cover
Contact Name
commed
Contact Email
commed.ilkomupb@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
cindoswari@gmail.com
Editorial Address
-
Location
,
INDONESIA
COMMED: Jurnal Komunikasi dan Media
ISSN : 25278673     EISSN : 26156725     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Jurnal komunikasi dan media diterbitkan dua kali setahun oleh Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Putera Batam. Jurnal ini merupakan sarana publikasi karya ilmiah bagi kaum akademisi dan praktisi. Jurnal ini menerbitkan artikel dari hasil penelitian baik penelitian lapangan (laporan penelitian) maupun penelitian pustaka (kajian pustaka), artikel kajian konseptual, rensensi buku ilmiah terkait dengan permasalahan dan isu-isu aktual ilmu komunikasi.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 2 (2020): COMMED : Jurnal Komunikasi dan Media" : 8 Documents clear
PLATFORM DIGITAL SIARAN SUARA BERBASIS ON DEMAND: STUDI DESKRIPTIF PODCAST DI INDONESIA meisyanti meisyanti; Woro Harkandi Kencana
Commed : Jurnal Komunikasi dan Media Vol. 4 No. 2 (2020): COMMED : Jurnal Komunikasi dan Media
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Putera Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (382.093 KB) | DOI: 10.33884/commed.v4i2.1547

Abstract

Perkembangan teknologi dan internet mengakibatkan semakin mudahnya masyarakat untuk mengakses media yang sesuai dengan kebutuhan dan kemauan mereka. Hal ini juga memengaruhi dalam memproduksi konten siaran suara, salah satu bentuk siaran suara adalah podcast. Saat ini podcast mengalami perkembangan pesat. Di Indonesia sendiri, podcast banyak diproduksi oleh para kreator secara individu bahkan media massa di Indonesia juga turut membuat podcast. Karakteristik yang dimiliki podcast sama seperti yang dimiliki oleh radio, bedanya adalah podcast berbasis on demand atau sesuai dengan kebutuhan pendengarnya. Sehingga tidak heran kalau banyak kategori-kategori podcast yang disesuaikan dengan kebutuhan pendengarnya. Podcast yang bisa didengar menggunakan layanan streaming juga mengakibatkan munculnya beberapa aplikasi streaming seperti PodMe dan Noice selain Spotify yang memang sudah menjadi aplikasi streaming auditori populer. Ke depan tidak menutup kemungkinan podcast akan semakin berkembang pesat di Indonesia dan dapat melengkapi siaran radio sekaligus menjadi alternatif dari konten yang berbentuk video. Konten podcast juga bisa dipastikan akan berkembang dengan adanya kreativitas dari para kreator podcast yang disesuaikan dengan karakteristik podcast yaitu berbasis on demand atau sesuai dengan kebutuhan atau kemauan pendengar
MENGENDUS PATOLOGI MEDIA SOSIAL DARI PERSPEKTIF FILSAFAT POSTMODERNISME Fabianus Fensi
Commed : Jurnal Komunikasi dan Media Vol. 4 No. 2 (2020): COMMED : Jurnal Komunikasi dan Media
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Putera Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (575.817 KB) | DOI: 10.33884/commed.v4i2.1657

Abstract

Media sosial dalam seluruh sejarah kelahirannya tidak dapat dipisahkan dari sejarah modernitas itu sendiri. Dia tidak lagi hanya sebuah fenomena gaya hidup tetapi juga pernyataan diri pengguna sebagai subjek yang otonom. Keberadaan media sosial, di satu sisi menyapa dunia dengan segala keramahannya, tetapi di sisi lain, ia menjadi alat teror sosial bagi masyarakat. Ini disebut patologi. Media sosial mengadopsi cara kerja modernitas untuk menggambarkan keberadaannya. Dengan menggunakan pendekatan postmodern, penelitian ini berupaya mengungkap patologi media sosial. Pendekatan postmodern digunakan untuk memberikan peluang bagi pengoperasian nilai-nilai etis tradisional dalam bentuk, misalnya, melindungi privasi setiap orang, memastikan keakuratan informasi, melindungi hak asasi setiap orang, memastikan semua orang untuk mengakses berbagai sumber daya yang tersedia, dan kebebasan berekspresi. harus selalu mempertimbangkan kemajemukan sosial dengan berbagai narasi kecil yang menyertainya. Media sosial sebagai penanda modernitas tidak selalu berlawanan dengan berbagai pertimbangan etis, tetapi selalu bergerak bersama untuk membangun peradaban yang konstruktif. Postmodernisme, tidak hanya menawarkan pendekatan progesi, tetapi juga cara bekejra regresi, yaitu kembali ke etika tradisional apa adanya.
POLA KOMUNIKASI RITUAL ORANG TUA-ANAK DALAM PEWARISAN PENGETAHUAN DAN AFEKSI TERKAIT PEKERJAAN DI SEKTOR PERTANIAN PADI Yogaprasta Adi Nugraha
Commed : Jurnal Komunikasi dan Media Vol. 4 No. 2 (2020): COMMED : Jurnal Komunikasi dan Media
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Putera Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (614.764 KB) | DOI: 10.33884/commed.v4i2.1591

Abstract

Agriculture is one of potential sector that contribute positevely to national income. But Paradoxicaly, the importance of agricutural sector is not followed by their workers regeneration. Rural youth is prefer to go from agricultural work due to several justification such as land conversion, less-benefit, unprestige work, and negative construction by the social system. The objectives of this research are: (1) Identifying the ritual practice in agriculture sector, (2) Identifying the rural-youth involvement in helping their parents in agricultural work, (3) Analyzing corelation between rural youth involvement and rural youth cognitive and affective towards agriculture work. Mixed Method Concurrent was used as research method, taken place in Ciasmara Village from March 2019 to August 2019, 129 youth were taken as research sample. This research found that ritual of Sedekah Bumi still exist in Ciasmara Village, rural – youth still involve in helping their parents in agriculture sector, mostly in harvesting period. Rural youth involvement in agriculture sector correlated to rural – youth cognitive and affentive.
EFEKTIVITAS IKLAN BALIHO GRACE NATALIE DALAM MENINGKATKAN CITRA DIRI SEBAGAI KETUA UMUM PARTAI SOLIDARITAS INDONESIA TAHUN 2019 Ayu Priana
Commed : Jurnal Komunikasi dan Media Vol. 4 No. 2 (2020): COMMED : Jurnal Komunikasi dan Media
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Putera Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (367.862 KB) | DOI: 10.33884/commed.v4i2.1652

Abstract

ABSTRCT Billboards are one of the media for advertising political campaigns. This study aims to determine the effectiveness of Grace Natalie's billboard advertisement in enhancing her self-image as Chairperson of the Indonesian Solidarity Party (PSI). This type of research is a descriptive study through a quantitative approach. The population of this study is students of the Communication Studies program at the 2018 Jakarta State University with 38 people with 35 respondents. Data collection techniques in this study were carried out by distributing questionnaires to 35 respondents. This study has one research variable, namely advertising effectiveness. The results of this study stated that the submission of Grace Natalie's advertisements using billboards advertising media in order to improve self-image as Chair of the Indonesian Solidarity Party (PSI) was effective. Keywords: effectiveness of advertisements, political campaign advertisements, self-image Abstrak Baliho merupakan salah satu media untuk pemasangan iklan kampanye politik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari iklan baliho Grace Natalie dalam meningkatkan citra diri sebagai Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif melalui pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini merupakan mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Jakarta angkatan 2018 dengan jumlah 38 orang dengan jumlah responden sebanyak 35 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada 35 responden. Penelitian ini memiliki satu variabel penelitian, yaitu efektivitas iklan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa penyampaian iklan Grace Natalie menggunakan media iklan baliho dalam tujuan untuk meningkatkan citra diri sebagai Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sudah efektif. Kata kunci: efektivitas iklan, iklan kampanye politik, citra diri
Full Issue 4.2 Jurnal Commed
Commed : Jurnal Komunikasi dan Media Vol. 4 No. 2 (2020): COMMED : Jurnal Komunikasi dan Media
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Putera Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (4332.051 KB) | DOI: 10.33884/commed.v4i2.1839

Abstract

COMMED : Jurnal komunikasi dan media diterbitkan dua kali setahun oleh Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Putera Batam. Jurnal ini merupakan sarana publikasi karya ilmiah bagi kaum akademisi dan praktisi. Jurnal ini menerbitkan artikel dari hasil penelitian baik penelitian lapangan (laporan penelitian) maupun penelitian pustaka (kajian pustaka), artikel kajian konseptual, rensensi buku ilmiah terkait dengan permasalahan dan isu-isu aktual ilmu komunikasi.
MAKNA CINTA DALAM LIRIK LAGU AUT BOI NIAN SOUNDTRACK FILM TOBA DREAMS (Analisis Semiotika Ferdinan De Saussure): (Analisis Semiotika Ferdinan De Saussure) Ilona Vicenovie Oisina Situmeang
Commed : Jurnal Komunikasi dan Media Vol. 4 No. 2 (2020): COMMED : Jurnal Komunikasi dan Media
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Putera Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (341.019 KB) | DOI: 10.33884/commed.v4i2.1474

Abstract

ABSTRAK Biasanya lirik lagu memiliki makna tersendiri yang menjadi ciri khas dari lagu tersebut. Lirik lagu ada yang bertemakan cinta, keluarga, mengungkapkan rasa senang maupun rasa sedih dari penciptanya. Sama halnya denga lirik lagu dari Aut Boi Nian yang digunakan dalam sountrack film Toba Dreams yang menceritakan tentang cinta yang ditentang oleh keluarga dikarenakan alasan faktor ekonomi. Penelitian ini menggunakan analisis semiotika Ferdinan De Saussure tentang lirik yang ada dalam lagu tersebut. Menggunakan paradigma konstruktivisme dengan pendekatan penelitian kualitatif dan sifat penelitian deskriptif. Hasil dalam penelitian ini memberikan makna pada lirik terkait tentang Signifier (penanda) dan signified (petanda), Form (bentuk) dan content (isi), Langue (bahasa) dan parole (tuturan/ujaran), Synchronic (sinkronik) dan diachronic (diakronik), Syntagmatic (sintagmatik) dan associative (paradigmatik). Keyword: Makna Cinta, Lirik Lagu, Aut Boi Nian, Semiotika, Semiotika Ferdinan De Saussure. ABSTRACT Generally the song lyrics have their own meaning that is characteristic of the song. Song lyrics there are themed love, family, expressing the feeling of pleasure and sadness of the creator. Likewise, the song lyrics from Aut Boi Nian used in the Toba Dreams movie soundtrack tell about love that is opposed by families due to economic reasons. This study uses Ferdinan De Saussure's semiotic analysis of the lyrics contained in the song. Using the constructivist paradigm with a qualitative research approach and the nature of descriptive research. The results in this study give meaning to the lyrics related to Signifier and signified, Form and content, Langue (language) and parole (speech / utterance), Synchronic (synchronous) and diachronic (diachronic) ), Syntagmatic (syntagmatic) and associative (paradigmatic). Keyword: Meaning of Love, Song Lyrics, Aut Boi Nian, Semiotics, Semiotics of Ferdinan De Saussure.
MEDIA BARU DALAM PELAYANAN PUBLIK: (Sosial Media dalam Pelayanan Publik oleh OMBUDSMAN RI Bengkulu) FITRIA YULIANI; rekho adriadi; linda safitra
Commed : Jurnal Komunikasi dan Media Vol. 4 No. 2 (2020): COMMED : Jurnal Komunikasi dan Media
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Putera Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (525.319 KB) | DOI: 10.33884/commed.v4i2.1467

Abstract

Along with level of social media fame that higer than before, we cannot deny that now there is an expansion of social media "functions", where the social media is not only used as a medium of self-existence, but also the existence of groups, institutions and state institutions. Used not only for individual interests, but also for economic, social, political, and cultural interests. One of the social media functions “now” is the function of public services, where the social media is used as a medium of public service by institutions and state institutions like Ombudsman RI Bengkulu. Digital-based services through the internet network are carried out by Ombudsman RI Bengkulu as a way to reach the community. Such as through Facebook, Twitter, Youtube and Instagram. Digital-based services via the internet by the Ombudsman RI Bengkulu can be said a manifestation of the Ombudsman service innovation to the public. Therefore it is interesting to see about how far the social media is used by the Indonesian Ombudsman Bengkulu for public service purposes. This study is a qualitative study that seeks to analyze and describe the use of Instagram in public services by the Ombudsman RI Bengkulu. The results showed that social media, by the Ombudsman RI Bengkulu, was used as a medium for socializing and raising complaints in the process of public service. Besides being used as a media for public services, there are positive and negative impacts arising from the use of social media in the public service process by the Ombudsman RI Bengkulu. However, the use of social media is considered effective and is considered to be able to facilitate the process of public service, besides that it is also a manifestation of the diffusion of innovation in the public service process by the Indonesian Ombudsman Bengkulu. Keywords: Utilization, Social Media, public services, RI Ombudsman Bengkulu, Innovation
YOUTUBE SEBAGAI MEDIA INFORMASI KECANTIKAN GENERASI MILLENIAL Zikri Fachrul Nurhadi
Commed : Jurnal Komunikasi dan Media Vol. 4 No. 2 (2020): COMMED : Jurnal Komunikasi dan Media
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Putera Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (620.518 KB) | DOI: 10.33884/commed.v4i2.1585

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh maraknya para remaja yang semakin megandalkan internet, salah satunya adalah media social yang kali ini banyak diakses oleh perempuan generasi millennial yaitu Youtube. Masing-masing channel Youtube beauty vlogger menginformasikan bagaimana tutorial make-up untuk sehari-hari atau untuk acara tertentu dan juga bagaimana cara merawat kulit wajah. Youtube dijadikan sumber informasi karena tampilan Youtube yang berupa audio visual yang memudahkan para individu yang mengaksesnya mudah menirukannya. Tujuan skripsi ini untuk menemukan temuan-temuan baru mengenai (1) Motif (2) Pengalaman dan (3)Makna Perempuan Generasi Millennial yang menjadikan Youtube sebagai Media Informasi Kecantikan. Penelitian ini menggunakan teori Fenomenologi menurut Alfred Schutz dan Edmund Husserl. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipan. Peneliti menetapkan enam objek penelitian untuk dijadikan sumber data dari sejumlah wawancara yang dilakukan secara purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (a) Motif Untuk perempuan generasi Millenial menggunakan Youtube yaitu untuk mencari tutorial make-up untuk menunjang penampilan, (b) Motif Karena yaitu karena informasi yang didapatkan di Youtube lebih akurat. Hasil dari temuan (c) pengalaman, yaitu para remaja perempuan dapat membuka lapangan pekerjaan nya sendiri dengan menjadi MUA. Selain itu, peneliti mendapatkan hasil temuan (d) Makna yang dimana youtube sangat membantu para perempuan utnuk menemukan make-up dan skincare yang cocok untuk mereka.

Page 1 of 1 | Total Record : 8