cover
Contact Name
Aung Sumbono
Contact Email
aungsumbono@gmail.com
Phone
+6281247033899
Journal Mail Official
biolearningjournal@gmail.com
Editorial Address
Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong Jln. Ahmad Dahlan No. 1 Mariat Pantai Aimas Kabupaten Sorong
Location
Kota sorong,
Papua barat
INDONESIA
Biolearning Journal
Biolearning Journal is a container of scientific publications with a scientific scope that is the science of education and the science of biology and all things related to science and directly related to the application of the science of education and biological sciences. Biolearning Journal is published twice per year. The Purpose of Biolearning Journal: As a Media Information to meet the needs of the community in finding new innovations around the world of science education and biological sciences as well as all things related to science and directly related to the application of education and biological sciences. Biolearning Journal is one of the journals under the auspices of the Muhammadiyah Education University (UNIMUDA) Sorong. Focus & Scope Biolearning Journal: Jurnal ini memuat intisari dari hasil-hasil penelitian tentang permasalahan seputar bidang ilmu pendidikan sains, ilmu sains dan terapannya.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 2 (2020): Biolearning Journal (Juli 2020)" : 11 Documents clear
PERBANDINGAN KEMAMPUAN BERPIKIR DIVERGEN ANTARA SISWA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI KELAS XI SMA NEGERI 9 MAKASSAR Nurul Alia Ulfa; Nurhayati B; Muhammad Junda
Biolearning Journal Vol 7 No 2 (2020): Biolearning Journal (Juli 2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (561.724 KB) | DOI: 10.36232/jurnalbiolearning.v7i2.505

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir divergen siswa laki-laki dan perempuan pada mata pelajaran Biologi di SMA Negeri 9 Makassar, dan untuk mengetahui adakah perbedaan signifikan kemampuan berpikir divergen antara siswa laki-laki dan perempuan pada mata pelajaran Biologi di SMA Negeri 9 Makassar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian ex post facto.Populasi berjumlah 248 orang. Pengambilan sampel menggunakan tekhnik Purposive Sampling berjumlah 67 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli sampai September 2018 tahun pelajaran 2018/2019. Tempat penelitian di SMA Negeri 9 Makassar yang terletak di Jalan Karunrung Raya No 37, Karunrung, Rappocini, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan tes kreatifitas verbal. Hasilnya menunjukkan bahwa kemampuan berpikir divergen siswa laki-laki dan perempuan di kelas XI SMA Negeri 9 Makassar berada pada kategori baik, terdapat perbedaan signifikan kemampuan berpikir divergen antara siswa laki-laki dan perempuan dengan nilai sig. (2-tailed) 0,024 pada taraf sig. α 0,05. Kemampuan berpikir divergen siswa perempuan lebih tinggi daripada siswa laki-laki.
EFEK PERBEDAAN KONSENTRASI Smilax Sp TERHADAP EDEMI PADA Femur Gallus gallus domesticus Ferlin Merlin Mandaku; Aung Sumbono; Ratna Prabawati
Biolearning Journal Vol 7 No 2 (2020): Biolearning Journal (Juli 2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2015.482 KB) | DOI: 10.36232/jurnalbiolearning.v7i2.511

Abstract

domesticus(Fgg). Metode yang dipakai adalah eksperimen menggunakan instrumen observasi, dokumentasi, mikroskop dan alat ukur. Tempat penelitian Laboratorium Terpadu UNIMUDA Sorong. Sampel yang digunakan ialah daun Smilax Sp masih segar dengan tingkat konsentrasi 5 gr, 10 gr, 15 gr, 25 gr, 30 gr, 40 gr, 45 gr, 55 gr, 60 gr, 65 gr, 70 gr, 75 gr, 80 gr, 85 gr, 90 gr, 95 gr dan Fgg berumur 1 bulan 17 ekor. Teknik analisis data yang digunakan ialah perbandingan dan persentase. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas Smilax Sp dapat menyebabkan edemi pada Fgg, Perbedaan konsentrasi Smilax Sp menyebabkan tingkat perubahan edemi bervariasi pasang surut sehingga semakin tinggi tingkat konsentrasi yang diberikan maka semakin besar pula efek yang terjadi. Terjadi perubahan warna kulit dengan kode warna B22222, berkerut, penumpukan lemak pada permukaan bagian atas, pori – pori menjadi lebih besar, iritasi hingga terjadi pemecahan pembuluh darah, terdapat cairan dengan kode warna FFFFE0 yang keluar dari jaringan subkutannya serta terjadi sedikit perubahan warna (kode warna FAFAD2) pada daging. Persentase edemi massa tertingginya sebesar 41,66%, keliling 66,67%, tebal 400% dan lebar 175%.
PENGARUH PENAMBAHAN STASIUN-STASIUN SEISMIK (STPI, TSPI, DAN IWPI) TERHADAP ANALISA PENENTUAN PARAMETER GEMPA BUMI STUDI KASUS GEMPA BUMI DI WILAYAH PAPUA BARAT TAHUN 2019 – 2020. Andri Wijaya
Biolearning Journal Vol 7 No 2 (2020): Biolearning Journal (Juli 2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (621.631 KB) | DOI: 10.36232/jurnalbiolearning.v7i2.517

Abstract

Wilayah Provinsi Papua Barat yang luas dan rawan aktifitas kegempaan membutuhkan stasiun seismik untuk menentukan lokasi gempabumi, oleh karena itu bagaimana dampak yang ditimbulkan akibat penambahan stasiun sesmik terhadap analisa penentuan parameter gempabumi dan kegempaan wilayah Provinsi Papua Barat?. Data yang digunakan adalah data hasil analisa gempa di stasiun-stasiun seismik yang lama (SIJI,SWI,MWPI,RKPI,FAKI dan RAPI) dan stasiun seismik baru (STPI, TSPI, dan IWPI) menggunakan perangkat lunak Seiscomp3: studi kasus gempa tanggal 19 Maret 2020, 24 April 2020, 26 April 2020, 27 April 2020 dan 28 April 2020 serta menggunakan data kegempaan periode Juni 2019 hingga Januari 2020 (sebelum terpasang stasiun-stasiun seimik baru) dan data kegempaan periode Februari 2020 hingga Mei 2020 (Setelah terpasang stasiun-stasiun seimik yang baru). Data-data tersebut kemudian diolah dengan metode kuantitatif dengan membandingkan data hasil analisa sebelum dan sesudah menggunakan stasiun seimik baru. Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan dengan adanya penambahan stasiun-stasiun seismik baru berpengaruh pada lokasi episenter dengan melihat nilai dari faktor RMS Error, Azimuth gap, Error lintang dan bujur, bertambahnya frekuensi kegempaan, dan munculnya kelompok gempa baru di wilayah Provinsi Papua Barat. Saran yang dapat diperhatihan adalah perlunya menambah lebih banyak stasiun-stasiun seismik baru sehingga tidak timbul azimuth gap yang lebih dari 180° yang dapat mempengaruhi tingkat akurasi lokasi episenter gempa dan perlunya studi lanjutan terkait penelitian ini.
PEMANFAATAN EICHCHORNIA CRASSIPES UNTUK MENGATASI PENCEMARAN AIR LIMBAH INDUSTRI DAN RUMAH TANGGA Ardiansyah Ardiansyah Ardiansyah
Biolearning Journal Vol 7 No 2 (2020): Biolearning Journal (Juli 2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (446.648 KB) | DOI: 10.36232/jurnalbiolearning.v7i2.530

Abstract

Dewasa ini, industri-industri di Indonesia semakin berkembang, baik jumlah, teknologi, tingkat produksi maupun limbah yang dihasilkan. Industri-industri khususnya yang berada di dekat aliran sungai cenderung akan membuang limbahnya ke dalam sungai yang dapat mencemari ekosistem air, karena pembuangan limbah industri ke dalam sungai dapat menyebabkan berubahnya susunan kimia, bakteriologi, serta fisik air. Polutan yang di hasilkan oleh pabrik dapat berupa logam berat (timbal, tembaga, seng, dsb.) dan panas (air yang memilki suhu tinggi akan sulit menyerap oksigen sehingga biota air menjadi mati). Limbah rumah tangga yang belum terkendali dapat menyebabkan pencemaran lingkungan khususnya air sungai. Karena dari limbah rumah tangga dihasilkan beberapa zat organik dan anorganik yang dibuang dan dialirkan melalui selokan-selokan dan akhirnya bermuara ke sungai. Selain dalam bentuk zat organik dan anorganik, dari limbah rumah tangga bisa juga membawa bibit-bibit penyakit yang dapat menular pada hewan dan manusia sehingga menimbulkan penyakit epidemik yang luas di masayarakat. Proses alam juga berpengaruh pada pencemaran air sungai misalnya terjadinya gunung meletus, erosi dan iklim.Gunung meletus dan erosi dapat membawa berbagai bahan pencemaran salah satunya berupa endapan/sediment seperti tanah dan lumpur yang dapat menyebabkan air menjadi keruh, masuknya sinar matahari berkurang, dan air kurang mampu mengasimilasi sampah.Iklim juga berpengaruh pada tingkat pencemaran air sungai misalnya pada musim kemarau volume air pada sungai akan berkurang, sehingga kemampuan sungai untuk menetralisir bahan pencemaran juga berkurang.
POLA KONVERSI LAHAN TANAMAN BUDIDAYA DI PROVINSI JAMBI Eva Mayasari
Biolearning Journal Vol 7 No 2 (2020): Biolearning Journal (Juli 2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (569.63 KB) | DOI: 10.36232/jurnalbiolearning.v7i2.532

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak perubahan faktor sosial dan ekonomi terhadap luas lahan beberapa budidaya tanaman di Provinsi Jambi dan untuk mengidentifikasi pola konversi lahan antara berbagai tanaman yang dibudidayakan di provinsi Jambi. Untuk menjawab tujuan dalam penelitian digunakan model ekonometrik Seemingly Unrelated Regression (SUR) model terdiri dari 9 persamaan dengan 8 persamaan perilaku dan satu persamaan identitas dan termasuk 8 variabel endogen dan 16 variabel eksogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan yang terjadi pada areal tanaman pangan lebih dipengaruhi oleh faktor ekonomi (harga komoditas, pangsa subsektor pangan) dan pertumbuhan serta kepadatan penduduk, dengan kecenderungan menurun setiap tahun. Perubahan area perkebunan lebih dipengaruhi oleh struktur ekonomi (harga komoditas, pangsa sektor pertanian, pangsa subsektor perkebunan, PDB per kapita, pertumbuhan ekonomi) dan faktor sosial (tenaga kerja, kepadatan dan pertumbuhan populasi) dengan kecenderungan meningkat setiap tahun kecuali kelapa. Pola konversi lahan tanaman budidaya di Provinsi Jambi, yaitu perubahan pola penggunaan lahan budidaya tanaman pangan menjadi tanaman komersial, perluasan perkebunan kelapa sawit dan karet. Perluasan perkebunan kelapa sawit dan karet menyebabkan menipisnya lahan yang tersedia untuk tanaman pangan, terutama padi (padi dan sawah) yang mengganggu ketahanan pangan.
IDENTIFIKASI AKTIVITAS INSEKTISIDA LARUTAN Smilax sp TERHADAP HAMA Periplaneta americana, Monomorium minimum dan Muscas domestica Abdul Rahman Nasari; Aung Sumbono; Jaharuddin Jaharuddin
Biolearning Journal Vol 7 No 2 (2020): Biolearning Journal (Juli 2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (803.473 KB) | DOI: 10.36232/jurnalbiolearning.v7i2.544

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi aktivitas larutan Smilax sp terhadap hama Periplaneta americana, Monomorium minimum dan Musca domestica. Dilakukan di Labolatorium Terpadu, Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong pada bulan Mei 2019. Penelitian ini adalah eksperimen. Subjek yang digunakan Periplaneta Americana, Monomorium minimum dan Musca demostica. Bahan yang digunakan adalah Smilax Sp. Instrumen pengumpulan data dengan cara observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas. Uji hipotesis menggunakan uji Mann-whitney dan Uji t. Analisis data menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa larutan Smilax Sp yang memiliki aktivitas insektisida sebagai pengusir Periplaneta Americana pada konsentrasi 25% ; 50%, Monomorium minimum pada konsentrasi 25% ; 50% dan 25% ; 75%, Musca domestica pada konsentrasi 25% ; 75%.
IDENTIFIKASI TOKSISITAS LARUTAN Smilax Sp TERHADAP PERILAKU LARVA Culicidae Rosita Dwi Kusuma; Aung Sumbono; Istiqomah Istiqomah
Biolearning Journal Vol 7 No 2 (2020): Biolearning Journal (Juli 2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1203.851 KB) | DOI: 10.36232/jurnalbiolearning.v7i2.557

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk identifikasi toksisitas larutan daun Smilax Sp terhadap perilaku larva Culicidae. Penelitian dilakukan di Laboratorium Terpadu UNIMUDA Sorong pada bulan Maret 2020 menggunakan daun Smilax Sp untuk perilaku larva Culicidae akibat toksisitas larutan Smilax Sp. Dirancang dengan konsentrasi 75% untuk 5 wadah perlakuan (1L, 1,5L, 2L, 2,5L,3L) dan masing-masing sebanyak 10 larva Culicidae dengan tiga kali ulangan. Data hasil pengamatan toksisitas dideskripsikan dan di analisis data dengan rata-rata, selisih dan persentase. Hasil penelitian diperoleh bahwa tingkat toksisitas larutan Smilax Sp terbukti mempengaruhi perilaku larva Culicidae dibuktikan dengan indikator-indikator yang diamati sebagai parameter toksisitas selama 1 jam antara lain yakni indikator lbn menurun rata-rata 2,34 dan peningkatan indikator lbl rata-rata 3,37. Penurunan pada indikator b rata-rata sebesar 1,80, indikator nkp rata-rata sebesar 1,96 dan indikator dslb rata-rata sebesar 2. Akan tetapi, indikator d dan m tidak memperlihatkan penurunan atau peningkatan.
PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS DAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI EKOLOGI Dwi Yarmalinda; Sineri Sineri
Biolearning Journal Vol 7 No 2 (2020): Biolearning Journal (Juli 2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (541.999 KB) | DOI: 10.36232/jurnalbiolearning.v7i2.591

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir analitis peserta didik pada pokok bahasan ekologi, dan (2) pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pokok bahasan ekologi. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan non equivalent control-group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Serui. Sampel penelitian ini adalah 2 kelas yang di ambil secara acak dari kelas X MIPA SMA Negeri 1 Serui, dengan rincian X MIPA 4 sebagai kelompok eksperimen menerapkan model problem based learning, dan kelas X MIPA 3 sebagai kelompok kontrol menggunakan pendekatan 5M. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes berpikir analitis dan berpikir kritis peserta didik berupa soal uraian. Data yang di peroleh dianalisis menggunakan Independent Sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model problem based learning berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir analitis peserta didik dengan nilai signifikansi (.000) (≤ 0,05), dan (2) model problem based learning berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan nilai signifikansi (.001) (p ≤ 0,05).
PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KOMPETENSI BELAJAR BIOLOGI SISWA Muhamad Imron; Johanis Saroi
Biolearning Journal Vol 7 No 2 (2020): Biolearning Journal (Juli 2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (426.805 KB) | DOI: 10.36232/jurnalbiolearning.v7i2.592

Abstract

Penelitian ini diawali dengan hasil belajar peserta didik masih rendah. Faktor penyebab rendahnya hasil belajar peserta didik diantaranya adalah pemilihan model pembelajaran yang kurang tepat. Penulis mendapatkan gambaran dari observasi bahwa proses pembelajaran biologi di sekolah belum sesuai harapan. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimental semu (Quasi Experimental Reasearch). Pada rancangan ini peserta didik dikelompokkan dalam dua kelas sampel yaitu kelas eksperimen dan Kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes objektif dan lembar observasi. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis adalah uji-t untuk kompetensi ranah kognitif dan Mann Whitney U untuk kompetensi ranah afektif dan psikomotor. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, diperoleh berupa kesimpulan, yaitu: kompetensi belajar ranah kognitif, afektif dan psikomotor siswa yang mengikuti pembelajaran Problem Based Learning lebih baik dari pada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional dengan nilai rata-rata ranah kognitif kelas eksperimen 87,7 dan kelas kontrol 80,35, ranah afektif kelas eksperimen 79,93 dan kelas kontrol 71,76 dan nilai rata-rata ranah psikomotor kelas eksperimen didapatkan 65,28 dan kelas kontrol 46,94.
PENGARUH PEMBELAJARAN PBL (Problem Base Learning) DENGAN MEDIA GAMBAR PADA POKOK BAHASAN SISTIM PENCERNAAN DI KELAS X SMA PGRI SERUI PROVINSI PAPUA Roy Marthen Rahanra; Orgenes Runtuboi
Biolearning Journal Vol 7 No 2 (2020): Biolearning Journal (Juli 2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (590.397 KB) | DOI: 10.36232/jurnalbiolearning.v7i2.593

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis PBL dengan media gambar terhadap hasil belajar Biologi di SMA PGRI Papua Kabupaten Kepulawan Yapen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen. Variabel bebas (Independent) dan hasil belajar siswa SMA PGRI Papua sebagai variabel terikat (Dependent). Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas Xa dan Kelas Xb, dimana dengan Penarikan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling, dengan pertimbangan sampel digunakan dengan suatu maksud tertentu atau sesuai penggunaanya. Teknik yang digunakan untuk memperoleh data-data dalam penelitian ini yaitu dengan alat pengukuranya yaitu tes hasil belajar Biologi dengan mengunakan LKS Sebagai indikator pengukur hasil belajar siswa dengan teknik kelas XA Mengunakan metode PBL Sedangkan Kelas XB mengunakan metode ceramah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran berbasis PBL pada mata pelajaran Biologi sangat baik untuk menunjang pembelajaran. Karena terdapat peningkatan hasil belajar Siswa pada kelas yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis PBL memberikan dampak dan pengaruh sehingga hasil belajar yang diperoleh oleh siswa mencapai ketuntasan dari hasil pengujian hipotesis dengan statistik uji-t, pada taraf nyata, α = 0,05 di peroleht hitung= 9.298 dant tabel= 2,024. Jadi, thitung = 9.298>ttabel = 2,024 yang artinya statistik uji tersebut jatuh dalam wilayah kritiknya. Ini menunjukkan bahwa tidak cukup bukti untuk menolak H1. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan Hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model Pembelajaran PBL dipadu media gambar dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional.

Page 1 of 2 | Total Record : 11