cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
timpublikasi@gunadarma.ac.id
Editorial Address
Jl. Margonda Raya 100 Depok, Jawa Barat, Indonesia
Location
Kota depok,
Jawa barat
INDONESIA
UG Journal
Published by Universitas Gunadarma
ISSN : 19784783     EISSN : -     DOI : -
UG Jurnal merupakan kumpulan jurnal penelitian dari semua fakultas yang ditulis oleh Dosen dan Mahasiswa Universitas Gunadarma. UG Jurnal terbit tiap sebulan sekali dan tiap bulannya memuat jurnal dari berbagai fakultas.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 17, No 6 (2023)" : 7 Documents clear
PENGARUH KEAMANAN, KEMUDAHAN DAN MANFAAT TERHADAP MINAT PENGGUNAAN E-WALLET DANA DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING Tuarita, Dini Indriyani; Binastuti, Sugiharti; Fuad, Mohamad
UG Journal Vol 17, No 6 (2023)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan teknologi di era revolusi industry 4.0 yang semakin maju, membuat hampir seluruh bidang berkembang menyesuaikan dengan perkembangan teknologi termasuk bidang keuangan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Keamanan, Kemudahan dan Manfaat terhadap Minat Penggunaan E-wallet aplikasi Dana dengan Kepercayaan sebagai variabel intervening. Data bersumber dari data primer dengan menyebar kuesioner. Data valid yang dikumpulkan yaitu 150 responden. Alat Uji yang digunakan yaitu uji Instrumen ,Uji Asumsi Klasik, Uji Regresi Linier Berganda, Uji Hipotesis dan Analisis Jalur. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa keamanan dan manfaat berpengaruh terhadap Kepercayaan, sedangkan kemudahan tidak berpengaruh terhadap kepercayaa. Keamanan tidak berpengaruh terhadap minat penggunaan, sedangkan kemudahan, manfaat dan kepercayaan berpengaruh terhadap minat penggunaan. Keamanan Berpengaruh terhadap Minat Penggunaan melalui Kepercayaan, sedangkan Kemudahan dan Manfaat Berpengaruh terhadap Minat Penggunaan tidak Melalui Kepercayaan.
PENGARUH LIKUIDITAS DAN PROFITABILITAS TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN JASA SUB SEKTOR PROPERTI DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2017-2021 Rahmawati, Suci; Dahliawati, Anne
UG Journal Vol 17, No 6 (2023)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh Likuiditas (CR) dan Profitabilitas (ROA) terhadap Harga Saham pada perusahaan Jasa sub sektor properti yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2017- 2021. Penelitian ini menggunakan jenis data sekunder. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan jasa sub sektor properti yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2017-2020 yang berjumlah 43 perusahaan dan menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh jumlah 8 sampel perusahaan. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis kuantitatif dengan metode Regresi Linier Berganda (Multiple Regression Lininer). Teknik yang digunakan uji model data panel, uji asumsi klasik, dan pengujian hipotesis menggunakan uji hipotesis t-statistik untuk menguji koefisien regresi parsial dan uji hipotesis f-statistik untuk menguji koefisien regresi simultan dengan tingkat standart eror 5%, menggunakan Software SPSS 22. Hasil penelitian menunjukan bahwa likuiditas secara siginifikan tidak berpengaruh dan Profitabilitas secara signifikan berpengaruh terhadap Harga Saham. Secara simultan Likuiditas dan Profitabilitas berpengaruh terhadap Harga Saham pada perusahaan jasa sub sektor properti di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2017-2021.
TINGKAT LOYALITAS PELANGGAN PADA HOTEL "X" BANDUNG Satriadi, Sendi
UG Journal Vol 17, No 6 (2023)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pelanggan merupakan suatu bagian penting dalam dunia bisnis dan memiliki pengaruh besar dalam roda usaha dan bisnis. Dalam proses bisnis, pelanggan tentu ingin dilayani dengan baik dan pelanggan akan merasa puas apabila harapannya terpenuhi terhadap produk atau jasa yang dirasakan. Dengan demikian diharapkan pelanggan yang puas akan menjadi loyal dengan menggunakan produk atau jasa yang dirasakan secara berulang. Penelitian ini merupakan kuantitatif deskriptif yang bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai loyalitas pelanggan di Hotel “X” Bandung berdasarkan pada dimensi dan tipe-tipe loyalitas pelanggan. Pengambilan sampel dalam penelitian ini mengunakan teknik purposive sampling yaitu tamu di Hotel ”X” Bandung yang sesuai dengan karakteristik sampel yang ditentukan peneliti dengan jumlah sampel sebanyak 57 orang. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner loyalitas pelanggan yang disusun oleh peneliti berdasarkan pada pendekatan perilaku loyalitas menurut Griffin J. (2005). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dimensi pembelian berulang dan dimensi keterikatan relative, keduanya berada pada kategori sedang. Sedangkan tingkat loyalitas pelanggan berdasarkan pada tipe atau jenis loyalitas, diperoleh hasil bahwa sebagian besar pelanggan atau tamu hotel termasuk dalam tipe premium loyalty (loyalitas premium), dimana tingkat keterikatan yang tinggi berjalan selaras dengan aktivitas pembelian berulang yang tinggi pula.
ANALISIS STRUKTUR GEDUNG PERKANTORAN DI KABUPATEN KARAWANG BERDASARKAN PERATURAN BEBAN GEMPA SNI 1726 – 2019 Nuryanto, Nuryanto; Fajarsari, Ega Julia; Sukirman, Edi
UG Journal Vol 17, No 6 (2023)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Semakin berkurangnya lahan dan mahalnya harga tanah menjadikan bangunan bertingkat sebagai salah satu solusi kebutuhan untuk tempat tinggal dan aktifitas dalam bekerja. Perencanaan struktur gedung bertingkat harus memperhatikan pedoman yang berlaku dan terbaru agar sesuai kondisi terkini. Hal yang perlu diperhatikan dalam merencanakan gedung bertingkat adalah perilaku struktur ketika terjadi gempa dan kapasitas dari masing-masing elemen struktur untuk menahan beban gempa yang terjadi. Penelitian ini menganalisis performa dinamik struktur dan kapasitas momen pada komponen struktur gedung perkantoran tiga lantai di Kabupaten Karawang. Analisis struktur dan pemodelan struktur menggunakan program ETABS (Extended There Dimensional Analysis Building System) mengetahui dimensi dan rasio penulangan pada elemen – elemen struktur dan defleksi akibat beban gempa. Gedung perkantoran di Kabupaten Karawang direncanakan berdasarkan pada sistem rangka ruang yang diasumsikan berada pada tanah keras dan dianalisis berdasarkan Sistem Rangka Pemikul Momen Khusus (SRPMK). Mutu beton untuk elemen struktur kolom balok dan plat menggunakan (fc’) 30 MPa, mutu baja tulangan (fy) = 420 MPa dan 520 MPa, mutu wiremesh fy=500 MPa dan mutu metal deck fy = 550 MPa. Peraturan pembebanan yang digunakan mengacu pada PPURG 1983 dan SNI 1726-2019 sebagai peraturan yang digunakan sebagai standar ketahanan gempa dan kapasitas elemen struktur beton bertulang mengacu pada peraturan SNI 2847-2019. Berdasarkan hasil analisis respon dinamik untuk translasi arah Y diperoleh sebesar 51,69% pada mode 1, untuk translasi arah X diperoleh nilai sebesar 50,5% pada mode 2, sedangkan untuk rotasi diperoleh nilai sebesar 43,73% pada mode 3. Rasio keamanan struktur didapatkan nilai maksimum sebesar 0,982 lebih kecil dari 1 sehingga struktur masih dalam kondisi stabil.
FAKTOR – FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEPUTUSAN WISATAWAN BERKUNJUNG KE D’KANDANG AMAZING FARM DEPOK JAWA BARAT Nasuha, Ali Faqih; Fadhlurrahman, Muhammad Akmal; Ratnawiasih, Linda; Partoredjo, Widayat; Akhirson, Armaini
UG Journal Vol 17, No 6 (2023)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berdasarkan data jumlah pengunjung D'Kandang Amazing Farm dari tahun ke tahun mengalami peningkatan dan penurunan. Maka tujuan dari penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui apakah faktor daya tarik wisata, sarana dan prasarana serta harga mempengaruhi keputusan wisatawan untuk berkunjung ke D'Kandang Amazing Farm dan apa yang mendominasi keputusan wisatawan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara survei, yaitu penelitian yang informasinya dikumpulkan dari responden dengan menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan D'Kandang Amazing Farm bulan Agustus 2019. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah 56 responden. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian adalah sampel regresi berganda dengan program SPSS. Hasil penelitian ini diperoleh persamaan regresi linier berganda γ = 2,004 + 0,498 X1 + 0,089 X2 + 0,989 X3 = ∈. Hasil analisis uji t (uji parsial) menunjukkan bahwa variabel Daya Tarik Wisata, Infrastruktur dan Harga tidak berpengaruh terhadap Keputusan Wisatawan Berkunjung.
PENGARUH CITRA DESTINASI, WORD OF MOUTH DAN FASILITAS WISATA TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN (STUDI KASUS PENGUNJUNG DESTINASI WISATA PEMANDIAN AIR PANAS SUBANG KUNINGAN) Maryam, Evin; Zahoh, Anieq Siti; Setyawati, Murni; Rustamaji, Koko; Ratnawiasih, Linda
UG Journal Vol 17, No 6 (2023)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Di Indonesia banyak daerah yang potensi wisatanya sangat besar salah satunya di Provinsi Jawa Barat khususnya di Kecamatan Subang, Kabupaten Kuningan yang memiliki pemandian air panas alami. Potensi ini dimanfaatkan perusahaan atau pengelola dengan dikemas secara unik dan memesona kemudian dijadikan nilai jual untuk menarik kunjungan wisatawan dari daerah,luar kota maupun luar negeri sebagai daya tarik wisata alam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Citra Destinasi, Word of Mouth dan Fasilitas Wisata secara parsial dan bersama-sama terhadap Kepuasan Wisatawan Destinasi Wisata Pemandian Air Panas Subang, Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif, analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program IBM SPSS 25 . teknik pengumpulan data melalui kuesioner dengan sampel pada penelitian ini mengambil 100 pengunjung dengan usia minimal 17 (Tujuh belas) tahun yang sudah pernah berkunjung ke Destinasi Wisata Pemandian Air Panas Subang, Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat. Metode pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel Citra Destinasi dan Fasilitas Wisata secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Wisatawan. Sedangkan variabel Word of Mouth tidak berpengaruh terhadap Kepuasan Wisatawan. Hasil uji F menunjukkan bahwa variabel Citra Destinasi, Word of Mouth dan Fasilitas Wisata secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Wisatawan. Nilai Adjusted R Square 0,565 menunjukkan bahwa 56,5% variabel Kepuasan Wisatawan dapat dijelaskan oleh ketiga variabel independen yaitu Citra Destinasi, Word of Mouth dan Fasilitas Wisata, sedangkan sisanya sebesar 43,5% diterangkan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
PENGARUH PERSEPSI TEMA IKLAN DAN BINTANG IKLAN TERHADAP MINAT BELI SECARA ONLINE Hermawati, Sri; Hernama, Hernama
UG Journal Vol 17, No 6 (2023)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Iklan sebagai media komunikasi memegang peran penting dalam penyampaian pesan kepada konsumen dan lebih jauh lagi sebagai upaya untuk mempengaruhi konsumen. Iklan tidak saja digunakan untuk memperkenalkan produk kepada konsumen, melainkan juga memberikan informasi keberadaan produk dan kemampuan produk untuk memuaskan konsumen. Tema pesan yang disampaikan menjadi penting diperhatikan untuk memastikan konsumen memahami maksud informasi yang disampiakan. Penelitisn ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kesan yang diterima konsumen atas penampilan dan citra yang dibawa oleh bintang iklan, serta tema iklan yang dipilih produsen terhadap minat membeli produk lewat situs belanja online. Data diambil melalui penyebaran kuesioner dikalangan masyarakat Bekasi. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling dengan kriteria masyarakat kota Bekasi yang pernah melakukan pembelanjaan secara online selama masa pandemi ini. Dihipotesiskan persepsi tema iklan dan bintang iklan mempengaruhi minat beli masyarakat untuk berbelanja melalui situs belanja online Bukalapak. Partial Least Square digunakan untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan baik persepsi atas tema iklan maupun bintang iklan secara parsial berpengaruh terhadap minat beli konsumen berbelanja melalu situs belanja online.

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol 19, No 5 (2025) Vol 18, No 6 (2024) Vol 18, No 2 (2024) Vol 17, No 7 (2023) Vol 17, No 6 (2023) Vol 17, No 5 (2023) Vol 17, No 4 (2023) Vol 17, No 3 (2023) Vol 17, No 2 (2023) Vol 17, No 1 (2023) Vol 16, No 12 (2022) Vol 16, No 11 (2022) Vol 16, No 10 (2022) Vol 13, No 11 (2019) Vol 12, No 12 (2018) Vol 16, No 9 (2022) Vol 16, No 8 (2022) Vol 16, No 7 (2022) Vol 16, No 6 (2022) Vol 16, No 5 (2022) Vol 16, No 4 (2022) Vol 16, No 3 (2022) Vol 16, No 2 (2022) Vol 16, No 1 (2022) Vol 13, No 4 (2019) Vol 15, No 12 (2021) Vol 15, No 11 (2021) Vol 15, No 10 (2021) Vol 15, No 9 (2021) Vol 15, No 8 (2021) Vol 15, No 7 (2021) Vol 15, No 6 (2021) Vol 15, No 5 (2021) Vol 15, No 4 (2021) Vol 15, No 3 (2021) Vol 15, No 2 (2021) Vol 15, No 1 (2021) Vol 14, No 12 (2020) Vol 14, No 11 (2020) Vol 14, No 10 (2020) Vol 14, No 9 (2020) Vol 14, No 8 (2020) Vol 14, No 7 (2020) Vol 14, No 6 (2020) Vol 14, No 5 (2020) Vol 14, No 4 (2020) Vol 14, No 3 (2020) Vol 14, No 2 (2020) Vol 14, No 1 (2020) Vol 13, No 12 (2019) Vol 13, No 9 (2019) Vol 12, No 8 (2018) Vol 10, No 12 (2016) Vol 10, No 3 (2016) Vol 9, No 9 (2015) Vol 9, No 5 (2015) Vol 8, No 6 (2014) Vol 8, No 5 (2014) Vol 8, No 4 (2014) Vol 8, No 3 (2014) Vol 8, No 2 (2014) Vol 8, No 1 (2014) Vol 7, No 11 (2013) Vol 7, No 9 (2013) Vol 7, No 8 (2013) Vol 7, No 7 (2013) Vol 7, No 6 (2013) Vol 7, No 5 (2013) Vol 7, No 4 (2013) Vol 7, No 3 (2013) Vol 7, No 2 (2013) Vol 7, No 1 (2013) Vol 6, No 12 (2012) Vol 6, No 11 (2012) Vol 6, No 10 (2012) Vol 6, No 9 (2012) Vol 6, No 6 (2012) Vol 6, No 5 (2012) Vol 6, No 4 (2012) Vol 6, No 2 (2012) Vol 6, No 1 (2012) Vol 1, No 1 (2000) More Issue