cover
Contact Name
Affan Afian, SE., M.Pd
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
jrpe@unikama.ac.id
Editorial Address
Program Studi Pendidikan EkonomiFakultas Ekonomika dan BisnisUniversitas Kanjuruhan MalangJl. S Supriyadi No. 48 Malang
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi
ISSN : -     EISSN : 25409247     DOI : -
Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi (e-ISSN : 2540-9247) : Terbit dua kali setahun (April, Oktober) berisi tentang hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, resensi buku dan tulisan praktis dalam bidang pendidikan ekonomi diterbitkan oleh Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kanjuruhan Malang.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 1 (2021): APRIL" : 8 Documents clear
Model pembelajaran two stay two stray, disiplin belajar dan kesiapan belajar : pengaruh terhadap motivasi belajar Ekonomi siswa kelas XI IPS Ika Meliana; Lilik Sri Hariani; Affan Afian
Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi Vol. 6 No. 1 (2021): APRIL
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21067/jrpe.v6i1.4817

Abstract

Motivasi Belajar Ekonomi merupakan salah satu aspek yang dapat mendorong siswa untuk tertarik pada mata pelajaran Ekonomi, ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi Motivasi Belajar Ekonomi diantaranya; Model Pembelajaran Two Stay Two Stray, Disiplin Belajar dan Kesiapan Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray, Disiplin Belajar dan Kesiapan Belajar terhadap Motivasi Belajar Ekonomi Siswa kelas XI IPS SMAN 5 Malang. (2) Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap Motivasi Belajar Ekonomi Siswa. (3) Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Motivasi Belajar Ekonomi Siswa. (4) Pengaruh Kesiapan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Ekonomi Siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode statistik penelitian ini menggunakan regresi linear berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMAN 5 Malang sebesar 78 siswa, tehnik pengambilan sampel penelitian menggunakan sampel jenuh sejumlah 78 siswa. Tehnik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regeresi linear berganda, untuk uji prasyarat/asumsi klasik terbagi menjadi 4 yaitu uji normalitas, uji multikoliniaritas, uji heterokedastisitas, uji autokorelasi. Hasil pada penelitian ini berdasarkan uji hipotesis menggunakan analisis regeresi linear berganda secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel bebas terhadap variabel terikat. Secara parsial model pembelajaran Two Stay Two Stray berpengaruh signifikan terhadap Motivasi Belajar Ekonomi, Disiplin Belajar berpengaruh signifikan terhadap Motivasi Belajar Ekonomi, Kesiapan Belajar berpengaruh signifikan terhadap Motivasi Belajar Ekonomi.
Pembentukan kemandirian melalui pembelajaran kewirausahaan sosial untuk meningkatkan kesadaran sosial dan kesadaran ekonomi Endah Andayani; Lilik Sri Hariani; Muchammad Jauhari
Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi Vol. 6 No. 1 (2021): APRIL
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21067/jrpe.v6i1.5143

Abstract

The establishment of self-reliance through social entrepreneurship learning to increase students' socioeconomic awareness is an important issue, especially in formal educational institutions that are vulnerable from global influence, in the direction of policy and strategic direction of the Directorate of Vocational Education development focuses on motivating schools to progress, regrow discipline and responsibility, mental development and noble morals of vocational school students, and the creation of a resilient and independent young generation. This study aims to describe in detail how the establishment of self-reliance through social entrepreneurship activities can increase the socioeconomic awareness of the students and why this should be done. In accordance with the characteristics of vocational school students, who are required to have work-ready competencies and even able to create a world of work for others so as to provide socioeconomic changes, as well as re-encourage social entrepreneurship activities to help create self-reliance on socioeconomic activities faced in society. This research uses qualitative approach with retrospective case study model at SMK Islam Terpadu Asy-Ayadzili Pakis Malang Regency and conducted during the ongoing incident. This research method is intended to obtain a model or social engineering about the process of establishing proper independence through social entrepreneurship and the reason for the need for self-reliance. The results found that the establishment of self-reliance through social entrepreneurship to improve social and economic welfare is a very strong reason implemented social entrepreneurship. Constraints in developing entrepreneurial values in students are low student confidence, limited time sharing with pesantren activities, strict rules and schedules in the cottage, lack of cooperation between students, difficulty finding the right business.
Analisis ekonomi keluarga dan literasi ekonomi terhadap perilaku menabung mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2016 di STKIP PGRI Lumajang Erin Novitasari; Triwilujeng Ayuningtyas
Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi Vol. 6 No. 1 (2021): APRIL
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21067/jrpe.v6i1.5293

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui konsumsi mahasiswa dalam mengelokasikan pendapatan (uang saku) dan literasi ekononi mahasiswa untuk penerapan perilaku menabung dengan pesatnya perkembangan zaman. Jenis penelitian yaitu kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian yakni mahasiswa pendidikan ekonomi di STKIP PGRI Lumajang dengan jumlah informan sebanyak 7 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan observasi dan wawancara kepada responden, dengan teknik analisis data berupa reduksi data penyajian dat, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian bahwasannya: (1) Rata-rata ekonomi keluarga termasuk ke dalam tingkat sedang hingga tinggi dilihat dari indikator pendapatan orang tua (Uang saku) mahasiswa, kekayaan, dan pekerjaan. (2) Literasi ekonomi mahasiswa dalam kategori sedang karena mahasiswa mampu membuat keputusan ekonomi yang tepat. (3) Perilaku menabung dilakukan mahasiswa dengan mengontrol pengeluaran dalam konsumsi. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa ekonomi keluarga dan literasi ekonomi sangat memiliki pengaruh dengan perilaku menabung dilihat dari ekonomi keluarga tingkat uang saku, literasi ekonomi berdasarkan pengetahuan mahasiswa
Faktor-faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2016 STKIP PGRI Lumajang tahun akademik 2020/2021 Muhammad Zunaedy; Siti Aisyah; Triwilujeng Ayuningtyas
Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi Vol. 6 No. 1 (2021): APRIL
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21067/jrpe.v6i1.5294

Abstract

Tujuan Penelitian untuk mengetahui analisis minat berwirausaha pendidikan ekonomi angkatan 2016 penelitian ini mengangkat permasalahan: Faktor-Faktor apa saja yang mempengaruhi minat berwirausaha mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2016 di STKIP PGRI Lumajang?. Jenis penelitian yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian yaitu mahasiswa pendidikan ekonomi di STKIP PGRI Lumajang dengan jumlah informan sebanyak 9 mahasiswa. teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi dan wawancara kepada informan. Dengan teknik analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. hasil penelitian dan pembahasan rata-rata minat sesuai dengan hasil observasi sekitar 93.86% yang menjawab dengan pilihan ya, dan berwirausaha sesuai dengan hasil observasi sekitar 95.97% yang menjawab dengan pilihan ya, Minat berwirausaha sesuai dengan hasil observasi sekitar 63.6% yang menjawab dengan pilihan ya, Kesimpulan dari penelitian ini bahwa minat berwirausaha dari mahasiswa angkatan 2016 cukup besar dan semakin tinggi minat berwirausaha mahasiswa maka semakin tinggi pula minat untuk menjadi wirausahawan. Kata Kunci: Faktor-Faktor Minat Berwirausaha
Efikasi diri, pendidikan kewirausahaan dan ekspektasi pendapatan : pengaruh terhadap minat berwirausaha Ilham Pragosa Satyantoro; Endah Andayani; Walipah
Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi Vol. 6 No. 1 (2021): APRIL
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21067/jrpe.v6i1.5324

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Efikasi Diri, Pendidikan Kewirausahaan dan Ekspektasi Pendapatan terhadap Minat Berwirausaha. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Kanjuruhan Malang sejumlah 55 mahasiswa, Teknik pengambilan sample menggunakan sampel jenuh sejumlah 55 mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode statisik penelitian ini menggunakan Regresi Linier Berganda dengan prasyarat uji asumsi klasik uji normalitas, uji multikoloniaritas, uji heteroskesdastisitas, uji autokorelasi pada pengujian hipotesis menggunakan uji F, uji t, uji R. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan analisis Regresi Linier Berganda, pada penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel bebas terhadap variabel terikat. variabel X1 (Efikasi Diri) berpengaruh signifikan terhadap variabel Y(Minat berwirausaha) dengan nilai signifikan sebesar 0,004, X2(Pendidikan Kewirausahaan) berpengaruh signifikan terhadap Y(Minat Berwirausaha) dengan nilai signifikan sebesar 0047, X3 (Ekspektasi Pendapatan) berpengaruh terhadap variabel Y(Minat Berwirausaha) dengan nilai signifikan sebesar 0,43.
Media pembelajaran video produk kreatif dalam pembuatan softcase laptop produk kreatif di era pandemi covid-19 Yayuk Dwi Astuti; Nik Haryanti
Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi Vol. 6 No. 1 (2021): APRIL
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21067/jrpe.v6i1.5332

Abstract

ABSTRAK: Penggunaan media dalam proses pembelajaran dapat membangkitkan keinginan-keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi, dan rangsangan kegiatan belajar, bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa. Berkenaan dengan penyebaran Coronavirus Disease (covid 19) yang semakin meningkat maka kesehatan seluruh warga sekolah menjadi pertimbangan utama dalam pelaksanaan pembelajaran khususnya mengenai media pembelajaran secara daring. Dengan demikian, siswa harus punya pendamping belajar, hal ini terjadi karena nilai KKM siswa di sekolah minim. Terutama masalah pelajaran kewirausahaan siswa sebagian belum ada keinginan untuk berwirausaha. Dengan wujud media video tutorial ini dapat tumbuh imajinasi kreatifitas dari setiap siswa terkait wirausaha produk kreatif. Salah satu media yang dapat dimanfaatkan peserta didik untuk belajar mandiri adalah menggunakan media video produk kreatif wadah laptop. Penggunaan video sebagai media belajar dapat membuat peran guru ke arah yang lebih positif dan produktif. Guru dapat berbagi peran dengan media sehingga memiliki banyak waktu untuk memberi perhatian pada aspek-aspek edukatif lainnya, seperti membantu kesulitan belajar siswa, pembentukan kepribadian, memotivasi belajar, dan lain-lain.
Study of Indonesia's international macroeconomic indicators before and during the covid-19 pandemic Dewi Mahrani Rangkuty; Bakhtiar Efendi; Lia Nazliana Nasution
Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi Vol. 6 No. 1 (2021): APRIL
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21067/jrpe.v6i1.5352

Abstract

This study aims to review Indonesia's macroeconomic indicators before and during the covid-19 pandemic. Using time-series data sourced from ceicdata, this study uses non-parametric statistical methods of different tests (sign tests). The results showed that there is a significant difference between before and during the covid-19 pandemic on international macroeconomic indicators of the rupiah exchange rate against USD, external debt, reserves, and Indonesian CPI. Recommended to the Government of Indonesia through Bank Indonesia and other relevant Ministries need a strict policy on a rupiah exchange rate that leads to price stability to reduce the rate of inflation, management and disclosure of external debt information, the achievement of trade balance surplus to increase reserves towards increasing domestic economic growth.
Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja keuangan (studi kasus pada bank umum syariah yang terdaftar di otoritas jasa keuangan periode 2015-2019) Indah Marlina; Suhono Suhono
Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi Vol. 6 No. 1 (2021): APRIL
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21067/jrpe.v6i1.5360

Abstract

This study aims to determine the factors that can affect accounting performance. The population in the study was 14 with the sample in this study were 7 Islamic Commercial Banks. The sampling technique was purposive sampling. The results of the study stated that CAR had no effect on ROA. FDR has a negative effect on ROA and BOPO has a negative effect on ROA. Data processing using SPSS V.21

Page 1 of 1 | Total Record : 8