cover
Contact Name
Amy Wadu
Contact Email
awd.ub15@gmail.com
Phone
+6281246527868
Journal Mail Official
juteks.pnk@gmail.com
Editorial Address
Kampus Penfui : Jalan Adisucipto P.O. BOX 139 Kupang
Location
Kota kupang,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
JUTEKS - Jurnal Teknik Sipil
ISSN : 25275496     EISSN : 26219786     DOI : https://doi.org/10.32511/juteks
JUTEKS (Jurnal Teknik Sipil) merupakan merupakan publikasi online yang diterbitkan Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Kupang yang memuat tentang hasil penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Teknik Sipil dengan lingkup Manajemen Konstruksi, Struktural, Transportasi, Sumber Daya Air dan Geoteknik. JUTEKS terbit 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan April dan Oktober. Publikasi ilmiah ini terbuka para Akademisi, non-Akademisi dan masyarakat umum yang akan mempublikasikan hasil penelitiannya dalam bidang Teknik Sipil.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 1 (2021): JUTEKS (Jurnal Teknik Sipil)" : 6 Documents clear
Pemilihan Moda Transportasi Menuju Stasiun Jurangmangu Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Fredy Jhon Philip
JUTEKS : Jurnal Teknik Sipil Vol 6 No 1 (2021): JUTEKS (Jurnal Teknik Sipil)
Publisher : P3M- Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32511/juteks.v6i1.788

Abstract

Pemilihan moda transportasi di kawasan perkotaan menjadi salah satu aspek penting dalam melakukan perjalanan yang dipengaruhi beberapa faktor antara lain kondisi keamanan, kenyamanan, frekuensi, biaya, waktu, jarak dan juga melihat pada karakteristik responden pelaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pilihan masyarakat dalam menggunakan transportasi menuju stasiun Jurangmangu. Metoda AHP (Analytic Hierarchy Process) yang diaplikasikan dengan software Expert Choice (EC) dapat membantu dalam analisis pemilihan moda menuju stasiun Jurangmangu. Hasil studi menunjukkan bahwa masyarakat lebih memilih moda transportasi menuju stasiun Jurangmangu menggunakan kendaraan pribadi dengan hasil presentase sebesar 64% dibandingkan moda transportasi seperti ojek online sebesar 32%, angkutan umum 2%, bus 2 % dan taksi 0%. Untuk faktor kriteria hasil yang paling unggul merupakan faktor waktu dengan hasil presentase sebesar 26.4%, Frekuensi 21.5%, keamanan 20.4%, jarak 12.8%, dan biaya 6.8%.
Analisis Kapasitas Dan Kebutuhan Ruang Parkir Di Kawasan Pantai Warna Oesapa Ega Erianshi Tameno; Amy Wadu; Yacob Victor Hayer
JUTEKS : Jurnal Teknik Sipil Vol 6 No 1 (2021): JUTEKS (Jurnal Teknik Sipil)
Publisher : P3M- Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32511/juteks.v6i1.803

Abstract

Pemakaian fasilitas parkir bagi masyarakat yang berkunjung ke Pantai warna oesapa perlu dilakukan pengaturan dan penataan fasilitas parkir yang baik. Parkir yang sangat mengganggu kelancaran lalu lintas adalah parkir yang berada pada badan jalan (on street parking). Dalam penelitian ini dilakukan analisis karakteristik parkir untuk mendapatkan kebutuhan ruang parkir. . Hasil kebutuhan parkir sepeda motor yang menggunakan fasilitas on street di Pantai Warna Oesapa pada saat ini bila dihitung menggunakan rumus adalah 581,42 SRP sepeda motor, sedangkan bila dihitung dengan mengacu kepada peraturan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat adalah 675 SRP sepeda motor.Perkiraan kebutuhan ruang parkir pada 10 tahun mendatang (tahun 2030) termasuk memindahkan on street parking ke ruang parkir di Pantai Warna Oesapa, adalah sebesar 996,83 SRP sepeda motor
Pengaruh Penggunaan Silicafume Terhadap Kuat Tekan, Kuat Tarik Belah, Dan Porositas Beton Di Lingkungan Gambut Sevnur Sevnur; Ridwan Ridwan; Muhammad Ikhsan
JUTEKS : Jurnal Teknik Sipil Vol 6 No 1 (2021): JUTEKS (Jurnal Teknik Sipil)
Publisher : P3M- Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32511/juteks.v6i1.692

Abstract

Pembangunan berbasis material beton saat ini merupakan hal yang sangat penting pada pembangunan infrastruktur. Salah satu pembangunan yang sering terjadi di lahan gambut. Seiring dengan hal ini, maka butuh beberapa tambahan material yang mampu memberi tahanan terhadap beton, agar mampu bertahan di lahan gambut yang diketahui mempunya zat asam yang tinggi. Bergerak dari kondisi ini, maka salah satu material yang di tambahkan yaitu silicafume. Job mix yang dilaksanakan menggunakan aturan SNI 03-2834-2000, dengan perawatan menggunakan air gambut dan air tawar. Berdasarkan pengujian didapatkan hasil kuat tekan di air gambut hanya 3,6% pada campuran silicafume 5% dengan menggantikan berat semen, dan 35% pada air tawar. Pada pengujian tarik belah tidak terdapat adanya perubahan yang signifikan. Sedangkan pada porositas seiring dengan penambahan silicafume sampai 20%, menjadikan porositas beton semakin meningkat dengan signifikan
Analisis Kerapuhan Seismik Struktur Beton Bertulang Richard Frans
JUTEKS : Jurnal Teknik Sipil Vol 6 No 1 (2021): JUTEKS (Jurnal Teknik Sipil)
Publisher : P3M- Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32511/juteks.v6i1.719

Abstract

Letak geologis Indonesia, yang berada di daerah yang rawan terhadap risiko gempa, menyebabkan perlunya dilakukan analisis terhadap kerentanan bangunan, khususnya gedung bertingkat, terhadap pengaruh gempa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui probabilitas suatu struktur gedung mengalami tingkat kerusakan tertentu akibat gerakan tanah saat terjadi gempa. Analisis kerapuhan seismik dilakukan pada suatu struktur beton bertulang, yaitu Gedung ABC, dengan menggunakan analisis pushover dan metodologi HAZUS. Analisis pushover dilakukan dengan bantuan program ETABS v16.0.2. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa probabilitas terjadinya kegagalan struktur untuk setiap kondisi batas bervariasi, tergantung pada perpindahan spektral yang terjadi saat bangunan mengalami gempa. Berdasarkan kurva kerapuhan seismik, probabilitas terjadinya kegagalan struktur jika bangunan mengalami perpindahan spektral maksimum, untuk kondisi slight damage, moderate damage, extensive damage dan complete damage masing-masing sebesar 99,93%, 99,46%, 92,16% dan 50% pada arah x, serta sebesar 99,19%, 96,28%, 86,34% dan 50% pada arah y.
Kajian Kelayakan Penggunaan Material Tanah Putih Dari Pulau Rote Sebagai Pengganti Pasir Alam Dalam Produk Mortar Dan Beton Diarto Trisnoyuwono; Abia Erasmus Mata; Welem MWL Daga
JUTEKS : Jurnal Teknik Sipil Vol 6 No 1 (2021): JUTEKS (Jurnal Teknik Sipil)
Publisher : P3M- Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32511/juteks.v6i1.781

Abstract

Di Provinsi NTT juga dapat ditemukan wilayah dengan keterbatasan ketersediaan material agregat (terutama pasir) yang memenuhi standar untuk konstruksi bangunan, daerah tersebut adalah Kabupaten Rote Ndao. Sehingga untuk memenuhi kebutuhan pembangunan dengan tetap bisa memanfaatkan potensi daerah maka dibutuhkan suatu rekayasa material. Di Pulau Rote terdapat deposit batu gamping (tanah putih) di daerah diperbukitan. Sehingga pemanfaatan tanah putih patut dipertimbangkan. Tanah putih sebagai pengganti fraksi pasir alam, sedangkan untuk fraksi agregat kasar tetap mengambil dari quary setempat. Terhadap material tanah putih diberi dua jenis perlakuan, pertama menggunakan material sesuai kondisi fisik asli dari hasil galian di quary dan kedua, fraksi halus butiran yang lolos saringan No.200 tidak dipakai dalam campuran. Hasilnya tanah putih ketika tanah putih dipakai dalam produk mortar, dapat memenuhi kelas mortar M, S dan N, artinya mortar tersebut bisa dipakai dari aplikasi plesteran sampai dengan pasangan batu pondasi dan tembok penahan. Aplikasi tanah putih untuk produk beton dapat menghasilkan kuat tekan beton hingga K300 sehingga dapat dipakai untuk pembangunan box culvert, perkerasan kaku, jembatan komposit sampai rumah tinggal
Stabilisasi Tanah Lempung Ekspansif Menggunakan Fly Ash Di Desa Oebelo Kabupaten Kupang Rosmiyati A Bella; Dolly W Karels; Hilda Talo
JUTEKS : Jurnal Teknik Sipil Vol 6 No 1 (2021): JUTEKS (Jurnal Teknik Sipil)
Publisher : P3M- Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32511/juteks.v6i1.783

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan fly ash terhadap tanah lempung ekspansif Desa Oebelo dalam rangka stabilisasi tanpa melalui proses pemeraman. Parameter yang diteliti adalah sifat-sifat fisik dan mekanik tanah berupa parameter berat jenis tanah, batas-batas Atterberg, kadar air optimum dan berat volume kering maksimum dari pemadatan standar dan potensi pengembangan. Kadar fly ash yang ditambahkan pada tanah tersebut adalah sebesar 10%, 20% dan 30%. Hasil pengujian sifat fisik tanah menunjukkan kenaikan nilai berat jenis, dan penurunan nilai batas cair, batas plastis, indeks plastisitas dan peningkatan nilai batas susut tanah seiring dengan bertambah besarnya kadar fly ash dalam tanah. Penambahan kadar fly ash juga menyebabkan penurunan nilai kadar air optimum dan peningkatan nilai kepadatan kering maksimum, serta menyebabkan peningkatan nilai potensi pengembangan

Page 1 of 1 | Total Record : 6