cover
Contact Name
Ahmad Kadir KIlo
Contact Email
ahmad@ung.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jjec@ung.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
Jambura Journal of Educational Chemistry
ISSN : 26557606     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
The Journal of Educational Chemistry (JJEC) is the official journal of Chemistry Department, Faculty Mathematic and Natural Science, Gorontalo State University. JJEC is peer-reviewed articles publish articles twice a year in February and August. JJEC typically addresses chemical content, chemical education research, results of thought and research, instructional methods, and laboratory experiments.
Arjuna Subject : -
Articles 16 Documents
Search results for , issue " Vol 13, No 1 (2018): Februari" : 16 Documents clear
Miskonsepsi Tentang Pembentukan Ikatan Kovalen dan Ionik Pada Mahasiswa Pendidikan Kimia UNG Pikoli, Masrid
Jambura Journal of Educational Chemistry Vol 13, No 1 (2018): Februari
Publisher : Jambura Journal of Educational Chemistry

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (29.724 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi tentang ikatan kovalen dan ionik pada mahasiswa pendidikan Kimia Universitas Negeri Gorontalo menggunakan tes tertulis dan wawancara. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Sampel penelitian adalah mahasiswa yang memprogramkan matakuliah Ikatan Kimia sebanyak 34 orang. Instrumen yang digunakan berupa tes tertulis dan wawancara untuk materi pembentukan ikatan kovalen dan ikatan ionik berdasarkan representasi kimia submikroskopis. Hasilnya penelitian ini adalah: (1) pada pembentukan ikatan kovalen terjadi transfer atau serah terima elektron dari satu atom ke atom lain; (2) Pada senyawa ionik ukuran ion yang ada sama dengan ukuran atom-atomnya; (3) pada pembentukan ikatan kovalen polar atom yang lebih elektropositif ukurannya lebih besar, sedangkan atom yang lebih elektronegatif ukurannya menjadi lebih kecil dari atomnya, (4) ikatan ionik dapat terjadi pada senyawa homodiatomik nonlogam; (5) pada molekul kovalen nonpolar atom-atom yang berikatan tidak sama dengan ukuran atom-atom pembentuknya.
Karakterisasi Asam Lemak Hasil Hidrolisis pada Minyak Biji Kelor (Moringa oleifera) dengan Metode Kromatografi Gas-Spektroskopi Massa Ibrahim, Yusni; Salimi, Yuszda K.; Ischak, Netty Ino
Jambura Journal of Educational Chemistry Vol 13, No 1 (2018): Februari
Publisher : Jambura Journal of Educational Chemistry

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (29.724 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakterisasi asam lemak hasil hidrolisis pada biji kelor (Moringa oleifera) dengan metode kromatografi gas-spektroskopi massa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah biji kelor kering dan basah. Sampel biji kelor diekstraksi menggunakan n-heksan untuk memperoleh minyak. Ditentukan bilangan asam dan bilangan penyabunan. Menghidrolisis minyak hasil ekstraksi dengan larutan KOH dan katalis H2SO4 menjadi asam lemak bebas, analisis asam lemak kemudian dikonversi menjadi metil ester dengan menggunakan pelarut CH3OH dan H2SO4 sebagai katalis. Penelitian ini menggunakan Kromatografi Gas-Spektroskopi Massa untuk mengidentifikasi asam lemak dalam sampel. Dari analisa Kromatografi Gas-Spektroskopi Massa yang telah dilakukan, asam lemak minyak biji kelor kering yang dihasilkan adalah asam laurat, asam palmitoleat, asam palmitat, asam oleat, asam stearat, dan asam arakidat. Sedangkan untuk asam lemak minyak biji kelor basah yang dihasilkan adalah asam palmitoleat, asam palmitat, asam oleat, asam stearat, asam eikosenat, asam arakidat, asam behenat, dan asam lignoserat. Dimana komponen terbesar metil ester pada biji kelor kering dan biji kelor basah adalah metil oleat dengan persentasi masing-masing 38,08% dan 38,84%.
Analisis Kandungan Rhodamin B Pada Saos Tomat Yang Beredar Di Pasar Sentral Kota Gorontalo Dengan Menggunakan Metode Kromatografi Lapis Tipis (KLT) Samosir, Andeston Sumandoli; Bialangi, Nurhayati; Iyabu, Hendri
Jambura Journal of Educational Chemistry Vol 13, No 1 (2018): Februari
Publisher : Jambura Journal of Educational Chemistry

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (29.724 KB)

Abstract

Rhodamin B merupakan zat warna sintetik yang umum digunakan sebagai pewarna tekstil. rhodamin B merupakan zat warna tambahan yang dilarang penggunaannya dalam produk-produk pangan salah satunya pada saos tomat. Rhodamin B dapat menyebabkan iritasi saluran pernafasan, iritasi kulit, iritasi pada mata, iritasi pada saluran pencernaan, keracunan, dan gangguan hati. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah adanya zat rhodamin B yang masih digunakan sebagai pewarna dalam saos tomat. Sampel Saos Tomat diambil Di Pasar Sentral Kota Gorontalo, selanjutnya sampel dianalisis dengan menggunakan metode kromatografi lapis tipis (KLT). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keberadaan zat pewarna rhodamin B pada saos tomat yang ada di Pasar Sentral Kota Gorontalo. Penelitian ini dilakukan di laboratorium Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Gorontalo. Dari hasil analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa sampel saos tomat yang ada di pasar sentral kota gorontalo tidak mengandung zat pewarna berbahaya pada makanan yaitu zat warna rhodamin B. Pengujian  kandungan zat warna yang terdapat pada sampel saos tomat yang berada di Pasar Sentral Kota Gorontalo menggunakan metode Kromatografi Lapis Tipis (KLT) dengan menggunakan eluen  (n-butanol : etil asetat : ammonia) (10 : 4 : 5), maka di dapatlah 7 sampel saos tomat tersebut tidak mengandung zat warna berbahaya rhodamin B. Sampel saos tomat tersebut didapat nilai Rf masingmasing sampel tidak ada  mendekati sejajar dengan nilai Rf sampel rhodamin B standar yakni 0,63 (nilai Rf Rhodamin B Standart), 0,65 (nilai Rf sampel saos tomat D) dan 0,90 (nilai Rf sampel saos tomat F).
Efektivitas Pembelajaran Fluida Statis Menggunakan Metode Tutor Sebaya Payu, Citron S.; Hayunida, Ode; Umar, Masri Kudrat
Jambura Journal of Educational Chemistry Vol 13, No 1 (2018): Februari
Publisher : Jambura Journal of Educational Chemistry

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (29.724 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran pembelajaran fluida statis dan untuk mengetahui metode Tutor Sebaya efektif digunakan dalam pembelajaran pada materi fluida statis tersebut. Penelitian ini dilaksanakan pada seluruh peserta didik kelas X1 IPA 3 SMA Negeri 2 Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah rancangan Pre-eksperimental Design bentuk One-Shot Case Study. Instrument yang digunakan yaitu lembar pengamatan aktivitas guru, lembar pengamatan siswa, dan tes hasil belajar siswa. Data instrument dianalisis menggunakan analisis statistik yaitu uji one sample t-test. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan uji t-test pada taraf α = 0,05 , thitung = 2,441 > ttabel = 1,708 sehingga hipotesis (H0) ditolak dan  hipotesis alternatif (Ha) diterima. Maka disimpulkan bahwa metode Tutor Sebaya efektif digunakan dalam pembelajaran pada materi fluida statis karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Pembuatan Biobriket dari Batang Tumbuhan Gulma Siam (Chromolaena odorata L.) sebagai Bahan Bakar Alternatif Karmila, Karmila; Rumape, Opir; Mohamad, Erni
Jambura Journal of Educational Chemistry Vol 13, No 1 (2018): Februari
Publisher : Jambura Journal of Educational Chemistry

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (29.724 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembuatan briket batang gulma siam melalui variasi tepung tapioka sebagai bahan alternatif, melalui tahapan penelitian yang meliputi pembuatan briket yaitu pengeringan, karbonisasi dan pencetakan. Karakterisasi briket meliputi uji proksimasi yakni kadar air, kadar abu, kadar senyawa volatil, kerapatan dan nilai kalor. Dari hasil uji proksimasi menunjukkan bahwa briket dari batang gulma siam memperoleh nilai rata–rata 6,564% untuk kadar air, rata–rata 9,079% untuk kadar abu, rata–rata 45,548% untuk kadar senyawa volatil, rata–rata 0,54 g/Cm3 untuk kerapatan, serta rata–rata 9698,242 kal/g untuk nilai kalor yang diperoleh dari briket batang gulma siam.
Penerapan Model Learning Cycle pada Materi Laju Reaksi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Subawa, Kadek; Kilo, Akram La; Laliyo, Lukman A.R.
Jambura Journal of Educational Chemistry Vol 13, No 1 (2018): Februari
Publisher : Jambura Journal of Educational Chemistry

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (29.724 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA1 SMA Negeri 1 Tapa pada materi laju reaksi melalui penerapan model Learning Cycle. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA1 SMA Negeri 1 Tapa semester ganjil tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 23 orang yang terdiri dari siswa laki-laki 8 orang dan siswa perempuan 15 orang. Sumber data berasal dari guru dan siswa yang diperoleh melalui observasi dan tes. Tes yang digunakan adalah tes essay, jumlah soal sebanyak 10 nomor. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I Aktivitas siswa adalah 40,82% dan meningkat menjadi 80,85% pada siklus II. Hasil belajar siswa dimensi pengetahuan pada siklus I adalah 43,48% meningkat menjadi 82,60% pada siklus II. Kesimpulan, penerapan Learning cycle dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi laju reaksi kelas XI IPA1 SMA Negeri 1 Tapa.
Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Pada Mata Kuliah Kalkulus I Materi Limit Fungsi Ismail, Sumarno; Bempah, Haryati Octaviani
Jambura Journal of Educational Chemistry Vol 13, No 1 (2018): Februari
Publisher : Jambura Journal of Educational Chemistry

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (29.724 KB)

Abstract

Berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting bagi peserta didik, khususnya mahasiswa agar dapat menghubungkan persoalan atau informasi yang diperolehnya melalui penyelidikan dan pengkajian secara sistematis sehingga menghasilkan ide atau solusi untuk pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan menganalisis atau menggambarkan kemampuan berpikir kritis matematika mahasiswa jurusan pendidikan matematika pada materi limit fungsi aljabar. Indikator yang digunakan untuk menggambarkan kemampuan berpikir kritis matematika mahasiswa antara lain kemampuan identifikasi masalah, analisis, sintesis, inferensi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, tes tertulis, dan wawancara untuk memperdalam infomasi mengenai kemampuan berpikir kritis matematika mahasiswa. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester II Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo tahun akademik 2014 yang telah selesai memprogramkan mata kuliah Kalkulus I. Sedangkan teknik analisis data sesuai dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa kemampuan berpikir kritis matematika mahasiswa jurusan pendidikan matematika pada mata kuliah kalkulus I materi limit fungsi aljabar tergolong sedang. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain kecermatan dalam mengabstraksi soal, penguasaan konsep-konsep limit fungsi aljabar dan materi prasyarat (kemampuan awal) serta penerapannya, kecenderungan mahasiswa dalam mengandalkan hafalan.
Studi Komparasi Kemampuan Pemahaman Konseptual, Algoritmik, dan Grafis Mahasiswa Jurusan Kimia pada Materi Asam Basa Hikaya, Nur’ain; Lukum, Astin; Botutihe, Deasy N.
Jambura Journal of Educational Chemistry Vol 13, No 1 (2018): Februari
Publisher : Jambura Journal of Educational Chemistry

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (29.724 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konseptual, algoritmik, dan grafis mahasiswa jurusan kimia pada materi asam-basa. Sampel penelitian adalah mahasiswa jurusan kimia berjumlah 42 orang, dengan mengunakan jenis penelitian komparatif dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah desain penelitian komparatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes essay sebanyak 12 nomor soal yang digunakan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konseptual, algoritmik, dan grafis. Pengujian hipotesis data pada hasil penelitian diuji menggunakan uji analisis varians satu arah (one way anova) dan uji lanjut uji-tukey. Berdasarkan kriteria pengujian tolak H0 jika Fhitung ³ Ftabel pada taraf signifikansi 0,05. Hasil analisis data diperoleh Fhitung = 14,30 dan Ftabel = 3,07 atau Fhitung > Ftabel, maka H1 diterima. Disimpulkan bahwa hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konseptual, algoritmik, dan grafis mahasiswa jurusan kimia pada materi asam-basa. Kemampuan pemahaman yang paling tinggi yaitu konseptual, kemudian algoritmik, dan grafis rendah.
Hubungan Antara Kemampuan Memori Konsep Struktur Atom dengan Hasil Belajar Siswa pada Materi Ikatan Kimia Kelas X IPA 5 SMA Terpadu Wira Bhakti Gorontalo Tahun Pelajaran 2016/2017 Ruslan, Rusnawati; Musa, Weny J.A.; Duengo, Suleman
Jambura Journal of Educational Chemistry Vol 13, No 1 (2018): Februari
Publisher : Jambura Journal of Educational Chemistry

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (29.724 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan memori konsep struktur atom dengan hasil belajar siswa pada materi ikatan kimia kelas X IPA 5 SMA Terpadu Wira Bhakti Gorontalo. Sampel penelitian adalah siswa kelas X IPA 5 yang berjumlah 30 orang, dengan menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah desain penelitian korelasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pilihan ganda sebanyak 10 nomor soal yang digunakan untuk mengetahui kemampuan memori konsep struktur atom dan 14 nomor soal yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi ikatan kimia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan memori konsep struktur atom dengan hasil belajar siswa pada materi ikatan kimia. Hal ini dapat dilihat dari pengujian hasil hipotesis thitung = 3,05769 ≥ ttabel = 2,052 pada taraf signifikan α = 5% (0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan memori konsep struktur atom dengan hasil belajar pada materi ikatan kimia siswa kelas X IPA 5 SMA Terpadu Wira Bhakti Gorontalo.
Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Melaksanakan Penilaian Otentik Sesuai dengan Kurikulum 2013 Melalui Kegiatan Supervisi Akademik di Sekolah Binaan Arief, Afriani
Jambura Journal of Educational Chemistry Vol 13, No 1 (2018): Februari
Publisher : Jambura Journal of Educational Chemistry

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (29.724 KB)

Abstract

Berdasarkan pada Peratuan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 tahun 2013 tentang perubahan atas peraturan Pemerintah No 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 64 ayat (1) dijelaskan bahwa penilaian hasil belajar oleh pendidik sebagaimana dimaksud dalam pasal 63 ayat (1) butir a dilakukan untuk memantau proses, kemajuan, dan perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkesinambungan. Selanjutnya pada ayat (2) penilaian sebagaimana dimaksud pada ayat (1) digunakan untuk (a) menilai pencapaian kompetensi peserta didik, (b) bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar, dan (c) memperbaiki proses pembelajaran. Dari hasil observasi peneliti menunjukkan masih rendah (16,66 %) guru yang memiliki kemampuan untuk melaksanakan penilaian otentik sesuai dengan Kurikulum 2013 di sekolah binaan SMP Muhamadiyah 2 Gorontalo. Tujuan penelitian yang ingin diperoleh adalah untuk meningkatkan pemahaman, kemampuan, serta keterampilan guru-guru dalam melaksanakan penilaian otentik sesuai dengan kurikulum 2013 di sekolah binaan SMP Muhamadiyah 2 Gorontalo. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan dan observasi, evaluasi dan revisi. Sasaran penelitian adalah guru-guru binaan di SMP Muhamadiyah 2 Gorontalo. Data yang diperoleh berupa hasil pengamatan, lembar observasi, dan instrumen penilaian. Dari hasil analisis didapatkan bahwa peningkatan kemampuan guru dalam melaksanakan penilaian otentik sesuai dengan kurikulum 2013 mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (16,665), siklus II (33,33%), dan siklus III (16,66%) kategori sangat baik dan (83,33%) kategori baik. Simpulan dari penelitian ini adalah kegiatan Supervise Akademik secara efektif dapat meningkatkan kemampuan  guru dalam melaksanakan penilaian otentik sesuai dengan kurikulum  2013 di sekolah binaan SMP Muhamadiyah 2 Gorontalo.

Page 1 of 2 | Total Record : 16