Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO			
            
            
            
            
            
            
            
            Fokus dan Scope Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO memuat artikel hasil penelitian pada bidang PAUD yang meliputi kurikulum PAUD, perkembangan anak usia dini, manajemen pendidikan PAUD, bahan ajar PAUD, media pembelajaran PAUD, penilaian pembelajaran PAUD, strategi/ model/ metode/ pendekatan/ teknik pembelajaran AUD, kebijakan pendidikan PAUD, psikologi anak.
            
            
         
        
            Articles 
                12 Documents
            
            
                            
                
                    Search results for 
                     
                     
                     
                    , issue 
"Vol 2, No 1: Maret 2019" 
                    
                    : 
12 Documents 
                    
clear       
                 
                        
            
                                                        
                        
                            MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MEMBUAT MOZAIK MENGGUNAKAN BAHAN BIJI-BIJIAN 
                        
                        Rosalia, Lisa; 
Ratulangi, Ratulangi                        
                         Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO Vol 2, No 1: Maret 2019 
                        
                        Publisher : Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                            |
                                
                                
                                    Full PDF (519.531 KB)
                                
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.36709/jrga.v2i1.8301                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan membuat mozaik menggunakan bahan biji-bijian di kelompok B TK Sanggula Kecamatan Wawotobi Kabupaten Konawe. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tahapan dalam penelitian ini mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi.  Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak yang berjumlah 15 orang anak yang terdiri dari 9 orang anak laki-laki dan 6 orang anak perempuan dengan rentang usia 5-6 tahun.  Berdasarkan hasil belajar anak tentang peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan membuat mozaik menggunakan bahan biji-bijian pada siklus I diperoleh persentase ketercapaian sebesar 60% atau 10 anak didik dan ada 5 orang anak didik yang tidak mengalami ketercapaian sebesar 33% dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan persentase ketercapaian sebesar 86% atau 13 anak didik, sedangkan anak yang tidak mengalami ketercapaian sebesar 14% dari 15 orang anak didik. Dengan demikian penelitian ini dapat disimpulkan bahwa motorik halus anak kelompok B TK Sanggula Kecamatan Wawotobi Kabupaten Konawe dapat ditingkatkan melalui kegiatan membuat mozaik menggunakan bahan biji-bijian tahun pelajaran 2016/2017.Kata Kunci: Motorik Halus, Mozaik, Biji-Bijian.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI KEGIATAN PENGELOMPOKKAN BENDA 
                        
                        Kasim, Sukmawati; 
Gadafi, Muamal                        
                         Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO Vol 2, No 1: Maret 2019 
                        
                        Publisher : Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                            |
                                
                                
                                    Full PDF (212.66 KB)
                                
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.36709/jrga.v2i1.8308                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatankemampuan kognitif  melalui kegiatan  pengelompokkan benda  pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita Kandeli Kecamatan Kabangka Kabupaten Muna. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak Kelompok B TK Dharma Wanita Kandeli yang berjumlah 18 orang yang terdiri atas 11 orang anak laki-laki dan 7 orang anak perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tahap-tahap dalam penelitian mengikuti prosedur Penelitian Tindakan kelas, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan atau observasi, dan (4) refleksi. Hasil tentang kemampuan kognitif anak melalui kegiatan pengelompokkan benda menunjukkan bahwa terdapat peningkatan. Hal ini dapat dibuktikan pada hasil observasi awal diperoleh persentase 28%, pada siklus I diperoleh persentase 61%, dan pada siklus II di peroleh persentase ketuntasan 83%.  Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan kognitif anak di Kelompok B TK Dharma Wanita Kandeli Kecamatan Kabangka Kabupaten Muna dapat ditingkatkan melalui kegiatan pengelompokkan bendaKata kunci: Kemampuan Kognitif, Pengelompokkan Benda, Anak
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK MELALUI MODEL ROLE PLAYING (BERMAIN PERAN) 
                        
                        Surastini, Ni Wayan Lilis; 
Hidayat, Ahid                        
                         Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO Vol 2, No 1: Maret 2019 
                        
                        Publisher : Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                            |
                                
                                
                                    Full PDF (226.841 KB)
                                
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.36709/jrga.v2i1.8303                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
 Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui model bermain peran di Kelompok B TK Dian EkawatiKendari. Subjek dalam penelitian ini adalah anak Kelompok B TK Dian Ekawati Kendari yang berjumlah 20 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan dilaksanakan 2 (dua) siklus, setiap siklus terdiri atas: perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh persentase sebesar 88,8% sedangkan aktivitas belajar anak diperoleh persentase 88,8%. Pada siklus II, persentase ketercapaian aktivitas mengajar guru mengalami peningkatan menjadi 94,7%, sedangkan persentase ketercapaian aktivitas belajar anak juga mengalami peningkatan menjadi 94,4%. Berdasarkan hasil evaluasi tentang kemampuan berbicara anak dengan menggunakan model bermain peran menunjukkan bahwa hasil observasi diperoleh persentase sebesar 50% dan mengalami peningkatan pada siklus I yaitu sebesar 65%. Pada siklus II diperoleh persentase sebesar 95%.  Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa keterampilan sosial anak Kelompok B TK Dian Ekawati Kendari dapat ditingkatkan melalui model bermain peran.Kata kunci: Pembelajaran, Kemampuan Berbicara Anak, Bermain Peran
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI KEGIATAN SENAM IRAMA 
                        
                        Hartina, Wa Ode; 
Abubakar, Sitti Rahmaniar                        
                         Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO Vol 2, No 1: Maret 2019 
                        
                        Publisher : Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                            |
                                
                                
                                    Full PDF (224.857 KB)
                                
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.36709/jrga.v2i1.8309                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik kasar anak melalui kegiatan senam irama di Kelompok BTK Kuncup Pertiwi Kontunaga Kabupaten Muna. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Tahapan dalam penelitian ini yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan  refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik di kelompok B TK Kuncup Pertiwi Kontunaga Kabupaten Muna berjumlah 14 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar anak didik dari siklus I terdapat 2 orang anak memperoleh nilai Berkembang Sangat Baik dan 7 orang anak memperoleh nilai Berkembang Sesuai Harapan dengan persentasi 64,28%, pada siklus II terdapat 10 orang anak memperoleh nilai Berkembang Sangat Baik dan 13 orang anak memperoleh nilai Berkembang Sesuai Harapan  dengan persentasi 92,85%. Penelitian ini dapat disimpulkan keterampilan motorik kasar anak dapat ditingkatkan melalui kegiatan senam irama di kelompok B TK Kuncup Pertiwi Kontunaga Kabupaten Muna.Kata kunci: Keterampilan Motorik Kasar, Senam Irama, Anak.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            MENINGKATKAN KREATIVITAS MELALUI KEGIATAN ORIGAMI BERGERAK (ACTION ORIGAMI) 
                        
                        Mansyur, Asni; 
Sugianto, Bambang; 
Sukriati, Sukriati                        
                         Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO Vol 2, No 1: Maret 2019 
                        
                        Publisher : Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                            |
                                
                                
                                    Full PDF (222.834 KB)
                                
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.36709/jrga.v2i1.8298                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas melalui kegiatan origami bergerak (action Origami) di kelompok B TK Islam Syaidul Muslimin Kendari. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak Kelompok B TK Islam Syaidul Muslimin Kendari yang berjumlah 15 orang yang terdiri atas 6 orang anak laki-laki dan 9 orang anak perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tahap-tahap dalam penelitian mengikuti prosedur Penelitian Tindakan kelas, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan atau observasi, dan (4) refleksi. Hasil tentang  kreativitas anak melalui kegiatan origami bergerak (action origami) menunjukkan bahwa terdapat peningkatan. Hal ini dapat dibuktikan pada hasil observasi awal diperoleh persentase 33,33% %, pada siklus I diperoleh persentase 60%, dan pada siklus II di peroleh persentase ketuntasan 86,67%.  Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kreatifitas di kelompok B TK Islam Syaidul Muslimin Kendari dapat ditingkatkan melalui kegiatan origami bergerak (action origami).Kata kunci: Kreativitas, Origami, Anak.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            MENINGKATKAN PENGENALAN SENI KREATIF ANAK MELALUI PEMANFAATAN KAIN PERCA 
                        
                        Hasanah, Nur; 
Salwiah, Salwiah                        
                         Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO Vol 2, No 1: Maret 2019 
                        
                        Publisher : Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                            |
                                
                                
                                    Full PDF (266.975 KB)
                                
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.36709/jrga.v2i1.8304                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengenalan seni kreatif anak melalui pemanfaatan kain perca di Kelompok B TK Tunas Makarti Kendari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak  didik di Kelompok B-5 TK Tunas Makarti Kendari yang berjumlah 15 orang anak didik. Berdasarkan hasil analisis data dari aktivitas mengajar guru pada siklus I sebanyak 14 aspek diperoleh persentase ketercapaian sebesar 71% atau 10 aspek yang tercapai dan ada 4 aspek yang tidak mengalami ketercapian atau sebesar 29%. Pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase ketercapaian sebesar 93% atau 13 aspek yang tercapai dan 7% atau 1 aspek yang tidaktercapai. Pada aktivitas belajar anak didik siklus I dari 13 aspek diperoleh persentase ketercapaian sebesar 62% atau 8 aspek yang tercapaidan 38% atau 5 aspekyang tidak tercapai, sedangkan aktivitas belajar anak siklus II mengalami peningkatan menjadi 92% atau 12 aspek yang tercapaidansebesar 8% atau 1 aspek yang tidak tercapai. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengenalan seni kreatif anak dapat ditingkatkan melalui pemanfaatan kain perca dikelompok B-5 TK Tunas Makarti Kendari.Kata kunci: Seni Kreatif,  Anak, Pemanfaatan Kain Perca
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            MENINGKATKAN KEMAMPUAN VISUAL SPASIAL MELALUI KEGIATAN BERMAIN BONGKAR PASANG PUZZLE LOGIKA 
                        
                        Fitri, Wa Ode; 
Ibrahim, Husain                        
                         Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO Vol 2, No 1: Maret 2019 
                        
                        Publisher : Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                            |
                                
                                
                                    Full PDF (228.812 KB)
                                
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.36709/jrga.v2i1.8310                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan visual spasial melalui kegiatan bermain bongkar pasang puzzle logika di kelompok B TK Wulele Sanggula II Kota Kendari. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik di kelompok B TK Wulele Sanggula II Kota Kendari yang berjumlah 15 orang anak didik yang terdiri atas 10 orang anak laki-laki dan 5 orang anak perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tahap-tahap dalam penelitian ini mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas, yaitu: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) pengamatan; (4) refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan pada observasi awal diperoleh persentase sebesar 26,7% atau 4 orang anak didik dari 15 anak didik.  Siklus I diperoleh persentase sebesar 53,3% atau 8 orang anak didik dari 15 anak didik. Siklus II diperoleh persentase sebesar 86,7% atau 13 orang anak didik dari 15 anak didik. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan visul spasial di kelompok B TK Wulele Sanggula II Kota Kendari dapat ditingkatkan melalui kegiatan bermain bongkar pasang puzzle logika.Kata kunci: Kemampuan Visual Spasial, Bermain Bongkar Pasang, Puzzle Logika
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK MELALUI METODE BERCERITA 
                        
                        Saribu, Ayunita; 
Hidayah, Afifah Nur                        
                         Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO Vol 2, No 1: Maret 2019 
                        
                        Publisher : Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                            |
                                
                                
                                    Full PDF (422.078 KB)
                                
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.36709/jrga.v2i1.8299                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak melalui metode bercerita di kelompok B TK Mekar Indah Kendari. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik di Kelompok B TK Mekar Indah Kendari yang berjumlah 16 anak didik yang terdiri atas 8 orang anak laki-laki dan 8 orang anak perempuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tahap-tahap dalam penelitian tindakan kelas ini, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi.Berdasarkan analisis data hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I diperoleh presentase ketercapaian sebesar 73%, kemudian mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 91%. Aktivitas belajar anak pada siklus I diperoleh presentase ketercapaian sebesar 64%, kemudian mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 82%. Sedangkan hasil belajar anak menunjukkan adanya peningkatan. Hal ini dapat dibuktikan pada hasil observasi awal sebelum tindakan dan sesudah tindakan. Sebelum tindakan diperoleh presentase sebesar 31%. Pada siklus I diperoleh presentase sebesar 56%, kemudian mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 88%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan berbahasa anak dapat ditingkatkan melalui metode bercerita di kelompok B TK Mekar Indah Kendari.Kata Kunci : Kemampuan Berbahasa, Metode Bercerita, Anak
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KETERAMPILAN MELIPAT KERTAS 
                        
                        Sarnawati, Sarnawati; 
Arvyaty, Arvyaty                        
                         Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO Vol 2, No 1: Maret 2019 
                        
                        Publisher : Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                            |
                                
                                
                                    Full PDF (228.815 KB)
                                
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.36709/jrga.v2i1.8305                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui keterampilan melipat kertas di RA. Al-Mu’Minin Kota Kendari. Subjek dalam penelitian ini adalah anak RA. Al-Mu’Minin Kota Kendari berjumlah 15 orang anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tahap-tahap dalam penelitian ini, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan atau observasi, dan (4) refleksi. Hasil observasi awal diperoleh presentase sebesar 47% dan mengalami peningkatan pada siklus I yaitu sebesar 67%, dimana terdapat 6 anak yang mendapat nilai Berkembang Sesuai Harapan dan 4 anak yang memperoleh nilai Berkembang Sangat Baik kemudian  mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 87% ketuntasan secara klasikal yaitu 6 anak yang mendapat Berkembang Sesuai Harapan dan 7 anak mendapat nilai Berkembang Sangat Baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan motorik halus anak pada kelompok B1 RA. Al-Mu’Minin Kota Kendari dapat ditingkatkan melalui keterampilan melipat kertas.Kata kunci: Pembelajaran, Motorik Halus, Melipat Kertas.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KINESTETIK ANAK MELALUI BERMAIN BOLA 
                        
                        Yuliati, Yuliati; 
Pabunga, Dorce Banne                        
                         Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO Vol 2, No 1: Maret 2019 
                        
                        Publisher : Jurusan PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                            |
                                
                                
                                    Full PDF (456.771 KB)
                                
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.36709/jrga.v2i1.8311                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan kinestetik anak melalui kegiatan pembelajaran bermain bola di Kelompok B2 TK Adi Permai Kendari. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahap-tahap penelitian mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan evaluasi, dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak di Kelompok B2 TK Adi Permai Kendari yang berjumlah 14 orang yang terdiri atas 7 anak didik perempuan dan 7 anak didik laki-laki. Berdasarkan hasil belajar anak didik tentang pengembangan kemampuan kinestetik anak melalui bermain bola pada siklus I diperoleh persentase ketercapaian sebesar 71,42% dan mengalami peningkatan pada siklus II  dengan persentase ketercapaian sebesar 85,71%. Hasil analisis data dari aktivitas mengajar guru pada siklus I sebanyak 19 aspek diperoleh persentase ketercapaian sebesar 73,68%. Sedangkan pada siklus II hasil aktivitas mengajar guru meningkat menjadi 89,47%. Pada aktivitas belajar anak didik siklus I dari 16 aspek diperoleh persentase ketercapaian sebesar 62,5%. Sedangkan aktivitas belajar anak pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 87,5% . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan kemampuan kinestetik di Kelompok B2 TK Adi Permai Kendari dapat ditingkatkan melalui bermain bola.Kata kunci: Kemampuan Kinestetik, Bermain Bola, Anak