cover
Contact Name
M Fauzi Hasibuan
Contact Email
jbc@umsu.ac.id
Phone
+6282277070437
Journal Mail Official
jbc@umsu.ac.id
Editorial Address
Jl. Kapt. Mukhtar Basri, BA No. 3 Medan 20238 » Tel / fax : 061-6619056
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan
ISSN : 26203103     EISSN : 26203103     DOI : 10.30596/bibliocouns
Core Subject : Education,
The Biblio Couns Journal is a scientific journal in the field of Counseling and Education studies. The journal is published in three editions published a year, namely march, july, august. Biblio Couns is published by the Guidance and Counseling Study Program of the Faculty of Teacher Training and Education, University of Muhammadiyah North Sumatra, and in collaboration with the Association of Indonesian Guidance and Counseling Associations (ABKIN) with E-ISSN: 2620-3103. The purpose of the journal is to publish articles dedicated to all aspects of the latest outstanding developments in the field of counseling and education in all settings. The scope of the journal includes applications of school counseling, mental health, assessment, supervision in counseling, sexual harassment, violence supplementary counseling, multi-cultural counseling, crisis intervention, trauma counseling, ITC in counseling, career counseling, spiritual counseling, marriage and family counseling, counseling and psychotherapy, counseling in all backgrounds; Education (teaching, development, instruction, educational projects and innovations, learning methodologies and new technologies in education and learning, assessment). It was first published in 2018.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2023): Juli 2023" : 7 Documents clear
EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING INDIVIDU DENGAN PENDEKATAN COGNITIVE BEHAVIORAL THERAPY UNTUK MENGURANGI KECEMASAN BERKOMUNIKASI SISWA SMA NEGERI 4 TEBING TINGGI Annisa Rambe; Ahmad Syarqawi
Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan Vol 6, No 2 (2023): Juli 2023
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/bibliocouns.v6i2.15118

Abstract

Pelaksanaan riset ini untuk memahami apakah kecemasan berkomunikasi murid SMA Negeri 4 Tebing Tinggi dapat dikurangi melalui konseling individu dengan pendekatan cognitive behavioral therapy. Penelitian kuantitatif dilakukan pada riset menggunakan rancangan non-equivalent control group design. Sebanyak 32 siswa dari kelas XI Ips 3 SMA negeri 4 Tebing Tinggi berpartisipasi dalam peneliian ini. Peserta dibagi menjadi dua kelompok berdasarkan hasil dari sepuluh sampel: kelompok eskperimen dan kelompok kontrol. Pengujian t sampel berpasangan (Paired Sample T Test) dianalisis dengan menggunakan bantuan SPSS 26. Berdasarkan hasil perhitungan angket terdapat 5 murid dalam kategori eksperimen dan 5 murid dalam kategori kontrol yang memiliki kecemasan berkomunikasi. Kelompok eksperimen kemudian diberi sesi konseling satu-satu dengan cognitive behavioral therapy, dan mengambil posttest pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil penelitian ini menunjukan perbedaan kecemasan berkomunikasi bernilai rerata sebanyak 34.3 dalam kelompok eksperimen dan 33.4 pada kelompok kontrol. Hal tersebut bersamaan terhadap hasil pengujian t didapatkan t hitung 7.209 sedangkan t tabel 2.776. Ha ada penerimaan sedangkan Ho ada penolakan. Hal tersebut menandakan yaitu konseling individu dengan pendekatan cognitive behavioral therapy secara signifikan menurunkan kecemasan berkomunikasi siswa.   
PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN SIKAP JUJUR SISWA DI SMA N 4 TEBING TINGGI Anggreini Ayu Lestari Br Sembiring; Ahmad Syarqawi
Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan Vol 6, No 2 (2023): Juli 2023
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/bibliocouns.v6i2.15120

Abstract

Sikap jujur merupakan sebuah sikap positif yang harus dimiliki oleh setiap orang. Sekarang ini banyak siswa yang berperilaku kurang jujur, seperti mengatakan apa yang tidak sebenarnya terjadi, memanipulasi informasi dan menyontek ketika ulangan sedang berlangsung. Peneliti sangat prihatin terhadap permasalahan yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap jujur siswa melalui bimbingan kelompok dengan teknik diskusi. Metode yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif untuk memperoleh gambaran yang menyeluruh dan umum tentang bagaimana layanan bimbingan kelompok membantu individu dalam meningkatkan sikap jujur. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemilihan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik sampling purposif (purposive sampling), dimana siswa yang dijadikan sampel adalah siswa dengan permasalahan yang sama. Melalui penelitian dan teknik pengumpulan data yang digunakan, diperoleh hasil bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi bisa membantu meningkatkan sikap jujur siswa.
PENGARUH PERHATIAN ORANGTUA TUNGGAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 11 KOTA JAMBI Sanny Grace Sinambela; Yulianti Yulianti; Nelyahardi Gutji
Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan Vol 6, No 2 (2023): Juli 2023
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/bibliocouns.v6i2.14846

Abstract

Pendidikan adalah usaha yang dilakukan oleh guru terhadap siswa untuk mewujudkan tercapainya perubahan sikap, kemampuan, kebiasaan, emosional, dan spiritual. Manusia akan memperoleh informasi melalui pendidikan, sehingga dapat mengenali dan memaksimalkan potensi dirinya. Keterlibatan orang tua meningkatkan hasil belajar anak sangatlah penting, tanpa dukungan dan stimulasi orang tua, hasil belajar anak akan menemui kesulitan dan memburuk. Jenis penelitian ini merupakan analisis regresi yang berarti penelitian untuk menghitung besaran pengaruh dari variabel X terhadap variabel Y. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI di SMA Negeri 11 Kota Jambi yang memiliki keluarga orang tua tunggal dan memiliki nilai belajar yang rendah yang berjumlah 27 siswa. Berdasarkan hasil penelitian mengenai Perhatian Orangtua Tunggal didapatkan persentase secara keseluruhan yaitu sebesar 59% dengan hasil tersebut menggambarkan bahwa kualitas perhatian orangtua tunggal pada siswa kelas X dan kelas XI di SMA Negeri 11 Kota Jambi sedang. Hasil belajar 27 responden, didapatkan bahwa hasil belajar memiliki nilai persentase sebesar 80,14% dengan kriteria tafsiran persentase berada pada kualitas baik. Hasil dari pengolahan SPSS 23 diperoleh nilai signifikansi 0,000 0,005 maka dapat disimpulkan variabel perhatian orangtua tunggal (X) mempunyai pengaruh terhadap variabel hasil belajar (Y). Kemudian nilai pengaruh diperoleh melalui nilai R Square sebesar 0,204 yang dipersentasikan menjadi 20,4%1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas Perhatian Orangtua Tunggal berada pada kualitas “Sedang” dengan persentase sebesar 59 2. Kualitas Hasil Belajar berada pada klasifikasi “Baik” dengan persentase sebesar 80,14%. 3. Koefisien determinasi yang dimiliki oleh variabel X terhadap variabel Y yaitu sebesar 0,204 dengan tafsiran pengaruh parsial mengunakan determinasi berada pada kriteria “Cukup Kuat”. Dengan demikian, variabel X mempengaruhi variabel Y sebesar 0,204 atau dengan persentasi 20,4 %.
LAYANAN KONSELING INDIVIDU DALAM MENGATASI KEPERCAYAAN DIRI AKIBAT BULLYING DI SMA NEGERI 4 TEBING TINGGI Natassya Yasmin; Ali Daud Hasibuan
Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan Vol 6, No 2 (2023): Juli 2023
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/bibliocouns.v6i2.14418

Abstract

Artikel ini berisi tentang layanan konseling individual dengan metode konseling direktif dalam mengatasi penurunan kepercayaan diri akibat bullying. Penelitian ini bertujuan   mengetahui layanan konseling individu dalam mengatasi penurunan kepercayaan diri akibat bullying di SMA Negeri 4 Tebing Tinggi. Kepercayaan diri adalah kemampuan seseorang dalam meyakinkan dirinya untuk mempercayai potensi yang dimiliki. Layanan Konseling individu adalah pemberian layanan secara tatap muka dengan tujuan pengarahan diri untuk menyelesaikan tugas perkembangan atau penyelesaian masalah yang sedang dialaminya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu  kualitatif deskriptif, prosedur pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti diantaranya wawancara, observasi, dokumentasi yang dapat memperoleh gambaran secara umum mengenai upaya layanan konseling individu dalam mengatasi penurunan kepercayaan diri akibat bullying.
PENGARUH KONTROL DIRI TERHADAP INTENSITAS PPENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK PADA SISWA DI SMP NEGERI 7 MUARO JAMBI Rosita Dewi; Yulianti Yulianti; K.A Rahman Rahman
Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan Vol 6, No 2 (2023): Juli 2023
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/bibliocouns.v6i2.14925

Abstract

Teknologi merupakan sarana untuk menyediakan hal-hal yang diperlukan untuk mempertahankan hidup manusia. Media sosial merupakan media yang berbasis online yang dapat digunakan untuk berpartisipasi, berbagi serta dapat berkomunikasi dengan sesama pengguna lainnya. Salah satu media sosial yang sangat populer yang digemari semua kalangan dari anak-anak hingga orang tua ialah media sosial Tiktok. Tiktok merupakan aplikasi buatan China yang dibuat oleh perusahaan ByteDance yang diluncurkan pada bulan September 2016. Remaja yang terlalu intens dalam penggunaan media sosial tiktok dapat membawa dampak buruk pada kehidupan sehari-harinya dari cara berpikirnya maupun tingkah lakunya serta kepribadian anak tersebut.Jenis penelitian kuantitatif merupakan penelitian yang menekan pada aspek secara objektif terhadap fenomena sosial. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Expost-facto. Pada penelitian ini data yang terkumpul merupakan data dari siswa kelas VIII yang memenuhi kriteria yang sudah dijelaskan sebelumnya sehingga sampel sebanyak 85 siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum tingkat kontrol diri yang diberikan dengan presentase 58,44% yang berada pada klasifikasi tingkat sedang, tingkat intensitas penggunaan media sosial tiktok pada siswa di SMP Negeri 7 Muaro Jambi berada pada tingkat sedang dengan presentase 51,69% hal ini perlu diwaspadai, determinasi berada pada angka 0,227 atau 22,7%. Kriteria menemukan pengaruh determinasi 0,227 atau 22,7 % berada pada kategori cukup kuat (0,17 – 0,49) maka penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel kontrol diri (X) terhadap variabel intensitas penggunaan media sosial tiktok (Y). Kata Kunci : Intensitas penggunaan Tiktok, pengendalian diri, remaja
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA DI SMA N 10 KOTA JAMBI Akbir Wira Yudha; Yulianti Yulianti; Nelyahardi Gutji
Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan Vol 6, No 2 (2023): Juli 2023
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/bibliocouns.v6i2.14877

Abstract

Prokrastinasi akademik merupakan perilaku menunda memulai atau mengentaskan kegiatan dalam lingkungan akademik. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan munculnya perilaku prokrastinasi akademik, salah satunya adalah penggunaan media sosial. Penggunaan media sosial merupakan suatu bentuk ketergantungan atau keterikatan dalam menggunakan media sosial. Media sosial yang dibahas pada penelitian ini dibatasi pada media sosial tiktok. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap tingkat dan pengaruh penggunaan media sosial tiktok terhadap prokrastinasi akademik siswa di SMA N 10 Kota Jambi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas Fase F SMA Negeri 10 Kota Jambi sebanyak 274 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 53 orang siswa yang diambil dengan teknik purposive sampling. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan expost facto. Instrumen atau alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket penggunaan media sosial tiktok dan angket prokrastinasi akademik. Data dianalisis menggunakan perhitungan persentase formula C, uji normalitas, uji linearitas, analisis regresi sederhana, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum kecanduan gadget siswa berada pada tingkat sedang dengan persentase sebesar 59,27%, dan prokrastinasi akademik berada pada tingkat tinggi dengan persentase sebesar 68,13%. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa berdasarkan hasil uji hipotesis diketahui nilai signifikansi 0,025 0,05 dan nilai thitung ttabel atau 2,316 1,674 yang berarti hipotesis penelitian terbukti kebenarannya yaitu terdapat pengaruh penggunaan media sosial tiktok terhadap prokrastinasi akademik pada siswa SMA Negeri 10 Kota Jambi.
TECHNIQUES FOR EFFECTIVE COUNSELING WITH DISCONFICENT STUDENTS Salsabila Nasution; Rezki Hariko; Yeni Karneli
Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan Vol 6, No 2 (2023): Juli 2023
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/bibliocouns.v6i2.14954

Abstract

Confidence is a belief that exists in humans who perceive life's challenges to be faced. Confidence has a very meaningful role in the process of life. One can miss various opportunities if one is not confident. The crisis of confidence is one of the biggest obstacles to action. Not only hesitate to act, even to the point of not acting. The purpose of this study is to provide tips for counselors in providing counseling to students who lack self-confidence. This research method is a literature study by collecting a number of literature in the form of books, journals that are relevant to the problem and objectives. The result of this research is that counseling can increase students' self-confidence if they pay attention to the quality of the counselor's relationship with the client. The quality of the counselor's relationship with the client plays a very important role which can be seen from the counselor's ability in four, congruence, unconditional positive attention, and respect for students.

Page 1 of 1 | Total Record : 7