cover
Contact Name
Henny Medyawati
Contact Email
henmedya@staff.gunadarma.ac.id
Phone
+6281517662134
Journal Mail Official
ekbis@gunadarma.ac.id
Editorial Address
Jl. Margonda Raya, No.100, Depok, Jawa Barat. 16424
Location
Kota depok,
Jawa barat
INDONESIA
Ekonomi Bisnis
Published by Universitas Gunadarma
ISSN : 0853862X     EISSN : 20898002     DOI : http://dx.doi.org/10.35760/eb
Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis is a journal through a peer-review process. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis is intended for academics and researchers to publish their articles which is an original text that has not been published in another journal. The focus and scope are in the fields of management, economics and accounting.Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis is a journal through a peer-review process. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis is intended for academics and researchers to publish their articles which is an original text that has not been published in another journal. The focus and scope are in the fields of management, economics and accounting.
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol 30, No 1 (2025)" : 16 Documents clear
PENGARUH BRAND AWARENESS, BRAND IMAGE, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK BAJU NIBRAS Hastriana, Anna Zakiyah; Sari, Fatima
Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Vol 30, No 1 (2025)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35760/eb.2025.v30i1.11946

Abstract

Perubahan signifikan telah terjadi dalam mode busana muslim, khususnya penduduk muslim Indonesia. Dengan konsumen barang busana muslimah sebagai obyek penelitian, penelitian ini berupaya menguji dampak kesadaran merek (X1), citra merek (X2), dan harga (X3) terhadap variabel independen yaitu keputusan pembelian konsumen produk Nibras. Penelitian kuantitatif merupakan pendekatan yang dipakai dalam desain penelitian ini. Pengambilan sampel secara purposif, atau pendekatan sampel berdasarkan kriteria yang telah ditentukan, merupakan metode yang digunakan dalam penelitian ini. Seratus responden dijadikan sebagai ukuran sampel untuk penelitian ini. Dengan bantuan SPSS versi 26, teknik analisis data studi ini memanfaatkan teknik analisis regresi linier berganda. Temuan riset ini memaparkan, meskipun citra merek dan harga secara signifikan memengaruhi keputusan pelanggan untuk mengonsumsi barang - barang dari produk Nibras, kesadaran merek tidak memiliki dampak yang nyata pada pembelian tersebut. Kesimpulan studi ini menyiratkan bahwa Nibras harus memberikan prioritas utama untuk meningkatkan reputasinya dengan meningkatkan dukungan pelanggan, kualitas produk, dan inisiatif pemasaran. Rencana harga yang baik juga penting untuk menarik pelanggan. Penting untuk menilai kembali rencana kesadaran merek saat ini.
DAMPAK URBAN SPRAWL TERHADAP PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA DI INDONESIA Wahyuni, Ribut Nurul Tri; Sofa, Wahyuni Andriana; Kartiasih, Fitri
Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Vol 30, No 1 (2025)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35760/eb.2025.v30i1.11313

Abstract

Peningkatan urban sprawl di Indonesia cukup masif sejak perubahan sistem pemerintahan dari sentralisasi menjadi desentralisasi. Peningkatan tersebut bisa berdampak pada produktivitas tenaga kerja, namun dampaknya masih bersifat ambigu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara urban sprawl dan produktivitas tenaga kerja di kabupaten/kota pada tahun 2022 dengan menggunakan instrumental variable - two stage least squares (IV-2SLS). Urban sprawl menggambarkan rata-rata proporsi undeveloped land di radius 1,5 km dari lingkungan tempat tinggal penduduk. Hasilnya membuktikan bahwa urban sprawl berhubungan negatif dengan produktivitas tenaga kerja, terutama di kabupaten/kota berpenduduk padat dan di Jawa. Hasil ini menyiratkan bahwa kebijakan anti urban sprawl di kabupaten/kota berpenduduk padat dapat meningkatkan produktivitas tenaga kerja. Kabupaten/kota dengan urban sprawl rendah cenderung menarik penduduk berpendidikan tinggi. Ini mungkin menyebabkan produktivitas di kabupaten/kota tersebut tinggi. Selain itu, urban sprawl dikaitkan dengan upah yang rendah. Perusahaan yang berada di urban sprawl bisa memiliki produktivitas yang lebih rendah, namun kerugian tersebut sebanding dengan pembayaran upah yang rendah ke tenaga kerja. Meskipun demikian, urban sprawl memungkinkan tenaga kerja tinggal dekat dengan tempat kerja sehingga upah yang rendah belum tentu mencerminkan penurunan kesejahteraan tenaga kerja.
Front Matter Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Vol. 30 No. 1, April 2025 Ilmiah Ekonomi Bisnis, Jurnal
Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Vol 30, No 1 (2025)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

KEMUDAHAN TRANSAKSI, FASILITAS, KUALITAS PELAYANAN, DAN KETEPATAN WAKTU TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MASS RAPID TRANSIT (MRT) JAKARTA Rafiqi, Dimas Aufa; Himawati, Ditiya
Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Vol 30, No 1 (2025)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35760/eb.2025.v30i1.12591

Abstract

Transportasi yang begitu banyak di jakarta mengakibatkan tingkat kemacetan terus meningkat setiap tahunnya dan membuat waktu tidak efisien ketika berpindah destinasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi serta mengkaji Pengaruh kemudahan transaksi, Fasilitas, Kualitas Pelayanan dan Ketepatan Waktu terhadap Kepuasan Pelanggan Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis data primer dan pendekatan kuantitatif dihasilkan dari penyebaran kepada 130 responden yang pernah dan masih menggunakan transportasi Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta. Data primer yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode regresi linier berganda. Temuan penelitian ini mengindikasikan fasilitas, kemudahan transaksi, ketepatan waktu, kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan secara parsial maupun simultan terhadap kepuasan pelanggan Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta. Fasilitas merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta.
AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI ATAS IMPLEMENTASI ANGGARAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH DI SLEMAN YOGYAKARTA Andriyana, Ana; Sukatni, Sukatni; Rachmadina, Aulia Rizky; Wibiyanto, Bagas Ilham; Kurniawan, Taufan Adi
Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Vol 30, No 1 (2025)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35760/eb.2025.v30i1.12224

Abstract

Pemerintah Indonesia memberikan dana bantuan pendidikan pada sekolah melalui Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2008 dengan turunan Permendikbud Nomor 6 Tahun 2021 melalui Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk sekolah negeri dan swasta. Data menunjukkan adanya peningkatan sebanyak 4% per tahun dari 2017-2022, hingga September 2021 terdapat 52 kasus korupsi dana BOS. Pada tahun 2022 terungkap di Yogyakarta terdapat kasus dana BOS yang menunjukkan penggunaan dana BOS tidak sepenuhnya untuk keperluan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh kompetensi SDM, teknologi informasi dan sistem pengendalian intern terhadap implementasi anggaran berbasis kinerja Dana BOS, dan menguji secara empiris pengaruh implementasi anggaran berbasis kinerja Dana BOS terhadap akuntabilitas kinerja dan transparansi pengelolaan dana BOS. Penelitian ini menggunakan metode non probability sampling dengan stratified purposive sample method, sampel 37 responden dari 21 sekolah yang kemudian diolah menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi SDM, teknologi informasi dan sistem pengendalian intern tidak berpengaruh secara positif terhadap anggaran berbasis kinerja. Anggaran berbasis kinerja berpengaruh terhadap akuntabilitas kinerja dan transparansi.
PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH, DANA ALOKASI UMUM DAN DANA ALOKASI KHUSUS TERHADAP PRODUK DOMESTIK BRUTO DI KOTA BATU Hidayatulloh, Charisma Fikri; Agustin, Grisvia
Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Vol 30, No 1 (2025)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35760/eb.2025.v30i1.11167

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan guna melakukan analisis pengaruh DAU (Dana Alokasi Umum), PAD (Pendapatan Asli Daerah), serta DAK (Dana Alokasi Khusus) pada PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) di Kota Batu selama periode 2003-2023. Konsep Otonomi Daerah menjadi landasan teoritis dalam penelitian ini, dengan fokus pada kebijakan fiskal daerah sebagai instrumen utama dalam mendukung pertumbuhan ekonomi lokal. Data yang digunakan bersumber dari Badan Pusat Statistik (BPS) dan Buku Kota Batu dalam Angka, dan dianalisis dengan model Vector Error Correction Model (VECM). Hasil uji stasioneritas menunjukkan bahwa data menjadi stasioner setelah first differencing. Uji kointegrasi Johansen mengidentifikasi adanya hubungan jangka panjang yang stabil antara variabel-variabel yang diteliti. Uji kausalitas Granger mengungkapkan bahwa PAD dan DAU berpengaruh signifikan terhadap PDRB, sementara DAK tidak menunjukkan pengaruh signifikan. Estimasi dengan model VECM menunjukkan bahwa PAD, DAU dan DAK memiliki dampak signifikan terhadap PDRB dalam jangka panjang. Analisis Impulse Response Function (IRF) dan Variance Decomposition (VD) menghasilkan temuan bahwa PAD dan DAU memengaruhi fluktuasi PDRB, sementara DAK tidak memiliki pengaruh yang jelas.
MACROECONOMICS AS DETERMINANTS OF THE MONEY SUPPLY IN INDONESIA: ERROR CORRECTION MODELS ANALYSIS Ashari, Nesha Rizky; Prasasti, Riska; Afandi, Akhsyim
Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Vol 30, No 1 (2025)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35760/eb.2025.v30i1.11577

Abstract

This study analyzes macroeconomic factors that affect the money supply in Indonesia during the period 1993-2022, using the Error Correction Model (ECM). The main objective of this study is to identify macroeconomic variables that are significant in determining the money supply, as well as to understand the short-term and long-term dynamics of these variables. The results of the analysis show that the variables of exchange rate, GDP, government expenditure, and interest rates have a negative effect on the money supply, as is the case with FDI and inflation. Both long-term and short-term actually have a negative impact on the money supply in Indonesia. ECM managed to capture the short-term and long-term relationships between these macroeconomic variables and the money supply. These findings provide important insights for policymakers in formulating effective monetary strategies to manage the money supply and maintain economic stability.
DETERMINANTS OF GREEN PURCHASE INTENTION THROUGH THE GREEN TRUST ON FMCG PRODUCTS Monica, Monica; Anisah, Anisah
Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Vol 30, No 1 (2025)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35760/eb.2025.v30i1.11679

Abstract

Concern for the environment has become the main concern of organisations that encourage companies to start producing green products that are environmentally friendly because of the environmental pollution and global warming that occur. This research aims to analyse the influence of green brand positioning, green perceived value, and green marketing, through green trust, on green purchase intention for FMCG products. Identifying variables that have the most dominant influence on green trust and green purchase intention. Primary data was used in this research. The sample size is 300 respondents with a minimum purchase intensity of three times in the last six months, who are at least 17 years old and domiciled in Jabodetabek. The data analysis methods used are: validity test, reliability test, R-square test, path coefficient test, indirect effect test (path analysis), predictive relevance test, and goodness of fit model test. The research results show that the variables green brand positioning, green perceived value, and green marketing influence green trust. Green brand positioning, green perceived value, green marketing, and green trust influence green purchase intention. Green trust can mediate the relationship between green brand positioning, green perceived value, and green marketing and green purchase intention among green consumers of FMCG products. Green marketing is the dominant variable that influences the occurrence of green trust, with green trust being the dominant variable influencing green purchase intention
HOW DOES DIGITAL TRANSFORMATION MEDIATE OF PRICE AND PROMOTION IN INFLUENCING ONLINE TRAIN TICKET PURCHASING DECISIONS? Mahmud, Muhamad Farid; Tesniwati, Rini; Istiqomah, Istiqomah
Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Vol 30, No 1 (2025)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35760/eb.2025.v30i1.12548

Abstract

The ease of digital markets in mediating and bridging train ticket reservations has become an interesting phenomenon in Indonesia, consumers are increasingly interested in exploring online platforms because of their ease of use and variety. This study examines how digital transformation mediates the impact of pricing and advertising on online rail ticket purchases. Employing the Structural Equation Model approach to investigate the link between latent variables, we find that digital transformation strengthens consumer decision-making by making pricing strategies more transparent and accessible. These findings provide insights for businesses to improve their digital strategies.
ANALISIS KEMISKINAN DI PROVINSI ACEH DENGAN PEMODELAN PANEL DINAMIS Ruslan, Dede; Pasaribu, Ayu Angelina; Parangin Angin, Sutejo
Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Vol 30, No 1 (2025)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35760/eb.2025.v30i1.8141

Abstract

Provinsi Aceh merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang mengalami tingginya angka kemiskinan.  Oleh karena itu kemiskinan di Aceh terus menjadi subjek diskusi yang hangat, ditambah lagi Pandemi COVID-19 meluluh-lantakkan banyak sistem kehidupan di seluruh dunia, memperburuk kondisi ini.Pada studi ini data yang digunakan adalah panel dinamis yang mencakup 23 kabupaten di Provinsi Aceh antara tahun 2014 sampai dengan tahun 2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan Generalized Method of Moments (GMM). Hasil penelitian menghasilkan bahwa dengan pendugaan FEM (Fixed Effect Model) kesenjangan nilai konvergen rendah, ini lebih kecil dibandingkan dengan pendugaan PLS dengan kecepatan konvergen lebih besar dari pendugaan FDGMM (First Difference GMM). Kesenjangan yang memberikan kontribusi paling tinggi adalah dengan pendugaan SYSGMM (System GMM) dengan konvergen lebih besar dibandingnkan pendugaan FEM, PLS (Partial Least Square) dan FDGMM. Dengan demikian, estimasi SYSGMM merupakan model yang optimal dalam pendugaan parameter elastisitas jangka pendek dan jangka panjang dalam menurunkan kemiskinan.

Page 1 of 2 | Total Record : 16