cover
Contact Name
Akhyar Anshori
Contact Email
akhyaransori@umsu.ac.id
Phone
+6282277000285
Journal Mail Official
jurnalinteraksi@umsu.ac.id
Editorial Address
Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UMSU Gedung C Jalan Kapten Mukhtar Basri No 3 Medan, Sumatera Utara 20238
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
urnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi
ISSN : -     EISSN : 25806955     DOI : https://doi.org/10.30596/interaksi
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) bekerjasama dengan Asosiasi Pendidikan Ilmu Komunikasi Perguruan Tinggi Muhammadiyah (APIK PTM) yang terbit dua kali dalam setahun pada bulan Januari dan Juli. Terbit pertama kali pada bulan Januari 2017.
Articles 25 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 2 (2025): Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi" : 25 Documents clear
Cyberbullying dengan Relasi Komunikasi Individu Senjaya, Vincka Gracia Surya; Ramdhana, Maulana Rezi; Priastuty, Chairunnisa Widya
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 9, No 2 (2025): Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/interaksi.v9i2.19408

Abstract

Cyberbullying di perguruan tinggi dapat menjadi masalah yang mengganggu relasi dan komunikasi indvidu. Peneliti mengkaji permasalahan cyberbullying ini, khususnya fokus pada mahasiswa Telkom University yang menjadi sampel. Penelitian ini memiliki keunikan dalam konteks fenomena Cyberbullying.  Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif  menggunakan SEM dengan alat analisis SmartPLS 4.0. Hasil penelitian didapatkan p-value sebesar 0.000 0.000 nilai thitung sebesar 12.868 1.96.  Dengan demikian, tolak H01, dan terima H1. Diperoleh pengaruh Electronic Bullying terhadap komunikasi interpersonal, dengan konstanta -0.524. Pengaruh negatif kedua variabel tersebut yaitu cyberbullying dan komunikasi interpersonal dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap kesejahteraan dan lingkungan sosial di kampus.
Menakar Faktor Penyebab Lenght Of Stay Wisatawan dari Perspektif Social Media Rosyidi, Moch Imron
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 9, No 2 (2025): Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/interaksi.v9i2.22309

Abstract

Peningkatan jumlah wisatawan Sumenep pada tahun 2023 naik hingga 300% namun data menunjukkan lama tinggal wisatawan di sumenep tidak berkorelasi dengan jumlah wisatawan dan berdampak pada pemasukan asli daerah yang tidak optimal. Hal ini menjadi alasan menjadikan kajian penting tentang bagaimana suatu destinasi wisata dapat menciptakan daya tarik untuk tinggal lebih lama (length of stay). Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji adanya pengaruh pilihan media dengan lama tinggal wisatawan gastronomi. menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif melalui pendekatan regresi, dengan melakukan wawancara dan uji pengaruh melalui respondent yang ditentukan yakni, sejumlah 80 audiens yang menikmati kuliner Sumenep dan tertarik datang dengan promosi media. Hasil regresi linier sederhana menunjukkan bahwa R² adalah 0.557, yang berarti bahwa 55.7% variansi dalam length of stay dijelaskan oleh variabel Pilihan Media. Hasil regresi linier berganda menunjukkan bahwa R² adalah 0.650, yang berarti 65% variansi dijelaskan oleh kombinasi variabel media digital.
Representasi Bapak dalam Film Pendek Berjudul “BAPAK” (Analisis Semiotika John Fiske) Althaf, Muhammad Alfito
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 9, No 2 (2025): Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/interaksi.v9i2.24348

Abstract

In patriarchal culture, fathers are often considered as the head of the family who is responsible for the economic welfare and the main decision maker in the household. As time goes by, perceptions of the figure of the father also vary greatly due to the influence of the culture in which he is located. This study aims to represent the figure of the father in Javanese culture through a short film entitled "BAPAK". The researcher uses a descriptive qualitative research approach to understand the phenomenon of the object being studied as a whole. The research data collection technique will be carried out by direct observation through the short film "Bapak". The researcher uses John Fiske's semiotic analysis to analyze moving images such as films and TV shows through 3 levels of television code theory. The results of this study indicate that the film effectively represents a father who has his own way of showing affection and responsibility towards his family, such as being a hard worker, giving affection and attention, and being willing to sacrifice for the happiness of his family. The conclusion that can be drawn is that the film Bapak is not only an emotionally touching work of art, but also conveys a strong social message about the importance of a father's role in family life.
Manajemen Acara Proses Produksi Live Streaming Sharing Knowledge Innovation Day Episode “How to Create a Personalized and Enganging Streaming Content” Permatasari, Dewi
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 9, No 2 (2025): Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/interaksi.v9i2.18844

Abstract

PT. Telkom Indonesia  menerapkan konsep knowledge management untuk peningkatan kinerja dan pengetahuan pegawai dengan menciptakan program knowledge sharing. Program sharing knowledge dibuat dengan pemanfaatan teknologi digital dalam bentuk live streaming Innovation Day yang menghadirkan narasumber expertise di bidangnya. Berjalannya program acara live streaming tidak lepas dari keterlibatan tim dibalik layar yang bekerja sama untuk berusaha menampilkan tayangan terbaik bagi penonton. Untuk menciptakan keberhasilan program acara live streaming diperlukan manajemen acara yang tepat, kerja sama tim, dan koordinasi komunikasi yang efektif antar anggota. Tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui implementasi project perusahaan dalam proses produksi acara live streaming Innovation Day dengan menerapkan teori manajemen acara oleh Goldblatt (2002). Metode pengumpulan data pada penulisan tugas akhir menggunakan analisis data kualitatif berupa wawancara, data-data digital tertulis, observasi penulis di lapangan. PT. Telkom Indonesia program Innovation Day. Program acara live streaming Innovation Day episode “How to Create a Personalized and Enganging Streaming Content” dibuat dengan harapan penonton dapat memahami tentang streaming konten di media sosial dan membangun karakter yang disukai audiens melalui diskusi langsung dengan narasumber ahli.
Strategi Integrated Marketing Communication dalam Membangun Brand Hue Coffee Sukma, Sekar Ayu Dedari; Herdono, Ismojo
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 9, No 2 (2025): Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/interaksi.v9i2.24469

Abstract

Bisnis makanan dan minuman di Indonesia, khususnya kafe inovatif, terus berkembang pesat, mendorong tren baru di 2024. Menurut data ICO, konsumsi kopi Indonesia menjadi yang kelima tertinggi di dunia pada 2020/2021, didorong oleh perubahan budaya Gen Z dan milenial yang semakin gemar minum kopi. Sebanyak 49,25% penduduk Indonesia menghabiskan uang untuk makanan dan minuman. Pada 2023, jumlah kedai kopi diperkirakan mencapai 10.000 unit, dengan pertumbuhan konsumsi kopi 13,9% per tahun. Di Jawa Timur, pertumbuhan kedai kopi mencapai 18% per tahun. Dengan perkembangan kafe yang semakin pesat terutama di Surabaya, Hue Coffe menjadi salah satu kafe yang berlokasi di Surabaya, Jawa Timur, dan banyak dikunjungi tidak hanya anak muda tetapi juga karyawan kantoran. Dengan lokasi yang strategis berada di lingkungan perkantoran, sekolah, dan perumahan menjadikan Hue Coffee tempat yang nyaman untuk berkumpul bersama ataupun bekerja karena memiliki fasilitas ruangan meeting. Dengan keberhasilan penggunaan fasilitas ruang meeting sebanyak 15-20 kali setiap bulannya. Tidak hanya ruang meeting, Hue Coffee juga berhasil membuat dan memasarkan produk minuman kopi kaleng mereka yang diberi nama Hue To Go serta marchendise tumblr milik Hue Coffee. Penelitian ini menggunakan Jenis Penelitian Kuasi-kualitatif untuk mengukur keberhasilan dari Hue Coffee dengan metode wawancara dan studi dokumentasi Bersama tim Hue Coffee. Elemen IMC yang digunakan dapat dilihat dari inovasi menu yang menjadi nilai jual yang diberikan oleh Hue Coffee dan juga kolaborasi dengan influencer ataupun workshop dengan pelaku industri kreatif di Surabaya, tercatat sudah lebih dari 10 kali melangsungkan event pada tahun 2023 dengan 13 kali melakukan Kerjasama baik dengan food blogger ataupun konten creator lokal. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat dalam membantu mengembangkan konsep IMC yang dapat menciptakan strategi pemasaran terutama di bidang industri kafe, serta dapat membantu Hue Coffee dalam meningkatkan efektivitas dan konsistensi komunikasi pemasaran mereka menggunakan penerapan IMC.Kata kunci :  Hue Coffee, Industri Kafe, Integrated Marketing Communication, IMC Tools, Kuasi Kualitatif.
Pengaruh Ariel NOAH Sebagai Brand Ambassador Terhadap Loyalitas Pengguna Layanan Go-Send Maulidya, Erica; Wahyuni, Itca Istia
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 9, No 2 (2025): Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/interaksi.v9i2.15943

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari Ariel NOAH sebagai brand ambassador terhadap loyalitas pengguna layanan Go-Send. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yakni dengan membagikan kuisioner kepada 400 responden untuk memperoleh data primer dan studi pustaka melalui literatur jurnal penelitian terdahulu dan buku untuk memperoleh data sekunder. Responden dipilih dengan menggunakan teknik pengambilan sampel probability sampling dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah pengguna aktif Gojek yang pernah melihat Ariel NOAH sebagai bintang iklan Go-Send dan responden yang tergabung dalam member loyalty Go-Club. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara Ariel NOAH sebagai brand ambassador terhadap loyalitas pengguna layanan Go-Send. Koefisien determinasi menunjukkan bahwa brand ambassador (X) memberi kontribusi sebesar 39.2% terhadap loyalitas pelanggan (Y). Uji hipotesis parsial (t) menyatakan bahwa H0 ditolak, terdapat pengaruh signifikan antara variabel independen brand ambassador (X) dengan variabel dependen loyalitas pelanggan (Y).
Kesehatan Mental Penggemar dalam Lagu My Treasure Mulyadi, Iffa Salsabila; Soedarsono, Dewi K
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 9, No 2 (2025): Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/interaksi.v9i2.21166

Abstract

Music is a powerful communication tool in health communication that can affect the physical, mental and emotional aspects of individuals. Music is also used as a means to deliver health messages. Music has various genres that continue to grow ranging from Pop, Hip Hop, RB, Reggae, Jazz, and others. These music genres then develop into sub-genres of music, one of which is K-Pop or Korean Pop. Indonesia is the third most streamed country in K-Pop music. According to a report from Twitter, Indonesia is the country with the most K-Pop fans in the world. The K-Pop phenomenon in Indonesia is very rampant, especially among young people, especially generation Z. One of the boy groups from South Korea that is currently actively working is Treasure. Treasure specifically released several songs that contain support for fans, one of which is the song "My Treasure". This research uses Stuart Hall's Reception Analysis which discusses how audiences receive messages or interpret and digest messages, as well as semiotic analysis by Ferdinand De Saussure to examine the meaning of the messages conveyed in the song My Treasure. The meaning of the song "My Treasure" can be understood as a message about self-worth, happiness, and hope. Through the reception analysis, it was found that the majority of informants were in the dominant hegemony position, while the rest were in the negotiation position.
Strategi Penyiaran Radio Intan dalam Upaya Rebranding di Era Konvergensi Media Permana, Febri Triansyah; Fanaqi, Chotijah; Raturahmi, Leadya
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 9, No 2 (2025): Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/interaksi.v9i2.19128

Abstract

Radio Intan merupakan salah satu stasiun radio yang melakukan upaya rebranding di era konvergensi media. Namun, mereka menghadapi kendala karena kurangnya pengetahuan masyarakat tentang perubahan menjadi lembaga penyiaran publik. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strategi manajemen komunikasi Radio Intan dalam melakukan upaya rebranding di era konvergensi media. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Proses analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan beberapa perubahan yang dilakukan oleh Bidang Penyiaran Dinas Komunikasi dan Informatika dalam upaya rebranding, seperti penggunaan website sebagai sistem penyiaran, perubahan tata cara penyiaran, dan penggunaan media sosial. Namun, radio Intan menghadapi masalah karena kurangnya pengetahuan masyarakat tentang keberadaannya, yang disebabkan oleh keterbatasan anggaran untuk promosi berbayar. Hal ini membuat eksistensi radio Intan berkurang
Analisis Semiotika Foto Jurnalistik Karya Muhammad Bagus Khoirunas: Pemilu Suku Baduy 2024 Pikatan, Rakay Satryo; Setyawan, Sidiq
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 9, No 2 (2025): Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/interaksi.v9i2.24020

Abstract

Penelitian ini menganalisis foto karya Muhammad Bagus Khoirunas yang menggambarkan partisipasi politik Suku Baduy dalam Pesta Demokrasi Pemilu 2024. Dengan menggunakan pendekatan semiotika Roland Barthes, penelitian ini bertujuan untuk memahami makna dan pesan yang terkandung dalam foto-foto tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan fokus pada analisis denotasi, konotasi, dan mitos dalam foto-foto jurnalistik yang dipublikasikan di portal Antara Foto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Suku Baduy secara aktif berpartisipasi dalam proses pemilu tanpa meninggalkan budaya dan tradisi mereka, seperti penggunaan pakaian adat, kegiatan menenun, dan gotong royong. Partisipasi politik Suku Baduy mencerminkan kesetaraan hak pilih tanpa memandang jenis kelamin, usia, atau status sosial. Selain itu, penelitian ini mengungkapkan keberiringan budaya dan partisipasi politik yang kuat, di mana masyarakat Baduy tetap mempertahankan identitas budaya mereka sambil terlibat dalam proses demokrasi modern.
Strategi Public Relations Dalam Mempertahankan Citra Lembaga Perguruan Tinggi Swasta Di Indonesia Qomaruddin, Daffaa Esh-Shidqy
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 9, No 2 (2025): Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/interaksi.v9i2.20623

Abstract

Persaingan lembaga pendidikan perguruan tinggi swasta yang semakin sengit dalam menarik minat calon mahasiswa terbaik yang disebabkan oleh lingkungan pendidikan yang terus berubah dengan cepat, kebijakan pemerintah, serta preferensi mahasiswa yang seiring berkembangnya zaman. Berbeda halnya dengan Telkom University yang merupakan perguruan tinggi swasta yang mengalami peningkatan jumlah mahasiswa baru dari tahun 2022 ke tahun 2023 serta berhasil mempertahankan peringkat perguruan tinggi swasta terbaik selama tiga tahun berturut-turut, hal tersebut tidak terlepas dari peran public relations dalam mempertahankan citra lembaga dan perlu terus memiliki gagasan yang kreatif dan inovatif mengenai sebuah perencanaan program ke-humasan agar lembaga pendidikan tersebut dapat bertahan dan bersaing dengan lembaga pendidikan baik nasional dan internasional serta beradaptasi dengan tuntutan zaman. Dengan hal tersebut tujuan dilakukannya penelitian ini agar dapat memberikan referensi untuk para pembaca atau lembaga pendidikan lainnya dalam menjalankan strategi public relations. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan berupaya untuk menerangkan dan merangkum beragam keadaan, situasi, atau realitas sosial yang diamati di lapangan dengan teknik pengumpulan data melalui data primer yaitu wawancara dan data sekunder yaitu observasi dan dokumentasi. Konsep strategi public relations Cutlip Center dijadikan sebagai teknik analisis data penelitian ini. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa, empat tahapan strategi public relations Cutlip Center sangat penting guna berjalannya suatu program humas dengan baik dan strategi humas telkom university menggunakan Strategy of publicity, Strategy of persuasion, Strategy of argumentation dan Strategy of image.

Page 1 of 3 | Total Record : 25