensi dan partisipasi perempuan Muslim di Jawa Barat, berperan mewujudkan pesanpesan agama dalam pelbagai kehidupan sosial, pendidikan, dan kesehatan. Respon perempuan Muslim Jawa Barat terhadap permasalahan kaum perempuan yaitu mendukung berbagai kebijakan UU yang berpihak terhadap kaum perempuan. Perempuan Muslim Jawa Barat terus membangun kerjasama dengan berbagai pihak dalam mewujudkan keberpihakan terhadap kemajuan kaum perempuan. Sedangkan tantangan perempuan muslim yaitu tingginya kemiskinan kaum perempuan serta perempuan yang pendidikan tinggi belum memperlihatkan peran partisipatifnya secara signifikan. Keberagamaan perempuan Muslim dapat dilihat dari aspek ketaatan beragama yang diimplementasikan dalam ketaatan terhadap ajaran Islam yang meliputi kesolehan sosial dan kesolehan ritual. Kata kunci: keberpihakan, kebijakan, eksistensi, perempuan, muslim
Memberdayakan Eksistensi Pesantren Iman Saifullah; Hilda Ainissyifa
Jurnal Pendidikan UNIGA Vol 11, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan UNIGA
Publisher : Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jp.v11i2.156

Abstract

ملخص البحث المعهد هو المؤسسات التعليمية الإسلامية الذي لديه مفهوم صياغه فريد من نوعه و ذكائه، مع إطار القيم و الفلسفي و التعليم النظري وإدارة المعهدية في تحسين التحصيل الدراسي وتنمية السلوكية العقلية. وينبغي علي التعليمية المعهدية مستندا بالمجتمع (المنهج المجتمع) لنهج الهيكلية والثقافية. أدى المعهد وظيفتها لتعزيز المجتمع ما دام المسلمون قدرة وثقة لدعم وجود المعهد نفسه. كليمة رئيسية: القيم والفلسفية والمعهد
Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Kontekstual Euis Cucu Sukmanah
Jurnal Pendidikan UNIGA Vol 11, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan UNIGA
Publisher : Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jp.v11i2.162

Abstract

Abstract. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pada penggunaan model kontekstual dalam pembelajaran matematika materi pokok keliling dan luas lingkaran sebagai pola pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Metoda yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengadaptasi model Kasbolah dengan empat siklus. Topik pada tiap siklus pembelajaran disesuaikan dengan materi kelas VI SD sesuai kurikulum yang berlaku. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VI semester II SD Negeri 3 Cidolog Kecamatan Cidolog Kabupaten Ciamis yang berjumlah 22 orang. Hasil penelitian dengan mengadakan model kontekstual pada pembelajaran matematika menunjukan adanya peningkatan proses pembelajaran, hal ini dapat dilihat saat siswa dapat mengikuti proses pembelajaran dengan senang dalam kelompoknya, begitupula perolehan nilai siswa dalam pembelajaran matematika pada materi keliling dan luas lingkaran mengalami peningkatan. Kata kunci: hasil belajar, matematika, pendekatan kontekstual.
Manajemen Dana Bantuan Operasional Sekolah untuk Pencapaian Mutu Pembelajaran Hani Latifah
Jurnal Pendidikan UNIGA Vol 11, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan UNIGA
Publisher : Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jp.v11i2.157

Abstract

Abstract. Bantuan Operasional Sekolah (BOS) and its various polemic has always been a separate topic in education. The problems that arise in the implementation of government policies related to the BOS funds are very complex, both on a regional and national scale. This research uses descriptive method with qualitative approaches in elementary schools in Garut. The collection of data is carried out through observation, interviews, and documentation study. Specifically, the results showed: 1) the implementation of the management of BOS funds at the primary level in Garut has been grounded in legislation and regulations and technical guidelines that apply, but the result is not optimal because of the limited funds received by the school, with BOS the school is only able to meet operational needs daily course, unable to meet for other programs related to the achievement of the quality of schools. 2) The school seeks to prioritize the use of the budget on things that are important that have been designed previously in RKAS. However, in reality the principal difficult to use the funds exactly in accordance with RKAS.The school principal also difficult to innovate because the use of the funds should not be used instead of the 13 components that have been specified in the Technical Handbook (Technical Guidance) use of the funds. 3) are common obstacles and constraints in the implementation of BOS funds in improving the quality of education in elementary school. Primarily associated with insufficient funds for the attainment of quality education with funds sourced from the BOS funds alone. Delays in the distribution of BOS funds be an obstacle big enough and the lack of awareness and understanding of the principals in managing the BOS funds are transparent and accountable. This makes is difficult to increase the quality of education. 4) Step forward improvements that the budget allocation, the principal is attempting to establish priorities, the biggest allocation is to meet the standards development costs educators as well as the process of teaching and learning activities. Kata kunci: manajemen, Bantuan Operasional Sekolah, mutu pembelajaran

Page 1 of 1 | Total Record : 9