cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota singkawang,
Kalimantan barat
INDONESIA
Jurnal PIPSI: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia
Published by STKIP Singkawang
ISSN : 24776254     EISSN : 24778427     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is a Journal in the field of social sciences education: teaching, development, instructional, educational project and innovations, learning methodologies and new technologies in educational and learning and the other issues for social sciences.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2022): VOLUME 7 NUMBER 1 JANUARI 2022" : 6 Documents clear
INTERNALISASI PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DI SMP PADA MASA PANDEMI COVID–19 Kondidus Lajim
Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia) Vol 7, No 1 (2022): VOLUME 7 NUMBER 1 JANUARI 2022
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26737/jpipsi.v7i1.2628

Abstract

Kajian ini berfokus pada disiplin karakter. Fokus penelitian adalah bagaimana internalisasi karakter disiplin pada siswa SMP Bruder Singkawang di masa pandemi covid-19? Ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan tiga cara yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Untuk menjamin keabsahan data yang telah diperoleh, maka dilakukan triangulasi. Hasil penelitian ini adalah internalisasi kedisiplinan selama pandemi Covid-19 dapat berjalan dengan baik. Penerapan pembentukan karakter disiplin dalam pelaksanaan pembelajaran online dipantau dari proses pembelajaran. Pihak sekolah juga mengadakan kunjungan rumah bagi siswa yang tidak aktif selama pembelajaran online. Pembelajaran online saat ini lebih menitikberatkan pada ranah kognitif, kurang memperhatikan ranah afektif, sehingga hasil yang dibebankan oleh sistem pembelajaran online adalah siswa mendapatkan pengetahuan dalam bentuk konsep dan kemudian menerapkannya dalam bentuk psikomotorik. Untuk memperoleh ranah afektif, guru perlu menanamkan karakter yang baik kepada siswanya di setiap mata pelajaran. Internalisasi karakter disiplin dapat dilakukan dengan pembiasaan dalam kehidupan. 
PENDIDIKAN DI MASA PANDEMI COVID-19 DALAM PANDANGAN GURU DAN PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH Agung Dwi Bahtiar El Rizaq
Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia) Vol 7, No 1 (2022): VOLUME 7 NUMBER 1 JANUARI 2022
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26737/jpipsi.v7i1.2459

Abstract

Pendidikan menjadi salah satu aspek kehidupan yang harus menyesuaikan model pembelajaran tatap muka menjadi online dalam rangka memutus penyebaran COVID-19. Kondisi ekstraordinari yang berlangsung Tidak kurang dari 1 tahun memberikan respon beragam baik dari perspektif guru maupun siswa. Kajian ini mengulas perspektif guru dan siswa sekolah menengah mengenai pendidikan di masa depan pasca pandemi covid-19. Selanjutnya, kajian ini dilakukan dengan membagikan kuesioner online kepada responeden dari 5 provinsi di Indonesia melibatkan 40 guru dan 14 siswa. Hasil dari kajian ini menunjukkan bahwa (1) e-learning secara penuh belum mengakomodir beberapa nilai-nilai pendidikan yang hanya dapat disalurkan dalam proses belajar classical, (2) keterbatasan interaksi langsung menjadi perhatian khusus dalam impelemntasi e-learning, (3) keberlanjutan e-learning tergantung pada kesiapan sumberdaya dan infrastruktur, dan (4) Blended learning menjadi model pembelajaran pilihan dan paling cocok diterapkan untuk pendidikan dimasa depan. Kajian ini mengarahkan diskusi lebih lanjut pada model blended learning yang paling sesuai digunakan untuk keberlanjutan pendidikan dimasa depan.
OPTIMALISASI PERKULIAHAN DARING GEOGRAFI EKONOMI MELALUI KOMBINASI PEMBELAJARAN SECARA SINKRON DAN ASINKRON DI MASA PANDEMI COVID-19 Dwi Partini; Wiclif Sepnath Pinoa
Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia) Vol 7, No 1 (2022): VOLUME 7 NUMBER 1 JANUARI 2022
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26737/jpipsi.v7i1.2487

Abstract

Semenjak pandemi covid-19 pelaksanaan proses pembelajaran baik dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi telah bertransformasi dari pembelajaran luring menjadi daring. Muncul berbagai persoalan baru dalam pembelajaran salah satunya dalam proses pelaksanaan pembelajaran daring itu sendiri yang seringkali kurang optimal. Pelaksanaan pembelajaran daring pada perkuliahan geografi ekonomi program studi Pendidikan geografi universitas pattimura terkendala jaringan internet yang kurang stabil, dan juga dipengaruhi jaringan listrik terlebih untuk mahasiswa yang tinggal di daerah yang berada di pulau-pulau jauh dari pusat kota. Untuk mensiasati agar perkuliahan tetap terlaksana dengan optimal maka dilakukan pembelajaran daring kombinasi antara sinkron dan asinkron. 
KONTRUKSI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM "AKU BELAJAR" DALAM MENINGKATKAN LITERASI ANAK PEMULUNG Iwan Ramadhan; Imran Imran
Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia) Vol 7, No 1 (2022): VOLUME 7 NUMBER 1 JANUARI 2022
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26737/jpipsi.v7i1.2389

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui kontruksi pemberdayaan mayarakat melalui program “Aku Belajar” untuk meningkatkan literasi anak pemulung di Batu Layang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kontruksi pemberdayaan mayarakat melalui program “Aku Belajar” untuk meningkatkan literasi anak pemulung di Batu Layang terlaksana dengan mengadakan kegiatan dimensi (duduk menginspirasi) sebagai kegiatan membangun motivasi anak untuk belajar dan meningkatkan aksara atau literasi anak, kegiatan Charity Day atau pertunjukan pentas seni yang bertujuan agar kreatifitas anak meningkat. Selain kegiatan dimensi dan Charity Day, program “Aku Belajar” membangun perpustakan mini sebagai sarana anak pemulung untuk membaca yang bertujuan agar meningkatkan literasi anak pemulung di Batu Layang. Hasil dari program “Aku Belajar” ini didapatkan bahwa dalam program “Aku Belajar” terdapat perpustakaan belajar yang bertujuan untuk meningkatkan literasi anak pemulung dengan pelaksanaan kegiatan yang berupa penghimpunan buku-buku yang dikagorikan layak untuk dibaca oleh anak-anak secara perlahan dan sudah dirasa cukup maka,  dibangunlah perpustakaan mini untuk anak-anak pemulung di Batu Layang, Minat belajar anak pemulung yang dibina meningkat ditunjukkan dengan perhatian anak saat belajar dimana anak-anak binaan fokus berkonsentrasi dan serius saat relawan memberikan arahan mengenai tujuan pembelajaran, menjelaskan materi serta memecahkan kesulitan belajar mereka dengan cara yang unik dan mudah dipahami. Anak-anak binaan juga menyimak arahan relawan untuk memilih dan menemukan sumber belajar. Mengetahui bahwa perhatian anak adalah satu satu hal yang membuat konsentrasi serta aktivitas peserta didik dalam sebuah pengamatan dan pengertian, tanpa tidak mengesampingkan perbedaan.
MANAJEMEN PEMBELAJARAN DARING SISWA SEKOLAH DASAR DI MASA PANDEMI Acil Ridwan; Erlinda Risa Nur Aulia; Siti Fadia Nurul Fitri; Husen Windayana
Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia) Vol 7, No 1 (2022): VOLUME 7 NUMBER 1 JANUARI 2022
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26737/jpipsi.v7i1.2836

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis berlakunya manajemen pembelajaran daring siswa di masa pandemic Covid-19. Karena dalam setiap pembelajaran adanya sebuah manajemen pembelajaran sangatlah penting. Meskipun pada saat pandemi Covid-19 melanda Indonesia, eksistensi manajemen pembelajaran tetaplah harus ada. Pada saat pandemic melanda, manajemen pembelajaran di Indonesia memerlukan banyak penyesuaian dengan kondisi pandemi. Pelaksanaan pembelajaran pun menjadi berbasis teknologi atau biasa disebut dengan pembelajaran dalam jaringan (daring). Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka. Penelitian kualitatif ini menggunakan teknik pengumpulan data StudiLiteratur. Dimana kesimpulan dari penelitian ini adalah pelaksanaan manajemen pembelajaran di masa pandemic ini masih kurang optimal. Masih banyak kendala yang ditemui dalam pelaksanaannya.  alah satunya kendala yang dijumpai saat  pembelajaran daring. Solusi dari permasalahan yang ditemui adalah diperlukan adanya sosialisasi dan penyesuaian manajemen pembelajaran di masa pandemi ini
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELEGTUALITY) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS X SMA NEGERI 6 PONTIANAK Ivan Veriansyah
Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia) Vol 7, No 1 (2022): VOLUME 7 NUMBER 1 JANUARI 2022
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26737/jpipsi.v7i1.3029

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  mnegetahui pengaruh dari penerapan model pembelajaran SAVI pada siswa kelas X SMA Negeri 6 Pontianak. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 6 Pontianak yang terdiri dari 5 kelas yaitu XA, XB, XC, XD dan XE Sedangkan sampel pada penelitian ini adalah siswa pada kelas XB dan XE Penelitian ini menggunakan  Quasi Experimental Design dengan rancangan penelitian two group post test only. Adapun hasil dari penelitian ini adalah adalah 1) nilai rata-rata siswa pada pelajaran geografi pada kelas control atau kelas yang tidak diterapkan metode SAVI adalah sebesar 67,6 dengan kategori “cukup”. 2) nilai rata-rata siswa pada pelajaran geografi pada kelas eksperimen atau kelas yang menerapkan metode SAVI adalah sebesar 70,6 dengan kategori “baik”. 3) Terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran SAVI terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas X SMA Negeri 6 Pontianak dengan nilai hasil uji u mann whitney Asymp Sig. (2-tailed) = 0,027 < 0,050.

Page 1 of 1 | Total Record : 6