cover
Contact Name
Nur Eka Kusuma Hindrasti
Contact Email
nurekakh2017@umrah.ac.id
Phone
+6285233711332
Journal Mail Official
kiprah@umrah.ac.id
Editorial Address
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Jl Politeknik, Senggarang, Tanjungpinang, Kep. Riau
Location
Kota tanjung pinang,
Kepulauan riau
INDONESIA
Jurnal Kiprah
ISSN : 23547278     EISSN : 25806947     DOI : -
Core Subject : Education,
KIPRAH merupakan usaha giat dalam melakukan sesuatu terutama ditujukan bagi dosen untuk lebih giat mempublikasikan karya ilmiah. Jurnal Kiprah ini dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Maritim Raja Ali Haji. Jurnal ini memuat artikel berupa hasil penelitian dan kajian literatur di dalam bidang pendidikan yang terbit dua kali dalam setahun.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 2 (2019): Jurnal Kiprah" : 5 Documents clear
PENINGKATAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA CARA PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN MELALUI METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INTRODUCTION (PBI) PADA PESERTA DIDIK KELAS VI Painem
Jurnal Kiprah Vol 7 No 2 (2019): Jurnal Kiprah
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (336.863 KB) | DOI: 10.31629/kiprah.v7i2.1432

Abstract

Abstrak: Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar IPA kompetensi dasar cara perkembangbiakan tumbuhan melalui metode pembelajaran Problem Based Introduction (PBI). Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik kelas VI SDN Polokarto 01 Sukoharjo yang berjumlah 23 peserta didik. Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan tes dan nontes yang meliputi pengamatan, baik aspek keterampilan sosial maupun pengamatan dari teman sejawat, catatan harian dan wawancara. Adapun prosedur penelitian dilakukan melalui dua siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan analisa dapat disimpulkan bahwa: 1) hasil belajar peserta didik meningkat dibuktikan dari perolehan nilai pada kondisi awal hanya 8 peserta didik atau (35%) yang mendapatkan nilai di atas KKM, pada siklus I meningkat menjadi 17 peserta didik atau (74%), siklus II perolehan nilai mendekati sempurna yaitu 22 peserta didik atau 96% dari 23 peserta didik dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) 70. 2) kreativitas peserta didik juga meningkat dilihat dari perubahan perilakunya yang dapat diketahui dari hasil nontes yang terkumpul melalui lembar pengamatan yaitu 78% masih kurang pada kondisi awal, tetapi pada siklus I 78% kreativitas peserta didik cukup, dan pada siklus II mencapai 100% baik. Kata kunci: metode pembelajaran Problem Based Introduction (PBI), kreativitas, hasil belajar
KORELASI ANTARA MEDIA LICUID CRYSTAL DISPLAY (LCD) DENGAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IA SD AL KHAIRIYYAH TEGAL Oktaviyanti, Itsna
Jurnal Kiprah Vol 7 No 2 (2019): Jurnal Kiprah
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (326.803 KB) | DOI: 10.31629/kiprah.v7i2.1447

Abstract

Siswa kelas I masih dalam tahap operational konkrit, dimana perlu benda konkrit untuk membantu siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah korelasi antara media LCD dengan minat belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I SD Al Khairiyyah Kota Tegal yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Sampling Jenuh yaitu dengan menggunakan seluruh anggota populasi sebagai sampel. Teknik pengumulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Uji prasyarat analisis digunakan uji normalitas. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis korelasi Product Moment. Hasil uji statistik deskriptif pada penggunaan media LCD menunjukkan rerata 79,6. Sedangkan hasil uji statistik deskriptif minat belajar siswa menunjukkan rerata 80,9. Pengujian hipotesis koefisien korelasi penggunaan media LCD dengan minat belajar siswa dengan taraf signifikan 5% diperoleh rhitung > rtabel yaitu 0,452 > 0,159 dan nilai signifikan yang kurang dari 0,05 yaitu 0,00. Berdasarkan uji hipotesis tersebut menunjukkan adanya korelasi antara media LCD dengan minat belajar siswa kelas I SD Al Khairiyyah Kota Tegal. Sehingga Ha yang menyatakan bahwa ada korelasi antara media LCD dengan minat belajar siswa SD Al Khairiyyah Kota Tegal dapat diterima.
Kemampuan Mahasiswa PGSD dalam Merancang dan Melaksanakan Pembelajaran Berbasis High Order Of Thinking Skills Kuntarto, Eko; Alirmansyah, Alirmansyah; Kurniawan, Agung Rimba
Jurnal Kiprah Vol 7 No 2 (2019): Jurnal Kiprah
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (696.128 KB) | DOI: 10.31629/kiprah.v7i2.1454

Abstract

The results of a survey of the world body in the fields of writing, mathematics, and science as a measure of literacy progress, the results show the ability of high-level thinking or High Order of Thinking Skills (HOTS) students in Indonesia is low and is ranked 69 out of 76 countries. The results are a reflection of the renewal of the learning system in LPTK, including students in the Primary School Teacher Education (PGSD) study program. This research is a descriptive study because it describes the ability of PGSD students in planning and implementing HOTS-based learning in elementary schools. Respondents 154 people. The results showed the ability in basic knowledge of HOTS learning was still low, only 52.24% had passed. The remaining 47.76% did not meet the Minimum Mastery Criteria (KKM). The aspects of planning HOTS learning are still low, only 59.58% of students meet the KKM. Aspects of the ability to carry out HOTS-based learning, 49.03% of students do not meet the KKM. In the aspect of designing and implementing HOTS-based assessment, 51.30% did not reach the KKM. Conclusions of the study, the majority of students have not demonstrated good skills in planning and implementing HOTS learning in elementary schools.
Profil Kemampuan Literasi Kimia Siswa SMA Negeri 3 Ambon Saija, Maryone
Jurnal Kiprah Vol 7 No 2 (2019): Jurnal Kiprah
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (522.939 KB) | DOI: 10.31629/kiprah.v7i2.1463

Abstract

Penelitian ini termasuk metode deskriptif dan survei dengan tujuan mengetahui kemampuan literasi kimia siswa pada materi asam-basa di SMA dengan menggunakan kerangka kerja PISA 2015. Sebanyak 186 siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Ambon menjadi sampel penelitian. Kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data primer dan data hasil wawancara dengan siswa yang bertujuan untuk mengkonfirmasi nilai peroleh dari hasil tabulasi kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sebanyak 77,95% siswa berada pada level literasi kimia “sedang”. Tiap aspek literasi kimia dapat terlihat bahwa untuk aspek konteks sebesar 55,30%; aspek pengetahuan sebesar 72,04%; aspek kompetensi 77,42%; dan aspek sikap 67,20%.
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA MAHASISWA BERBANTUAN GAMES PADA MATAKULIAH FISIKA DASAR DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI Alpindo, Okta; Dahnuss, Dodi
Jurnal Kiprah Vol 7 No 2 (2019): Jurnal Kiprah
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (440.829 KB) | DOI: 10.31629/kiprah.v7i2.1531

Abstract

Sudah seharusnya fisika dipelajari dengan cara menyenangkan. Cara penyampaian materi akan sangat berpengaruh terhadap proses dan hasil pembelajaran Fisika. Namun fakta yang ditemui dilapangan pelajaran Fisika sangat membosankan bagi mahasiswa pendidikan Biologi. Sehingga motivasi mahasiswa saat belajar Fisika sangat rendah. Padahal pelajaran Fisika sangat dibutuhkan oleh mahasiswa Pendidikan Biologi karena Mahasiswa pendidikan Biologi akan melaksanakan Praktek Lapangan di SMP yang mana pelajaran IPA SMP sudah berbentuk keterpaduan. Jadi, sangat penting sekali bagi mahasiswa Pendidikan Biologi memahami mata kuliah Fisika. Oleh karena itu dalam penelitian ini dibuat Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) berbantuan games pada mata kuliah Fisika program studi pendidikan Biologi untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 5