NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial dan humaniora termasuk politik, hukum dan ekonomi; pembangungan ekonomi dan perubahan sosial termasuk di dalamnya antara lain pokok-pokok persoalan tentang gender, pemberdayaan masyarakat, kelembagaan sosial dan pemerintahan dan sistem pengetahuan lokal
Articles
16 Documents
Search results for
, issue
"Vol 6, No 3 (2019): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial"
:
16 Documents
clear
Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Tes Hasil Belajar Akhir Semester Melalui Workshop Pada Guru Wali Kelas
Rosidah Rosidah
NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 6, No 3 (2019): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (210.565 KB)
|
DOI: 10.31604/jips.v6i3.2019.473-480
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab bagaimana upaya meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun tes hasil belajar akhir semester melalui workshop di SD Negri 200117 Sadabuan Padangsidimpuan tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan melalui workshop menyusun tes dengan jumlah guru 25 orang guru yang diikutkan dalam workshop yang mengajar sebagai guru kelas IV, V, dan VI di SD Negri 200117 Sadabuan Padangsidimpuan tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini melakukan penilaian satu kali siklus. Tes sudah selesai dianalisis dan dinilai berdasarkan 2 parameter yang telah ditetapkan. Untuk mengetahui aktivitas guru dalam bekerja maka peneliti melengkapi dengan panduan observasi yang meliputi : 1) Silabus, 2) RPP, 3) Buku pengangan, 4) format kisi – kisi tes , 5) Kesiapan mental yang masing – masing diberikan skor 1–4. Melalui workshop pula dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun tes profesional, hal ini terlihat pada kegiatan siklius pertama rata rata nilai 70,67. Tes dikatakan layak apabila minimal 65% kriteria bisa terpenuhi. Dengan demikian pada siklus pertama 100% guru sudah mampu menyusun tes hasil belajar akhir semester genap. Dari hasil penelitian yang dilaksanakan melalui workshop maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa kemampuan guru kelas IV, V, dan VI di SD Negri 200117 Sadabuan Padangsidimpuan dalam menyusun tes hasil belajar akhir semester dapat meningkat. Kata kunci: Tes hasil belajar, Workshop
Upaya Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Melaksanaan Pembelajaran Berbasis Kompetensi Melalui Workshop Penyusunan RPP Di SDN 200212 Padangmatinggi
Nurhaidah Rangkuti
NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 6, No 3 (2019): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (206.469 KB)
|
DOI: 10.31604/jips.v6i3.2019.523-528
Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran melalui Workshop di SDN 200212 Padangmatinggi. Subjek penelitian ini ditujukan kepada semua guru mata pelajaran supaya memiliki kemampuan dalam menyusun Rencana Kegiatan Pembelajaran (RPP) melalui Workshop yang baik untuk pembelajaran sesuai dengan mata pelajarannya. Berdasarkan hasil wawancara dan pengamatan berjumlah 20 orang guru dari semua mata pelajaran yang dan kelas yang diampunya. Sebelum dilakukan tindakan, Indikator keberhasilan penerapan tindakan ini penulis tetapkan sebesar 75%, artinya tindakan ini dinyatakan berhasil bila 75% guru sudah dapat menyusun RPP mata pelajarannya dengan baik sesuai dengan sintak yang sudah ditentukan. Setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I dapat ditarik kesimpulan bahwa tingkat kemampuan guru SDN NO.200212 Padangmatinggi dalam menguasai indicator pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran masih relative rendah yakni 52%. Pada siklus II terdapat peningkatan yang signifikan penguasaan guru terhadap indicator pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yakni 91% guru sudah dapat melaksanakan pembelajaran berbasis kompetensi melalui workshop penyusunan RPP. Dengan kata lain workshop penyusunan RPP berhasil dengan baik dalam meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran berbasis kompetensi. Kata Kunci: Workshop, Menyusun RPP
Upaya Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Merancang Lembar Kerja Untuk Pelaksanaan Proses Pembelajaran Di SDN 200310 Pudun Julu
Misrah Misrah
NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 6, No 3 (2019): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (281.321 KB)
|
DOI: 10.31604/jips.v6i3.2019.481-491
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru merancang Lembar Kerja yang tepat dalam rangka membantu siswa mencapai kompetensi. Penelitian ini menggunakan penelitian Lewins, terdiri dari 2 siklus. Setelah dilakukan pelatihan pembuatan lembar kerjamulai terjadi peningkatan dalam hal merancang dan menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa, karena telah dipersiapkan sebelumnya,guru dapat menyampaikan materi pembelajaran dengan alur yang telah direncanakan, guru dapat menggunakan lembar kerja tersebut untuk mengatur durasi penyampaian materi pembelajaran. Hal itu dapat dibuktikan dari hasil perolehan pada siklus II guru telah dapat merancang lembar kerja dengan baik. Melihat hasil yang diperoleh maka penelitian ini dianggap berhasil dalam upaya meningkatkan kemampuan guru dalam merancang lembar kerja melalui program pengajaran setiap bidang studi serta kalender akademik pada saat tahun pelajaran berlangsung.Key word : lembar kerja, proses pembelajaran
Peningkatan Pembelajaran Keterampilan Berbicara Melalui Media Gambar Seri Di Kelas I-A SD Negeri 200311 Padangsidimpuan Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019
Sariani Sariani
NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 6, No 3 (2019): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (295.927 KB)
|
DOI: 10.31604/jips.v6i3.2019.529-535
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 200311 Padangsidimpuan dengan subjek penelitian adalah Kelas I-A yang berjumlah 28 orang siswa.Pengumpulan data dilaksanakan dengan tes, pengamatan atau lembaran observasi serta instrument-instrumen lain penunjang penelitian. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalis dengan menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua kali siklus dansetiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh, bahwa media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Untuk mengetahui peningkatan pembelajaran keterampilan berbicara melalui media gambar seri digunakan data yang berkaitan dengan aktifitas siswa dan aktifitas guru, serta pencapaian hasil belajar siswa.Hasil penelitian siklus I berdasarkan pelaksanaan RPP adalah 76,8% dan rekapitulasi penilaianbelajar siswa adalah 74%. Hasil penelitian siklus II berdasarkan pelaksanaan RPP adalah 83,9% dan rekapitulasi penilaian proses dan hasil belajar siswa adalah 83%. Dari hasil pengamatan dan rekapitulasi nilai yang diperoleh siswa, terlihat peningkatan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan penelitian dalam pembelajaran keterampilan berbicara melalui media gambar seri dapat tercapai dengan baik. Kata kunci : Keterampilan berbicara, Media Gambar Seri.
Rekrutmen Dan Kaderisasi Calon Legislatif Perempuan Pada Pemilihan Umum 2019 Oleh Partai Keadilan Sejahtera
Melna Andani;
Ridhah Taqwa;
Zulfikri Suleman
NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 6, No 3 (2019): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (223.01 KB)
|
DOI: 10.31604/jips.v6i3.2019.427-444
The purpose of this study was to analyze how the regeneration of female legislative candidates in the 2019 general electionby the Keadilan Sejahtera Party Ogan Komering Ilir Regency. By using qualitative verification, The interview was conducted from informants who were women legislative candidates and the management structure in the Keadilan Sejahtera Party of Ogan Komering Ilir Regency, The results of this study is Keadilan Sejahtera Party conducted a member recruitment process using a selection mechanism, namely (1). PKS through PKS through Rohis, mosque youth association, campus missionary organization, youth organization and community in branch management council (2) screening every beginner member in accordance with the specified conditions. (3). Determination as a member. PKS also recruits female legislative candidates with several channels, namely (1). Based on the capabilities and expertise possessed by internal and external members such as social, political and economic capital. (2) based on regeneration, members who are at the level of young members who can become candidates.
Peningkatan Kinerja Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran Kelas Melalui Supervisi Observasi Di SD Negeri 200220 Ujungpadang
Syafrida Syafrida
NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 6, No 3 (2019): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (244.518 KB)
|
DOI: 10.31604/jips.v6i3.2019.492-503
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan program supervisi observasi yang dilakukan kepala sekolah dalam upaya peningkatan kinerja guru dalam melaksanakan evaluasi hasil belajardi SD Negeri 200220 Ujungpadang. Subjek penelitian ini ditujukan kepada semua guru mata pelajaran supaya dapat meningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran sesuai dengan mata pelajarannya melalui supervisi observasi sekolah. Berdasarkan hasil wawancaradan pengamatan berjumlah 11 orang guru dari semua mata pelajaran yang dan kelas yang diampunya. Siklus I, Indikator keberhasilan penerapan tindakan ini penulis tetapkan sebesar 74,1 (Baik) di mana 4 guru masih mendapat nilai cukup dan 7 orang guru mendapat nilai baik sehingga belum ada yang mendapat nilai sangat baik. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pada siklus pertama secara keseluruhan belum tuntas, karena guru masih ada yang mendapatkan nilai cukup. Dari hasil rekapitulasi perolehan data bahwa dengan pelaksanaan pendampingan pada siklus II terdapat peningkatan yang signifikan yakni dengan nilai 86 (amat baik) dan peningkatan kinerja guru atau dari 11 orang guru baru 6 orang yang sudah mendapat nilai amat baik dan 5 orang mendaat nilai baik, sehingga tidak ada lagi yang mendapat nilai cukup. Dengan kata lain supervisor kepala sekolah berhasil dengan baikKata Kunci: Kinerja Guru, Supervisi Observasi.
Diskriminasi Terhadap Penyandang Disabilitas Pengguna Jasa Angkutan Udara. (Studi Putusan Mahkamah Agung Nomor 439 PK/Pdt/2017)
Yesi Yuliana
NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 6, No 3 (2019): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (409.159 KB)
|
DOI: 10.31604/jips.v6i3.2019.536-547
The purpose of this paper is to find out how the fulfillment of accessibility provided by the Government to persons with disabilities, given the acts of discrimination that occurred in Ridwan Sumantri as decided in the Supreme Court ruling Number 439 PK / Pdt / 2017, this case is an example that the government is still unable provide justice to persons with disabilities in using air transport, while injustice in this case can be seen from special facilities not provided by air transport operators as determined by applicable laws and regulations, the type of research used in this study is the type of legal research normative, which is a process to find a rule of law, legal principles, and legal doctrines to address the legal issues being faced. The conclusion of this research is that in writing all persons with disabilities have been determined that each organizer of air transport is obliged to provide all facilities and special personnel to assist persons with disabilities and is given protection to guarantee equal rights, but in practice all of these rules are not yet fully provided by the organizer public transportation.
Eksistensi Ahmadiyah di Kota Padang Pasca Peraturan Gubernur Tahun 2011
Resti Febi Ramadani;
Herwandi Herwandi;
Lindayanti Lindayanti
NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 6, No 3 (2019): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (15.201 KB)
|
DOI: 10.31604/jips.v6i3.2019.445-456
This study seeks to find out how the existence of an organization, that is prohibited by the Indonesian government itself. This research uses historical research methods, including, heurustics, this activity collects the source of the object concerned such as books, archives, and megazine. Then source criticism, wich is sorting out the sources that have been collected, then interpretations, and historiography. Drawing conclusions using a descriptive-analytical approach. This study found that Ahmadiyya in West Sumatera, which in 2005 and 2011 the government had banned this organization, through governors regulations and as well as getting resistance from the community, howefer it seems that the Ahmadiyya still exists until now, even having a good relationship with the non-Ahmadiyya community.Keywords: Existence, Ahmadiyya, Padang
Penerapan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Upaya Peningkatan Kinerja Guru dalam Melaksanakan Evaluasi Hasil Belajar di SD Negeri 200217 Padangsidimpuan
Syamsul Syamsul
NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 6, No 3 (2019): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (193.04 KB)
|
DOI: 10.31604/jips.v6i3.2019.513-522
Melalui kegiatan supervisi kepala sekolah ini dapat memberikan bimbingan, motivasi dan bantuan teknis kepada guru yang mengalami kesulitan dalam kegiatan pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kinerja guru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan supervisi yang meliputi program, pelaksanaan, evaluasi, faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi guru SD Negeri 200212 Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan sekolah, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, subjek penelitian 11 orang guru dari semua mata pelajaran dan kelas yang diampunya. Setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I dapat ditarik kesimpulan bahwa tingkat kemampuan guru SD Negeri 200217 Padangsidimpuan yang Indikator keberhasilan penerapan tindakan yang ditetapkan oleh penulis sebesar 74,1 (Baik) di mana 4 guru masih mendapat nilai cukup dan 7 orang guru mendapat nilai baik sehingga belum ada yang mendapat nilai sangat baik. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pada siklus pertama secara keseluruhan belum tuntas, karena guru masih ada yang mendapatkan nilai cukup. Hal ini disebabkan karena guru masih merasa baru dan belum mengerti apa yang dimaksudkan dan digunakan guru dengan menerapkan pembinaan melalui supervisi akademik. Pelaksanaan kegiatan pembinaan pada siklus I ini masih terdapat kekurangan, sehingga dari hasil refleksi pada siklus pertama, peneliti merencanakan untuk melakukan langkah penyempurnaan pada siklus II. Dari hasil rekapitulasi perolehan data bahwa dengan pelaksanaan pendampingan pada siklus II terdapat peningkatan yang signifikan yakni dengan nilai 86 (amat baik) dan peningkatan kinerja guru atau dari 7 orang guru baru 6 orang yang sudah mendapat nilai amat baik dan 5 orang mendapat nilai baik, sehingga tidak ada lagi yang mendapat nilai cukup. Dengan kata lain supervisor kepala sekolah berhasil dengan baik. Dari data diatas dapat di simpulkan bahwa terdapat hasil yang sangat maksimal yakni peningkatan kinerja guru melalui supervisi akademik kepala sekolah sudah mencapai nilai 86 dari 7 guru sudah dapat mencapai tingkat pemahaman. Dari hasil observasi pada siklus pertama dan siklus kedua dapat dilihat ada peningkatan kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran yang baik yaitu dari nilai 74,1 (baik) ke 86 (amat baik). Setelah dilakukan tindakan pada siklus II terdapat kondisi yang berubah secara signifikan dari siklus I dimana bahwa tingkat kinerja guru untuk melaksanakan pembelajaran meningkat secara signifikan. Peranan Kepala sekolah dapat meningkatkan pengetahuan serta kinerja guru di SD Negeri 200217 pada semester ganjil T.P 2019/2020. Kata Kunci : Supervisi akademik kepala sekolah, Peningkatan kinerja guru
Koperasi Solok Radjo: Perubahan Kehidupan Petani dan Perdagangan Kopi Arabika di Kabupaten Solok
Mela Prima Irna;
Lindayanti Lindayanti;
Nopriyasman Nopriyasman
NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 6, No 3 (2019): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (1033.456 KB)
|
DOI: 10.31604/jips.v6i3.2019.457-472
Penelitian ini mengungkapkan tentang kesulitan yang dihadapi petani kopi dikarenakan harga kopi yang rendah disebabkan karena panjangnya rantai perdagangan kopi sehingga melatarbelakangi terbentuknya sebuah koperasi dengan nama Koperasi Solok Radjo. Kemudian digambarkan peran koperasi dalam mengubah kehidupan petani kopi arabika dan perdagangan kopi arabika di Kabupaten Solok. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kualitatif dengan menggunakan metode sejarah yang dibagi dalam empat tahap yaitu heuristik, kritik sumber, interpretasi dan penulisan sehingga berbentuk tulisan sejarah yang bersifat ilmiah deskriptif analitis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Koperasi Solok Radjo mampu memutus mata rantai yang panjang dari jaringan perdagangan konvensional dan menciptakan perdagangan satu pintu sehingga petani dapat diuntungkan dari segi harga. Selain menciptakan harga yang menguntungkan bagi petani, koperasi juga mengedukasi petani tentang budidaya kopi yang baik sehingga kualitas kopi yang dihasilkan juga baik dan kuantitas biji kopi yang dipanen juga meningkat. Selain itu, antusiasme petani untuk berkebun kopi juga meningkat. Kata kunci: Koperasi, Petani, Perdagangan dan Perubahan