cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Rotasi
Published by Universitas Diponegoro
ISSN : 1411027x     EISSN : 24069620     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 27, No 1 (2025): VOLUME 27, NOMOR 1, JANUARI 2025" : 7 Documents clear
The Effect Of Gear Ratio Variations And Vehicle Weight On Energy Efficiency In Electric Prototype Vehicles Of The Engineering Faculty Of Mataram University Bima, Rangga; Mara, I Made
ROTASI Vol 27, No 1 (2025): VOLUME 27, NOMOR 1, JANUARI 2025
Publisher : Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14710/rotasi.27.1.23-28

Abstract

Electric vehicles are vehicles that are driven by electric motors using electrical energy derived from battery energy sources. Like most other electric vehicles, electric prototype vehicles are also controlled using throttle pedals on the steering wheel and also the braking system. This study also aims to determine how much electrical energy consumption is used in the vehicle, by varying the gear ratio and vehicle weight. The test method was carried out by releasing the throttle when the vehicle reached maximum speed, with the aim of being able to produce a lower level of energy consumption with higher efficiency. Gear ratio variations used were 6.43; 7.56; 8.57; 9.08 and 10.20 and vehicle weight variations used were 120.5 kg; 130.5 kg and 140.5 kg. The results of the test show that if the smaller the gear ratio used and the heavier the load from the vehicle, the greater the energy required. The results of this study indicate that, vehicles with lighter weight and with the use of larger gear ratio variations can reduce the consumption of electrical energy used. And can increase higher energy efficiency, so as to increase the maximum mileage range of the vehicle. The findings from this study can also provide additional information and valuable insights in the development of more efficient electric vehicles in the future.
Analisis Perbandingan Kontak Mekanik pada Permukaan Sinusoidal dengan Variasi Kondisi Pelumasan Menggunakan Metode Elemen Hingga Anwar, Syaiful; Lamura, M. Danny Pratama; Jamari, Jamari; Bayuseno, Athanasius Priharyoto
ROTASI Vol 27, No 1 (2025): VOLUME 27, NOMOR 1, JANUARI 2025
Publisher : Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14710/rotasi.27.1.1-7

Abstract

Studi tentang kontak antara dua permukaan sangat menarik untuk dipelajari karena berhubungan dengan gesekan, pelumasan, dan keausan. Mekanika kontak berperan sangat penting dalam bidang tribologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fenomena-fenomena yang terjadi pada pemodelan entrapped oil dalam kondisi kontak kering dan kontak berpelumas pada geometri sinusoidal. Proses simulasi dilakukan menggunakan Finite Element Method (FEM) dengan bantuan software Abaqus CAE 2020. Bentuk geometri dimodelkan sebagai axisymmetric 2D dengan ukuran elemen 0,01 untuk plat kaku dan 0,0005 untuk model geometri. Penelitian dilakukan pada model dengan ketinggian 2 mm dan memiliki kedalaman cavity 0,02 mm yang diberikan tekanan (0,5 MPa - 640 MPa) dari bawah model. Penelitian ini meninjau hasil von Mises stress, contact area, dan deformasi pada setiap kondisi variasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model sinusoidal pada kontak berpelumas menghasilkan nilai von Mises stress, contact area, dan deformasi yang lebih kecil dibandingkan model sinusoidal pada kontak kering. Pada parameter tegangan von Mises, variasi kondisi pelumasan yang diterapkan menghasilkan perbedaan sebesar 28,41%. Sementara itu, untuk parameter area kontak dan deformasi, perbedaan kondisi pelumasan memberikan perbedaan hasil masing-masing sebesar 42,79% dan 16,46%. Analisis ini sangat penting bagi para peneliti untuk memahami pengaruh signifikan pelumas dalam kontak mekanik.
Pengembangan Under Water Remotely Operated Vehicle (UWROV) untuk Eksplorasi Lingkungan Bawah Air Kedalaman Rendah Christiand, Christiand; Caesko, Hulio; Arbiyani, Filian
ROTASI Vol 27, No 1 (2025): VOLUME 27, NOMOR 1, JANUARI 2025
Publisher : Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14710/rotasi.27.1.8-14

Abstract

Aktifitas observasi pada lingkungan bawah air selain dapat dilakukan secara langsung dengan penyelaman manusia, dapat juga dilakukan dengan sebuah kendaraan yang disebut sebagai under water remotely operated vehicle (UWROV). Kendaraan tersebut dapat dikendalikan dari jarak jauh dan dilengkapi dengan berbagai sensor dan mekanisme untuk menggantikan fungsi manusia pada kegiatan eksplorasi. Kerja penelitian yang dipaparkan pada artikel ini telah mengembangkan sebuah UWROV yang ditujukan untuk lingkungan bawah air yang tidak terlalu besar, seperti danau air tawar dengan kedalaman rendah serta danau-danau buatan pada area tertentu. UWROV yang telah dikembangkan berukuran kecil dan mengutamakan pemilihan material yang mudah didapat di pasaran sehingga berbiaya murah. Pada eksperimen yang telah dilakukan, UWROV dapat melakukan maneuver dengan kecepatan 0.2 m/detik untuk gerak linear dan 1.2 rad/detik untuk gerak putar atau berbelok. UWROV juga mampu mempertahankan posisi diam melayang dengan deviasi posisi sebesar 0.015 meter pada sumbu-z (vertikal) ruang kerja. 
Evaluation of Motorcycle Fueled with Blends of Gasoline and Pyrolytic Oil from Plastic‒Palm Kernel Shell Co-Pyrolysis Thoharudin, Thoharudin; Santosa, Tito Hadji Agung; Iswandi, Iswandi
ROTASI Vol 27, No 1 (2025): VOLUME 27, NOMOR 1, JANUARI 2025
Publisher : Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14710/rotasi.27.1.15-22

Abstract

This study explores the co-pyrolysis of plastic grocery bags and palm kernel shells (PKS) as a sustainable solution for addressing plastic waste and producing renewable energy. A stainless-steel batch reactor operating at 500oC produced pyrolytic oil, char, and non-condensable gases, with a product yield of 48.3%, 26.7%, and 25.0%, respectively. Pyrolytic oil was characterized by higher viscosity, density, and oxygen content but a lower heating value compared to gasoline (pertalite). Various blends of pyrolytic oil (0–30%) with pertalite were tested in a 108 cc motorcycle engine. While pure pertalite offered better torque and power at low speeds, pertalite with 10% and 20% pyrolytic oil showed comparable engine performance at low to medium rotational speeds and better performance at high rotational speeds. In addition, blends with higher pyrolytic oil concentrations improved fuel efficiency, with the 30% blend achieving the best fuel economy at 33.3 km/L. The study concludes that pyrolytic oil can be a viable alternative fuel for motorcycles, particularly in carburetor systems, but requires further refinement to address particulate content and enhance compatibility with fuel injection systems.
Distribusi Udara dan Panas, Pengering Rumah Kaca, Rak Susun, CFD Ismail, Ismail; Purwanto, Agus
ROTASI Vol 27, No 1 (2025): VOLUME 27, NOMOR 1, JANUARI 2025
Publisher : Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14710/rotasi.27.1.44-51

Abstract

Penelitian ini menganalisis distribusi udara dan panas yang terjadi pada pengering surya tipe rumah kaca dan rak susun. Analisis dilakukan dengan metode simulasi menggunakan software Computational Fluid Dynamics (CFD) dan dilanjutkan dengan eksperimen. Simulasi dilakukan pada kedua jenis pengering dengan memvariasikan temperatur udara masuk, kecepatan hisap kipas, posisi serta ukuran inlet dan outlet, suhu yang diambil sebagai variabel pengamatan pada simulasi penelitian ini adalah 30oC dan dengan 3 variasi kecepatan aliran udara pada kedua pengering (1, 3, dan 5 m/s). Hasil dari simulasi ini digunakan sebagai basis untuk melakukan eksperimen pengeringan irisan tomat dan kentang. Alat pengering dibuat dengan ukuran masing-masing 95 x 48 x 68 cm untuk rumah kaca dan 95 x 48 x 48 cm untuk rak susun, dengan ukuran inlet dan outlet sama pada keduanya, yaitu 11,5 x 11,5 cm untuk outlet dan 40 x 6 cm untuk bagian inlet. Berat sampel yang akan diuji dengan menggunakan 2 alat pengering ini masing-masing 1 kg tomat dan kentang. Hasil eksperimen yang telah dilakukan didapatkan data pengeringan dengan menggunakan rak susun lebih unggul sekitar 1,8% - 2,97% dalam hal pengurangan massa, dan 0,01 - 0,23oC untuk suhu, serta 0,46 - 0,61% untuk humidity, dibandingkan dengan pengering rumah kaca.
Analisa Kecelakaan Impact Baut Terhadap Safety Helmet Menggunakan Pendekatan Explicit Dynamic Sulistiyo, Raka Mahendra; Sulardjaka, Sulardjaka; Purwaningsih, Ratna
ROTASI Vol 27, No 1 (2025): VOLUME 27, NOMOR 1, JANUARI 2025
Publisher : Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14710/rotasi.27.1.29-35

Abstract

Sistem manajemen keselamatan, Kesehatan kerja dan lingkungan (SMK3L) menjadi prioritas implementasi disetiap pripadi agar terlindungi dari segala potensi bahaya kecelakaan kerja. Implementasi SMK3L ini diterapkan dalam pekerjan proyek pembangunan pembangkit listrik yang berupa penggunaan Safety helmet sebagai proteksi kepala. Safety helmet ini digunakan untuk melindungi kepala dari benturan benda jatuh dari ketinggian. Pengujian Safety helmet ini menjadi penting untuk diteliti. Metode yang dilakukan adalah simulasi impact berbasis komputer dengan program computational aided engineering menggunakan explicit dynamic. Safety helmet yang digunakan memiliki model seperti yang ada pada proyek dengan bahan polypropylene. Material impact yang digunakan adalah mur dan baut structure steel tipe M16 pada ketinggian 30m dengan kecepatan 24,26 m/s. Hasil yang diperoleh yaitu helm tertumbuk oleh mur dan banut dengan arah deformasi maksimum sebesar 15,2mm pada sumbu x, rata- rata total deformasi sebesar 30mm, maksimum Equivalent stress sebesar 2101,7 MPa, maksimum Equivalent strain sebesar 1,44 mm/mm. Safety helmet terdapat patah di sisi sebelah kanan dan kiri akibat dari benturan
Optimasi Umur Pahat Karbida TiN: Studi Eksperimental dengan Variasi Kecepatan Potong dan Metode Taylor Halim, Arfan; Suryapradana, Ilmawan; Sufriansyah, Dedy; Masnur, Masnur
ROTASI Vol 27, No 1 (2025): VOLUME 27, NOMOR 1, JANUARI 2025
Publisher : Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14710/rotasi.27.1.%p

Abstract

Penggunaan alat potong karbida banyak digunakan oleh industri pemotongan logam, dengan penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa alat potong karbida memiliki daya tahan lebih tinggi dibandingkan alat potong biasa. Penelitian ini menjelaskan pengujian untuk menentukan umur dan keausan pahat karbida TiN, yang dapat melengkapi data variabel permesinan terkait masa pakai pahat. Penelitian ini dilakukan dengan memperhatikan pengaruh kondisi pemotongan, di mana kecepatan potong divariasikan sementara parameter lainnya (gerak makan dan kedalaman potong) tetap. Tujuan penelitian ini adalah menentukan umur pahat karbida yang digunakan dalam proses pembubutan poros. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pahat karbida TiN dengan kecepatan potong 92,45 m/menit, keausan terjadi pada menit ke 220 dengan nilai VB 0,92 mm, sedangkan pada kecepatan potong 56,33 m/menit, keausan terjadi pada menit ke 420 dengan nilai VB 0,53 mm. Secara empiris, umur pahat untuk kondisi proses pembubutan dianalisis menggunakan pendekatan metode umur pahat Taylor. Dari hasil pengujian umur pahat karbida TiN pada kombinasi kecepatan potong (VC) 56,33 m/menit dan 92,45 m/menit, diperoleh nilai eksponen n = 0,7857 dan konstanta CT = 3,8086 sehingga persamaan umur pahat adalah V.T0,7857 = 3,8086.

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2025 2025


Filter By Issues
All Issue Vol 27, No 3 (2025): VOLUME 27, NOMOR 3, OKTOBER 2025 Vol 27, No 2 (2025): VOLUME 27, NOMOR 2, JULI 2025 Vol 27, No 1 (2025): VOLUME 27, NOMOR 1, JANUARI 2025 Vol 26, No 4 (2024): VOLUME 26, NOMOR 4, OKTOBER 2024 Vol 26, No 3 (2024): VOLUME 26, NOMOR 3, JULI 2024 Vol 26, No 2 (2024): VOLUME 26, NOMOR 2, APRIL 2024 Vol 26, No 1 (2024): VOLUME 26, NOMOR 1, JANUARI 2024 Vol 25, No 4 (2023): VOLUME 25, NOMOR 4, OKTOBER 2023 Vol 25, No 3 (2023): VOLUME 25, NOMOR 3, JULI 2023 Vol 25, No 2 (2023): VOLUME 25, NOMOR 2, APRIL 2023 Vol 25, No 1 (2023): VOLUME 25, NOMOR 1, JANUARI 2023 Vol 24, No 4 (2022): VOLUME 24, NOMOR 4, OKTOBER 2022 Vol 24, No 3 (2022): VOLUME 24, NOMOR 3, JULI 2022 Vol 24, No 2 (2022): VOLUME 24, NOMOR 2, APRIL 2022 Vol 24, No 1 (2022): VOLUME 24, NOMOR 1, JANUARI 2022 Vol 23, No 4 (2021): VOLUME 23, NOMOR 4, OKTOBER 2021 Vol 23, No 3 (2021): VOLUME 23, NOMOR 3, JULI 2021 Vol 23, No 2 (2021): VOLUME 23, NOMOR 2, APRIL 2021 Vol 23, No 1 (2021): VOLUME 23, NOMOR 1, JANUARI 2021 Vol 22, No 4 (2020): VOLUME 22, NOMOR 4, OKTOBER 2020 Vol 22, No 3 (2020): VOLUME 22, NOMOR 3, JULI 2020 Vol 22, No 2 (2020): VOLUME 22, NOMOR 2, APRIL 2020 Vol 22, No 1 (2020): VOLUME 22, NOMOR 1, JANUARI 2020 Vol 21, No 4 (2019): VOLUME 21, NOMOR 4, OKTOBER 2019 Vol 21, No 3 (2019): VOLUME 21, NOMOR 3, JULI 2019 Vol 21, No 2 (2019): VOLUME 21, NOMOR 2, APRIL 2019 Vol 21, No 1 (2019): VOLUME 21, NOMOR 1, JANUARI 2019 Vol 20, No 4 (2018): VOLUME 20, NOMOR 4, OKTOBER 2018 Vol 20, No 3 (2018): VOLUME 20, NOMOR 3, JULI 2018 Vol 20, No 2 (2018): VOLUME 20, NOMOR 2, APRIL 2018 Vol 20, No 1 (2018): VOLUME 20, NOMOR 1, JANUARI 2018 Vol 19, No 4 (2017): VOLUME 19, NOMOR 4, OKTOBER 2017 Vol 19, No 3 (2017): VOLUME 19, NOMOR 3, JULI 2017 Vol 19, No 2 (2017): VOLUME 19, NOMOR 2, APRIL 2017 Vol 19, No 1 (2017): VOLUME 19, NOMOR 1, JANUARI 2017 Vol 18, No 4 (2016): VOLUME 18, NOMOR 4, OKTOBER 2016 Vol 18, No 3 (2016): VOLUME 18, NOMOR 3, JULI 2016 Vol 18, No 2 (2016): VOLUME 18, NOMOR 2, APRIL 2016 Vol 18, No 1 (2016): VOLUME 18, NOMOR 1, JANUARI 2016 Vol 17, No 4 (2015): VOLUME 17, NOMOR 4, OKTOBER 2015 Vol 17, No 3 (2015): VOLUME 17, NOMOR 3, JULI 2015 Vol 17, No 2 (2015): VOLUME 17, NOMOR 2, APRIL 2015 Vol 17, No 1 (2015): VOLUME 17, NOMOR 1, JANUARI 2015 Vol 16, No 4 (2014): VOLUME 16, NOMOR 4, OKTOBER 2014 Vol 16, No 3 (2014): VOLUME 16, NOMOR 3, JULI 2014 Vol 16, No 2 (2014): VOLUME 16, NOMOR 2, APRIL 2014 Vol 16, No 1 (2014): VOLUME 16, NOMOR 1, JANUARI 2014 Vol 15, No 4 (2013): VOLUME 15, NOMOR 4, OKTOBER 2013 Vol 15, No 3 (2013): VOLUME 15, NOMOR 3, JULI 2013 Vol 15, No 2 (2013): VOLUME 15, NOMOR 2, APRIL 2013 Vol 15, No 1 (2013): VOLUME 15, NOMOR 1, JANUARI 2013 VOLUME 14, NOMOR 4, OKTOBER 2012 VOLUME 14, NOMOR 3, JULI 2012 VOLUME 14, NOMOR 2, APRIL 2012 VOLUME 14, NOMOR 1, JANUARI 2012 VOLUME 13, NOMOR 4, OKTOBER 2011 VOLUME 13, NOMOR 3, JULI 2011 VOLUME 13, NOMOR 2, APRIL 2011 VOLUME 13, NOMOR 1, JANUARI 2011 Volume 12, Nomor 4, Oktober 2010 Volume 12, Nomor 3, Juli 2010 Volume 12, Nomor 2, April 2010 Volume 12, Nomor 1, Januari 2010 Volume 11, Nomor 4, Oktober 2009 Volume 11, Nomor 3, Juli 2009 Volume 11, Nomor 2, April 2009 Volume 11, Nomor 1, Januari 2009 Volume 10, Nomor 4, Oktober 2008 Volume 10, Nomor 3, Juli 2008 Volume 10, Nomor 2, April 2008 Volume 10, Nomor 1, Januari 2008 Volume 9, Nomor 4, Oktober 2007 Volume 9, Nomor 3, Juli 2007 Volume 9, Nomor 2, April 2007 Volume 9, Nomor 1, Januari 2007 Volume 8, Nomor 4, Oktober 2006 Volume 8, Nomor 3, Juli 2006 Volume 8, Nomor 2, April 2006 Volume 8, Nomor 1, Januari 2006 Volume 3, Nomor 2, April 2001 Volume 3, Nomor 1, Januari 2001 Volume 2, Nomor 4, September 2000 More Issue