cover
Contact Name
Khoirul Muslimin
Contact Email
muslimin@unisnu.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.annida@unisnu.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. jepara,
Jawa tengah
INDONESIA
An-Nida : Jurnal Komunikasi Islam
ISSN : 20853521     EISSN : 25489054     DOI : -
Core Subject : Education,
An-Nida : Jurnal Komunikasi Islam is a journal published by the faculty of da'wah and communication at Unisnu Jepara, aimed at creating and expanding innovations in the concepts, theories, paradigms, perspectives and methodologies of da'wah and communication, by publishing the results of research and other scientific papers, including the results of adaptations and books. -review related to Islamic da'wah and communication.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 15, No 1 (2023)" : 7 Documents clear
SAPAAN “PAPAH MAMAH” KEPADA PENGASUH DI PESANTREN ASY-SYAIBANIY: MODEL STRATEGI KOMUNIKASI ALTERNATIF KEKINIAN Ayu Febriyanti; Teddy Dyatmika
An-Nida : Jurnal Komunikasi Islam Vol 15, No 1 (2023)
Publisher : Fakultas Dakwah dan Komunikasi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/an-nida.v15i1.4532

Abstract

Dalam  melakukan  komunikasi tentu di dalamnya terdapat sapaan untuk memulai pembicaraan. Sapaan yang sering digunakan santri kepada pengasuh di pesantren antara lain kyai, nyai, abah, dan umi. Namun berbeda halnya dengan di Pondok Pesantren Asy-Syaibaniy Karanganyar Kabupaten Pekalongan yang menggunakan sapaan “papah” dan “mamah”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sapaan di pesantren Asy-Syaibaniy dan bagaimana penerapan sapaan tersebut berdasarkan kacamata komunikasi interpersonal.  Metode penelitian yang digunakan dalam riset ini adalah penelitian kualitatif deskriptif untuk menjelaskan, mendalami dan memahami penerapan sapaan kekininan di Pesantren Asy-Syaibaniy. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan studi pustaka. Hasil riset menunjukkan bahwa sapaan pengasuh pesantren memperngaruhi keeratan hubungan antara pengasuh dan santrinya. Sapaan “Papah” dan “Mamah”  kepada pengasuh pesantren merupakan model strategi komunikasi kekinian sebagai wujud penguatan kondisi emosional para santri agar merasa nyaman terbuka kepada pengasuh sehingga dapat meningkatkan motivasi para santri untuk berprestasi.
DAMPAK MEDIA SOSIAL TERHADAP PENGEMBANGAN KONSEP DIRI PADA REMAJA DI SMKS HUMANIORA PANTON LABU Muhammad Khaidir
An-Nida : Jurnal Komunikasi Islam Vol 15, No 1 (2023)
Publisher : Fakultas Dakwah dan Komunikasi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/an-nida.v15i1.4825

Abstract

ABSTRACT: This research is entitled The Impact of Social Media on Self-Concept Expansion toward Teenager at SMKS Humaniora Panton Labu, The objectives of this study how are students’ behavior in social media at SMKS Humaniora Panton Labu and the impact of social media on students self-concept expansion at SMKS Humaniora Panton Labu. The type of research used is qualitative design by field research, the sources of data used consist of primary data sources in the form of interviews, observations and documentation in the field of research, and secondary data sources in the form of books, journals and publications related to research problems. Data collection techniques are structured interviews, observation and documentation. The results of this study show students’ behavior in media social at SMKS Humaniora is quite varied, such as the use of social media as self-existence media by uploading photos or videos, as a source of inspiration and self-development for talent expansion and as a communication media with friends in cyberspace. The impact of social media on self-concept expansion toward students at SMKS Humaniora Panton Labu consists of two namely positive and negative. Most of positive self-concepts experienced by students at SMKS Humaniora such as raise self-confidence, able to recognize self-potential, more creative and innovative, easier to control emotions, brave to express opinions and grow up tolerance for differences. While negative self-concepts such as had low self-esteem, pessimistic, unsure of their own abilities and often comparing their failures with the other achievements.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, CITRA MEREK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN KARTUHALO MELALUI KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI DI KOTA SEMARANG) Fitria Nur Aini
An-Nida : Jurnal Komunikasi Islam Vol 15, No 1 (2023)
Publisher : Fakultas Dakwah dan Komunikasi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/an-nida.v15i1.4678

Abstract

PT Telkomsel merupakan operator telekomunikasi seluler terbesar di Indonesia dimana telah mengeluarkan banyak produk salah satunya adalah kartuHalo. Pada penelitian ini bertujuan untuk meneliti kualitas pelayanan, citra merek terhadap loyalitas pelanggan kartuHalo di Kota Semarang melalui kepuasan. Pada pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling, diambil 100 responden dan penelitian dilakukan di Grapari Telkomsel Pahlawan Semarang. Untuk menguji hipotesis menggunakan regresi linier sederhana dan uji sobel. Hasil penelitian menunjukkan (1) kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan. (2) citra merek berpengaruh positif terhadap kepuasan. (3) kepuasan berpengaruh positif terhadap loyalitas. (4) kepuasan memediasi antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas. (5) kepuasan memediasi antara citra merek terhadap loyalitas.
RETORIKA GUS IN'AM DALAM MENYAMPAIKAN PEMIKIRAN KYAI SOLEH DARAT MELALUI KOPISODA SEMARANG Laili Zulfa
An-Nida : Jurnal Komunikasi Islam Vol 15, No 1 (2023)
Publisher : Fakultas Dakwah dan Komunikasi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/an-nida.v15i1.4694

Abstract

­­­Tujuan penelitian ini ialah mengetahui bagaimana proses retorika Gus In’am dalam menyampaikan pemikiran kyai Soleh Darat melalui KOPISODA Semarang yang meliputi karakteristik, penggunaan bahasa, bentuk pesan kyai Soleh Darat yang sudah dikemas ulang dengan bahasa Gus In’am. Penulis akan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang sifatnya interpretatif dengan menggunakan penafsiran. Sedangkan perangkat dan pelanaran yang digunakan adalah retorika yang dikembangkan oleh Aristoteles dengan memfokuskan tiga cara dalam mempengaruhi manusia, yaitu: bagaimana dimensi ethos, logos dan pathos. Hasil penelitian pertama, telah ditemukan dimensi ethos dalam retorikanya Gus In’am yang mana sangat  ahli dan menguasai topik materi dalam pembahasannya. Kedua, telah ditemukan dimensi logos dalam retorikanya Gus In’am. Diantaranya: gaya komunikasi, tempo yang digunakan, konteks langgam bahasa, konteks humor, serta bahasa nonverbal. Ketiga, telah ditemukan dimensi pathos dalam retorika Gus In’am. Hal ini dapat dilihat dalam setiap ucapannya pesannya selalu menyentuh hati dan emosi, mengajak, menasehati, memotivasi, dan melarang (kebencian) untuk melakukan hal-hal yang diperintahkan dan menjauhi dalam ajaran Islam.
Komunikasi Demokratis Dalam Membentuk Keluarga Harmonis (Perspektif Al Quran Surah Al-Imran Ayat 159) Nasrudin Nasrudin
An-Nida : Jurnal Komunikasi Islam Vol 15, No 1 (2023)
Publisher : Fakultas Dakwah dan Komunikasi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/an-nida.v15i1.4929

Abstract

A harmonious family is the dream of every family, especially in the current era, the number of divorce cases that are increasing in the family makes it difficult to realize a harmonious family. Divorce in marriage usually occurs due to lack of communication or misunderstanding in communication.  One way to prevent misunderstandings in communication is to implement democratic communication in the family. This study aims to explain that the importance of democratic communication is carried out in the family which will be discussed in the perspective of the Al-Quran Soorah Al-Imran Verse: 159. The data used by the authors in this study are data obtained from literature studies. The approach used is the thematic interpretation of the Qur'an, namely the Soorah Al-Imran Verse 159. The results of this study indicate that there are four concepts of democratic communication contained in the Soorah Al-Imran Verse 159, namely being gentle, forgiving each other, respecting opinions and putting your trust in Allah SWT.  These four concepts if implemented in the family will create a harmonious family.
ANALISIS PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK PT POS INDONESIA Adella Franscillia Samma; Kheyene Molekandella Boer
An-Nida : Jurnal Komunikasi Islam Vol 15, No 1 (2023)
Publisher : Fakultas Dakwah dan Komunikasi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/an-nida.v15i1.4840

Abstract

Analyze the use of information technology in improving the public service of PT Pos Indonesia in the border area of Nunukan Regency, North Kalimantan. This study used descriptive qualitative method. The research focuses include transparency, participation, and efficiency. Data collection techniques were carried out by interviews and documentation. Data analysis techniques were carried out by means of data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of the study show that the use of information technology in improving the public service of PT Pos Indonesia in the border area of Nunukan Regency, North Kalimantan, is carried out in three main steps, namely transparency, participation and efficiency. The transparency process carried out by PT Pos Indonesia in the border area of Nunukan Regency to improve public services is by making Standard Operating Procedures (SOPs), creating information about how to use the application, and highlighting three main characteristics in services, namely easy access, authentic evidence. , and the principle of honesty. The participatory process carried out by PT Pos Indonesia in the border area of Nunukan Regency to improve public services is to create a complaint service and provide responses to any input provided. The efficiency process carried out by PT Pos Indonesia in the border area of Nunukan Regency is carried out in several steps, namely by updating the application and secondly by minimizing errors in the service process. This process has been able to improve public services, because it can be proven by the number of Pospay application users up to 79 partners and Pos Remittance totaling 15 partners with details of 7 money order partners and 8 money order partners.
ANALISIS WACANA PESAN DAKWAH DALAM BUKU MUHAMMAD AL-FATIH 1453 KARYA FELIX Y. SIAUW Darmawansah Darmawansah
An-Nida : Jurnal Komunikasi Islam Vol 15, No 1 (2023)
Publisher : Fakultas Dakwah dan Komunikasi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/an-nida.v15i1.4805

Abstract

Penelitian ini berjudul Analisis Wacana Pesan Dakwah dalam Buku Muhammad Al-Fatih 1453 Karya Felix. Y. Siauw.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana wacana pesan dakwah dalam buku Muhammad Al-Fatih 1453 Karya Felix. Y. Siauw. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif kajian kepustakaan (library reseach) dengan menggunakan analisis wacana model A. Teun Van Djik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pesan dakwah yang terkandung dalam buku Muhammad Al-Fatih 1435  karya Felix J. Siauw bab Stairway to Constantinopel (tangga menuju Kontantinopel) adalah pesan aqidah yaitu: Iman kepada Allah, iman kepada Rasul Allah, iman kepada kitab-kitab Allah, iman kepada Hari Kiamat. Pesan Ibadah yaitu: shalat fadhu dan sunat, membaca al-Qur’an dan berdoa, pesan akhlak yaitu; sabar dan tawakkal. Sedangkan analisis pesan dakwah dengan model Teun Van Djik adalah elemen tematik yakni Stairway to Constantinopel (tangga menuju Kontantinopel). Sedangkan elemen skematiknya menggunakan story dimulai dari Bisyarah Nubuwwah Rasulullah yang menjadi semangat kaum Muslim, sehingga terjadi ekspidisi ke wilayah yang sikuasai oleh bangasa Romawi dan Persia dengan tujuan akhir adalah kota Konstantinopel. Untuk analisis sintaksis kata ganti penulis (komunikator) menggunakan kata ganti orang ketiga tunggal dan jamak. Segi stilistic penulis  kata atau bahasa Indonesia yang baku dengan sasaran masyarakat Indonesia seluruhnya.

Page 1 of 1 | Total Record : 7