cover
Contact Name
Dwi Nurhidayah
Contact Email
ampibi@uho.ac.id
Phone
+6285241567769
Journal Mail Official
ampibi@uho.ac.id
Editorial Address
http://ojs.uho.ac.id/index.php/ampibi/about/editorialTeam
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
AMPIBI: Jurnal Alumni Pendidikan Biologi 
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : 25276735     EISSN : 27236846     DOI : http://dx.doi.org/10.36709/ampibi
AMPIBI: Jurnal Alumni Pendidikan Biologi merupakan jurnal yang memuat tulisan berdasarkan hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian, dan penerapan teori dalam bidang pendidikan biologi seperti model/metode Pembelajaran Biologi, Strategi Pembelajaran Biologi, Pembelajaran Biologi Media dan TIK Pembelajaran Biologi, Higher Order Thinking Skill biologi dan Biologi Literasi.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 2 (2022): Edisi Agustus 2022" : 7 Documents clear
ANALISIS TINGKAT PENCEMARAN PERAIRAN TELUK KENDARI BERDASARKAN KEANEKARAGAMAN GASTROPODA (PROSOBRANCHIA) Wa Ode Risna; Safilu Safilu; M. Sirih
AMPIBI: Jurnal Alumni Pendidikan Biologi Vol 7, No 2 (2022): Edisi Agustus 2022
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (389.841 KB) | DOI: 10.36709/ampibi.v7i2.24486

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pencemaran Perairan Teluk Kendari berdasarkan keanekaragaman Gastropoda sub kelas Prosobranchia. Desain penelitian ini menggunakan plot/transek. Setiap transek memiliki  panjang 10 M  yang dibuat 3 garis transek berdasarkan aktivitas masyarakat di Teluk Kendari, tiap transek terdapat 3 plot  pengamatan dengan ukuran 1 m x 1 m, jarak tiap transek 2 m dan jarak antar plot 3 m sehingga total terdapat 9 plot dalam satu stasiun pengamatan. Hasil penelitian ini terdapat 6 jenis Gastropoda yang meliputi Cerithidea alata, Clithon aulaniensis, Telescopium telescopium, Drupella margariticola, Assiminea brevicula dan Nassarius stolatus. Analisis data menggunakan indeks keanekaragaman Shannon – Wienner dan indeks dominansi. Indeks keanekaragaman Shannon – Wienner  sebesar 0,655 yang menandakan bahwa   kondisi Perairan yang tercemar berat dan indeks Dominansi sebesar 0,607 yang menandakan adanya spesies yang mendominansi
PENGARUH PENAMBAHAN AMPAS TAHU PADA MEDIA TANAM TANAH DAN SEKAM TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN SAWI (Brassica juncea L.) (Kajian Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Kelas XII SMA) Aswar Aswar; Suarna Samai; Suriana Gende Ede
AMPIBI: Jurnal Alumni Pendidikan Biologi Vol 7, No 2 (2022): Edisi Agustus 2022
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (474.919 KB) | DOI: 10.36709/ampibi.v7i2.24381

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan ampas tahu pada media tanam tanah dan sekam  terhadap pertumbuhan tanaman sawi (Brassica juncea L.) dan untuk mengetahui dosis ampas tahu yang menghasilkan pertumbuhan terbaik tanaman sawi. Jenis penelitian yaitu eksperimen dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan 1 kontrol dan 5 ulangan yang terdiri atas 50 gram, 100 gram, 150 gram, dan 200 gram. Populasi penelitian ini adalah seluruh tanaman sawi yang ditanam di tray semai. Sampel dalam penelitian ini adalah semua tanaman  sawi yang ditanam di polybag  berjumlah 25. Teknik pengambilan sampel dengan teknik  purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengukuran setiap parameter. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial yang meliputi sidik ragam dan uji lanjut Beda Jarak Nyata Duncan (BJND). Hasil analisis deskriptif menunjukkan rerata tinggi semua parameter diukur yakni perlakuan  P3 (150 gram). Hasil analisis inferesial sidik ragam pengukuran ke-40 HST menunjukkan pada semua parameter pertumbuhan diperoleh Fhit > Ftab. Hasil uji BJND menunjukkan tidak berbeda nyata terhadap setiap perlakuan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ampas tahu 150 gram memberikan hasil terbaik pada pertumbuhan tinggi tanaman, panjang daun, lebar daun, jumlah daun dan berat basa tanaman
KEANEKARAGAMAN RUMPUT (GRAMINAE) PADA LAHAN PETERNAKAN SAPI DI DESA LAMBAKARA KECAMATAN LAEYA KABUPATEN KONAWE SELATAN Lisda Erika Ratmi; La Kolaka; Damhuri Damhuri
AMPIBI: Jurnal Alumni Pendidikan Biologi Vol 7, No 2 (2022): Edisi Agustus 2022
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (420.864 KB) | DOI: 10.36709/ampibi.v7i2.24464

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman rumput (Gramineae) yang ada pada lahan peternakan sapi di Desa Lambakara Kecamatan Laeya Kabupaten Konawe Selatan. Penelitian ini merupakan eksperimen lapang teknik plot kuadrat menggunakan jumlah minimum dengan cara melemparkan kuadrat secara random sampling pada ketiga blok penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan menentukan jumlah spesies, kerapatan, frekuensi, dominansi, indeks nilai penting dan indeks keanekaragaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah spesies rumput (Gramineae) yang diperoleh pada lokasi penelitian sebanyak 14 spesies, yaitu Brachiaria decumbens (rumput signal), Chloris virgata (rumput jejarongan), Chrysopogon aciculatus (rumput jarum), Cynodon dactylon (rumput grinting), Echinochloa colona L., Eleusine indica (rumput belulang), Imperata cylindrica (alang-alang), Leersia hexandra (rumput banto), Leptochloa mucronata, Panicum repens, Panicum schwackeanum, Paspalum notatum (rumput bahia), Sprobolus berteroanus, Sp.1 (spesies tidak teridentifikasi). Nilai INP tertinggi dari spesies yang ditemukan yaitu Brachiaria decumbens sebesar 92,95%, dan nilai indeks keanekaragaman Shannon-Wiener (H’) termasuk dalam kategori rendah dengan nilai 0,83.
PENGEMBANGAN MEDIA POWER POINT BERBANTU APLIKASI ISPRING SUITE 9 SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATERI SEL SEKOLAH MENENGAH ATAS Rasna Hengki; M. Sirih; Lili Darlian
AMPIBI: Jurnal Alumni Pendidikan Biologi Vol 7, No 2 (2022): Edisi Agustus 2022
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (312.14 KB) | DOI: 10.36709/ampibi.v7i2.24465

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk berupa media pembelajaran berbasis aplikasi yang layak digunakan pada materi sel di SMA. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (research and development). Subjek penelitian ini adalah validator media, validator materi, guru mata pelajaran Biologi dan peserta didik di SMA Negeri 1 Konawe Selatan. Instrumen penelitian berupa lembar isian dengan Skala Thurstone yang digunakan untuk mengetahui nilai kevalidan media pembelajaran berbasis aplikasi dan Skala Likert digunakan untuk mengetahui nilai kelayakan media pembelajaran berbasis aplikasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil validasi desain media media pembelajaran berbasis aplikasi oleh ahli media diperoleh rerata 75,60% (kriteria valid). Hasil validasi materi media pembelajaran berbasis aplikasi oleh ahli materi diperoleh rerata 81,31% (kriteria sangat valid). Hasil tanggapan desain media pembelajaran berbasis aplikasi oleh guru dan peserta didik berturut-turut diperoleh rerata 89,21% (kriteria sangat valid) dan 90,10% (kriteria sangat sesuai). Hasil tanggapan materi media pembelajaran berbasis aplikasi oleh guru dan peserta didik berturut-turut diperoleh rerata 89,21% (kategori valid) dan 90,24% (kriteria sangat sesuai). Kriteria tersebut menggambarkan bahwa media pembelajaran berbasis aplikasi dapat digunakan sebagai media pembelajaran belajar di SMA.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT, OBSERVE, DAN EXPLAIN) TERHADAP PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS XI IPA SMA NEGERI 8 KENDARI Wa Ode Asnalita; I Wayan Suama; Ahdiat Agriansyah
AMPIBI: Jurnal Alumni Pendidikan Biologi Vol 7, No 2 (2022): Edisi Agustus 2022
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (202.002 KB) | DOI: 10.36709/ampibi.v7i2.24379

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengaruh penerapan model pembelajaran POE lebih baik dari model discovery learning terhadap pengetahuan konseptual siswa pada materi sistem pencernaan manusia Kelas XI IPA SMA Negeri 8 Kendari. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 8 Kendari yang terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri dari 3 kelas paralel dengan jumlah siswa sebanyak 79 orang dengan rincian 42 siswa laki-laki dan 37 siswi perempuan. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling yaitu kelas XI IPA1 dan XI IPA2. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pengetahuan konseptual siswa berupa tes objektif berbentuk pilihan ganda yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah (1) analisis deskriptif untuk memberikan gambaran tentang pengetahuan konseptual. (2) analisis inferensial untuk menguji hipotesis penelitian. Analisis deskriptif pengetahuan konseptual siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol dengan nilai rata-rata yakni 73,52 dan kelas kontrol 69,44. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai thitung 2,054 melebihi ttabel  2,011 pada tingkat signifikan 95% yang berarti bahwa penerapan model pembelajaran POE lebih baik dari model discovery learning terhadap pengetahuan konseptual siswa pada materi sistem pencernaan manusia Kelas XI IPA SMA Negeri 8 Kendari.
PERUBAHAN MORFOLOGI DAN KEMATIAN HAMA BELALANG KEMBARA (Locusta migratoria) MELALUI PEMBERIAN EKSTRAK TANAMAN TUBA (Derris ellitica) SEBAGAI INSEKTISIDA Maulidaniati Maulidaniati; Jahidin Jahidin; Amiruddin Amiruddin
AMPIBI: Jurnal Alumni Pendidikan Biologi Vol 7, No 2 (2022): Edisi Agustus 2022
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (563.446 KB) | DOI: 10.36709/ampibi.v7i2.24485

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal di Desa Morome, Kecamatan Konda, Kabupaten Konawe Selatan bahwa petani terganggu dengan banyaknya hama belalang kembara yang menyerang tanman jagung sehingga dibutuhkan insektisida alami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan morfologi dan kematian hama belalang kembara (Locusta migratoria) melalui pemberian ekstrak tanaman tuba (Derris elliptica). Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di  Laboratorium Jurusan Pendidikan Biologi FKIP dan Laboratorium Jurusan Biologi FMIPA Universitas Halu Oleo Kendari. Subjek penelitian yaitu akar tanaman tuba sebanyak 750 gr dan hama belalang kembara sebanyak 24 ekor dengan teknik pemilihan sampel secara Purposive Sampling. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa tidak terjadi perubahan morfologi pada kelompok perlakuan dan terjadi kematian hama belalang kembara  melalui pemberian ekstrak tanaman tuba dimana konsentrasi 35% (X3) hama belalang kembara mengalami kematian sebanyak 5 ekor (100%), konsentrasi 25% (X2) hama belalang kembara mengalami kematian sebanyak 3 ekor (60%), konsentrasi 15% (X1) hama belalang kembara mengalami kematian sebanyak 1 ekor (20%) sedangkan pada konsentrasi 0% (X0) hama belalang kembara tidak mengalami kematian.
ANALISIS BUTIR SOAL BIOLOGI KELAS XI KARANGAN IRNANINGTIYAS DAN YOSSA ISTIADI PENERBIT ERLANGGA TAHUN 2014 YANG DIGUNAKAN MAN 1 KENDARI Sukmawati Sukmawati; Murni Sabilu; Asmawati Munir
AMPIBI: Jurnal Alumni Pendidikan Biologi Vol 7, No 2 (2022): Edisi Agustus 2022
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (456.387 KB) | DOI: 10.36709/ampibi.v7i2.24380

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana konstruk soal, tingkat kesukaran dan daya beda soal dalam buku Biologi siswa kelas XI yang digunakan MAN 1 Kendari. Penelitian ini berbentuk deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh soal pilihan ganda dan uraian. Teknik pengambilan sampel yakni Proportional random sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelaahan konstruk soal pilihan ganda, diperoleh 95% soal sesuai dan 5% soal tidak sesuai kaidah penulisan soal. Soal uraian, diperoleh 88,89% soal sesuai dan 11,11% soal tidak sesuai kaidah penulisan soal. Berdasarkan tingkat kesukaran soal pilihan ganda diperoleh 3 soal sukar dan 37 soal sedang. Soal uraian, terdapat 1 soal sukar dan 5 soal sedang. Berdasarkan daya beda soal pilihan ganda, terdapat 2 soal jelek, 7 soal cukup, 26 soal baik dan 5 soal sangat baik. Soal uraian, terdapat 4 soal cukup, 1 soal baik dan 1 soal jelek. Soal pilihan ganda dalam buku Biologi siswa kelas XI karya Irnaningtiyas dan Yossa Istiadi secara umum baik berdasarkan analisis kesesuaian konstruk dengan kaidah penulisan soal, tingkat kesukaran dan daya beda soal sedangkan soal uraian, secara umum baik berdasarkan analisis kesesuaian konstruk dengan kaidah penulisan soal dan tingkat kesukaran serta secara umum mempunyai daya pembeda tidak baik.

Page 1 of 1 | Total Record : 7