cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
ISSN : 22526722     EISSN : 25033476     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (P-ISSN 2252-6722, E-ISSN 2503-3476) is published by the Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Languages and Arts, Universitas Negeri Semarang. It publishes research-based articles in the field of language, literature, and learning. It is published twice a year, namely in May and November. The scopes of the topics include: 1) Indonesian language for foreigners, Indonesian language, Indonesian language teaching; (2) Linguistics; (3) Applied Linguistics, and; (4) Literature Teaching.
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 2: November 2017" : 20 Documents clear
KEEFEKTIFAN MODEL QUANTUM TEACHING DAN DIRECT INSTRUCTION DENGAN MEDIA POWER POINT BER-LINK VIDEO PERISTIWA ALAM PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA Masykuroh, Zummala Rizqi; Sulistyaningrum, Septina
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6 No 2: November 2017
Publisher : Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (258.491 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui keefektifan model quantum teaching dengan media power point ber-link video peristiwa alam pada pembelajaran keterampilan menulis teks berita terhadap siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Semarang, (2) mengetahui keefektifan model direct instruction dengan media power point ber-link video peristiwa alam pada pembelajaran keterampilan menulis teks berita terhadap siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Semarang, (3) mengetahui lebih efektif mana antara model quantum teaching dengan media power point ber-link video peristiwa alam pada pembelajaran keterampilan menulis teks berita terhadap siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Semarang atau model direct instruction dengan media power point ber-link video peristiwa alam pada pembelajaran keterampilan menulis teks berita terhadap siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Semarang. Penelitian ini ini menggunakan desain penelitian nonequivalent control group design. Hasil penelitian ini adalah kemampuan menulis teks berita menggunakan model quantum teaching dengan media power point ber-link video peristiwa alam lebih efektif dibanding kemampuan menulis teks berita menggunakan model direct instruction dengan media power point ber-link video peristiwa alam. Kata kunci: teks berita; quantum teaching; dan direct instruction   Abstract The purposes of this research are (1) to discover the effectiveness of the quantum teaching model with power point media linksworld incident video on the teaching of writing a news text to the students of class VIII in 8 Semarang state junior high school, (2) to discover the effectiveness ofthe direct instruction model with power point media links world incident video on the teaching of writing a news text to the students of class VIII in 8 Semarang state junior high school, (3) to discover more effective between the quantum teaching model with power point media links world incident video on the teaching of writing a news textto the students of class VIII in 8 Semarang state junior high schoolor the direct instruction modelwith power point media links world incident video on the teaching of writing a news textto the students of class VIII in 8 Semarang state junior high school. This research used the randomizeddesign research nonequivalent control group design. The result of this research is the ability to write a news text usedthe quantum teaching modelwith power point media links world incident video is more effectively than the ability to write a news text used the direct instruction modelwith power point media links world incident video. Keywords: news text; quantum teaching; and direct instruction
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENANGGAPI CARA PEMBACAAN PUISI MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS VII F SMP NEGERI 3 UNGARAN Mufid, M. Abdul; Doyin, Mukh; Mulyono, Mulyono
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6 No 2: November 2017
Publisher : Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (191.605 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsi proses pembelajaran menyimak pembacaan puisi, menanggapi pembacaan pembacaan puisi dan perubahan perilaku siswa setelah mengikuti pembelajaran menanggapi cara pembacaan puisi menggunakan metode kooperatif tipe jigsaw berbantuan dengan media audiovisual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu proses tindakan siklus I dan siklus II. Hasil tes siklus I diperoleh nilai rata-rata 83,83 dan siklus II diperoleh nilai rata-rata  85,89. Penelitian ini dapat digunakan dalam pembelajaran menanggapi cara pembacaan puisi. Kata Kunci: menanggapi cara pembacaan pusi, metode kooperatif tipe jigsaw, media audiovisual                                                                                           Abstract The purpose of this study describe the process of learning to listen to poetry readings, poetry readings and readings respond to changes in student behavior after participating in learning how to respond to poetry readings method jigsaw type cooperative aided by audiovisual media. This research is a classroom action research (PTK) and conducted in two cycles, the process cycle I and cycle II. I cycle test results obtained by the average value of 83.83 and the second cycle obtained by the average value of 85.89. This research can be used in learning how to respond to poetry readings. Keywords: respond to this reading of a poem, a method of cooperative jigsaw, audiovisual media
KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS KREATIF PUISI MENGGUNAKAN TEKNIK AKROSTIK DAN TEKNIK LATIHAN TERBIMBING DENGAN MEDIA VIDEO KEINDAHAN ALAM UNTUK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 22 SEMARANG Errnawati, Oki Dwi; Utami, Santi Pratiwi
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6 No 2: November 2017
Publisher : Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (271.367 KB)

Abstract

Teknik pembelajaran menjadi salah satu komponen penting dalam proses pembelajaran. Pembelajaran ini bertujuan mendeskripsikan keefektifan pembelajaran menulis kreatif puisi pada siswa kelas VII SMP Negeri 22 Semarang menggunakan teknik akrostik dan teknik latihan terbimbing dengan media video keindahan alam serta menentukan perbedaan keefektifan antara kedua teknik tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran menulis kreatif puisi efektif dilakukan menggunakan teknik akrostik dan teknik latihan terbimbing dengan media video keindahan alam. Pembelajaran menulis kreatif puisi pada siswa kelas VII SMP Negeri 22 Semarang menggunakan teknik akrostik lebih efektif dibanding menggunakan teknik latihan terbimbing dengan media video keindahan alam. Kata kunci : teknik akrostik, teknik latihan terbimbing, media video keindahan alam, pembelajaran menulis kreatif puisi.   Abstract Learning techniques become of component importent in the learning process. The purpose of this research to describe the effectiveness of study creative writing poetry using acrostic techniques and writing poetry using drill guidance techniques with natural beauty video media and determine the differencess effectiveness between both of two techniques. This research use nonequivalent control group design. The results showed that learning writing poetry effectively done using acrostic techniques and drill guidance techniques with natural beauty video media. But learning writing poetry in class VII SMP Negeri 22 Semarang using acrostic technique more effectively than using drill guidance.   Key words: acrostic techniques, guidance drill techniques, natural beauty video media, creative writing poetry learning.
PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI UNTUK PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI Prasetyo, Bismo; Baehaqie, Imam
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6 No 2: November 2017
Publisher : Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (238.318 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan media video animasi untuk membelajarkan materi memproduksi teks laporan hasil observasi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Research and Development yang dilaksanakan dalam lima tahap, yaitu 1) potensi masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, angket kebutuhan, dan angket validasi. Analisis data menggunakan teknik deskripsi kualitatif. Subjek penelitian yaitu guru dan siswa kelas X SMA dari SMA Negeri 1 Ungaran, SMA Negeri 5 Semarang, dan SMA Negeri 11 Semarang tahun ajaran 2015/2016. Uji validasi media ini dilakukan oleh dosen dan ahli sinematografi untuk mengetahui kelayakannya. Media video animasi untuk pembelajaran memproduksi teks laporan hasil observasi dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran teks laporan hasil observasi dengan rata-rata penilaian 83,3 atau kategori sangat baik. Kata kunci: memproduksi teks laporan hasil observasi dan media video animasi     ABSTRACT The aim of the study is to develop an short animated video as a material to produce report text on the result of observation. The study is used Research and Development as the design that carried out in five stages, namely 1) finding, 2) field testing, 3) developing product, 4) design validation, 5) product revising. Collecting data methods using interviews, questionnaires, and validation questionnaires. The data is being analyzed using qualitative description. The subject of research are Indonesian language teachers and students in Ungaran Senior High School 1, Semarang Senior High School 5, and Semarang Senior High School 11 academic year 2015/2016. Media validation test was conducted by lecturers and cinematography expert to determine eligibility of the animation. The Animation vidoes to produce report text based on observation instructional purpose has been declared fit for use as a medium of learning report text with a 83,3 scroing average or excellent category. Keywords: producing report text based on the observation instructional and animation videos
PENINGKATAN KETERAMPILAN MEREVISI TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN METODE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 12 MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016 Yuniawan, Dwi; Mardikantoro, Hari Bakti
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6 No 2: November 2017
Publisher : Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (268.433 KB)

Abstract

Penelitian tindakan ini dilakukan dengan tujuan menjelaskan pelaksanaan pembelajaran merevisi teks eksplanasi, memaparkan peningkatan kemampuan peserta didik, menjelaskan perubahan sikap spiritual dan sosial peserta didik dalam merevisi teks eksplanasi dengan metode Team Accelerated Instruction (TAI) melalui media motion graphic. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah keterampilan merevisi teks eksplanasi peserta didik kelas VII A SMP Negeri 12 Magelang. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah keterampilan merevisi teks eksplanasi, sedangkan variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan metode Team Accelerated Instruction (TAI) dalam proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik nontes. Teknik tes dilaksanakan dengan cara peserta didik merevisi teks eksplanasi, sedangkan teknik nontes dengan cara observasi, wawancara guru dan peserta didik, serta dokumentasi foto dan video. Analisis data meliputi data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran merevisi teks eksplanasi dengan metode Team Accelerated Instruction (TAI) mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada tahap siklus I nilai rata-rata merevisi teks eksplanasi sebesar 76,06 dengan kategori cukup. Setelah dilakukan tindakan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 80,15 dengan kategori baik. Selain itu, sikap spiritual dan sosial peserta didik selama mengikuti pembelajaran merevisi teks eksplanasi juga mengalami perubahan ke arah yang lebih baik. Hal tersebut dibuktikan berdasarkan data dari hasil observasi sikap yang menunjukkan nilai rata-rata kelas 72,375 dengan kategori cukup pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 9,55 menjadi 81,925 pada siklus II dengan kategori baik. Kata kunci: Keterampilan merevisi teks eksplanasi, metode Team Accelerated Instruction (TAI). Penelitian tindakan ini dilakukan dengan tujuan menjelaskan pelaksanaan pembelajaran merevisi teks eksplanasi, memaparkan peningkatan kemampuan peserta didik, menjelaskan perubahan sikap spiritual dan sosial peserta didik dalam merevisi teks eksplanasi dengan metode Team Accelerated Instruction (TAI) melalui media motion graphic. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah keterampilan merevisi teks eksplanasi peserta didik kelas VII A SMP Negeri 12 Magelang. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah keterampilan merevisi teks eksplanasi, sedangkan variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan metode Team Accelerated Instruction (TAI) dalam proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik nontes. Teknik tes dilaksanakan dengan cara peserta didik merevisi teks eksplanasi, sedangkan teknik nontes dengan cara observasi, wawancara guru dan peserta didik, serta dokumentasi foto dan video. Analisis data meliputi data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran merevisi teks eksplanasi dengan metode Team Accelerated Instruction (TAI) mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada tahap siklus I nilai rata-rata merevisi teks eksplanasi sebesar 76,06 dengan kategori cukup. Setelah dilakukan tindakan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 80,15 dengan kategori baik. Selain itu, sikap spiritual dan sosial peserta didik selama mengikuti pembelajaran merevisi teks eksplanasi juga mengalami perubahan ke arah yang lebih baik. Hal tersebut dibuktikan berdasarkan data dari hasil observasi sikap yang menunjukkan nilai rata-rata kelas 72,375 dengan kategori cukup pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 9,55 menjadi 81,925 pada siklus II dengan kategori baik. Kata kunci: Keterampilan merevisi teks eksplanasi, metode Team Accelerated Instruction (TAI).   This research is conducted in order to explain the learning process of revising explanation texts, explain the enhancement skills of the students, and explains the spiritual and social manner changes of the students in revising the explanation texts using Team Accelerated Instruction (TAI). There are two cycles in this research. Each research comprises of four stages, which are planning, action, observation, and reflection. The subject of this research is the revising explanation text skills of the seventh grade students of SMP Negeri 12 Magelang. The bound variable in this research is the skills of revising explanation texts, while the free variable in this research is the use of Team Accelerated Instruction (TAI) method in the learning process. The technique of data collection is using test and non-test techniques. In the test technique, the students revise the explanation texts while in the non-test technique; it is conducted by observation, interviews between the teacher and the students, and photos and videos documentations. The data analysis comprises of the quantitative and qualitative data. The results showed that the implementation of learning process of revising explanation texts using Team Accelerated Instruction (TAI) was increasing from first cycle to second cycle. The first cycle showed that the average mark was 76, 06 categorized as enough. After the action on the second cycle, the average mark was 80, 15 categorizes as good. In addition, the spiritual and social manners of the students during the learning process of revising explanation texts were also better. It was proven from data resulted by the manner observation showing the average of the class for about 73,357 categorized as enough on the first cycle was increasing for about 9,55 to be 81,925 on the second cycle categorized as good.   Keywords: skills of revising explanation texts, Team Accelerated Instruction (TAI) method.
PENGEMBANGAN KAMUS EKOLEKSIKON TEMATIK BERWAWASAN EKOLINGUISTIK SEBAGAI PENGAYAAN MATERI AJAR MATA KULIAH PENDIDIKAN KONSERVASI Yuniawan, Tommi; Retnoningsih, Amin; Siroj, Muhammad Badrus
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6 No 2: November 2017
Publisher : Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (253.671 KB)

Abstract

Abstrak Pengembangan kamus ekoleksikon tematik berwawasan ekolinguistik sebagai pengayaan materi ajar mata kuliah Pendidikan Konservasi diasumsikan dapat membantu dosen dan mahasiswa.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan yang merupakan metode untuk meneliti, mengembangkan, serta menguji suatu produk sesuai kebutuhan khusus dan memiliki spesifikasi tertentu.Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan: (1) kebutuhan kamus ekoleksikon tematik berwawasan ekolinguistik sebagai pengayaan materi ajar mata kuliah Pendidikan Konservasi diperoleh atas dasar masukan mahasiswa dan dosen mencakupi aspek: motivasi mahasiswa, materi atau isi kamus tematik, penyajian kamus tematik, bahan dan keterbacaan, serta grafika; (2) rancangan prototipe kamus ekoleksikon tematik berwawasan ekolinguistik sebagai pengayaan materi ajar mata kuliah Pendidikan Konservasi mengacu pada pilar konservasi, yaitu: nilai dan karakter, seni dan budaya, serta SDA dan lingkungan; serta (3) hasil uji ahli prototipe kamus ekoleksikon tematik berwawasan ekolinguistik sebagai pengayaan materi ajar mata kuliah Pendidikan Konservasi dengan responden dosen dan ahli berkategori baik. Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai referensi teoretis dan referensi praktis untuk meningkatkan kualitas pembelajaran mata kuliah Pendidikan Konservasi.   Kata Kunci: ekoleksikon,ekolinguistik, pendidikan konservasi.     Abstract   The development of the ecolinguistic dictionary with ecolinguistic insight as the enrichment of the subject matter of Conservation Education is assumed to assist the lecturers and the students. The research method used in this research is research and development which is a method to research, develop, and test a product according to special needs and have specification Based on the result of the research, it is concluded that (1) the need of ecolinguistic ecolinguic dictionary with ecolinguistic perspective as enrichment of subject matter of Conservation Education is obtained on the basis of student input and lecturer covering aspects: student motivation, material or contents of thematic dictionary, presentation of thematic dictionary, material and readability , and graphics; (2) prototype design of ecolexicic thematic dictation ecolinguistic insight as enrichment of subject matter of Conservation Education refers to the pillars of conservation, namely: value and character, art and culture, and natural resources and environment; and (3) expert test result of prototype of thematic ecolexicic dictionary with ecolinguistic insight as enrichment of subject matter of Conservation Education subject with lecturer respondents and good categorical experts. The results of this study can be used as a theoretical reference and practical reference to improve the quality of Conservation Education course.   Keywords: ekoleksikon, ecolinguistic, education conservation.
PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF MENYUNTING KARANGAN BERMUATAN NILAI-NILAI KARAKTER BERBASIS TIK PADA MATA KULIAH UMUM BAHASA INDONESIA Utomo, Asep Purwo Yudi; Yulianti, Uki Hares
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6 No 2: November 2017
Publisher : Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (207.296 KB)

Abstract

Abstract   The purpose of this study reveals the level of need for interactive media to text editting containing ICT-based character values in Indonesian general lecture; designing and determining the effectiveness of interactive media to edit text containing ICT-based character values in general Indonesian general lecture. The research approach used is research and development (R & D). The results of this study are as follows. Characteristics of interactive media text editing containing ICT-based character values in Indonesian general lecture which corresponds to the needs of lecturers and students include a reference used for the development of interactive media text editing. The average score of lecturer appraisal was 88.75% and the average score of the students' appraisal was 87.5%. Keyword: interactive media, text editing, character values, ICT, Indonesian.   Abstrak   Tujuan penelitian ini mengungkap tingkat kebutuhan mengenai media interaktif menyunting karangan bermuatan nilai-nilai karakter berbasis TIK pada mata kuliah umum bahasa Indonesia; merancang dan menentukan keefektifan media interaktif menyunting karangan bermuatan nilai-nilai karakter berbasis TIK pada mata kuliah umum bahasa Indonesia. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau research and development (R & D). Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Karakteristik media interaktif menyunting karangan bermuatan nilai-nilai karakter berbasis TIK pada mata kuliah umum bahasa Indonesia yang sesuai dengan kebutuhan dosen dan mahasiswa meliputi acuan yang digunakan untuk pengembangan media interaktif menyunting karangan. Skor rata-rata penilaian dosen sebesar 88,75% dan skor rata-rata penilaian mahasiswa sebesar 87,5%.   Kata kunci: media interaktif, menyunting karangan, nilai karakter, TIK, bahasa Indonesia
PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA MAHASISWA ASING DALAM PROGRAM BIPA IAIN SURAKARTA Inderasari, Elen; Agustina, Tiya
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6 No 2: November 2017
Publisher : Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (278.089 KB)

Abstract

Bahasa Indonesia for Foreign Speakers (BIPA) is an Indonesian language teaching program aimed at foreign speakers. Errors are an inevitable part of learning that every language learner commonly encounters in language errors. The research purposes are to know the form of errors in the foreign students’ language in the various levels (spelling, phonology, morphology, syntax, and semantics), and to know the factors causing errors in the use of Indonesian language writing skills of foreign students in Indonesian language learning program BIPA IAIN Surakarta. The research subjects are students who came from Thailand. Data collection techniques used are observation, interview and documentation during the activities in the BIPA Program. Data validity technique is triangulation technique namely source, method, and technique triangulation. This research applies error analysis or correct analysis. The implementation steps are 1) data collection, 2) error identification 3) error description 4) error classification 5) error evaluation. Based on the classification of data in spelling, phonology, morphology, syntax, and semantics, it can be concluded that language errors in Thai students tends to be in many classifications. In the data of phonological level, there are several error pronunciations that cause phoneme changes, phonemic addition, and phoneme omission. In the morphological data classification, there are some errors from the findings data such as errors in affixes usage in which the most dominant error of affixes usage is the occurrence of prefix form followed by suffix and confix. In the syntactic data classification, there are some errors in the structure of sentences, the function of the word in many sentences are reversed structure. In the semantics data classification, there are many errors in the selection of words (diction) in a sentence. Factors influencing Thai students' language errors are internal factors and external factors.       Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) merupakan program pengajaran bahasa Indonesia yang ditujukan untuk penutur asing. Kesalahan merupakan suatu bagian belajar yang tidak terhindarkan setiap pembelajar bahasa umumnya mengalami kesalahan dalam berbahasa. Adapun tujuan penelitian dalam penulisan ini yaitu, mengetahui bentuk kesalahan berbahasa pada mahasiswa asing dalam tataran (ejaan, fonologi, morfologi, sintaksis, dan semantik), serta mengetahui faktor-faktor penyebab kesalahan pemakaian bahasa Indonesia dalam kemampuan menulis mahasiswa asing dalam pembelajaran bahasa Indonesia program BIPA IAIN Surakarta. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah mahasiswa baru BIPA yang berasal dari Thailand. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi selama kegiatan di dalam Program BIPA. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi, yaitu triangulasi sumber, triangulasi metode, dan triangulasi teknik. Analisis yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan analisis kesalahan (correc analysis). Langkah-langkah pelaksanaaan yang dimaksud 1) pengumpulan data, 2) pengidentifikasian kesalahan, 3) penjelasan kesalahan 4) peng-klasifikasian kesalahan 5) pengevaluasian kesalahan. Berdasarkan klasifikasi data baik dalam tataran ejaan, fonologi, morfologi, sintaksis, dan semantik dapat disimpulkan bahwa kecenderungan kesalahan berbahasa pada mahasiswa Thailand. Pada klasifikasi data tataran fonologi, terjadi beberapa kesalahan pelafalan yang menyebabkan perubahan fonem, penambahan fonem, dan penghilangan fonem suatu kata. Pada klasifikasi data tataran morfologi, terjadi beberapa kesalahan dari data temuan yaitu kesalahan penggunaan afiks paling dominan terjadi pada bentuk prefiks yang diikuti oleh sufiks dan konfiks. Pada klasifikasi data tataran sintaksis, terjadi beberapa kesalahan pada struktur kalimat, fungsi kata dalam kalimat banyak yang terbolak-balik strukturnya. Pada klasifikasi data tataran semantik telah ditemukan beberapa kesalahan dalam pemilihan kata (diksi) dalam suatu kalimat. Faktor-faktor yang mempengaruhi kesalahan berbahasa mahasiswa Thailand yaitu faktor internal dan faktor ekternal. Kata Kunci: Kesalahan Berbahasa, Pengajaran Bahasa Indonesia, Program BIPA
PENGAJARAN DAN PEMBELAJARAN BIPA DI PERGURUAN TINGGI POLANDIA Hertiki, Hertiki
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6 No 2: November 2017
Publisher : Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (195.657 KB)

Abstract

Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) saat ini sangat banyak sekali peminatnya terutama di kalangan mahasiswa asing. Beberapa negara baik di kawasan Asia, Australia, Eropa dan Amerika memiliki kelas BIPA yang dikhususkan bagi para mahasiswa asing yang ingin belajar bahasa Indonesia. BIPA telah menjadi bagian dari mata kuliah pilihan bahasa asing yang ditawarkan oleh Universitas di suatu negara, terutama untuk mahasiswa tingkat akhir. Di Eropa sendiri, pemelajar BIPA sangat banyak jumlahnya yang tersebar di beberapa negara seperti: Belanda, Jerman, Italia, Polandia, Perancis, Rusia, dan Spanyol. Sejak tahun 2011, bahasa Indonesia telah dijadikan sebagai mata kuliah bahasa asing untuk jenjang S-1 di Perguruan Tinggi di beberapa kota di Polandia, misalnya: Poznan, Torun, Krakow dan Warsaw. Setiap tahunnya, Kemenristekdikti lewat programnya yang bernama SAME BIPA mengirimkan dua orang tenaga pengajar untuk mengajar BIPA di Polandia. Untuk memberi gambaran umum tentang pengajaran dan pembelajaran bahasa Indonesia di tingkat perguruan tinggi di Polandia, dalam makalah ini peneliti akan membahas beberapa hal seperti: (1) situasi dan kondisi pengajaran BIPA di Polandia dan (2) kendala yang dihadapi oleh pemelajar BIPA.   Kata Kunci: pengajaran, pembelajaran, bahasa Indonesia, Polandia     Nowadays, foreign students are very interested in learning the Indonesian Language. Some countries in Asia, Australia, Europe, and America have offered Indonesian classes as an optional course for students in the last semester of the university. In Europe itself, students of Indonesian classes are spread among the European countries such as: Netherlands, Germany, Italy, Poland, France, Russia, and Spain. Since 2011, the Indonesian language has become a course subject for Bachelor Degree in university level especially in Poland (Poznan, Torun, Krakow, and Warsaw). Every year, the Ministry of Research Technology and Higher Education of the Republic of Indonesia (Kemenristekdikti) through its program called SAME BIPA has sent two lecturers to teach BIPA in Poland. To give a brief description of teaching and learning the Indonesian language in university level in Poland, this article discusses (1) the situation of teaching BIPA in Poland, and (2) obstacles from the students who learnt the Indonesian language.   Key words: teaching, learning, Indonesian language, Poland
Analisis Teks Anekdot Bermuatan Karakter dan Kearifan Lokal sebagai Pengayaan Bahan Ajar Bahasa Indonesia di SMA Wardani, Endah Dyah; Rustono, Rustono; Nuryatin, Agus
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6 No 2: November 2017
Publisher : Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (293.83 KB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) struktur, jenis, makna tekstual dan kontekstual teks anekdot bermuatan karakter dan kearifan lokal; (2) anekdot sebagai media penyampai komunikasi bermuatan karakter dan kearifan lokal; dan (3) kelayakan teks anekdot bermuatan karakter dan kearifan lokal sebagai bahan ajar bahasa Indonesia di SMA. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa teks anekdot yang bermuatan karakter dan kearifan lokal yang sudah divalidasi ahli sejumlah 111 teks anekdot. Hasil penelitian ini adalah (1) teks anekdot bermuatan karakter berjumlah 75 dengan rincian bermuatan nilai spiritual keagamaan (10), pengendalian diri, kepribadian, dan akhlak mulia (6), kecerdasan (45), dan nilai keterampilan bermasyarakat (14). Sedangkan nilai kearifan lokal berjumlah 36 teks meliputi nilai rasa belas kasih (14), bijaksana (6), pribadi yang tangguh (8), rendah hati (3), dan pandai bergaul (5). Makna kontekstual teks anekdot bermuatan karakter dan kearifan lokal meliputi situasi, peristiwa, tindak tutur, dan fungsi tuturan yang mencerminkan karakter dan kearifan lokal masyarakat Indonesia; (3) Anekdot sangat tepat digunakan dalam penyampaian karakter dan kearifan lokal karena rasa humor yang disukai siswa dan mudah diterima siswa, nilai-nilai yang terkandung dalam teks, dan cerita tokoh-tokoh terkenal; serta (4) 111 teks anekdot hasil penelitian layak dijadikan bahan ajar Bahasa Indonesia di SMA.   Kata kunci: teks anekdot, karakter, kearifan lokal, bahan ajar, bahasa Indonesia SMA   ABSTRACT This study aims to describe (1) the textual, contextual, textual and contextual text of anecdotal text containing character and local wisdom; (2) anecdotes as a communicator medium containing character and local wisdom; and (3) the appropriateness of anecdotal text is loaded with character and local wisdom as Indonesian language teaching material in high school. This research type is qualitative descriptive. The research data in the form of anecdotal text that has character and local wisdom that has been validated by a number of 111 anecdotes experts. The results of this study are (1) anecdotal text containing 75 characters of character with details of spiritual spiritual values ​​(10), self-control, personality, and noble character (6), intelligence (45), and societal skills score (14). While the value of local wisdom amounted to 36 texts including the value of compassion (14), wise (6), a strong person (8), humble (3), and sociable (5). Contextual meaning of anecdotal text containing character and local wisdom includes situations, events, speech acts, and speech functions that reflect the character and local wisdom of the Indonesian people; (3) Anecdotes are aptly used in the delivery of character and local wisdom because of the humor that students love and are easily accepted by students, the values ​​contained in the text, and the stories of famous personalities; and (4) 111 anecdotal texts of research result worthy of being used as teaching material of Indonesian language in SMA.   Keywords: anecdotal text, character, local wisdom, teaching materials, Indonesian high school

Page 1 of 2 | Total Record : 20