cover
Contact Name
amir furqon
Contact Email
furqon@unira.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
furqon@unira.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. pamekasan,
Jawa timur
INDONESIA
JURNAL MAKRO MANAJEMEN
Published by Universitas Madura
ISSN : 14122936     EISSN : 25497308     DOI : -
Core Subject : Science, Social,
Jurnal ini berisi hasil penelitian terkait ilmu manajemen.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2016): MAKRO" : 7 Documents clear
PENGARUH KOMUNIKASI DAN SEMANGAT KERJA TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA KARYAWAN Risal, Zef
Makro Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan Vol 1, No 1 (2016): MAKRO
Publisher : Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1414.266 KB) | DOI: 10.53712/jmm.v1i1.240

Abstract

Komunikasi dan semangat kerja memiliki peranan dalam meningkatkan efektivitas kerja karyawan pada suatu perusahaan.Penelitian ini dilakukan di Glos Bakery and Resto di Jl. R. Abd.Aziz No. 26 Pamekasan.Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dan kuantitatif.Teknik penggalian data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi pustaka.Hasil penelitian menunjukkan model regresi Y = 2.694 + 0.097 + 0,453 + e. Berdasarkan persamaan tersebut menunjukkan bilamana komunikasi dan semangat kerja meningkat satu- satuan, maka nilai Y (efektivitas kerja) akan meningkat sebesar 0,453 (asumsi variabel lain konstan). Nilai konstanta dari persamaa regresi tersebut 2,694 berarti variabel bebas (komunikasi dan semangat kerja sama) sama dengan nol (konstan) maka efektivitas kerja(Y)  sama dengan 2.694 satuan. Sedangkan hasil uji ANOVA menyatakan bahwa komunikasi dan semangat kerja memberikan pengaruh yang signifikan terhadap efektivitas kerja karyawan Glos Bakery and Resto.Variabel semangat kerja memberikan pengaruh yang signifikan terhadap efektivitas kerja karyawan dibandingkan dengan variabel komunikasi.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PERSEPSI KONSUMEN Hasaniyah, Alfi
Makro Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan Vol 1, No 1 (2016): MAKRO
Publisher : Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (909.403 KB) | DOI: 10.53712/jmm.v1i1.245

Abstract

Penelitian ini menggunakan perhitungan analisa linear sederhana. Dari hasil perhitungan dengan menggunakan analisa linear sederhana dapat diketahuihubungankualitas pelayanan terhadap persepsi konsumennilai positif sebesar 0,967 atau 96,7%, Sedangkan persamaan regresi sederhananya sebagai berikut:Y = 0,23+ 0,826 X1 + 0,187 X2+ 0,027 X3 + 0,0012 X4+ 0,011 X5Hasil perhitungan R sebesar 0,967 atau 96,7% yaitu menggambarkan pengaruh antara variable bebas terhadap variabel terikat bersifat searah dan kuat. Sedangkan nilai R squared atau determinan R sebesar 0,935 atau 93,5% artinya 6,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.Dari hasil perhitungan dengan menggunakan uji t, ternyata variabel reliability (X1), daya tanggap (X2), jaminan (X3), empaty (X4) dan bukti fisik (X5) nilai t hitungnya lebih besar dibandingkan dengn t table. Dengan demikian hipotesis penelitian dapat dibuktikan kebenarannya bahwa pelayanan berpengaruh terhadap persepsi konsumen
Analisa Penentuan Tarif Jasa Rawat Inap dengan Menggunakan Activity Based Costing System (ABCS) Qurnain, Nuzulul
Makro Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan Vol 1, No 1 (2016): MAKRO
Publisher : Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1054.653 KB) | DOI: 10.53712/jmm.v1i1.241

Abstract

Activity Based Costing System (ABCS) merupakan suatu sistem kalkulasi biaya berdasarkan aktivitas dan produk yang diniai dapat mengukur secara cermat biaya-biaya yang keluar dari setiap aktivitas tersebut. Penelitian ini merupakan penilitian deskriptif yang dilakukan di Rumah Sakit Paru Pamekasan. Data yang digunakan meliputi jenis biaya, laporan besarnya tariff konsumsi makanan, laporan jumlah pasien, laporan lama pasien dan besarnya tenaga listrik (EPS), dan data pendukung lain seperti data luas masing tipe kamar, nama tipe kamar, fasilitas pelayanan dan penunjang layangan di RS Paru Pamekasan.Hasil penelitian menunjukkan dengan penentuan tarif jasa rawat inap per tipe kamar menggunakan metode Activity Based Costing System (ABCS) memberikan hasil yang lebih tinggi dibandingkan dengan penentuan tarif yang dilakukan oleh RS Paru. Hal ini disebabkan adanya pembebanan biaya overhead pada masing-masing pproduk lebih rinci dengan menggunakan driver. RS Paru Pamekasan diharapkan mengganti sistem penentuan tarif tradisional dengan sistem Activity Based Costing System (ABCS) dalam menentukan tarif rawat inap karena informasi pada sistem ini lebih akurat untuk membantu manajemen dalam proses pengambilan keputusan tarif rawat inap.
PENGARUH PERSEPSI TERHADAP MINAT KONSUMEN MEMBELI KARTU SELULER 3 Wahyuni, Ummi
Makro Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan Vol 1, No 1 (2016): MAKRO
Publisher : Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (859.106 KB) | DOI: 10.53712/jmm.v1i1.246

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh persepsi terhadap minat konsumen membeli kartu seluler 3 di Kecamatan Pamekasan.Yang menjadi obyek pada Penelitian ini adalah masyarakat Kecamatan Kota Pamekasan . Adapun sample penelitian ini menggunakan sample sebanyak 105 responden pengambilan datanya dengan menggunakan dan menyebarkan angket selama 7 hari kerja. Adapun model penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan regresi linaer sederhana.Hasil perhitungan dengan menggunakan analisa linear sederhana dapat diketahui bahwa korelai dengan nilai positif sebesar 0,716 atau 71.6%. %.Hasil perhitungan dengan menggunakan metode regresi linear sederhana Nilai R sebesar 0,716 atau 71,6% yaitu menggambarkan pengaruh antara variable bebas bersifat searah dan kuat. Nilai R squared atau determinan R sebesar 0,513 atau 51,3% artinya 29,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh t hitung untuk variabel persepsi (X) sebesar 8,443 dan kalau dikonsultasikan dengan t tabel sebesar 1,98 didapat t hitung > t tabel maka dapat diambil kesimpulan bahwa dugaan bahwa variabel persepsi mempengaruhi minat konsumen membeli di Pamekasan dapat dibuktikan
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR BIDANG CONSUMER GOODS YANG TERDAFTAR DI DURSA EFEK INDONESIA Saputra, Taufik Aris
Makro Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan Vol 1, No 1 (2016): MAKRO
Publisher : Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (839.228 KB) | DOI: 10.53712/jmm.v1i1.242

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji Analisis Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Manufaktur Bidang Consumer Goods Yang Terdaftar Di Bursa Efek IndonesiaMetode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan data sekunder. Dalam pemilihan sampel yang peneliti gunakan metode purposive sampling dan berdasarkan kriteria, sampel yang diperoleh yaitu 20 perusahaan Consumer Goods di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2012-2014. Data diuji dengan menggunakan statistik dekriptif, uji asumsi klasik, regresi linier berganda dan uji hipotesisBerdasarkan penelitian yang telah dilakukan, hasil penelitian menunjukkan secara simultan laverage (DER), ukuran perusahaan (SIZE) dan profitabilitas (ROA) tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba. Sedangkan uji secara parsial menunjukkan bahwa tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba karena nilai signifikansinya di atas 0,05 semua. Dan yang paaling dominan terhadap manajemen laba adalah profitabilitas (ROA) dengan nilai signifikan 1,417.
ANALISIS PENGUKURAN KINERJA PADA BADAN LAYANAN UMUM DENGAN METODE BALANCED SCORECARD Larashati, Citra
Makro Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan Vol 1, No 1 (2016): MAKRO
Publisher : Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1155.879 KB) | DOI: 10.53712/jmm.v1i1.243

Abstract

Rumah Sakit Umum Daerah Pamekasan merupakan salah satu rumah sakit milik pemerintah yang tujuan utamanya bukan untuk mencari keuntungan, tetapi lebih kepada jasa konsumen. Selama ini dalam menilai kinerjanya, Rumah Sakit Umum Daerah Pamekasan hanya berfokus pada efisiensi pengelolaan dana yaitu dengan mengevaluasi anggaran pendapatan dan biaya apakah sudah dapat dibandingkan dengan realisasinya atau tidak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja rumah sakit apabila menggunakan Balanced Scorecard.Dengan menggunakan Balanced Scorecard diharapkan rumah sakit dapat mengembangkan aspek keuangan dan non keuangan dalam melakukan penilaian kinerja, sehingga nantinya diharapkan bahwa rumah sakit mampu menjadi institusi yang dapat memberikan kepuasan kepada para konsumen, karyawan yang berkomitmen tinggi dan kemudian akan menghasilkan surplus yang memadai.Penelitian dilakukan dengan mengambil data selama 3 tahun, yaitu dari tahun 2012-2014, menggunakan analisis komparatif dimana peneliti melakukan evaluasi kinerja rumah sakit antar periode. Data diperoleh melalui studi pustaka, data sekunder serta data primer Rumah Sakit Umum Pamekasan. Pengukuran kinerja keuangan dilihat dari pencapaian pendapatan dan perubahan biaya, perspektif pelanggan dilihat dari akuisisi pelanggan, retensi pelanggan, kepuasan pelanggan, perspektif proses Bisnis Internal menggunakan jumlah penanganan keluhan, peningkatan pendapatan, Respons Times. Sedangkan untuk perspektif pertumbuhan dan pembelajaran dilihat dari retensi karyawan dan pelatihan karyawan.Dari hasil penelitian dengan menggunakan konsep Balanced Scorecard dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat beberapa variasi pencapaian hasil.Perspektif pertumbuhan dan pembelajaran masih dianggap kurang , sedangkanuntuk 3 perspektif lainnya dianggap sudah cukup baik. Maka, Balanced Scorecard cocok untuk diterapkan pada Rumah Sakit Umum Daerah Pamekasan karena Balanced Scorecard dapat memberikan gambaran yang lebih terstrukturdan menyeluruh dibandingkan dengan sistem tradisional yang masih digunakansampai saat ini.
ANALISIS ATAS LAPORAN REALISASI ANGGARAN UNTUK MENGUKUR KINERJA KEUANGAN PEMERINTAH KABUPATEN PAMEKASAN Rahayu, Runik Puji
Makro Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan Vol 1, No 1 (2016): MAKRO
Publisher : Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1152.747 KB) | DOI: 10.53712/jmm.v1i1.244

Abstract

Laporan Realisasi anggaran merupakan jenis laporan keuangan daerah yang lebih dahulu dihasilkan sebelum kemudian diisyaratkan untuk membuat laporan neraca dan laporan aruskas.Anggaran dalam pemerintahan merupakan tulang punggung (back-bone) penyelenggaraan pemerintahan.Usaha pemerintah daerah dalam menggali sumber danayang berasal dari potensi daerah yang dimiliki serta kemampuan mengelola dan memanfaatkan sumber dana yang ada tercermin dalam anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Anggaran memiliki peran penting sebagai alat stabilisasi, distribusi, alokasi sumber daya publik, perencanaan dan pengendalian organisasi serta penilaian kinerja.Oleh karena itu laporan realisasi anggaran menjadi salah satu laporan pertanggung jawaban keuangan daerah yang utama.Dalam rangka pengelolaan keuangan daerah yang jujur, demokratis, efektif, efisien, ekonomis dankuntabel, analisis rasio keuangan terhadap pendapatan dan belanja daerah perlu dilaksanakan meskipun terdapat perbedaan kaidah pengakuntansiannya dengan laporan keuangan yang dimiliki perusahaan swasta.Berdasarkan latar belakang diatas, perlu diteliti mengenai kinerja keuangan daerah di kabupaten Pamekasan, sehingga peneliti tertarik mengadakan penelitian dengan judul: Analisis atas Laporan Realisasi Anggaran Untuk Mengukur Kinerja Keuangan Pemerintah Kabupaten Pamekasan (Studi Kasus Dinas Pu Bina Marga).

Page 1 of 1 | Total Record : 7