cover
Contact Name
Affan Afian, SE., M.Pd
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
jrpe@unikama.ac.id
Editorial Address
Program Studi Pendidikan EkonomiFakultas Ekonomika dan BisnisUniversitas Kanjuruhan MalangJl. S Supriyadi No. 48 Malang
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi
ISSN : -     EISSN : 25409247     DOI : -
Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi (e-ISSN : 2540-9247) : Terbit dua kali setahun (April, Oktober) berisi tentang hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, resensi buku dan tulisan praktis dalam bidang pendidikan ekonomi diterbitkan oleh Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kanjuruhan Malang.
Articles 156 Documents
EFEKTIVITAS METODE DISKUSI DAN METODE TALKING STICK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SERTA PENGARUHNYA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA ( Studi Pada Siswa Kelas VIII Mata Pelajaran IPS Terpadu SMP Negeri 1 Wagir ) Alfiana Ike Kusumawati; Sulistyo sulistyo; Lilik Sri Hariani
Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi Vol. 1 No. 1 (2016): April
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Metode Diskusi cara penyajian pelajaran, siswa dihadapkan kepada suatu masalah yang biasa berupa pernyataan atau pertanyaan yang bersifat problematis. Metode talking stick metode yang dipergunakan dalam proses belajar mengajar di kelas melalui permainan tongkat . Prestasi belajar adalah kemampuan yang dimiliki oleh siswa setelah siswa menerima pengalaman belajar dalam pembelajaran. Kemandirian belajar adalah aktivitas belajar yang berlangsungnya lebih didorong oleh kemauan sendiri, pilihan sendiri dan tanggung jawab sendiri.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas metode diskusi terhadap prestasi belajar, untuk mengetahui efektivitas metode talking stick terhadap prestasi belajar, untuk mengetahui pengaruh metode diskusi terhadap kemandirian belajar dan untuk mengetahui pengaruh metode talking stick terhadap kemandirian belajar dan untuk mengetahui pengaruh secara simultan metode diskusi dan metode talking stick terhadap kemandirian belajar.Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Wagir dengan subjek penelitian siswa kelas VIIIE sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 30 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre experimental dengan desain One Group Pretest and Postest Design dan instrumen yang digunakan nilai pretest dan postest,angket, lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS 22.00 for windows.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode diskusi efekftif terhadap prestasi belajar. Metode talking stick menunjukkan efektif terhadap prestasi belajar. Metode diskusi memiliki pengaruh terhadap kemandirian belajar. Metode talking stick memiliki pengaruh terhadap kemandirian belajar. Secara simultan metode diskusi, metode talking stick, memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemandirian belajar.
PENGARUH IKLIM KERJA, PELATIHAN, DAN PENGALAMAN MENGAJAR TERHADAP PROFESIONALISME GURU DI SMPN 1 WAGIR Nita Dwi Kesuma; Vinus Maulina; Sulistyo Sulistyo
Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi Vol. 1 No. 1 (2016): April
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklim kerja, pelatihan, dan pengalaman mengajar terhadap profesionalisme guru di SMPN 1 Wagir baik secara parsial maupun simultan. Rancangan penelitian ini menggunakan eksplanatory research. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SMPN 1 Wagir yang berjumlah 41 guru. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara total sampling atau sampel jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument angket yang dikembangkan dari variabel iklim kerja (X1), pelatihan (X2), pengalaman mengajar (X3), dan profesionalisme guru (Y). Analisis data menggunakan teknik regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh iklim kerja terhadap profesionalisme guru sebesar 2,546; (2) terdapat pengaruh pelatihan terhadap profesionalisme guru sebesar 4,712; (3) terdapat pengaruh pengalaman mengajar terhadap profesionalisme guru sebesar 4,890; (4) terdapat pengaruh iklim kerja, pelatihan, dan pengalaman mengajar terhadap profesionalisme guru sebesar 14,159. berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh iklim kerja, pelatihan, dan pengalaman mengajar terhadap profesionalisme guru di SMPN 1 Wagir.
PENGARUH KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU DAN KEBIASAAN BELAJAR SISWA TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI PELAJARAN IPS EKONOMI SISWA KELAS VIII SMP NU BULAWANG MALANG Seroja Bakti Ning Rahayu; Rusno Rusno; Vinus Maulina
Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi Vol. 1 No. 1 (2016): April
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk menganalisis pengaruh keterampilan dasar mengajar guru terhadap tingkat pemahaman konsep siswa. (2) Untuk menganilisis pengaruh kebiasaan belajar terhadap tingkat pemahaman konsep siswa. (3) Untuk menganalisis secara simultan pengaruh keterampilan dasar mengajar guru, dan kebiasaan belajar siswa terhadap tingkat pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran IPS ekonomi siswa kelas VIII SMP NU Bululawang Malang.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP NU Bululawang yang berjumlah 110 siswa dari 5 kelas. Teknik yang dipergunakan dalam pengambilan sampel ini adalah proporsional random sampling sehingga diperoleh 55 siswa yang akan digunakan sebagai sample. Variabel dalam penelitian ini adalah : keterampilan dasar mengajar guru, dan kebiasaan belajar sebagai variabel bebas serta pemahaman konsep siswa sebagai variabel terikat. Teknik pengambilan data yang dipergunakan di dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kuisioner dan tes. Teknik analisis yang dipergunakan di dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dan uji asumsi klasik.Hasil pengujian dengan menggunkan SPSS for windows versi 16, dapat diketahui bahwa variabel bebas yang meliputi keterampilan dasar mengajar guru dan kebiasaan belajar siswa baik secara parsial maupun simultan dapat berpengaruh terhadap variabel terikat yakni pemahaman konsep siswa pada materi mata pelajaran IPS ekonomi siswa kelas VIII SMP NU Bulawang Malang.
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) MENGGUNAKAN PENDEKATAN PBI (PROBLEM BASED INSTRUCTION) DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATAPELAJARAN IPS KELAS X TATA NIAGA DI SMK PGRI 7 SINGHASARI MALANG Tri Wahyuni; Lilik Sri Hariani; abdoel Bakar
Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi Vol. 1 No. 1 (2016): April
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kualitas dan keberhasilan pembelajaran sangat dipengaruhi oleh ketepatan dalam memilih dan mengembangkan metode pembelajaran. Jika pemilihan metode pembelajaran tidak tepat, maka siswa akan mengalami kesulitan mengikuti pembelajaran dan berakibat tidak tercapainya pembelajaran. Dari hasil observasi peneliti di SMK PGRI 7 Singhasari Malang, dalam pembelajaran IPS siswa masih kurang antusias dan kurang memperhatikan penjelasan guru. Berdasarkan permasalahan tersebut, salah satu metode pembelajaran yang cocok digunakan adalah metode pembelajaran NHT menggunakan pendekatan PBI. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X Tata Niaga di SMK PGRI 7 Singhasari Malang yang berjumlah 28 siswa dengan kemampuan yang heterogen. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan bagaimana proses pembelajaran dengan metode NHT menggunakan pendekatan PBI dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah 28 siswa kelas X Tata Niaga SMK PGRI 7 Singhasari Malang yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 11 siswi perempuan. PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan (3) observasi, (4) refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi kegiatan guru, lembar instrument kekatifan siswa, catatan lapangan, pedoman wawancara. Berdasarkan pembelajaran yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif model NHT menggunakan pendekatan PBI dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Hasil uji t menunjukkan adanya perubahan atau peningkatan keaktifan belajar siswa pada pratindakan, siklus I dan siklus II yaitu: 1) tidak ada perbedaan yang signifikan atau peningkatan keaktifan belajar pada pratindakan dengan sesudah tindakan siklus I, 2) ada perbedaan yang signifikan atau peningkatan keaktifan belajar siswa pada tindakan siklus I dengan tindakan siklus II, dan 3) ada perbedaan yang signifikan atau peningkatan keaktifan belajar siswa pada pratindakan dengan tindakan siklus II
PENGARUH TEORI PEMBIASAAN PERILAKU RESPON (OPERANT CONDITIONING) KECERDASAN INTRAPERSONAL, DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP KECAKAPAN AKADEMIK (ACADEMIC SKILL) DI SMK NU BULULAWANG MALANG (Studi Pada Siswa Kelas X AK SMK NU Bululawang) Virginia Eka Contesa; Sulistyo Sulistyo; Affan Afian
Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi Vol. 1 No. 1 (2016): April
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berdasarkan penelitian studi Blazely dkk (1977) melaporkan bahwa pembelajaran di sekolah cenderung sangat teoritik dan tidak terkait dengan lingkungan dimana tempat mereka berbeda. Akibatnya peserta didik tidak mampu menerapkan apa yang dipelajari di sekolah guna memecahkan masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) Teori Pembiasaan Perilaku Respon (2) Kecerdasan Intrapersonal (3) Perilaku Belajar, (4) Kecakapan Akademik di SMK NU Bululawang Malang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex post facto, sehingga data-datanya diperoleh melalui kuesioner atau dokumen yang relevan dengan penelitian tersebut. Sampel terdiri dari 34 siswa kelas XI IPS, teknik pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 16.00 for windows.Berdasarkan hasil perhitungan, diketahui bahwa: (1) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial Teori Pembiasaan Perilaku Respon terhadap kecakapan akademik siswa kelas X AK SMK NU Bululawang. (2) Tidak ada pengaruh yang signifikan kecerdasan intrapersonal terhadap kecakapan akademik siswa kelas X AK SMK NU Bululawang. (3) Tidak ada pengaruh yang signifikan perilaku belajar terhadap kecakapan akademik siswa kelas X AK SMK NU Buluawang. (4) . Tidak ada pengaruh yang signifikan secara simultan antara Teori pembiasaan perilaku respon, kecerdasan intrapersonal, dan perilaku belajar terhadap kecakapan akademik siswa kelas X AK SMK NU Bululawang. Hasil analisis regresi linier berganda diketahui bahwa nilai F hitung sebesar 1.252 dengan tingkat signifikansi 0,309> 0,05, maka dapat dikatakan bahwa teori pembiasaan perilaku respon (X1), kecerdasan intrapersonal (X2), dan perilaku belajar (X3) tidak ada pengaruh secara simultan terhadap kecakapan akademik siswa kelas X AK SMK NU Bululawang (Y).
PENGARUH FAKTOR INTERNAL DAN FAKTOR EKSTERNAL TERHADAP KESULITAN BELAJAR AKUNTANSI DI SMK NU BULULAWANG Agusniati agusniati; Endah Andayani; Naim Naim
Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi Vol. 1 No. 2 (2016): Oktober
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian ex-post-facto. Metode yang digunakan adalah metode regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 81 siswa. Dari penelitian yang sudah dilakukan maka ditemukan hasil atau kesimpulan sebagai berikut: 1). Terdapat pengaruh faktor internal peserta didik terhadap kesulitan belajar akuntansi di SMK NU Bululawang sebesar 44.735%. 2). Terdapat pengaruh faktor eksternal peserta didik terhadap kesulitan belajar akuntansi di SMK NU Bululawang sebesar 44.135%. 3). Terdapat pengaruh faktor internal dan faktor eksternal peserta didik terhadap kesulitan belajar akuntansi di SMK NU Bululawang sebesar 40.74%.
PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, KREATIVITAS, DAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS KANJURUHAN MALANG Farah Nurikasari; Abdoel Bakar; Lilik Sri Hariani
Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi Vol. 1 No. 2 (2016): Oktober
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Di Indonesia angka pengangguran terbanyak justru diciptakan oleh kelompok terdidik. Rendahnya minat seseorang untuk berwirausaha menjadi pemikiran serius bagi pihak pemerintah, dunia pendidikan, dunia industri, maupun masyarakat. Tantangan bagi pihak sekolah, perguruan tinggi sebagai lembaga yang menciptakan lulusan yang lebih berkualitas, menciptakan pembelajaran yang mampu membentuk lulusan yang memiliki sikap mental wirausaha sehingga mahasiswa berminat terjun dalam dunia wirausaha. Minat berwirausaha dipengaruhi oleh faktor eksternal yaitu pendidikan kewirausahaan yang dapat membentuk karakter melalui pola pikir mahasiswa, sedangkan faktor internal yang terdiri dari kreativitas mahasiswa untuk menemukan ide-ide kreatif yang baru dan motivasi berwirausaha untuk meningkatkan dorongan menggerakkan seseorang dalam berwirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk:menjelaskan pengaruh pendidikan kewirausahaan, kreativitas, motivasi berwirausaha terhadap minat berwirausaha dan pengaruh pendidikan kewirausahaan, kreativitas, dan motivasi berwirausaha secara simultan terhadap minat berwirausaha. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Ex post facto. Sampel terdiri dari 48 mahasiswa, teknik pengumpulan data menggunakan angket dan kuesioner. Kesimpulan dari hasil penelitian dapat diketahui yaitu: (1) tidak terdapat pengaruh yang signifikan pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha, (2) terdapat pengaruh yang signifikan kreativitas terhadap minat berwirausaha, (3) terdapat pengaruh yang signifikan motivasi berwirausahaan terhadap minat berwirausaha, (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan pendidikan kewirausahaan, kreativitas, dan motivasi berwirausaha terhadap minat berwirausaha dengan tingkat signifikan 0.001 pada mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas Kanjuruhan Malang.
PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN SIKAP GURU TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SMA PGRI LAWANG KABUPATEN MALANG TAHUN AKADEMIK 2015/2016 Loren Trisnawinata; Rusno Rusno; Andriani Rosita
Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi Vol. 1 No. 2 (2016): Oktober
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kinerja  antara kepemimpinan yang dilakukan oleh kepala sekolah dan sikap guru yang ada di sekolah memiliki keterkaitan antara satu dengan yang lainnya dimana diharapkan dapat meningkatkan kompetensi profesional guru. Penelitian ini bertujuan untuk: Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan sikap guru, secara bersama-sama (simultan) terhadap kompetensi profesional guru  di SMA PGRI Lawang Tahun Akademik 2015/2016. Jenis penelitian menggunakan penelitian ex-post-facto dengan menggunakan regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SMA PGRI Lawang Kabupaten Malang, yaitu sebanyak 65 guru. Data yang diperoleh dianalisis dengan bantuan software SPSS versi 22.00 for windows. Berdasarkan hasil penelitian menunujukan ada pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah dan sikap guru, terhadap kompetensi profesional guru  di SMA PGRI Lawang Tahun Akademik 2015/2016.
PENGARUH KETERSEDIAAN FASILITAS, PELAYANAN ADMINISTRASI, DAN KREATIVITAS GURU TERHADAP PARTISIPASI SISWA DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN DI SMK INDUSTRI NGORO. Yiyin Dwi Arista; Rusno Rusno; Aziz Mustofa
Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi Vol. 1 No. 2 (2016): Oktober
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sekolah merupakan tempat untuk belajar. Salah satu indikator keberhasilan siswa dalam belajar dapat ditunjukan dengan tingkat partisipasi siswa banyak faktor yang mempengaruhi partisipasi siswa diantaranya ketersediaan fasilitas, pelayanan administrasi, dan kreativitas guru.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh ketersediaan fasilitas terhadap partisipasi siswa dalam pembelajaran di SMK Industri Ngoro Mojokerto. (2) pengaruh pelayanan administrasi terhadap partisipasi siswa dalam pembelajaran di SMK Industri Ngoro Mojokerto. (3) pengaruh kreativitas guru terhadap partisipasi siswa dalam pembelajaran di SMK Industri Ngoro Mojokerto. (4) pengaruh ketersediaan fasilitas, pelayanan administrasi, dan kreativitas guru terhadap partisipasi siswa dalam pembelajaran di SMK Industri Ngoro Mojokerto..Penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 2 yang berjumlah 70 siswa. Semua siswa kelas 2 dijadikan objek penelitian. Analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS versi 22 for windows agar hasil yang diperoleh lebih akurat.Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel X1 (ketersediaan fasilitas) secara parsial tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap partisipasi siswa, variabel X2 (pelayanan administrasi) secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan terhadap partisipasi siswa, variable X3 (kreativitas guru) secara parsial tidak ada pengaruh yang siknifikan terhadap partisipasi siswa. serta terdapat pengaruh yang secara simultan antara ketersediaan fasilitas, pelayanan administrasi, dan kreativitas guru terhadap paertisipasi siswa dalam proses pembelajaran di SMK Industri Ngoro MojokertoBerdasarkan hasil penelitian ini, tidak ada pengaruh antara ketersediaan fasilitas terhadap partisipasi siswa maka sekolah disarankan agar melakukan evaluasi, memperbaiki pemberian fasilitas kepada siswa. Pelayanan administrasi mempunyai pengaruh yang siknifikan terhadap partisipasi siswa agar terus memberikan pelayanan yang baik kepada siswa, dan kreativitas guru tidak berpengaruh terhadap partisipasi siswa diharapkan agar kreativitas guru lebih ditingkatkan..
PENGARUH DUKUNGAN ORANG TUA, PRESTASI BELAJAR, DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MINAT MELANJUTKAN KE TINGKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS PADA SIWA SMP MA’ARIF 01 NURUL MUTTAQIN Fitrotin Nadziroh; Waluyo Edi Susanto; Riril Mardiana
Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi Vol. 1 No. 2 (2016): Oktober
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dukungan orang tua, prestasi belajar dan lingkungan belajar terhadap minat melanjutkan ke tingkat SMA pada siswa kelas IX SMP Ma’arif 01 Nurul Muttaqin Tlogowaru Malang. Setelah melakukan penelitian sesuai dengan beberapa data yang diperoleh di lapangan, maka peneliti menyimpulkan bahwa dukungan orang tua, prestasi belajar dan lingkungan belajar, ada pengaruh yang sigifikan yaitu sebesar 54,2% terhadap minat melanjutkan ke tingkat SMA.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode explanatory research (penelitian penjelasan) yaitu penelitian yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel penelitian melalui pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Ma’arif 01 Nurul Muttaqin Tlogowaru Malang tahun 2015. Sampel yang diambil ada sampel jenuh, jadi populasi dan sampel dalam penelitian ini jumlahnya sama sebesar 74 responden. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis regresi linier berganda. Perhitungan analisis regresi berganda tersebut dilakukan dengan bantuan sofware SPSS seri 22.0 for windows. Perhitungan yang telah dilakukan terhadap data penelitian menghasilkan persamaan regresi linier berganda Y = 0,668 + 0,668 X1 + 0,195 X2 + 0, 128 X3. Persamaan regeresi tersebut memenuhi uji-uji yang ditentukan sehingga dapat dipakai untuk prediksi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh variabel baik itu dukungan orang tua, prestasi belajar dan lingkungan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan ke tingkat SMA, sedangkan untuk penelitian masing-masing variabel bebas, juga terhadap pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel minat melanjutkan ke tingkat SMA. Kesimpulan dari penelitian ini adalah masing-masing variabel bebas baik itu dukungan orang tua, prestasi belajar dan lingkungan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan ke tingkat SMA. 

Page 1 of 16 | Total Record : 156