cover
Contact Name
I Gede Arjana
Contact Email
igede.arjana@undiksha.ac.id
Phone
+6287701436225
Journal Mail Official
jurnalpendidikanfisikaundiksha@gmail.com
Editorial Address
Jl. Udayana Kampus Tengah Singaraja, Bali, Indonesia 81116
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha
ISSN : 25992554     EISSN : 25992562     DOI : 10.23887
As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching of physic education in Ganesha University of Education(GUE). The journal welcomes original empirical investigation. The papers may represent a variety of theoretical perspectives and different methodological approaches. They may refer to any age level, from infants to adults and to a diversity of learning and instructional settings, from laboratory experiments to field studies. The major criteria in review and the selection process concerns the significance of the contribution to the area of learning and instruction. Instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational, technology, and educational development at physic Education
Articles 45 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2015)" : 45 Documents clear
PENERAPAN PKP BERBANTUAN SIMULASI KOMPUTER DALAM PEMBELAJARAN FISIKA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PENGUASAAN SISWA SMUN I SINGARAJA TERHADAP KONSEP FISIKA Iwan Suswandi
Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha Vol. 2 No. 1 (2015)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpf.v2i1.236

Abstract

  Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar fisika, penguasaan konsep, keterampilan proses, dan hasil belajar siswa dengan menerapkan PKP berbantuan simulasi komputer dalam pembelajaran fisika. Penelitian tindakan ini dilakukan pada tahun ajaran 2003/2004 di SMUN I Singaraja dengan melibatkan 41 orang siswa di kelas I-5, dan 40 orang di kelas II-4. Data penelitian dikumpulkan dengan tes penguasaan konsep, tes hasil belajar, angket minat belajar fisika, pedoman observasi, dan angket respons siswa. Selanjutnya data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, rerata penurunan proporsi jumlah siswa yang mengalami miskonsepsi di kelas I-5 mencapai 48,5%; rerata minat belajar siswa mencapai 78,1; rerata hasil belajar 6,48; tingkat keterampilan proses siswa 6,7. Sementara itu, penurunan jumlah siswa yang mengalami miskonsepsi di kelas II-4 sebesar 46,0%; rerata minat belajar siswa mencapai 80,3; rerata hasil belajar 66,9; tingkat keterampilan proses 7,2. Pada siklus II, diperoleh penurunan jumlah siswa yang mengalami miskonsepsi di kelas I-5 sebesar 64,1%; rerata minat belajar siswa mencapai 79,8; rerata hasil belajar 7,28; tingkat keterampilan proses siswa 7,1. Di lain pihak, penurunan jumlah siswa yang mengalami miskonsepsi di kelas II-4 sebesar 66,8%; rerata minat belajar siswa mencapai 82,1; rerata hasil belajar 78,4; tingkat keterampilan proses 7,9. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa memiliki respons positif terhadap pembelajaran.   Kata-kata kunci: PKP berbantuan simulasi komputer, miskonsepsi, minat, hasil belajar, keterampilan proses, respons.  
MISKONSEPSI SISWA DAN STRATEGI PEMBELAJARAN YANG MAMPU MENGATASI MISKONSEPSI DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA Ni Putu Vera Febri Arfiyanti .; Prof. Dr. I Wayan Santyasa,M.Si .; Luh Putu Budi Yasmini, S.Pd., M.Sc. .
Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha Vol. 2 No. 1 (2015)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpf.v2i1.5097

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) mendeskripsikan profil miskonsepsi siswa, 2) mendeskripsikan faktor penyebab miskonsepsi siswa, 3) menganalisis strategi pembelajaran yang dapat diterapkan untuk menanggulangi miskonsepsi siswa, 4) mendeskripsikan tipe miskonsepsi siswa, 5) mendeskripsikan perubahan miskonsepsi siswa setelah diberikan penanggulangan, dan 6) mendeskripsikan retensi miskonsepsi siswa. Desain penelitian ini adalah pra eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Gianyar Tahun Pelajaran 2014/2015. Sampel diambil dengan purposive sampling. Data profil miskonsepsi siswa dikumpulkan dengan tes diagnostik materi suhu dan kalor, penyebab miskonsepsi dilakukan dengan melakukan observasi dan wawancara, dan miskonsepsi siswa sebelum perlakuan, sesudah perlakuan dan retensi dikumpulkan dengan tes diagnostik materi alat optik. Hasil penelitian menunjukkan 1) profil miskonsepsi siswa materi suhu dan kalor bervariasi, rata-rata jumlah siswa yang mengalami miskonsepsi sebesar 66,29%. 2) Sumber miskosepsi siswa adalah siswa, guru dan strategi pembelajaran guru. Siswa cenderung memandang fenomena fisis dengan akal sehat. Penjelasan guru yang miskonsepsi. Metode mengajar yang digunakan guru cenderung ceramah. 3) Strategi pembelajaran yang digunakan untuk menanggulangi miskonsepsi adalah strategi pembelajaran perubahan konseptual. 4) Tipe-tipe miskonsepsi siswa pada materi alat optik cukup bervariasi. 5) Terjadi penurunan miskonsepsi sebesar 61 % (pretest sebesar 73,29 % dan postest 12,29 %). 6) Terdapat miskonsepsi siswa bersifat resisten pada semua konsep yang diujikan kecuali pada konsep hubungan perbesaran dengan fokus pada lup dan sifat bayangan yang dihasilkan oleh mikroskop.Kata Kunci : miskonsepsi, penyebab, strategi pembelajaran, retensi This study aimed at 1) describing the profile students’ misconceptions, 2) describing the factors causing students’ misconceptions, 3) analyzing learning strategies used to overcome students’ misconceptions, 4) describing the type of students’ misconceptions, 5) describing the change of misconceptions students after treatment, 6) describing the retention students’ misconceptions. Desain of this study was a pre experiment research. The population was all Mathematics Science students of class X SMA Negeri 1 Gianyar in Academic Year 2014/2015. Samples were choosen by purposive sampling. Data of profile students’ misconceptions were collected with temperatures and heat diagnostic test materials, causes of misconceptions by observation and interviews, students’ misconceptions before and after treatment and retention by diagnostic tests of optical devices. The result of this study shows that 1) the profile of students’ misconceptions on temperature and heat content varies, where the average of students who undergo misconception is 66.29%. 2) The causes of students’ misconception are from students thereselves, the teacher, and teacher’s teaching learning strategy. Students tend to view physical phenomena with common sense, the teacher's misconceptions still exist, and the teacher’s learning strategy is commonly discourse. 3) Learning strategies used to decrease students’ misconceptions is conceptual change strategy. 4) Types of students’ misconceptions on material of optical devices varies. 5) The decrease of misconception are 61% (73.29% at pretest and 12.29% at posttest). 6) The students’ misconception are resistant to all tested concepts except at the concept of magnification and focus relationship on loop and the nature of image produced by microscope.keyword : misconceptions, causes, learning strategies, retention
HUBUNGAN ANTARA SIKAP, KECERDASAN EMOSIONAL, DAN KONSEP DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X Kadek Novianingsih .; Drs. I Nyoman Putu Suwindra, M.Kom. .; Drs. I Nyoman Subratha,M.Pd .
Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha Vol. 2 No. 1 (2015)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpf.v2i1.5119

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan hubungan sikap dengan prestasi belajar, 2) mendeskripsikan hubungan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar, 3) mendeskripsikan hubungan antara konsep diri dengan prestasi belajar, 4) mendeskripsikan hubungansikap dan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar, 5) mendeskripsikan hubungan sikap dan konsep diri dengan prestasi belajar, 6) mendeskripsikan hubungan kecerdasan emosional dan konsep diri dengan prestasi belajar, dan 7) mendeskripsikan hubugan antara sikap, kecerdasan emosional, dan konsep diri dengan prestasi belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi ex-post facto. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas X SMA Laboratorium UNDIKSHA Singaraja adalah 165 siswa. Sampel diambil dengan teknik proporsional random sampling. Jumlah sampel penelitian adalah 116 siswa. Hasil penelitian menunjukan 1) terdapat hubungan antara sikap dengan prestasi belajar (F=10,927, p
STUDI ANALISIS PERSEPSI, MOTIVASI, DAN KOMPETENSI GURU DALAM KAITANNYA DENGAN PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU FISIKA Ni Luh Made Aristya Pradnyani .; Prof. Dr.I Wayan Suastra,M.Pd .; Drs. I Nyoman Putu Suwindra, M.Kom. .
Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha Vol. 2 No. 1 (2015)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpf.v2i1.5125

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru, motivasi guru, dan kompetensi guru dalam kaitannya dengan pengembangan profesionalisme guru fisika di SMA Negeri 1 Seririt. Jenis penelitian adalah kualitatif. Responden penelitian ini terdiri dari 3 orang guru fisika di SMA Negeri 1 Seririt. Data pada penelitian ini berupa hasil wawancara, kuesioner, observasi, dokumentasi dan catatan lapangan mengenai persepsi, motivasi dan kompetensi guru fisika dalam mengembangkan profesionalisme guru fisika. Instrumen dalam penelian ini adalah peneliti, dibantu dengan intrumen wawancara dan kuesioner untuk mengetahui persepsi, motivasi dan kompetensi guru dalam mengembangkan profesionalisme guru. Hasil penelitian sebagai berikut. 1) Guru memiliki persepsi yang baik terkait profesionalisme guru serta memiliki upaya untuk meningkatkan profesionalisme guru, 2) Motivasi guru fisika untuk mengembangkan profesionalisme guru ditunjukkan dengan aktif mengikuti seminar tentang peningkatan dan pembaharuan pendidikan untuk meningkatkan kinerja guru, bertanggung jawab atas tugas, melaksanakan tugas dengan cepat dan tepat waktu, berusaha untuk mengungguli orang lain dengan prestasi yang dimiliki, serta membuat suatu penelitian pendidikan, 3) Guru fisika di SMA Negeri 1 Seririt menguasai empat kompetensi guru yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional dan kompetensi sosial, 4) Guru fisika di SMA Negeri 1 Seririt diakui telah profesional karena telah memiliki sertifikat pendidik, 5) Upaya untuk mengembangkan profesionalisme guru yakni dengan memenuhi kualifikasi, kompetensi dan sertifikasi guru.Kata Kunci : persepsi, motivasi, kompetensi, profesionalisme guru This study aimed at describing the perception, motivation and competence of the teachers in relation with the development of physic teachers’ professionalism at SMAN 1 Seririt. The type of this research was a qualitative research. The respondents of the research consisted of three physic teachers at SMA Negeri 1 Seririt. Data of this study were the result of the interviews, questionnaires, observation, documentation and field notes about the perception, motivation and competence of the physic teachers in developing their professionalism. The instruments used in this study were interviews and questionnaires to know the perception, motivation and competence of the teachers in developing their professionalism. The results of the study are 1) the teacher have good perception in relation with the teachers’ professionalisms and they also have efforts to improve their professionalisms as the teachers, 2) the physics teachers’ motivation in developing their professionalism were shown by actively participating in a seminar about the improvement and renewal of education to improve the teachers’ performances, responsibility of the task, performed their task rapidly and timely, tried to outperform others with achievements, and made an educational research, 3) the physics teachers at SMA Negeri 1 Seririt master four teacher competencies, namely pedagogic competence, personal competence, professional competence and social competence, 4) the physics teachers at SMA Negeri 1 Seririt are acknowledged to be the professional teachers because they have had teaching certificates, 5) the efforts to develop the teachers’ professionalism can be achieved through the fulfillment of the qualifications, competence and teacher certification.keyword : perception, motivation, competence, teachers’ professionalism
HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK, KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR IPA DI SMP NEGERI 4 TEJAKULA Ngurah Sadhu Gunawan .; Dr. A.A.Istri Agung Rai Sudiatmika,M.P .; Dewi Oktofa Rachmawati,S.Si,M.Si .
Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha Vol. 2 No. 1 (2015)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpf.v2i1.5269

Abstract

Penelitian korelasi ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan hubungan antara persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dengan prestasi belajar IPA di SMP Negeri 4 Tejakula; (2) mendeskripsikan hubungan antara persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru dengan prestasi belajar IPA di SMP Negeri 4 Tejakula; dan (3) mendeskripsikan hubungan antara persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik, kompetensi profesional guru dengan prestasi belajar IPA di SMP Negeri 4 Tejakula. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Tejakula yang berjumlah 170 orang dari 285 orang dengan menggunakan teknik proporsional random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket dan tes. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif, analisis korelasi product moment dan analisis korelasi ganda. Hasil dari penelitian ini adalah (1) terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dengan prestasi belajar IPA di SMP Negeri 4 Tejakula dengan koefisien korelasi sebesar 0,408 yang menunjukkan hubungan yang cukup kuat; (2) terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru dengan prestasi belajar IPA di SMP Negeri 4 Tejakula dengan koefisien korelasi sebesar 0,404 yang menunjukkan hubungan yang cukup kuat; (3) terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik, kompetensi profesional guru dengan prestasi belajar IPA di SMP Negeri 4 Tejakula dengan koefisien korelasi sebesar 0,475 yang menunjukkan hubungan yang cukup kuat.Kata Kunci : persepsi siswa, kompetensi pedagogik guru, kompetensi profesional guru, prestasi belajar IPA This correlation study aimed at (1) describing the relation between the student’s perception about teacher’s pedagogic competency and the student’s Science achievement in SMP Negeri 4 Tejakula; (2) describing the relation between student’s perception about teacher’s professional competency and student’s Science achievement in SMP Negeri 4 Tejakula; (2) describing the relation between student’s perception about teacher’s professional competency and student’s Science achievement in SMP Negeri 4 Tejakula; (3) describing the relation between student’s perception about teacher’s pedagogic and professional competency and student’s Science achievement in SMP Negeri 4 Tejakula. Sample at this study which was proportional random sampling technique was 170 at 285 student’s of grade VIII at SMP Negeri 4 Tejakula. Data were collection by using questionnaire and test methods. Data were analyzed by using descriptive analysis, correlation product moment analysis, and multiple correlation analysis. The result of this study shows that (1) there is a significant relation between student’s perception about teacher’s pedagogic competency and student’s Science achievement in SMP Negeri 4 Tejakula, with its correlation coefficient is 0,408; (2) there is a significant relation between student’s perception about teacher’s professional competency and student’s Science achievement in SMP Negeri 4 Tejakula, with its correlation coefficient is 0,404; (3) there is a significant relation between student’s perception about teacher’s pedagogic and professional competency and student’s Science achievement in SMP Negeri 4 Tejakula, with its correlation coefficient is 0,475. All of them indicated to be a fair in correlation.keyword : student’s perception, teacher’s pedagogic competence, teacher’s professional competency, Science learning achievement
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN STRATEGI THINK-TALK-WRITE (TTW) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA Ni Putu Desi Arya Anjani .; Drs. Erwan Sutarno,M.Pd .; Luh Putu Budi Yasmini, S.Pd., M.Sc. .
Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha Vol. 2 No. 1 (2015)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpf.v2i1.5419

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan interaksi sosial siswa dan hasil belajar IPA siswa, serta mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap implementasi model pembelajaran kooperatif dengan strategi Think-Talk-Write (TTW). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIB SMP Negeri 3 Mengwi yang berjumlah 32 orang. Data dikumpulkan melalui nilai LKS pada setiap pertemuan, tes hasil belajar berupa tes pilihan ganda, lembar oservasi kinerja ilmiah, angket interaksi sosial, dan angket tanggapan. Data dianalisis secara deskriptif. Ketuntasan klasikal yang ditentukan di SMP Negeri 3 Mengwi adalah 76% untuk penguasaan konsep, 75% untuk kinerja ilmiah serta kriteria keberhasilan interaksi sosial siswa yang telah ditentukan adalah ≥ 68 atau dengan kriteria minimal tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terjadi peningkatan nilai rata-rata interaksi sosial siswa kelas VIIB yaitu 76,44 pada siklus I dan 82,73 pada siklus II, 2) terjadi peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas VIIB dengan ketuntasan klasikal penguasaan konsep siswa yang dicapai adalah 78,13% pada siklus I dan 100% pada siklus II, sementara ketuntasan klasikal kinerja ilmiah siswa pada siklus I adalah 75% dan pada siklus II adalah 100%, 3) siswa kelas VIIB memberikan tanggapan positif terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif dengan strategi TTW dalam pembelajaran IPA. Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif strategi TTW, interaksi sosial, dan hasil belajar IPA This research aimed at improving the students’ social interaction, students’ science learning outcome, and describing the students’ responses towards the implementation of cooperative learning model with TTW strategy. This research was classroom action research conducted in two cycles. The subjects of this research were 32 grade VIIB students of SMP Negeri 3 Mengwi in academic year 2014/2015. Data were collected through LKS score at each meeting in class, the learning result test in form of multiple choice, observation sheet of scientific performance, questionnaire test of social interaction, and questionnaire test of students responses. Data were analyzed descriptively. Classical completeness in SMP Negeri 3 Mengwi is 76% for mastery of concepts, 75% for scientific performance, and also for completeness criterium of social interaction is ≥ 68 or in minimal criterium is high. The result shows that: 1) there is an increase in students’ social interaction at grade VIIB students with the average score is 76,44 in first cycle and 82,73 in second cycle. 2) There is an increase in students’ science learning outcomes at grade VIIB students with the classical completeness mastery of students concepts is 78,13% in first cycle and 100% in second cycle, while the classical completeness of students’ scientific performance is 75% in first cycle and 100% in second cycle. 3) The students’ respons towards the implementation of cooperative learning model with TTW strategy is positive. keyword : Cooperative learning model with TTW strategy, social interaction, and science learning outcomes.
PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA Ni Putu Adi Gunasih .; Dra. Ni Ketut Rapi, M.Pd. .; Luh Putu Budi Yasmini, S.Pd., M.Sc. .
Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha Vol. 2 No. 1 (2015)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpf.v2i1.5420

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar IPA siswa kelas VIIE SMP Negeri 3 Mengwi melalui penerapan model discovery learning. Penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas kelas VIIE SMP Negeri 3 Mengwi tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 32 orang. Data dikumpulkan melalui tes keterampilan berpikir kritis, hasil belajar IPA, dan angket tanggapan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) penerapan model discovery learning dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas VIIE dengan ketuntasan klasikal 75,00% pada siklus I dan 90,63% pada siklus II. 2) Penerapan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VIIE dengan ketuntasan klasikal 78,13% pada siklus I dan 93,75% pada siklus II. 3) Siswa kelas VIIE memberikan tanggapan sangat positif terhadap penerapan model discovery learning. Kata Kunci : discovery learning, keterampilan berpikir kritis, hasil belajar IPA This research aimed at improving critical thinking skills, and science learning outcomes at grade VIIE students of SMP Negeri 3 Mengwi through discovery learning model application. The research was classroom action research conducted by two cycles. The subjects were 32 grade VIIE students of SMP Negeri 3 Mengwi in academic year 2014/2015. Data were collected by critical thinking skills test, science learning outcomes test, and questionnaire responses test. The results shows that: 1) the application of discovery learning model can improve the students' critical thinking skills at grade VIIE students with the classical completeness 75,00% in first cycle and 90,63% in second cycle. 2) The application of discovery learning model can improve the students' science learning outcomes at grade VIIE students with the classical completeness 78,13% in first cycle and 78,13% in second cycle. 3) The student’ respons towards the application is positive.keyword : discovery learning, critical thinking skills, science learning outcomes
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GI UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA Putu Saswita Utami Dewi .; Prof. Dr I Wayan Sadia,M.Pd .; Drs. I Made Wirta, M.Pd .
Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha Vol. 2 No. 1 (2015)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpf.v2i1.5450

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan aktivitas siswa, (2) meningkatkan kecerdasan emosional siswa, (3) meningkatkan hasil belajar siswa, dan (4) mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dalam pelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII E SMP Negeri 4 Mendoyo tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 34 siswa. Data aktivitas siswa dikumpulkan dengan observasi selama kegiatan pembelajaran. Data kecerdasan emosional dikumpulkan dengan kuesioner pada setiap akhir siklus. Data hasil belajar dikumpulkan dengan pemberian tes hasil belajar IPA berupa soal pilihan ganda. Sementara data tanggapan siswa dikumpulkan dengan kuesioner. Data penelitian yang diperoleh, dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) terjadi peningkatan aktivitas siswa pada siklus II. (2) Terjadi peningkatan skor rata-rata kecerdasan emosional siswa dari siklus I (180,50) ke siklus II (183,94) dengan kategori baik. (3) Terjadi peningkatan skor rata-rata hasil belajar IPA siswa dari siklus I (75,74) ke siklus II (76,91) dengan kategori baik. (4) Tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dalam pelajaran IPA adalah positif dengan skor rata-rata 61,62. Peningkatan kecerdasan emosional dan hasil belajar IPA siswa dibuktikan dengan pengujian hipotesis menggunakan uji t satu sampel. Hasil uji t satu sampel menunjukkan bahwa t hitung > t tabel sehingga H0 ditolak. Berdasarkan hasil uji hipotesis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan kecerdasan emosional dan hasil belajar IPA siswa kelas VIII E SMP Negeri 4 Mendoyo tahun pelajaran 2014/2015. Kata Kunci : Investigasi grup, kecerdasan emosional, hasil belajar IPA This study aimed at (1) describing the student’s activity, (2) improving the student’s emotional intellegent, (3) improving the student’s achievement, and (4) describing the student’s respond towards the implementation of Cooperative Learning on Group Investigation (GI) in science class. This study was a Classroom Action Research (CAR) conducted in two cycles. The subject of this study were 8th grade students of class E at SMP Negeri 4 Mendoyo in academic years 2014/2015. The total number of subject in this study were 34 students. Data of student’s activities were collected by observing the learning activities, data of student’s emotional intellegent were collected by using questioner in every last cycle, and data of student’s learning result were collected by giving objective test. Meanwhile, the student’s respond was collected by using questioner. Data were analyzed descriptively. The result of this study shows that (1) there is an improvement of the student’s activity at second cycle. (2) there is an improvement in average score of the student’s emotional intellegent from cycleI I (180,50) and cycle II (183,94) with category “good”. (3) there is an improvement in average score of science learning result from 75,74 in cycle I to 76,91 in cycle II with category “good”. (4) The students’s respond towards the implementation of Cooperative Learning on Group Investigation (GI) in science class is positive with the score 61.62. The improvement of student’s emotional intellegent and science learning result are proved by hypothesis using one sample t-test. The test shows that t calculation > t table, so that H0 is rejected. The result of this study shows that the implementation of Cooperative Learning on Group Investigation (GI) is able to improve the student’s emotional intellegent and able to improve student’s achievement on science class in 8th grade students of class E at SMP Negeri 4 Mendoyo in academic years 2014/2015.keyword : Group Investigation, emotional intellegent, Science achievement
Pengaruh Minat Belajar dan Kebiasaan Belajar terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA A.A. Putu Mirah Nitia Ningsih .; Drs. I Nyoman Putu Suwindra, M.Kom. .; Luh Putu Budi Yasmini, S.Pd., M.Sc. .
Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha Vol. 2 No. 1 (2015)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpf.v2i1.5452

Abstract

Rendahnya hasil belajar disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya: minat dan kebiasaan belajar. Tujuan penelitian ini adalah (1) menganalisis pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar fisika, (2) menganalisis pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar fisika, dan (3) menganalisis pengaruh minat dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar fisika. Jenis penelitian ini adalah kausal komparatif atau ex post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA di SMA Negeri 8 Denpasar dengan jumlah sampel sebanyak 150 siswa dan diambil dengan teknik simple random sampling. Data penelitian diperoleh menggunakan instrumen dan diolah dengan teknik analisis deskriptif, teknik analisis regresi linier sederhana, dan teknik analisis regresi ganda dua prediktor. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat pengaruh signifikan minat belajar terhadap hasil belajar fisika (F = 6,407, p
ANALISIS KUALITATIF KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X SMAN 1 SINGARAJA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA Ni Kadek Fitria .; Prof. Dr.I Wayan Suastra,M.Pd .; Drs. I Nyoman Subratha,M.Pd .
Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha Vol. 2 No. 1 (2015)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpf.v2i1.5476

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan profil kemampuan berpikir kritis siswa yang ditinjau dari indikator mengidentifikasi masalah, merumuskan hipotesis, menganalisis masalah, menarik kesimpulan, dan melakukan evaluasi, dan 2) mendeskripsikan upaya dan hambatan guru dalam mengoptimalkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran fisika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa responden dari kelas X MIPA 3 SMAN 1 Singaraja tahun pelajaran 2014/2015 dan guru fisika. Data pada penelitian ini berupa hasil tes kemampuan berpikir kritis, wawancara, observasi, dan dokumen terkait kemampuan berpikir kritis. Instrumen dalam penelitian ini yaitu peneliti dan dibantu dengan instrumen tes untuk mengkategorikan kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian sebagai berikut. 1) Profil kemampuan berpikir kritis siswa tidak merata, dimana kemampuan mengidentifikasi masalah berkategori rendah, kemampuan merumuskan hipotesis, menganalisis masalah, menarik kesimpulan, dan melakukan evaluasi berkategori sedang. 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa adalah diri siswa itu sendiri, pengetahuan dan pengalaman awal siswa, minat siswa terhadap pelajaran, sumber belajar, dan guru fisika. 3) Guru melakukan berbagai upaya dalam mengoptimalkan kemampuan berpikir kritis siswanya, baik dengan menggunakan model pembelajaran inovatif, media, assessment/evaluasi, dan perhatian terhadap siswa. 4) Guru mengalami hambatan berupa kurang responsifnya siswa saat pembelajaran, minat siswa terhadap materi pelajaran yang berbeda-beda, dan jam pelajaran yang terbatas.Kata Kunci : kemampuan berpikir kritis, pembelajaran fisika This study aimed at 1) describing the profile of critical thinking skills of students in indicators to identify problems, formulate hypotheses, analyze problems, drawing conclusions, evaluation, and 2) describing the efforts and obtacles of teachers in optimizing students' critical thinking skills in learning physics. The design of this study is a qualitative research. The subjects were students of class X MIPA 3 SMAN 1 Singaraja school year 2014/2015 and physics teacher. The data in this study were obtained by tes results, interviews, observations, and documents related to critical thinking skills. Instruments in this study are researchers and test to categorize the students' critical thinking skills. The results of the study as follow 1) Profile of students' critical thinking skills is uneven, where the ability to identify problems has low category, the ability to formulate hypotheses, analyze problems, drawing conclusions, evaluation has medium category. 2) Factors that influence students' critical thinking skills is the student’s own self, prior knowledge and experience of the students, students' interest towards learning, learning resources, and physics teacher. 3) Teachers make efforts to optimize students' critical thinking skills, either by using innovative learning model, media, assessment/evaluation, and attention to the students. 4) Teachers have obstacles such as lack of responsiveness of the students when learning, student interest in the subject matter is different, and limited time of lessons.keyword : critical thinkng ability, physics learning