cover
Contact Name
Affan Afian, SE., M.Pd
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
jrpe@unikama.ac.id
Editorial Address
Program Studi Pendidikan EkonomiFakultas Ekonomika dan BisnisUniversitas Kanjuruhan MalangJl. S Supriyadi No. 48 Malang
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi
ISSN : -     EISSN : 25409247     DOI : -
Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi (e-ISSN : 2540-9247) : Terbit dua kali setahun (April, Oktober) berisi tentang hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, resensi buku dan tulisan praktis dalam bidang pendidikan ekonomi diterbitkan oleh Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kanjuruhan Malang.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2016): Oktober" : 6 Documents clear
PENGARUH FAKTOR INTERNAL DAN FAKTOR EKSTERNAL TERHADAP KESULITAN BELAJAR AKUNTANSI DI SMK NU BULULAWANG Agusniati agusniati; Endah Andayani; Naim Naim
Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi Vol. 1 No. 2 (2016): Oktober
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian ex-post-facto. Metode yang digunakan adalah metode regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 81 siswa. Dari penelitian yang sudah dilakukan maka ditemukan hasil atau kesimpulan sebagai berikut: 1). Terdapat pengaruh faktor internal peserta didik terhadap kesulitan belajar akuntansi di SMK NU Bululawang sebesar 44.735%. 2). Terdapat pengaruh faktor eksternal peserta didik terhadap kesulitan belajar akuntansi di SMK NU Bululawang sebesar 44.135%. 3). Terdapat pengaruh faktor internal dan faktor eksternal peserta didik terhadap kesulitan belajar akuntansi di SMK NU Bululawang sebesar 40.74%.
PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, KREATIVITAS, DAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS KANJURUHAN MALANG Farah Nurikasari; Abdoel Bakar; Lilik Sri Hariani
Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi Vol. 1 No. 2 (2016): Oktober
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Di Indonesia angka pengangguran terbanyak justru diciptakan oleh kelompok terdidik. Rendahnya minat seseorang untuk berwirausaha menjadi pemikiran serius bagi pihak pemerintah, dunia pendidikan, dunia industri, maupun masyarakat. Tantangan bagi pihak sekolah, perguruan tinggi sebagai lembaga yang menciptakan lulusan yang lebih berkualitas, menciptakan pembelajaran yang mampu membentuk lulusan yang memiliki sikap mental wirausaha sehingga mahasiswa berminat terjun dalam dunia wirausaha. Minat berwirausaha dipengaruhi oleh faktor eksternal yaitu pendidikan kewirausahaan yang dapat membentuk karakter melalui pola pikir mahasiswa, sedangkan faktor internal yang terdiri dari kreativitas mahasiswa untuk menemukan ide-ide kreatif yang baru dan motivasi berwirausaha untuk meningkatkan dorongan menggerakkan seseorang dalam berwirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk:menjelaskan pengaruh pendidikan kewirausahaan, kreativitas, motivasi berwirausaha terhadap minat berwirausaha dan pengaruh pendidikan kewirausahaan, kreativitas, dan motivasi berwirausaha secara simultan terhadap minat berwirausaha. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Ex post facto. Sampel terdiri dari 48 mahasiswa, teknik pengumpulan data menggunakan angket dan kuesioner. Kesimpulan dari hasil penelitian dapat diketahui yaitu: (1) tidak terdapat pengaruh yang signifikan pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha, (2) terdapat pengaruh yang signifikan kreativitas terhadap minat berwirausaha, (3) terdapat pengaruh yang signifikan motivasi berwirausahaan terhadap minat berwirausaha, (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan pendidikan kewirausahaan, kreativitas, dan motivasi berwirausaha terhadap minat berwirausaha dengan tingkat signifikan 0.001 pada mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas Kanjuruhan Malang.
PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN SIKAP GURU TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SMA PGRI LAWANG KABUPATEN MALANG TAHUN AKADEMIK 2015/2016 Loren Trisnawinata; Rusno Rusno; Andriani Rosita
Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi Vol. 1 No. 2 (2016): Oktober
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kinerja  antara kepemimpinan yang dilakukan oleh kepala sekolah dan sikap guru yang ada di sekolah memiliki keterkaitan antara satu dengan yang lainnya dimana diharapkan dapat meningkatkan kompetensi profesional guru. Penelitian ini bertujuan untuk: Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan sikap guru, secara bersama-sama (simultan) terhadap kompetensi profesional guru  di SMA PGRI Lawang Tahun Akademik 2015/2016. Jenis penelitian menggunakan penelitian ex-post-facto dengan menggunakan regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SMA PGRI Lawang Kabupaten Malang, yaitu sebanyak 65 guru. Data yang diperoleh dianalisis dengan bantuan software SPSS versi 22.00 for windows. Berdasarkan hasil penelitian menunujukan ada pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah dan sikap guru, terhadap kompetensi profesional guru  di SMA PGRI Lawang Tahun Akademik 2015/2016.
PENGARUH KETERSEDIAAN FASILITAS, PELAYANAN ADMINISTRASI, DAN KREATIVITAS GURU TERHADAP PARTISIPASI SISWA DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN DI SMK INDUSTRI NGORO. Yiyin Dwi Arista; Rusno Rusno; Aziz Mustofa
Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi Vol. 1 No. 2 (2016): Oktober
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sekolah merupakan tempat untuk belajar. Salah satu indikator keberhasilan siswa dalam belajar dapat ditunjukan dengan tingkat partisipasi siswa banyak faktor yang mempengaruhi partisipasi siswa diantaranya ketersediaan fasilitas, pelayanan administrasi, dan kreativitas guru.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh ketersediaan fasilitas terhadap partisipasi siswa dalam pembelajaran di SMK Industri Ngoro Mojokerto. (2) pengaruh pelayanan administrasi terhadap partisipasi siswa dalam pembelajaran di SMK Industri Ngoro Mojokerto. (3) pengaruh kreativitas guru terhadap partisipasi siswa dalam pembelajaran di SMK Industri Ngoro Mojokerto. (4) pengaruh ketersediaan fasilitas, pelayanan administrasi, dan kreativitas guru terhadap partisipasi siswa dalam pembelajaran di SMK Industri Ngoro Mojokerto..Penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 2 yang berjumlah 70 siswa. Semua siswa kelas 2 dijadikan objek penelitian. Analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS versi 22 for windows agar hasil yang diperoleh lebih akurat.Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel X1 (ketersediaan fasilitas) secara parsial tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap partisipasi siswa, variabel X2 (pelayanan administrasi) secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan terhadap partisipasi siswa, variable X3 (kreativitas guru) secara parsial tidak ada pengaruh yang siknifikan terhadap partisipasi siswa. serta terdapat pengaruh yang secara simultan antara ketersediaan fasilitas, pelayanan administrasi, dan kreativitas guru terhadap paertisipasi siswa dalam proses pembelajaran di SMK Industri Ngoro MojokertoBerdasarkan hasil penelitian ini, tidak ada pengaruh antara ketersediaan fasilitas terhadap partisipasi siswa maka sekolah disarankan agar melakukan evaluasi, memperbaiki pemberian fasilitas kepada siswa. Pelayanan administrasi mempunyai pengaruh yang siknifikan terhadap partisipasi siswa agar terus memberikan pelayanan yang baik kepada siswa, dan kreativitas guru tidak berpengaruh terhadap partisipasi siswa diharapkan agar kreativitas guru lebih ditingkatkan..
PENGARUH DUKUNGAN ORANG TUA, PRESTASI BELAJAR, DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MINAT MELANJUTKAN KE TINGKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS PADA SIWA SMP MA’ARIF 01 NURUL MUTTAQIN Fitrotin Nadziroh; Waluyo Edi Susanto; Riril Mardiana
Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi Vol. 1 No. 2 (2016): Oktober
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dukungan orang tua, prestasi belajar dan lingkungan belajar terhadap minat melanjutkan ke tingkat SMA pada siswa kelas IX SMP Ma’arif 01 Nurul Muttaqin Tlogowaru Malang. Setelah melakukan penelitian sesuai dengan beberapa data yang diperoleh di lapangan, maka peneliti menyimpulkan bahwa dukungan orang tua, prestasi belajar dan lingkungan belajar, ada pengaruh yang sigifikan yaitu sebesar 54,2% terhadap minat melanjutkan ke tingkat SMA.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode explanatory research (penelitian penjelasan) yaitu penelitian yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel penelitian melalui pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Ma’arif 01 Nurul Muttaqin Tlogowaru Malang tahun 2015. Sampel yang diambil ada sampel jenuh, jadi populasi dan sampel dalam penelitian ini jumlahnya sama sebesar 74 responden. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis regresi linier berganda. Perhitungan analisis regresi berganda tersebut dilakukan dengan bantuan sofware SPSS seri 22.0 for windows. Perhitungan yang telah dilakukan terhadap data penelitian menghasilkan persamaan regresi linier berganda Y = 0,668 + 0,668 X1 + 0,195 X2 + 0, 128 X3. Persamaan regeresi tersebut memenuhi uji-uji yang ditentukan sehingga dapat dipakai untuk prediksi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh variabel baik itu dukungan orang tua, prestasi belajar dan lingkungan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan ke tingkat SMA, sedangkan untuk penelitian masing-masing variabel bebas, juga terhadap pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel minat melanjutkan ke tingkat SMA. Kesimpulan dari penelitian ini adalah masing-masing variabel bebas baik itu dukungan orang tua, prestasi belajar dan lingkungan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan ke tingkat SMA. 
PENGARUH KONTRIBUSI EDUKATIF ORANG TUA, MOTIVASI BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR (Studi Pada Siswa Kelas VII MTs Miftahul Ulum Sutojayan) Riris Fariz Fahruri; Vinus Maulina; Auliana Farabanie Al Arsy
Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi Vol. 1 No. 2 (2016): Oktober
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Menurut Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2007 “Standar Penilaian Pendidikan Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa Menteri Pendidikan Nasional”. Penilaian hasil belajar peserta didik pada jenjang pendidikan dasar dan menengah dilaksanakan berdasarkan standar penilaian pendidikan yang berlaku secara nasional. Hasil belajar yang maksimal merupakan tujuan dari proses belajar yang dipengaruhi oleh banyak faktor seperti (1) kontribusi edukatif orang tua merupakan pusat pendidikan yang pertama dan utama bagi anak, orang tua dikatakan sebagai pendidikan yang pertama karena orang tua yang pertama mendidik anak sejak dilahirkan, dikatakan sebagai pendidik utama karena pendidikan yang diberikan orang tua merupakan dasar dan sangat ditentukan bagi perkembangan anak selanjutnya. (2) Motivasi belajar yang menjadi dasar penggerak bagi siswa dalam melakukan aktifitas-aktifitas belajar. Dan yang (3) adalah kreativitas siswa yang merupakan kemampuan membuat kombinasi atau unsur dalam belajar. Siswa yang kreatif dalam belajar akan mampu menemukan banyak cara baru untuk belajar sehingga semakin kreatif dan mampu meningkatkan hasil belajar yang diinginkan.Berdasarkan observasi  yang dilakukan oleh peneliti terhadap objek penelitian menemukan bahwa setiap siswa kelas VII mendapatkan kontribusi edukatif orang tua yang berbeda, memiliki motivasi belajar yang berbeda-beda serta memiliki tingkat kreativitas dalam belajar yang berbeda-beda. Inilah yang melatar belakangi peneliti mengangkat skripsi dengan tema Pengaruh Kontribusi Edukatif Orang Tua, Motivasi Belajar, dan Kreativitas Siswa terhadap Hasil Belajar.Dalam penelitian ini metode analisis data menggunakan uji asumsi klasik dan  analisis regresi  linier berganda, dengan populasi sebanyak 75 siswa yang terdiri dari 36 siswa kelas VII A, 39 siswa Kelas VII B. Data kontribusi edukatif orang tua, motivasi belajar, dan kreativitas siswa dikumpulkan melalui angket. Sedangkan data hasil belajar diperoleh dari dokumen berupa nilai Ujian Akhir Semester.Persamaan garis tersebut memenuhi uji-uji yang telah ditentukan sehingga dapat dipakai untuk prediksi dan generalisasi. Berdasarkan hasil perhitungan, diketahui bahwa kombinasi linier kontribusi edukatif orang tua, motivasi belajar, dan kreativitas siswa berpengaruh terhadap hasil belajar, baik pengaruh secara sendiri-sendiri (parsial) maupun pengaruh secara bersama-sama (simultan). Sedangkan analisis signifikansi masing-masing dari keempat variabel prediktor ini mendapatkan bahwa kontribusi edukatif orang tua, motivasi belajar, dan kreativitas siswa masing-masing berpengaruh terhadap hasil belajar.

Page 1 of 1 | Total Record : 6