cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
Jurnal Ilmiah KORPUS
Published by Universitas Bengkulu
ISSN : -     EISSN : 26146614     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmiah KORPUS merupakan jurnal Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UNIB. Jurnal ini memuat dan menyebarluaskan hasil kajian ilmiah dan hasil-hasil penelitian mahasiswa dan dosen yang terpilih tentang bahasa, sastra, dan pengajarannya. KORPUS terbit tiga kali dalam setahun, yaitu pada bulan April, Agustus, dan Desember.
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1: APRIL 2019" : 12 Documents clear
PROSA DAN PUISI RAKYAT SUKU REJANG KECAMATAN MUARA KEMUMU KABUPATEN KEPAHIANG Rudi Hartono; Sarwit Sarwono; Agus Joko Purwadi
Jurnal Korpus Vol 3, No 1: APRIL 2019
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (452.732 KB) | DOI: 10.33369/jik.v3i1.7350

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengelompokkan prosa dan puisi rakyat yang ada di Kecamatan Muara Kemumu Kabupaten Kepahiang. Metode penelitian yang digunakan, yaitu metode etnografi. Data dalam penelitian ini berupa prosa dan puisi rakyat suku Rejang Kecamatan Muara Kemumu Kabupaten Kepahiang. Data dianalisis mengikuti prinsip alih ide dengan bukan menerjemahkan kata demi kata. Hasil penelitian menunjukkan terdapat tujuh prosa rakyat dan 13 puisi rakyat di Kecamatan Muara Kemumu Kabupaten Kepahiang. Prosa rakyat yang terdapat di Kecamatan Muara Kemumu yaitu: (1) Asal Mula Batu Kalung, (2) Hantu WakWir, (3) Benuang Sakti, (4) Bloloi, (5) Asal Usul Rejang Pat Petulai, (6) Asal Usul Buah Jagung, (7) Kancil Ingkar Janji. Puisi rakyat yang terdapat di Kecamatan Muara Kemumu adalah berupa: pantun, ungkapan tradisional (peribahasa), dan mantera yang telah penulis kelompokkan sesuai panduan Danadjaja.                             Kata kunci: Prosa, puisi rakyat, suku Rejang, Kepahiang.
KEMAMPUAN MENULIS TEKS NASKAH DRAMA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 18 KOTA BENGKULU Devia Oktari; Agus Joko Purwadi; Amrizal Amrizal
Jurnal Korpus Vol 3, No 1: APRIL 2019
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (574.557 KB) | DOI: 10.33369/jik.v3i1.7341

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Bengkulu. Kemampuan menulis teks naskah drama siswa kelas VIII ini akan dinilai dari enam aspek, yaitu: plot atau kerangka cerita, penokohan dan perwatakan, dialog dan teks samping, setting/latar, tema, dan amanat. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling (sampel acak). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian yaitu statistik sederhana dengan menghitung nilai rata-rata dari setiap aspek, serta mencari skor akhir. Hasil penelitian ini dapat dikemukakan bahwa: 1). Rata-rata kemampuan menulis teks naskah drama siswa yang dilihat dari aspek plot atau kerangka cerita adalah 19,46 berkategori (baik). 2). Rata-rata kemampuan menulis teks naskah drama siswa dilihat dari aspek penokohan dan perwatakan adalah 11,77 berkategori (baik). 3). Rata-rata kemampuan menulis teks naskah drama siswa dilihat dari aspek dialog dan teks samping adalah 18,6 berkategori (baik). 4). Rata-rata kemampuan menulis teks naskah drama siswa dilihat dari aspek setting/latar adalah 8 berkategori (baik). 5). Rata-rata kemampuan menulis teks naskah drama siswa dilihat dari aspek tema atau nada dasar adalah 7,97 berkategori (baik). 6). Rata-rata kemampuan menulis teks naskah drama siswa dilihat dari aspek amanat adalah 10,8 berkategori (baik). 7). Rata-rata nilai akhir kemampuan menulis teks naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Bengkulu adalah 76,6 tergolong berkategori (baik). Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Bengkulu telah dapat menulis teks naskah drama dengan baik. Meskipun masih ada beberapa siswa dalam menulis dinyatakan cukup, namun secara keseluruhan para siswa sudah dapat menulis teks naskah drama dengan baik.Kata kunci: kemampuan, menulis, naskah drama.
NILAI-NILAI SOSIAL DALAM NOVEL TENTANG KAMU KARYA TERE LIYE KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA Novita Linda Sari; Emi Agustina; Bustanuddin Lubis
Jurnal Korpus Vol 3, No 1: APRIL 2019
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (490.195 KB) | DOI: 10.33369/jik.v3i1.7346

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan nilai-nilai sosial yang terdapat dalam Novel Tentang Kamu karya Tere Liye. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan sosiologi sastra. Penelitian ini untuk mendeskripsikan nilai-nilai sosial dalam novel Tentang Kamu karya Tere Liye. Hasil pembahasan dalam penelitian ini yaitu didapatkan fakta cerita yang berkaitan dengan nilai sosialnya yakni kekerasan, memulai usaha, marketing produk, peristiwa malari (malapetaka 15 Januari), pertemanan, dan pengkhianatan. Sedangkan nilai sosial yang terdapat dalam novel Tentang Kamu karya Tere Liye antara lain: sabar, patuh, pemaaf, membantu orang lain, peduli orang lain, bekerja keras, kesetiaan, saling percaya antar teman, tolong-menolong antar teman, dan jujur. Kata kunci: Nilai sosial, tentang kamu, sosiologi sastra.
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA LINE WEBTOON PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KOTA BENGKULU Silpani Oktarina; Susetyo Susetyo; Gumono Gumono
Jurnal Korpus Vol 3, No 1: APRIL 2019
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (617.801 KB) | DOI: 10.33369/jik.v3i1.7351

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang peningkatan keterampilan menulis naskah drama pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Bengkulu menggunakan media line webtoon. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc.Taggart. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas VIII-7 SMP Negeri 1 Kota Bengkulu yang berjumlah 35 orang dan dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 70,1 dengan ketuntasan belajar secara klasikal 25,71%. Perolehan hasil menulis naskah drama siswa rata-rata masih rendah pada kriteria penilaian dialog, alur dan petunjuk teknis pada siklus I. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 83,3 dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 80%. Kesulitan siswa dalam menulis naskah drama pada siklus sebelumnya dapat teratasi dengan baik pada siklus II dengan meningkatnya kenaikan skor sebesar 13,2 dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 54,12%. Penggunaan media line webtoon dapat menarik minat siswa dalam pembelajaran menulis naskah drama dan meningkatkan hasil penulisan naskah drama yang telah dilakukan selama 2 siklus.Kata kunci: keterampilan menulis, naskah drama, line webtoon.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PEDAGOGI GENRE, SAINTIFIK, DAN CLIL (CONTENT AND LANGUAGE INTEGRATED LEARNING) PADA SISWA KELAS XI SMAN 2 KOTA BENGKULU Didi Yulistio; Anita Fhitri
Jurnal Korpus Vol 3, No 1: APRIL 2019
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (499.984 KB) | DOI: 10.33369/jik.v3i1.7342

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis cerita pendek menggunakan model pembelajaran Pedagogi Genre, Saintifik, dan CLIL (Content and Language Integrated Learning) pada Siswa Kelas XI-C SMAN 2 Kota Bengkulu. Ruang lingkup penelitian ini mencakup  aspek (1) kesesuaian isi dengan tema, (2) struktur teks cerpen, (3) pilihan Kata (diksi), (4) penggunaan kalimat (gaya bahasa cerpen), dan (5) mekanik (ejaan dan tulisan tangan). Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif-kuantitatif dan model PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang terdiri atas 4 tahapan, yakni tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Sumber data penelitian siswa kelas XI-C SMAN 2 Kota Bengkulu sebanyak 28 orang dan data penelitian ini berupa teks cerpen. Pengumpulan data menggunakan petunjuk tes menulis cerpen dengan tema  ditentukan dan lembar pengamatan aktivitas siswa. Analisis data menggunakan perhitungan rata-rata dan analisis akhir secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan menulis Cerpen melalui model pembelajaran Pedagogi Genre, Saintifik, dan CLIL pada siswa kelas XI IPA-C SMAN 2 Kota Bengkulu. Hal ini terbukti dari hasil pembelajaran pada siklus I diperoleh rerata sebesar 70,21 dengan kategori baik dan meningkat pada hasil pembelajaran siklus II dengan rerata sebesar 80,14 dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa mencakup aspek disiplin, bertanggung jawab, kerjasama dan mandiri dengan kategori cukup aktif pada siklus I meningkat menjadi sangat aktif pada siklus II dalam materi pembelajaran mendeskripsikan struktur teks, nilai-nilai kehidupan, dan struktur pembangun cerpen.Kata kunci: Kemampuan, menulis, cerpen, saintifik, pedagogi.
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS TEKS DI SMA NEGERI 1 BENGKULU TENGAH KELAS XI Purnama Sari Vidya Dharma; Ria Ariesta; Agus Joko Purwadi
Jurnal Korpus Vol 3, No 1: APRIL 2019
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (502.568 KB) | DOI: 10.33369/jik.v3i1.7347

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran berbasis teks di kelas XI IPS dan IPA di SMA Negeri 1 Bengkulu Tengah pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi dengan pendekatan kualitatif. Sumber data adalah dua guru Bahasa Indonesia yang mengajar di kelas XI IPS 4, IPS 5, IPA 3, IPA 4, dan siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan validasi data. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi perencanaan, dan pelaksanaan. Guru mambuat rancangan pembelajaran sebelum pelaksanaan pembelajaran berlangsung, yaitu RPP. Hasil penelitian tentang perencanaan pembelajaran berbasis teks dari dua RPP yang dibuat guru, keduanya sudah mengambarkan langkah pembelajaran berbasis teks dengan kegiatan pembelajaran. Hasil pelaksanaan pembelajaran berbasis teks menunjukkan bahwa dari keempat tahap pembelajaran berbasis teks, satu tahap tidak dilaksanakan yaitu langkah membangun teks secara mandiri. Alokasi waktu perencanaan pembelajaran kurang sesuai dengan alokasi waktu pelaksanaan pembelajaran berbasis teks. Jam belajar yang singkat dan adanya kegiatan sekolah berdampak pada pelaksanaan pembelajaran berbasis teks dilaksanakan kurang efektif. Hasil penilaian guru terhadap siswa menunjukkan selama proses implementasi pembelajaran berbasis teks yang dilakukan tercapai. Kata kunci : implementasi, pembelajaran, berbasis teks.
TINDAK TUTUR DIREKTIF PADA NOVEL BIDADARI-BIDADARI SURGAKARYA TERE LIYE Teza Dwi Putri; Dian Eka Chandra Wardhana; Suryadi Suryadi
Jurnal Korpus Vol 3, No 1: APRIL 2019
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (509.997 KB) | DOI: 10.33369/jik.v3i1.7352

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis dan fungsi tindak tutur direktif pada novel Bidadari-Bidadari Surga karya Tere Liye. Metode penelitian adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian adalah dokumentasi. Langkah-langkah analisis data dalam penelitian ini: (1) pengumpulan data, (2) mereduksi data, (3) menyajikan data, (4) menyimpulkan dan memverifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam novel Bidadari-Bidadari Surga karya Tere Liye terdapat delapan tindak tutur direktif yaitu; a. Memesan atau meminta (ordering) memiliki fungsi meminta, memberi pesan, memohon, menekan, dan mendorong. b. Memerintah (commanding) memiliki fungsi memerintah, menghendaki, mengkomando, menuntut, menginstruksikan, menyuruh, mengharuskan, memaksa, dan menyilakan. c. Memohon (requesting) memiliki fungsi memohon, mengharap, menawarkan, dan melarang. d. Menasihati (advising) memiliki fungsi menasihati, memperingatkan, dan mengingatkan. e. Merekomendasi atau menganjurkan (recommending) memiliki fungsi menganjurkan. f. Bertanya (questions) memiliki fungsi bertanya, menginterogasi, meminta, menghina, dan membujuk. g. Melarang (prohibitives) memiliki fungsi direktif melarang dan mencegah. dan h. Mengizinkan (permissives) memiliki fungsi membolehkan dan mengizinkan. Kedelapan jenis tindak tutur direktif di atas menambah ragam variasi bahasa dalam membuat pengaruh mitra tutur untuk melakukan suatu tindakan atau aktivitas.Kata kunci: Tindak tutur, tindak tutur direktif, novel Bidadari-Bidadari Surga.
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KELOMPOK KECIL DAN PERORANGAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 8 KOTA BENGKULU Ferny Rohmayanti; Didi Yulistio; Padi Utomo
Jurnal Korpus Vol 3, No 1: APRIL 2019
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (482.614 KB) | DOI: 10.33369/jik.v3i1.7343

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan proses pembelajaran kelompok kecil dan perorangan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas X di SMA Negeri 8 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru bahasa Indonesia kelas X SMA Negeri 8 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah menerapkan keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan dengan cukup baik.Pelaksanaan belajar mengajar guru harusnya lebih kreatif untuk penggunaan keterampilan kelompok kecil dan perorangan dan hendaknya terbiasa menggunakan keterampilan kelompok kecil dan perorangan dengan prosedur atau langkah-langkah yang ada pada keterampilan kelompok kecil dan perorangan. Kata kunci: bahasa Indonesia, kelompok kecil, dan perorangan.
ANALISIS LITERASI BUKU AJAR BAHASA INDONESIA KARYA TITIK HARSIATI, AGUS TRIANTO, DAN E. KOSASIH KELAS VII Puspita Intan Purnama N.; Agus Trianto; Gumono Gumono
Jurnal Korpus Vol 3, No 1: APRIL 2019
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (469.73 KB) | DOI: 10.33369/jik.v3i1.7348

Abstract

Literesi merupakan kemampuan mengakses informasi, memahami, mengidentifikasi, mengekspresikan, mengkomunikasikan, dan menciptakan suatu karya. Oleh karena itu, berbagai upaya untuk meningkatkan penguasaan literasi sangat diperlukan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi literasi dalam buku ajar Bahasa Indonesia kelas VII Karya Titik Harsiati, Agus Trianto, dan E. Kosasih. Penerbit buku ialah Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud. Literasi membaca berdasarkan aspek pemahaman yang meliputi, (a) mengakses dan mengambil informasi dari teks; (b) mengintegrasikan dan menafsirkan; (c) merefleksikan dan mengevaluasi teks dari bacaan buku ajar Bahasa Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dari keseluruhan isi buku ajar bahasa Indonesia kelas VII yang dianalisis menunjukkan bahwa data literasi telah tersaji dengan lengkap di dalam buku sesuai dengan KI dan KD Kurikulum 2013. Sedangkan pada aspek 3 masih ada data yang tidak terdapat yaitu indikator menyajikan tugas kepada pembaca untuk menilai informasi teks dalam buku ajar dengan sumber lain berdasarkan pengalaman pembaca. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa literasi buku ajar Bahasa Indonesia kelas VII Karya Titik Harsiati, Agus Trianto, dan E. Kosasih yang dianalisis lebih menekankan pada aspek 1 dan 2 yakni menyajikan informasi teks, ide pokok, stuktur, bahasa yang digunakan, pertanyaan yang berkaitan dengan teks, dan pertanyaan yang berkaitan dengan pendapat pribadi siswa.Kata kunci: Buku ajar, literasi.
ANALISIS PERTANYAAN BACAAN DALAM BUKU TEKS BAHASA INDONESIA JENJANG SMP Nia Yuniarti; M. Arifin; Padi Utomo
Jurnal Korpus Vol 3, No 1: APRIL 2019
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (469.088 KB) | DOI: 10.33369/jik.v3i1.7344

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pertanyaan bacaan yang terdapat di dalam buku teks Bahasa Indonesia jenjang SMP menggunakan dimensi kognitif Taksonomi Bloom dan berdasarkan ciri pertanyaan yang baik. Penelitian ini menggunakan metode deksriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pertanyaan bacaan yang terdapat di dalam buku teks bahasa Indonesia jenjang SMP pada tingkat kognitif memahami (C2) mendominasi dengan proporsi persentase yang jauh lebih besar dibandingkan tingkat kognitif lainnya. Kemudian, hasil tersebut belum memenuhi proporsi soal yang baik, yaitu 30% untuk C1 dan C2, 40% untuk C3 dan C4, 30% untuk C5 dan C6. (2) Pertanyaan bacaan yang terdapat di dalam buku teks bahasa Indonesia jenjang SMP masih ada kategori yang belum memenuhi ciri pertanyaan yang baik yaitu terdapat di dalam ciri nomor (3) Pertanyaan hanya untuk satu masalah, nomor (5) Jawaban bukan sekadar ya atau tidak. Kata kunci: Pertanyaan bacaan.

Page 1 of 2 | Total Record : 12