cover
Contact Name
Hasruddin Nur
Contact Email
asrul23.23.a2@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
asrul23.23.a2@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Phinisi Integration Review
ISSN : 26142325     EISSN : 26142317     DOI : -
Phinisi integration review dikelola oleh program studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar dengan ISSN: 2614-2317 (online) dan ISSN: 2614-2325 (Cetak), terbit 2 kali dalam setahun pada bulan februari dan agustus. Phinisi integration review menerima artikel atau tulisan ilmiah dalam bentuk hasil-hasil kajian analitis, penelitian, aplikasi teori, dan pembahasan perpustakaan tentang ilmu pengetahuan sosial terdiri dari pendidikan sejarah, pendidikan IPS terpadu, pendidikan ekonomi, IPS Ke SD-an, Pendidikan Hukum dan Kewarganegaraan, pendidikan sosiologi, Pendidikan Antropologi.
Arjuna Subject : -
Articles 26 Documents
Search results for , issue "Volume 6 Nomor 2 Tahun 2023" : 26 Documents clear
STRATEGI BERTAHAN HIDUP MASYARAKAT RELOKASI DI DESA SAWITTO KECAMATAN BUNGIN KABUPATEN ENREKANG Najamuddin Najamuddin; Sopian Tamrin
Phinisi Integration Review Volume 6 Nomor 2 Tahun 2023
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/pir.v6i2.47221

Abstract

This study aims to describe the community's survival strategy with the occurrence of relocation in the Sawitto Village, Bungin District, Enrekang Regency, the impact of the relocation of the population in the Sawitto Village, Bungin District, Enrekang Regency. The data obtained in this study were analyzed using qualitative descriptive analysis. The data collection techniques used were observation, interview and documentation. The results of this study indicate that 1) the survival strategy of the relocation community in Sawitto Village, Bungin Subdistrict, Enrekang Regency, is by farming and gardening, where previously they cleared forests for agricultural land and plantations then planted crops that were easy to produce results. 2) The impact of the relocation of the population in Sawitto Village, Bungin District, Enrekang Regency, there are two positive and negative impacts.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi bertahan hidup masyarakat dengan terjadinya relokasi di Desa Sawitto Kecamatan Bungin Kabupaten Enrekang, Dampak terjadinya relokasi penduduk di Desa Sawitto Kecamatan Bungin Kabupaten Enrekang. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) strategi bertahan hidup masyarakat relokasi di Desa Sawitto Kecamatan Bungin Kabupaten Enrekang ialan dengan bertani dan berkebun yang mana terlbih dahulu mereka membabat hutan untuk lahan pertanian dan perkebunan kemudian di tanami tanaman yang mudah mendatangkan hasil. 2) Dampak terjadinya relokasi penduduk di Desa Sawitto Kecamatan Bungin Kabupaten Enrekang yaitu ada dua dampak positif dan negatif.
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PEDAGANG GORENGAN DI PANTAI LOSARI KOTA MAKASSAR Musdalifah Musdalifah; Shintia Shintia; Nurdin Nurdin
Phinisi Integration Review Volume 6 Nomor 2 Tahun 2023
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/pir.v6i2.46030

Abstract

This research is quantitative descriptive. The population as well as the sample in this study were 30 people who worked as fried traders at Losari Beach, Makassar City. The implementation of this study aims to determine how much capital and labor wages have on the income of fried food traders at Losari Beach, Makassar City. Processing data on research variables using multiple regression analysis.The results showed that the F-table was 2.96 while the F-count was 344, 962 and the probability value of the F-count was 0.000. And t-table of 2.05; with the t-count value of the variable X1 to Y is 4.548; and variable X2 to Y is 3.978. Based on the value of F-count > F-table and T-count > T-table, it can be concluded. both simultaneously and partially, the variables of capital and labor wages have a significant effect on the income of fried food traders at Losari Beach, Makassar CityPenelitian  ini  merupakan  penelitian deskriptif kuantitatif.  Populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah  masyarakat yang bekerja sebagai pedagang gorengan di Pantai Losari Kota Makassar berjumlah 30 orang. Pelaksanaan  penelitian  ini  bertujuan untuk mengetahui seberapa besar variabel  modal dan upah tenaga kerja terhadap pendapatan pedagang gorengan di Pantai Losari Kota Makassar.  Pengolahan data pada variable penelitian menggunakan analisis regresi berganda. Hasil  penelitian menunjukkan  bahwa F-tabel sebesar 2,96 sedangkan F-hitung sebesar 344, 962 dan nilai probabilitas F-hitung 0,000. Serta t-tabel sebesar 2,05; dengan nilang t-hitung variabel X1 terhadap Y adalah 4,548; dan variable X2 terhadap Y adalah 3,978. Berdasarkan nilai  F-hitung > F-tabel dan T-hitung > T-tabel, maka dapat disimpulkan. baik secara simultan maupun persial, variabel modal dan upah tenaga kerja berpengaruh signifikan terhadap pendapatan pedagang gorengan di Pantai Losari Kota Makassar
PENERAPAN MODEL OUTDOOR LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS V UPTD SD NEGERI 59 PAREPARE Yonathan S Pasinggi; St Maryam M; Cece Mursyida
Phinisi Integration Review Volume 6 Nomor 2 Tahun 2023
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/pir.v6i2.46669

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran outdoor learning dapat meningkatkan proses dan hasil belajar tematik tentang komponen dan volume bangun ruang siswa kelas V UPTD SD Negeri 59 Parepare. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan pada proses dan hasil belajar matematika siswa setelah menerapkan model pembelajaran outdoor learning. Hal ini dibuktikan pada siklus I proses dan hasil belajar matematika memperoleh hasil persentase yang masih tergolong kategori cukup (C). Namun, setelah melakukan upaya perbaikan siklus I proses dan hasil belajar matematika pada siklus II memperoleh hasil persentase yang telah tergolong kategori baik (B). Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu dengan menerapkan model pembelajaran outdoor learning mathematics dapat meningkatkan proses dan hasil belajar tematik tentang komponen dan volume bangun ruang siswa kelas V UPTD SD Negeri 59 Parepare.
PERANAN PEMBELAJARAN PPKN DALAM MEMBENTUK SISWA YANG DEMOKRATIS DI SMP MUHAMMADIYAH BAORDING SCHOOL PALOPO Puspita Hartono; Firman Umar; Najamuddin Najamuddin
Phinisi Integration Review Volume 6 Nomor 2 Tahun 2023
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/pir.v6i2.46042

Abstract

This study intends to find out (i) know the role of Civics learning in forming democratic students at SMP Muhammadiyah Baording School Palopo, to (ii) the learning process of PPKn at SMP Muhammadiyah Boarding School Palopo, to (iii) find out the supporting and inhibiting factors in forming students who democratically at the Muhammadiyah Boarding School Middle School Palopo. This type of research uses qualitative research, which in this study describes the actual data obtained through the interview process. There are two data analysis techniques used in this study, namely, data reduction, namely summarizing the selection of basic rights according to the research focus of presenting data and drawing conclusions. Data collection techniques used are interview observations, data documentation.The results of this study show that (1) Civics learning has a role in forming democratic students at the Muhammadiyah Boarding Middle School in Palopo. (3) the learning process has been running starting from the introductory, core and closing activities. This has been going quite well (2) the supporting and inhibiting factors in forming democratic students at Muhammadiyah Boarding School Palopo Middle School. This can be seen from the facilities and infrastructure. one of the things that supports the learning process in the classroom so that students are not bored with the learning process packaged by the teacher while the obstacles in forming democratic students include the teacher having difficulty being less thorough in determining democratic values and attitudes of teachers who are less creative, students who difficult to navigate and the facilities and infrastructure are still inadequateStudi ini bermaksud guna mengetahuai (i) mengetahui peranan  pembelajaran PPKn dalam membentuk siswa yang demokatis  di SMP Muhammadiyah Baording School  Palopo, untuk (ii) Proses pembelajaran PPKn diSmp Muhammadiyah Boarding School Palopo, untuk (iii) mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam membentuk siwa yang demokratis  di SMP Muhammadiyah Boarding School  Palopo. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif , dimana pada penelitian ini mendiskripsikan data actual yang diperoleh melaui proses wawancara. Teknik analisis data yang digunakan penelitian ada dua yaitu, Reduksi data  yaitu merangkum memilih hak-hak pokok sesuai dengan fokus penelitian  penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu pengamatan  wawancara , data dokumentasi.Hasil studi ini memperlihatkan bahwa (1)  Pembelajaran ppkn memiliki peranan dalam membentuk siswa yang demokratis di Smp  Muhammadiyah Boarding Palopo. (3) proses  pembelajaran sudah bejalan dengan mulai dari kegiatan pendahuluan ,inti dan penutup Hal ini sudah berjalan dengan cukup baik (2) faktor pendukung dan penghambat dalam membentuk siswa yang demokratis di SMP Muhammadiyah Boarding School Palopo   Hal ini dapat dilihat dari sarana dn prasarana merupakan slah satu hal yang mendukung proses pembelajaran dalam kelas sehingga peserta didik tidak jenuh dengn proses pembelajaran yang di kemas oleh guru   sedangkan penghambat dalam membentuk siswa yang demokratis di antaranya adalah guru mengalami kesulitan kurang teliti dalam menentukan  nilai dan sikap demokratis  guru yang kurang kreatif ,siswa yang sulit di arahkan  serta sarana dan prsarana yang masih kurang memadai
Implementasi Pendidikan Multikultural dalam Mencengah Bullying Feri Padli
Phinisi Integration Review Volume 6 Nomor 2 Tahun 2023
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/pir.v6i2.44161

Abstract

The diversity of cultures, tribes, races, religions, characters, and backgrounds in schools is the potential for differences in behavior, attitudes, or opinions. Meanwhile, students have the freedom to interact with peers. Supervision cannot be carried out continuously by the school. Every interaction between students, that's when bullying usually happens with each other. This action can occur between individuals, individuals with groups, groups with groups, and so on. Lack of understanding among students so this behavior continues to occur repeatedly. The lack of effort made coupled with habits that are difficult to change. Therefore, strong efforts are needed to minimize bullying. This article provides solutions for handling bullying in the school environment by involving various policymakers. From the results of the study, it was determined that Multicultural Education can be implemented at every level of education. The curriculum is regulated by requiring multicultural lessons to be required. The goal is to provide understanding as well as the practice of mutual respect for fellow human beings. Maximizing education about forms of bullying will reduce their actions. Students will consciously understand each other better and understand that the behavior can harm others
PROBLEMATIKA PELAKSANAAN EKSEKUSI PIDANA MATI OLEH KEJAKSAAN TERHADAP TERPIDANA NARKOTIKA Fuad Nur; Lade Sirjon
Phinisi Integration Review Volume 6 Nomor 2 Tahun 2023
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/pir.v6i2.47450

Abstract

This study aims to find out the role of the prosecutor's office in the application of the death penalty to narcotics crimes and whether there is a problem in the implementation of executions of drug convicts. The type of research used is normative-juridical research accompanied by interview data. The approaches used are the statutory approach and the case approach. Data collection techniques with literature studies accompanied by empirical data in the form of interviews with sources.The technique of data analysis is qualitative through reasoning and legal argumentation. As for the results of the research, the prosecutor's office plays an important role in the application of the death penalty in Indonesia, especially in the case of narcotics crimes. This role is clearly seen when the prosecutor, as the public prosecutor, is able to prove his indictment and charge the defendant with the death penalty, as in the case of Amiruddin or Amir Aco. Based on the indictment and the facts of the trial, the judge also handed down the death penalty, and the verdict has permanent legal force. However, the problem of the execution by the prosecutor's office against the convicted person still exists. The problems are caused by the absence of a decade or time limit for detention for death row inmates, the absence of a period of request for review, the filing of clemency by death row inmates, and the passage of the new Criminal Code, which makes the death penalty an alternatively threatened punishment.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Kejaksaan dalam penerapan pidana mati pada tindak pidana narkotika dan yang menjadi permasalahan dalam pelaksanaan eksekusi mati terhadap terpidana narkotika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian yuridis normatif disertai data wawancara. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan perundang-undangan dan pendekatan kasus. Teknik pengumpulan data dengan studi kepustakaan disertai data empiris berupa wawancara. Teknik analisis data adalah kualitatif melalui penalaran dan argumentasi hukum. Adapun hasil penelitian, Kejaksaan berperan penting dalam penerapan pidana mati di Indonesia khususnya pada perkara tindak pidana narkotika. Peran tersebut terlihat jelas ketika Jaksa sebagai Penuntut Umum mampu membuktikan surat dakwaannya dan menuntut terdakwa dengan tuntutan pidana mati sebagaimana perkara Amiruddin alias Amir Aco. Berdasarkan surat dakwaan dan fakta persidangan hakim pun menjatuhkan putusan pidana mati dan putusan tersebut telah berkekuatan hukum tetap. Namun, problematika pelaksanaan eksekusi mati oleh Kejaksaan terhadap terpidana masih saja ada. Permasalahan tersebut disebabkan karena tidak adanya masa daluwarsa atau batas waktu penahanan bagi terpidana mati, tidak adanya jangka waktu permintaan peninjauan kembali, adanya pengajuan grasi dari terpidana mati dan dengan disahkannya KUHP baru menjadikan pidana mati diancamkan secara alternatif.
DIASPORA ORANG MANGGARAI DI KOTA MAKASSAR MELALUI PENDEKATAN SANGGAR BUDAYA Arda Arda; Adi Sumandiyar; Abdul Muin; Darman Manda
Phinisi Integration Review Volume 6 Nomor 2 Tahun 2023
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/pir.v6i2.46036

Abstract

This study aims to analyze in-depth information about the Diaspora of the Manggarai People in Makassar City through the Cultural Workshop Approach. By using a qualitative descriptive approach and supported by a multisystemic approach model used to provide an explanation regarding the existence of the Manggarai Cultural Center in Makassar City. The results of the study recommend that community leaders of the Manggarai people in Makassar City optimize their resources in order to create new creativity in the Manggarai Cultural Center to maintain its existence through a social and cultural approach.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis informasi mendalam tentang Diaspora Orang Manggarai di Kota Makassar Melalui Pendekatan Sanggar Budaya. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif serta didukung model pendekatan multisistemik yang digunakan untuk memberikan penjelasan perihal eksistensi Sanggar Budaya Manggarai di Kota Makassar. Hasil penelitian merekomendasikan agar tokoh masyarakat orang Manggarai di Kota Makassar lebih mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki dalam rangka melahirkan kreativitas baru dalam Sanggar Budaya Manggarai guna mempertahankan eksistensinya melalui pendekatan sosial dan budaya.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPECOURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS V UPTD SDN 195 BARRU Muslimin Muslimin; St Maryam M; Sartika Sartika
Phinisi Integration Review Volume 6 Nomor 2 Tahun 2023
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/pir.v6i2.47738

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya proses dan hasil belajar siswa kelas V. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan proses dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah PTK. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru dan siswa kelas V UPTD SDN 195 Barru yang berjumlah 13 siswa terdiri dari 7 laki-laki dan 6 perempuan, Berdasarkan pengamatan terhadap guru pada siklus I dan siklus II taraf keberhasilan yang didapat yaitu kategori baik (B). Begitu juga dengan aktivitas siswa selama proses pembelajaran pada siklus I dan siklus II sudah berjalan dengan baik sehingga diperoleh kategori baik (B. siklus I dengan nilai rata-rata hasil belajar yang diperoleh siswa berkategori (C), pada siklus II kembali mengalami peningkatan dengan kategori baik (B). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dengan penerapan model pembe lajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa tentang interaksi manusia di kelas V UPTD SDN 195 Barru.The problem in this study is the low process and learning outcomes of class V students. This study aims to determine the improvement of student learning processes and outcomes. This study uses a qualitative approach and the type of research used is PTK. The subjects in this study were teachers and fifth grade students of UPTD SDN 195 Barru for the 2022/2023 academic year, a total of 13 students consisting of 7 boys and 6 girls. Based on observations of teachers in cycle I and cycle II, the level of success obtained was the category good (B). Likewise with student activities during the learning process in cycle I and cycle II which have been going well so that good categories are obtained (B. cycle I with the average value of learning outcomes obtained by students in the category (C), in cycle II it has again increased with the category good (B) The conclusion in this study is that the application of the make a match type of cooperative learning model can improve the process and student learning outcomes regarding human interaction in class V UPTD SDN 195 Barru.
PENGARUH POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA SDN 48 LATAPPARENG KABUPATEN SOPPENG Rosdiah Salam; Amrah Amrah; Muh Iqbal Jusman
Phinisi Integration Review Volume 6 Nomor 2 Tahun 2023
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/pir.v6i2.47114

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap kedisiplinan belajar siswa SDN 48 Latappareng. Jenis. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Pola asuh orang tua dan variabel terikat dalam penelitian ini yaitu kedisiplinan belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa SDN 48 Latappareng yang berjumlah 150 siswa dan sampel yang digunakan sebanyak 60 siswa penarikan jumlah tersebut dengan menggunakan teknik Stratified random sampling. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pola asuh orang tua siswa SDN 48 Latappareng menerapkan pola asuh demokratis dengan jumlah frekuensi pada pola asuh demokratis sebanyak 56 (93,3%) (2) Kedisplinan belajar Siswa SDN 48 Latappareng berada pada tingkat kategori sedang dengan jumlah frekuensi terbanyak yaitu 25, kemudian tingkat kedisiplinan belajar siswa berada pada kategori baik dengan jumlah frekuensi sebanyak 23, lalu kategori kurang dengan jumlah frekuensi 7, dan kategori sangat kurang dengan jumlah frekuensi 5. (3) Pola asuh orang tua berpengaruh secara signifikan terhadap kedisiplinan belajar siswa SDN 48 Latappareng yang dapat diketahui dari perolehan nilai sig < 0,05 (0,002 < 0,05).  Pola asuh orang tua berpengaruh secara signifikan terhadap kedisiplinan belajar siswa SDN 48 Latappareng yang dapat diketahui dari perolehan nilai sig < 0,05 (0,002 < 0,05) dan hasil uji normalitas menghasilkan data dalam penelitian berdistribusi secara normal yang dimana nilai sig > 0,05 (0,200 > 0,0,5) dan pada uji autokorelasi disimpulkan bahwa data dalam penelitian tidak terjadi autokorelasi yang dimana nilai tolerance > 0,10, dan pada uji heteroskedastisitas disimpulkan bahwa data dalam penelitian tidak terjadi gejala heteroskedastisitas yang dimana nilai sig > 0,05.This research is a quantitative study that aims to determine the effect of parenting style on student learning discipline at SDN 48 Latapareng. Type. The independent variable in this study is parenting style and the dependent variable in this study is learning discipline. The population in this study were all students of SDN 48 Latapareng, totaling 150 students and the sample used was 60 students. The number was drawn using Stratified random sampling technique. The results of this study indicate that (1) the parenting style of students at SDN 48 Latapareng applies democratic parenting with a total frequency of 56 (93.3%) democratic parenting; (2) the learning discipline of students at SDN 48 Latapareng is at the moderate level with the highest number of frequencies, namely 25, then the level of student learning discipline is in the good category with a total frequency of 23, then the less category with a total frequency of 7, and the very poor category with a total frequency of 5. (3) Parenting patterns have a significant effect on students' learning discipline at SDN 48 Latapareng which can be seen from the acquisition of sig <0.05 (0.002 <0.05). Parenting style has a significant effect on the learning discipline of SDN 48 Latapareng students which can be seen from the acquisition of a sig <0.05 (0.002 <0.05) and the results of the normality test produce data in a normally distributed study where the sig value > 0. 05 (0.200 > 0.0.5) and in the autocorrelation test it was concluded that the data in the study did not have autocorrelation where the tolerance value was > 0.10, and in the heteroscedasticity test it was concluded that the data in the study did not show symptoms of heteroscedasticity where the sig value > 0 ,05.
PERAN GURU ANTROPOLOGI TERHADAP PENGEMBANGAN MINAT MATA PELAJARAN ANTROPOLOGI DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN BANTAENG Riska Baso; Muh. Basir Said; Ahmad Ismail; Pawennari Hijjang; Safriadi Safriadi
Phinisi Integration Review Volume 6 Nomor 2 Tahun 2023
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/pir.v6i2.44266

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Peran guru Antropologi terhadap pengembangan minat mata pelajaran Antropologi di SMA Negeri se-Kabupaten Bantaeng (2) Faktor Penghambat peran guru Antropologi terhadap pengembangan minat mata pelajaran Antropologi di SMA Negeri se-Kabupaten Bantaeng, dan (3) Upaya yang telah dilakukan guru untuk mengatasi hambatan peran guru Antropologi terhadap pengembangan minat mata pelajaran antropologi di SMA Negeri se-Kabupaten Bantaeng. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang dianalisa secara deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan penelitian lapangan melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan melibatkan beberapa informan yaitu guru yang mengajar mata pelajaran Antropologi di SMA Negeri se-Kabupaten Bantaeng. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Adapun peran guru Antropologi terhadap  pengembangan minat mata pelajaran Antropologi di SMA Negeri se-Kabupaten Bantaeng telah dilakukan dengan baik, dengan menjadi Pembimbing yakni guru Antropologi tersebut berupaya memberikan pelajaran secara informatif dan sistematis dalam proses pembelajaran Antropologi. Peran guru sebagai motivator ialah memberikan bentuk motivasi, dorongan dan nasehat terhadap peserta didik, dan peran guru sebagai fasilitator ialah memfasilitasi peserta didik berupa metode, media serta peralatan belajar dalam proses pembelajaran Antropologi. (2) terdapat dua faktor penghambat, yakni faktor internal dan faktor eksternal, faktor internal tersebut mengarah ke kondisi fisik dan psikis peserta didik yang tergabung dalam kelas Bahasa yang sering didiskriminasi. Kemudian faktor kedua yakni faktor eksternal, meliputi keadaan guru yang Antropologi yang masih sedikit, tidak adanya ketersediaan buku paket Antropologi sebagai penunjanjang dalam proses belajar mengajar, serta kondisi lingkungan dengan sering munculnya stigma negatif terhadap kelas Bahasa yang berpengaruh terhadap kondisi mental peserta didik (3) Adapun upaya yang telah dilakukan guru untuk mengatasi hambatan terhadap pengembangan minat mata pelajaran Antropologi adalah dengan memberikan motivasi kepada peserta didik dalam bentuk dukungan dan nasehat, selain itu guru menerapkan metode belajar dengan menyesuaikan kondisi peserta didik, memfasilitasi peserta didik dengan belajar di laboratorium serta menggunakan media dan memanfaatkan teknologi dalam proses belajar mengajar. Kata kunci : Peran guru, Antropologi, minat peserta didik, kelas Bahasa.

Page 1 of 3 | Total Record : 26