cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia
ISSN : 08528322     EISSN : 26148293     DOI : -
Core Subject : Education,
Journal of Physical Education Arena is published by Department of Sports Science, Faculty of Sports Science State University of Malang (UM). The Indonesian Physical Education Arena is published twice a year in April and October containing articles of research and thought results in the field of Physical Education. First published in January 1990 with the name of "GELANGGANG" , renamed with the "JURNAL PENDIDIKAN JASMANI" in 2014, then renamed with "PENDIDIKAN JASMANI" in 2017 and last renamed with the "GELANGGANG PENDIDIKAN JASMANI INDONESIA" in 2018. Learning Domains in Physical Education includes learning plan, learning implementation and learning evaluation. Learning materials of Physical Education consits of 6 category namely: 1) Sports basic science, 2) Motor Activity, 3) Teaching methods and didactic, 4) Statictics and research method, 5) Management, and 6) Blended Learning.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2017): Desember" : 10 Documents clear
PENGARUH KOORDINASI MATA-TANGAN, DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KETERAMPILAN SMASH muchlisaa, ayu widii
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia Vol 1, No 2 (2017): Desember
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (244.431 KB) | DOI: 10.17977/um040v1i2p213-218

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh langsung antara koordinasi mata-tangan, daya ledak otot tungkai dan motivasi berprestasi terhadap keterampilan smash bolavoli.Penelitian ini dilakukan pada atlet klub bolavoli putra Se-Kota Pekanbaru berjumlah 40 atlet. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampel kriteria(purposive sampling).Pengujian hipotesis pengaruh koordinasi mata-tangan terhadap keterampilan smash sebesar 0,329. Pengaruh daya ledak otot tungkai terhadap keterampilan smash sebesar 0,248. Pengaruh motivasi terhadap keterampilan smash sebesar 0,429.Pengaruh koordinasi mata-tangan terhadap motivasi berprestasi sebesar 0,550. Pengaruh daya ledak otot tungkai terhadap motivasi berprestasi sebesar 0,419.Hasil penelitian menyimpulkan terdapat pengaruh positif antara koordinasi mata-tangan, daya ledak otot tungkai dan motivasi berprestasi terhadap keterampilan smash atlet klub bolavoli putra Se-Kota Pekanbaru
PERBEDAAN PENGARUH GAYA MENGAJAR KOMANDO DENGAN GAYA MENGAJAR LATIHAN TERHADAP MINAT PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLA VOLI KELAS X MADRASAH Putra, Hendi Buwana; Asim, Asim; Hariyanto, Eko
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia Vol 1, No 2 (2017): Desember
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (335.219 KB) | DOI: 10.17977/um040v1i2p252-261

Abstract

Abstrak: Permainan bolavoli merupakan salah satu permainan bola besar yang menjadi materi ajar di sekolah dalam mata pelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan. Tujuan dar penelitian ini untuk mengetahui perbedaan pengaruh gaya mengajar komando dengan gaya mengajar latihan terhadap minat belajar siswa kelas X MAN Batu. Penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimental sungguhan dan pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Dari hasil analisis varian satu jalur (one way anava). Ditemukan bahwa gaya mengajar komando berpengaruh signifikan terhadap minat belajar peserta didik. Gaya mengajar latihan berpengaruh signifikan terhadap minat peserta didik. Terdapat perbedaan pengaruh gaya mengajar komando dan latihan. Disarankan agar memilih gaya mengajar latihan.Kata Kunci: gaya mengajar komando, gaya mengajar latihan, minat belajar siswa.
PENGARUH INTERVAL TRAINING TERHADAP PENINGKATAN VO2 MAKS PESERTA EKSTRAKURIKULER FUTSAL PUTRA SMA Zabdillah, Mohammad Zulmi Fairuz; sugiyanto, sugiyanto; Januarto, Oni Bagus
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia Vol 1, No 2 (2017): Desember
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (341.953 KB) | DOI: 10.17977/um040v1i2p229-237

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh interval training terhadap peningkatan VO2 maks peserta ekstrakurikuler futsal putra SMA Negeri 1 Pare Kabupaten Kediri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen matching pretest-posttest comparison group design dengan jumlah subjek 30 speserta. Berdasarkan hasil uji hipotesis, diperoleh hasil sebagai berikut: (1) hasil uji-t interval training diperoleh nilai statistik thitung sebesar -11,664 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p<α=0,05), (2) hasil uji-t program latihan pelatih diperoleh nilai statistik thitung sebesar -1,271 dengan nilai signifikansi sebesar 0,224 (p>α=0,05) dan (3) hasil uji One Way ANOVA antara 2 kelompok latihan diperoleh nilai statistik Fhitung sebesar 4,373 dengan taraf signifikansi sebesar 0,046 (p<α=0,05).Kata Kunci: interval training, VO2 maks.
PROFIL KONDISI FISIK UNSUR DAYA TAHAN JANTUNG PARU-PARU PESERTA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BOLABASKET DAN BOLAVOLI DI SMA NEGERI 1 KEPANJEN KABUPATEN MALANG Tamara, Satria Alpra; Nurrochmah, Siti
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia Vol 1, No 2 (2017): Desember
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (302.047 KB) | DOI: 10.17977/um040v1i2p262-270

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini memperoleh informasi tentang profil kondisi fisik unsur daya tahan jantung paru-paru siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bolabasket dan bolavoli di SMA Negeri 1 Kepanjen Kabupaten Malang. Populasi berjumlah 60 orang siswa, data dikumpulkan menggunakan teknik pengukuran bentuk tes lari multistage. Data dianalisis dengan teknik statistika deskriptif kuantitatif. Hasil analisis kelompok bolabasket 15 siswa putra rata-rata hitung daya tahan jantung paru-paru 36,9 ml/kg/menit, 15 siswa putri rata-rata hitung daya tahan jantung paru-paru 36,38 ml/kg/menit, kelompok bolavoli 15 siswa putra rata-rata hitung daya tahan jantung paru-paru 37,77 ml/kg/menit, 15 siswa putri rata-rata hitung daya tahan jantung paru-paru 36,26 ml/kg/menit. Kesimpulan hasil penelitian bahwa kondisi daya tahan jantung paru-paru peserta kegiatan ekstrakurikuler bolabasket dan bolavoli di SMA Negeri 1 Kepanjen seagian besar katagori “sedang” dan yang lainnya katagori “kurang”. Kata Kunci: profil, kondisi fisik, daya tahan, ekstrakurikuler, bolabasket dan bolavoli.
EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT KELAS X DI SMA NEGERI 1 KESAMBEN Sebtika, Astrid Nanda; Winarno, M. E.; Sugiyanto, Sugiyanto
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia Vol 1, No 2 (2017): Desember
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (310.611 KB) | DOI: 10.17977/um040v1i2p219-228

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, ancaman, dan peluang program Pembelajaran PJOK di SMA Negeri 1 Kesamben. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian evaluasi. Sumber data waka kurikulum, guru PJOK kelas X, dan siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data SWOT. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan peneliti diketahui hasil evaluasi dengan analisis SWOT program pembelajaran PJOK di SMA Negeri 1 Kesamben tergolong baik, sehingga program pembelajaran yang telah ada dapat dilanjutkan dengan catatan bahwa perlu adanya perbaikan lebih lanjut mengenai sarana prasarana, pelaksanaan dan proses penilaian pembelajaran khususnya mata pelajaran PJOK guna untuk menghadapi lembaga sekolah lain yang lebih unggul. Kata Kunci: Evaluasi, Program Pembelajaran, Analisis SWOT
PENGARUH METODE DRILL DAN METODE BERMAIN TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING SEPAKBOLA PADA PESERTA EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA USIA 16-17 TAHUN Syarifudin, Mohammad Fajar; Hariyoko, Hariyoko; Wahyudi, Usman
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia Vol 1, No 2 (2017): Desember
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (474.299 KB) | DOI: 10.17977/um040v1i2p271-281

Abstract

Abstrak: Dalam permainan sepakbola salah satu teknik penting yang harus dikuasai adalah passing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode drill dan metode bermain terhadap hasil belajar passing sepakbola. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen. Subjek penelitian adalah 14 peserta ekstrakurikuler MAN Kota Batu dan 14 peserta ekstrakurikuler SMKN 11 Malang. Analisis data penelitian menggunakan teknik analisis varians satu jalur. Hasil pengujian hipotesis didapatkan: (1) pembelajaran dengan perlakuan metode drill memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar passing, (2) pembelajaran perlakuan metode bermain memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar passing , dan (3) ada perbedaan yang tidak signifikan antara pembelajaran dengan perlakuan metode drill dan perlakuan metode bermain terhadap hasil belajar passing sepakbola peserta ekstrakurikuler sepakbola usia 16-17 tahun.Kata Kunci: metode drill, metode bermain, hasil belajar passing sepakbola. 
PENGEMBANGAN MEDIA PELATIHAN SIGNAL-SIGNAL WASIT BOLAVOLI MENGGUNAKAN M-LEARNING Puspitasari, Nutri; Nurrochmah, Siti; Yudasmara, Dona Sandy
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia Vol 1, No 2 (2017): Desember
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (304.058 KB) | DOI: 10.17977/um040v1i2p238-245

Abstract

Abstrak:Tujuan penelitian dan pengembangan ini untuk mengembangkan media pelatihan signal-signal wasit bolavoli yang dikemas dalam bentuk buku digital mobile learning. Selain itu, media buku digital mobile learning diharapkan dapat mempermudah peserta kegiatan latihan untuk belajar dan mempraktekkan materi signal-signal wasit bolavoli secara mandiri. Model penelitian ini menggunakan model konseptual. Uji coba kelompok keseluruhan melibatkan 45 anggota kegiatan latihan. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini adalah media pelatihan signal-signal wasit bolavoli menggunakan M-Learning. Dengan hasil analisis data uji coba kelompok kecil diperoleh persentase 89,33% dan hasil analisis data uji kelompok besar diperoleh persentase 92,81%. Kesimpulan pengembangan media pelatihan signal-signal wasit bolavoli menggunakan M-Learning dapat digunakan sebagai media yang tepat dan layak untuk anggota kegiatan Unit Aktivitas Bolavoli di Universitas Negeri Malang. Kata Kunci: Perwasitan bolavoli, Mobile Learning 
PENGARUH LATIHAN LADDER DRILL TERHADAP PENINGKATAN KECEPATAN LARI PESERTA EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA SMA NEGERI 1 PAGAK KABUPATEN MALANG Cahyono, Ipung Tri; Sugiarto, Tatok; Amiq, Fahrial
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia Vol 1, No 2 (2017): Desember
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (354.075 KB) | DOI: 10.17977/um040v1i2p282-290

Abstract

Abstrak: Peserta kegiatan ekstrakurikuler sepakbola SMA Negeri 1 Pagak Kabupaten Malang memiliki masalah dalam kecepatan lari, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecepatan lari peserta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan jumlah populasi dan sampel 24 peserta. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa F hitung 8,24> F tabel 4,30 untuk latihan ladder drill, sedangkan latihan konvensional memperoleh hasil 0,15 < F tabel 4,30. Selisih dari kedua kelompok diperoleh 36,439 > F tabel 4,30. Sehingga ada pengaruh yang signifikan antara latihan ladder drill dengan latihan konvensional. Kata kunci: latihan ladder drill, kecepatan lari peserta.
PENGEMBANGAN PRODUK PERMAINAN MIKRO TENIS SEBAGAI ALTERNATIF KETERBATASAN KETERSEDIAAN FASILITAS LAPANGAN TENIS Irawan, Ricko; Nurharsono, Tri; Raharjo, Agus
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia Vol 1, No 2 (2017): Desember
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (329.674 KB) | DOI: 10.17977/um040v1i2p205-212

Abstract

ABSTRAK: Latar belakang penelitian ini karena keterbatasan fasilitas lapangan tenis untuk melatih gerak dasar pukulan forehand dan baghand. Penelitian ini bertujuan membuat produk inovasi permainan tenis lapangan yang disebut permainan Mikro Tenis yaitu untuk mengatasi keterbatasan ketersedian lapangan tenis dalam kegiatan perkuliahan. Penelitian ini menggunakan Pengembangan Prosedural. Metode penelitian dan pengembangan ini menggunakan  metode deskriptif, evaluatif, dan eksperimental. dan keterterimaan produk berupa data dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Hasil penelitian: 1) penilaian ahli tentang kesesuaian produk dengan CPMK rerata 95% atau sangat baik, 2) penilaian ahli tentang kesesuaian produk dengan karakteristik mahasiswa rerata 93,75% atau sangat baik, 3) penilaian  ahli tentang kesesuaian produk dengan keaktifan mahasiswa rerata 100% atau sangat baik, 4) penilaian ahli tentang kelayakan produk dengan peraturan permainan rerata 93,75% atau sangat baik. Kata Kunci: Mikro Tenis, Tenis Lapangan, Keterbatasan Lapangan
PENGEMBANGAN MODEL LATIHAN TEKNIK DASAR SMASH PERMAINAN BOLAVOLI DENGAN MENGGUNAKAN ALAT BANTU BOLA GANTUNG UNTUK PESERTA EKSTRAKURIKULER SMK Subagyo, Ergyan; Tomi, Agus
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia Vol 1, No 2 (2017): Desember
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (265.967 KB) | DOI: 10.17977/um040v1i2p246-251

Abstract

 ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan mengembangkan model latihan teknik dasar smash menggunakan alat bantu bola gantung yang dikemas dalam buku saku. Data dikumpulkan dari angket justifikasi dan angket siswa. Justifikasi kepelatihan didapatkan 77,3% (Cukup Vaid) dan justifikasi ahli media didapatkan 83,3% (Cukup Valid). Ujicoba kelompok kecil didapatkan 76,7% (Cukup Valid) dan uji coba kelompok besar didapatkan 78,8% (Cukup Valid). Sehingga disimpulkan media buku saku cukup valid digunakan latihan di-ekstrakurikuler di SMK Negeri 12 Kota Malang. Kata Kunci: Pengembangan, buku saku, model latihan, alat bantu bola gantung, smash bolavoli

Page 1 of 1 | Total Record : 10