cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. lamongan,
Jawa timur
INDONESIA
JCE (Journal of Childhood Education)
ISSN : 25982184     EISSN : 26203278     DOI : -
JCE - Journal of Childhood Education aims to provide a forum for international researchers on applied Education and Childhood Growth. Our Journal will accept submission from all over the world. All submitted articles shall never been published elsewhere, original and not under consideration for other publication. The journal is published by Study Program of Early Childhood Islamic Education and going to Publish Twice in a Year, September and March. All accepted articles will be published on Free of an article-processing charge and will be freely available to all readers with worldwide visibility and coverage.
Arjuna Subject : -
Articles 23 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2023): March-Agust" : 23 Documents clear
Pengaruh Dongeng “Dunia Mangrove” Berbasis Augmented Reality Terhadap Perkembangan Bahasa Ekspresif Anak Usia Dini Nosia Khosyiana; Eriqa Pratiwi; Tarich Yuandana
JCE (Journal of Childhood Education) Vol 7, No 1 (2023): March-Agust
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/jce.v7i1.1442

Abstract

Kawasan mangrove di wilayah pesisir Sepulu Bangkalan juga menjadi salah satu destinasi wisata di pulau Madura yang dikenal dengan wisata pesisir labuhan mangrove education park.. Penelitian yang berjudul “Pengaruh dongeng “Dunia Mangrove” berbasis Augmented Reality terhadap perkembangan Bahasa ekspresif anak usia dini” ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dongeng “Dunia Mangrove” terhadap perkembangan Bahasa ekspresif anak usia 5-6 tahun di TK Harapan Makmur Labuhan Sepulu Bangkalan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian One-Group Pretest-Postest Design. Hasil data pretest dan posttest menunjukan terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah pemberian perlakuan dengan media dongeng “Dunia Mangrove” berbasis Augmented Reality. Berkembangnya kemampuan Bahasa ekspresif anak sangat baik setelah diberikan treatment anak semakin antusias menggunakan media dongeng “Dunia Mangrove” berbasis Augmented Reality dikarenakan treatment diberikan 4 kali dalam satu minggu. Hasil pretest secara komulatif menunjukan kemampuan anak dalam kategori belum berkembang (BB) sebanyak 16 anak, 4 anak dengan kategori mulai berkembang (MB) dan tidak ada anak dalam kategori berkembangan sesuai harapan (BSH) dan berkembang sangat baik (BSB). Sedangkan hasil posttest komulatif menunjukan bahwa terdapat 2 anak dalam kategori mulai berkembang (MB), 13 anak dalam kategori berkembangan sesuai harapan (BSH), dan 5 anak masuk kategori berkembang sangat baik (BSB). Sehingga terdapat hasil yang signifikan antara sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Jadi penelitian hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara media dongeng “Dunia Mangrove” berbasis Augmented Reality terhadap perkembangan Bahasa ekspresif anak usia 5-6 tahun di TK Harapan Makmur Labuhan Sepulu Bangkalan
Pengaruh Penggunaan Media Karpet Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Sabbihisma 06 Kabupaten Padang Pariaman Mitra Khairunnisa; Serli Marlina
JCE (Journal of Childhood Education) Vol 7, No 1 (2023): March-Agust
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/jce.v7i1.1403

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kurang berkembangnya kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun. Sebagaimana guru menjelaskan materi dan memberikan contoh tugas kepada anak, setelah itu guru meminta anak untuk mengerjakan tugas-tugas di dilembar kerja anak (LKA). Serta proses pembelajaran kurang menarik minat anak dalam kegiatan berhitung karena terbatasnya penggunaan media yang digunakan guru terhadap kemampuan berhitung. Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar pengaruh penggunaan media karpet terhadap kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun di Taman-kanak Sabbihisma 06 Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen dengan pre-test dan post-test group control. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, alat pengumpulan data digunakan lembaran pernyataan. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test) menggunakan bantuan aplikasi software IBM Statistics SPSS 26. Hasil dari penelitian diketahui nilai sig (2-tailed) adalah sebesar 0,029 <0,05. Serta terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media karpet dengan kartu angka dan LKA sebesar 1,743 sehingga tingkat pengaruhnya tergolong kuat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media karpet berpengaruh terhadap kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun.
Efektivitas Penggunaan Video Animasi Terhadap Kemampuan Matematika Awal Anak Di Taman Kanak-Kanak Mawar Kabupaten Padang Pariaman Anisa Nurmaliza
JCE (Journal of Childhood Education) Vol 7, No 1 (2023): March-Agust
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/jce.v7i1.1405

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh kemampuan matematika awal anak di taman Kanak-kanak Mawar Kabupaten Padang Pariaman masih  rendah, penggunaan media yang kurang bervariasi dan belum menggunakan media video animasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas video animasi terhadap kemampuan matematika awal anak usia dini di Taman kanak-kanak Mawar Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang berbentuk quasy exsperiment. Populasi di TK mawar kabupaten padang pariaman berjumlah 22 orang dan teknik pengambilan sampelnya cluster sampling, yaitu kelompok B2 dan B1 masing-masing nya berjumlah 11 orang anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes dengan 8 pertanyaan dan memberikan skor terhadapan pencapaian perkembangan matematika anak. Teknik analisis data yang digunakan uji normalitas untuk mengetahui  data apakah berdistribusi normal kemudian dilanjutkan dengan uji homogenitas apakah data bersifat homogen. Selanjutnya untuk mengukur pengaruh signifikan pengguanaan video animasi terhadap kemampuan matematika awal anak maka di lakukan uji hipotesis dan uji effect size. Uji hipotesis sebesar nilai signifikan 0,000<0,05  yang berarti nilai signifikan berpengaruh dan uji effect size diperoleh 2,08 yang berarti memiliki pengaruh kuat. Maka dapat disimpulkan pengggunaan video animasi efektif terhadap kemampuan matematika awal anak.
Peningkatan Kemampuan Kognitif Melalui Bermain Manipulatif Pada Anak Kelompok B PAUD Intan Insani Kota Bengkulu Dwi Lyna Sari; Lina Eka Retnaningsih
JCE (Journal of Childhood Education) Vol 7, No 1 (2023): March-Agust
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/jce.v7i1.1473

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah kegiatan bermain manipulatif dapat meningkatkan kemampuan kognitif pada anak kelompok B PAUD Intan Insani Kota Bengkulu. Subjek penelitian berjumlah 14 orang anak. Metode penelitian adalah penelitian tindakan yang mengacu pada model penelitian tindakan Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari delapan tindakan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kognitif anak B PAUD Intan Insani Kota Bengkulu, mengalami peningkatan setelah mereka mengikuti bermain manipulatif. Skor kemampuan kognitif anak tercatat 35,21 pada tahap pra siklus, meningkat menjadi 45,71 pada akhir siklus ke-1, dan terus meningkat menjadi 57,5 pada akhir siklus ke-2. Hasil penelitian memberikan indikasi bahwa bermain manipulatif dapat dijadikan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan kognitif pada anak usia dini.
Pelaksanaan Media Pembelajaran Video Animasi Youtube “Kastari Sentra” Di Taman Kanak-Kanak Al-Quran Amal Saleh Kota Padang Ratih feronica; Sri Hartati
JCE (Journal of Childhood Education) Vol 7, No 1 (2023): March-Agust
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/jce.v7i1.1401

Abstract

Peneliti melihat di Taman Kanak-kanak sebagian besar rendah perhatian untuk mendorong kemampuan mendengarkan anak dikelas, media yang menarik dengan pelaksanaan yang tepat dirasa dapat membantu guru untuk mendorong anak menangkap informasi lebih baik lagi. Tujuan dari riset ini yaitu guna mengetahui pelaksanaan menggunakan media pembelajaran video animasi, sehingga dapat diterapkan di Taman Kanak-kanak. Jenis riset ini memakai penelitian kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Objek dari riset ini yaitu anak-anak kelompok B di Taman Kanak-kanak Al-Quran Amal Saleh. Pengumpulan data didapatkan dengan teknik dokumentasi, observasi dan wawancara (interview). Teknik analisis data melalui penyajian data (data display), verifikasi data (data verification) dan reduksi data (data reduction).Sedangkan pengabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil riset menunjukkan dalam Pelaksanaan Media Video Animasi Youtube “Kastari Sentra” di Taman Kanak-kanak Al-Quran Amal Saleh Kota Padang bahwa guru menggunakan tiga perencanaan berbeda yaitu rpp (khusus pembelajaran harian), modul paud berbasis proyek (khusus pembelajaran proyek) dan properti serta alat (untuk penunjang); metode yang digunakan metode tanya jawab dan bercerita, ditambah didukung dengan metode lainnya yaitu  melakukan nyanyian/ice breaking, pujian/reward, tos, dan mendekati/merangkul anak., langkah-langkah yang harus ada digunakan secara berurut yaitu Pertama, guru mempersiapkan alat dan properti yang dibutuhkan; Kedua, guru menyiapkan anak seperti menyiapkan tempat duduk, pemberian atensi (perhatian), menyiapkan kesiapan, dan merapikan anak; Ketiga, kegiatan menonton video dilaksanakan bersama; Keempat, guru melakukan kegiatan tanya jawab; Kelima, guru melakukan kegiatan evaluasi; guru melakukan evaluasi dengan pengamatan dan tanya jawab di akhir kegiatan penutupPeneliti melihat di Taman Kanak-kanak sebagian besar rendah perhatian untuk mendorong kemampuan mendengarkan anak dikelas, media yang menarik dengan pelaksanaan yang tepat dirasa dapat membantu guru untuk mendorong anak menangkap informasi lebih baik lagi. Tujuan dari riset ini yaitu guna mengetahui pelaksanaan menggunakan media pembelajaran video animasi, sehingga dapat diterapkan di Taman Kanak-kanak. Jenis riset ini memakai penelitian kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Objek dari riset ini yaitu anak-anak kelompok B di Taman Kanak-kanak Al-Quran Amal Saleh. Pengumpulan data didapatkan dengan teknik dokumentasi, observasi dan wawancara (interview). Teknik analisis data melalui penyajian data (data display), verifikasi data (data verification) dan reduksi data (data reduction).Sedangkan pengabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil riset menunjukkan dalam Pelaksanaan Media Video Animasi Youtube “Kastari Sentra” di Taman Kanak-kanak Al-Quran Amal Saleh Kota Padang bahwa guru menggunakan tiga perencanaan berbeda yaitu rpp (khusus pembelajaran harian), modul paud berbasis proyek (khusus pembelajaran proyek) dan properti serta alat (untuk penunjang); metode yang digunakan metode tanya jawab dan bercerita, ditambah didukung dengan metode lainnya yaitu  melakukan nyanyian/ice breaking, pujian/reward, tos, dan mendekati/merangkul anak., langkah-langkah yang harus ada digunakan secara berurut yaitu Pertama, guru mempersiapkan alat dan properti yang dibutuhkan; Kedua, guru menyiapkan anak seperti menyiapkan tempat duduk, pemberian atensi (perhatian), menyiapkan kesiapan, dan merapikan anak; Ketiga, kegiatan menonton video dilaksanakan bersama; Keempat, guru melakukan kegiatan tanya jawab; Kelima, guru melakukan kegiatan evaluasi; guru melakukan evaluasi dengan pengamatan dan tanya jawab di akhir kegiatan penutup.
Pentingnya Pendidikan Kebencanaan Bagi Satuan PAUD di Provinsi Kepulauan Riau Lina Eka Retnaningsih; Nadya Nela Rosa
JCE (Journal of Childhood Education) Vol 7, No 1 (2023): March-Agust
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/jce.v7i1.1470

Abstract

Pendidikan kebencanaan menjadi salah satu tema dan indikator dalam pembelajaran di satuan PAUD. Pendidikan kebencanaan berkaitan dengan pengenalan berbagai macam bencana serta cara mengantisipasi bencana. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pentingnya pendidikan kebencanaan bagi satuan PAUD di Provinsi Kepulauan Riau. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan studi literatur. Kepulauan Riau adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terdiri dari pulau-pulau kecil dan sebagian besar berpenghuni. Kondisi geografis menyebabkan provinsi ini sering mendapatkan bencana seperti banjir dan angin ribut. Penerapan pendidikan kebencanaan bagi satuan PAUD di Provinsi Kepulauan Riau dianggap penting sebagai upaya untuk memberikan dasar pengetahuan sejak dini berkaitan dengan siaga bencana. Hal ini sebagai upaya agar anak bisa tanggap secara cepat dan tepat apabila menghadapi bencana yang sewaktu-waktu bisa terjadi. Pendidikan kebencanaan bisa dilakukan melalui praktek sains, metode bercerita, metode bermain peran, metode bernyanyi, dan metode simulasi. Penggunaan perpaduan beberapa metode tersebut dapat memberikan edukasi terhadap pendidikan kebencanaan bagi satuan PAUD. Pendidikan Kebencanaan bisa diterapkan di Provinsi Kepulauan Riau oleh Dinas Pendidikan berkolaborasi dengan BNPB atau bisa langsung berkolaborasi dengan BPBD yang ada di tingkat provinsi maupun tingkat kabupaten/kota untuk memberikan praktek langsung pada anak usia dini tentang bagaimana menghadapi bencana yang sering terjadi.
Efektivitas Kolase Dengan Paper Quilling Terhadap Motorik Halus Anak Di Taman Kanak-Kanak Pelita Bunda Kabupaten Solok Dona Permata Sari; Rismareni Pransiska
JCE (Journal of Childhood Education) Vol 7, No 1 (2023): March-Agust
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/jce.v7i1.1389

Abstract

Minimnya variasi media dan kegiatan yang dimanfaatkan untuk melatih motorik halus di TK Pelita Bunda Kabupaten Solok menjadi pendorong dilakukannya penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak dan keefektivan kegiatan kolase paper quilling terhadap kemampuan motorik halus anak usia TK Ibu Pelita Kabupaten Solok. Eksperimen Kuasi, metodologi kuantitatif, digunakan dalam penelitian ini. Populasi penelitian adalah seluruh anak TK Pelita Bunda di Kabupaten Solok. Pemilihan purposive salmpling  digunakan untuk memilih sampel, yang meliputi 10 siswa dari kelas B1 sebagai kelas eksperimen dan 10 siswa dari kelas B2 sebagai kelas kontrol. metode pengumpulan data, di lembar pernyataan dengan jumlah item 5 yang digunakan sebagai alat pengumpulan data, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis merupakan teknik analisis data yang digunakan. Kemudian digunakan program IBM SPSS Statistic Data Editor 21 untuk mengolah data menggunakan uji beda (t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variansi data N-Gain kolase paper quilling kelas eksperimen dan kolase kertas potong kelas kontrol adalah sama atau homogen. Nilai sig (2-tailed) mendapat nilai 0.006, yang mana 0,006> 0,05. Jadi  anak-anak di kelas eksperimen dan di kelas kontrol memiliki tingkat perkembangan yang berbeda secara signifikan dalam keterampilan motorik halusnya. yang menunjukkan bahwa kolase paper quilling efektif mengembangkan kemampuan motorik halus anak.
Penggunaan Media Fruit Cartoon Card dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Fathor Rozi; Tsania Ikrimah
JCE (Journal of Childhood Education) Vol 7, No 1 (2023): March-Agust
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/jce.v7i1.1308

Abstract

Salah satu media yang digunakan guru untuk merangsang perkembangan kognitif anak usia dini adalah media kartu. Untuk mendeteksi huruf, kata, frase, kalimat, dan wacana serta menghubungkan bunyi dan artinya, media kartu bergambar dikutip sebagai salah satu metode untuk mencapai kemudahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media fruit cartoon card dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini. Metode yang digunakan yakni penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus, sedangkan Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasidan wawancara, subjek penelitian ialah anak usia dini kelompok kuncup RA Miftahul Ulum Ketangi yang jumlah keseluruhan terdapat 15 anak. Teknik analisis data menggunakan Model Interaktif Miles and Huberman dengan kegiatan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa media ‘Fruit Cartoon Card’ dapat membantu anak usia dini untuk belajar mengenal berbagai jenis buah, khususnya pada anak didik. Anak-anak belajar lebih cepat dan merasa lebih mudah untuk menyebutkan dan mengingat berbagai jenis buah ketika media ‘Fruit Cartoon Card’ digunakan bersama dengan pendekatan guru dalam memperkenalkan buah. Dengan adanya implementasi ‘Fruit Cartoon Card’ ini diharapkan akan bermanfaat bagi anak usia dini untuk meningkatkan kemampuan, tumbuh kembang anak, meningkatkan pemahaman dan daya serap anak terhadap materi pembelajaran serta motivasi belajar anak dalam mengenal buah.
Hubungan Kelekatan Orang Tua Terhadap Pembentukkan Karakter Anak Usia Dini Retno Ayu Safitri; Rismareni Pransiska
JCE (Journal of Childhood Education) Vol 7, No 1 (2023): March-Agust
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/jce.v7i1.1209

Abstract

Pengasuhan yang tidak layak sampai pada kurang nya perhatian orang tua dalam membangun urgensi kelekatan dengan anak bisa menjadi faktor penyebab terjadinya penyimpangan moral.Maka dari itu diperlukan peran orangtua dalam setiap perkembangan anak khusus nya pada penanaman dalam pembiasaan karakter positif pada anak. Hubungan antara orang tua dan anak akan menjadi penentu bagaimana perkembangan anak di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dari kelekatan antara orang tua dan anak terhadap pembentukan karakter anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Kemala Bhayangkari II Bukittinggi. Penelitian ini menggunakan desain observasional dengan pendekatan cross sextional. Subjek pada penelitian adalah wali murid dan guru kelas. Wali murid mengisi angket mengenai kelekatan antara orang tua dan anak , sedangkan guru kelas mengisi angket mengenai pembentukkan karakter anak usia dini. Total subjek yang diteliti ada 36 orang anak usia dini yang bersekolah di Taman Kanak-Kanak Kemala Bhayangkari II Bukittinggi. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini dalam bentuk kuisioner, yaitu kuisioner mengenai hubungan kelekatan (attachment) orang tua dan anak yang terbagi menjadi 2 yaitu kuisioner mengenai kelekatan aman (secure attachment) berisii 7 pernyataan , dan kuisioner kelekatan tidak aman (insecure attachment) berisi 5 pernyataan kemudian kuisioner mengenai pembentukkan karakter yang berisi 18 pernyataan. Berdasar pada analisis data yang dilakukan, didapatkan hasil penelitian bahwa terdapat hubungan antara kelekatan aman (secure attachment) orang tua dan anak terhadap pembentukan karakter anak usia dini dengan perolehan nilai rata-rata 42,9% dan sig 0,009 < α 0,05 yang artinya terdapat hubungan yang signifikan antara kelekatan aman (secure attachment) terhadap pembentukan karakter anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Kemala Bhayangkari II Bukittinggi. Sedangkan pada kelekatan tidak aman , tidak terdapat hubungan antara kelekatan tidak aman (insecure attachment) terhadap pembentukan karakter anak usia dini dengan perolehan nilai rata-rata 4,3% dan nilai sig 0,803 > α 0,05 yang artinya tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kelekatan tidak aman (insecure attachment) terhadap pembentukan karakter anak usia dini. Maka dapat disimpulkan bahwa kelekatan aman (secure attachment) mempunyai hubungan terhadap pembentukan karakter anak usia dini. kata kunci : Kelekatan (Attachment), Pembentukan Karakter Anak Usia Dini 
Membangun Karakter Anak Usia Dini di TKIT Nurun Ain Sampit Vera Risman; Erlina Purnama Sari; Lilis Dewi S Sianturi; Yuyun Trikaeksi; Septiyani Endang Yunitasari
JCE (Journal of Childhood Education) Vol 7, No 1 (2023): March-Agust
Publisher : Universitas Islam Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30736/jce.v7i1.1361

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Membangun karakter anak usia dini di TKIT Nurun AIN Sampit,  karena masih ada beberapa  siswa yang belum bisa mengambil peralatan main tanpa dibantu, melakukan tugas dengan gembira, menyelesaikan tugas yang diberikan dan merapikan mainan setelah digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk membangun karakter tanggung jawab dan kedisiplinan anak melalui teknik pemberian penguatan baik secara verbal maupun  nonverbal dengan cara pemberian pujian atau hadiah kepada anak. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas menggunakan dengan dua siklus, Subjek penelitian adalah 15 anak  di kelompok A, yaitu 8 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Hasil penelitian menunjukkan perkembangan yang sangat baik, setelah adanya penguatan, pujian dan pemberian hadiah dari guru. Nilai rata-rata dari siklus I sampai siklus II menunjukkan bahwa 93,3% anak kelompok A berkembang dengan baik pada keempat aspek yang diamati

Page 1 of 3 | Total Record : 23