cover
Contact Name
Yuli Ani Setyo Dewi
Contact Email
selingjurnalpgra@gmail.com
Phone
+6281296125801
Journal Mail Official
selingjurnalpgra@gmail.com
Editorial Address
Jl. Hayamwuruk 31 Watesumpak Trowulan Mojokerto Tel / Fax. (0321) 3914242 Mojokerto,
Location
Kab. mojokerto,
Jawa timur
INDONESIA
Seling: Journal of PGRA Study Program
ISSN : 2528083X     EISSN : ISSN2540     DOI : https://doi.org/10.29062/seling.v5i2
Core Subject : Education, Social,
SELING: JOURNAL OF PGRA STUDY PROGRAM accepts manuscripts related to all aspects of Elementary Education.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 1 (2021): Januari 2021" : 10 Documents clear
Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini melalui Permainan Jump and Crawl Nia Isti Isabela; Linda Dwiyanti; Ridwan Ridwan
SELING: Jurnal Program Studi PGRA Vol 7 No 1 (2021): Januari 2021
Publisher : Program Studi PGRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1076.991 KB) | DOI: 10.29062/seling.v7i1.720

Abstract

Mengembangkan pendidikan anak usia dini melalui bermain merupakan metode pembelajaran yang paling sesuai yaitu pada rentang usia 0 hingga 6 tahun, Dimana pertumbuhan dan perkembangan seorang anak dalam segala aspek sangat berkembang pesat. Motorik Kasar merupakan aspek terpenting dari beberapa aspek perkembangan anak yang tidak bisa ditinggalkan. Dalam kemampuan motorik kasar anak bisa dikembangkan melalui kegiatan bermain, bermain diharapkan bisa mengembangkan kemampuan motorik kasar anak yaitu melalui permainan modifikasi Jump and Crawl. Permainan Jump and Crawl merupakan salah satu permainan yang didesain untuk mengembangkan kemampuan motorik kasar anak. Model pembelajaran melalui bermain lebih partisipatif dan menyenangkan untuk anak, hal ini dapat memberikan pengaruh yang baik bagi perkembangan kemampuan motorik kasar anak usia dini. Untuk anak usia 4-5 tahun dalam mengembangkan kemampuan melompat dan merangkak harus sesuai dengan tingkatan capaian usianya. Bentuk salah satu stimulasi permainan yang mampu mengembangkan kemampuan motoric kasar anak adalah permainan Jump and Crawl, dengan menggunakan permainan Jump and Crawl dapat menstimulasi perkembangan kemampuan melompat dan merangkak untuk pengembangan kemampuan anak.
Media Magic Book untuk Melatih Perkembangan Kognitif pada Masa Awal Anak Usia 2-3 Tahun Atik Latifah; Suyadi Suyadi
SELING: Jurnal Program Studi PGRA Vol 7 No 1 (2021): Januari 2021
Publisher : Program Studi PGRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (998.14 KB) | DOI: 10.29062/seling.v7i1.721

Abstract

Anak merupakan karunia yang Tuhan berikan. Mendidik dan membesarkan anak merupakan tanggung jawab orang tua. Menumbuh kembangkan kemampuan anak baik Agama, sosial-moral, kognitif, bahasa, fisik-motorik, dan seni seharusnya diperhatikan orang tua sejak dini. Dalam penelitian ini penulis menggunakan media edukatif berupa magic book sebagai alat pebelajaran untuk perkembangan kognitif anak. Dalam penelitian dengan menggunakan Magic book ini diharapkan dapat memberikan kontribusi serta mencapai tujuan yaitu untuk melatih perkembangan kognitif anak usia 2-3 tahun. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil dari observasi dan wawancara yang penulis lakukan dalam penelitian ini bahwa penggunaan media magic book dapat dijadikan sebagai media untuk melatih perkembangan kognitif anak usia 2-3 tahun. Keberhasilan ini dibuktikan dengan mampunya anak dalam membedakan bentuk, warna, serta menyusun kolase, dan lain sebagainya.
Efektivitas Pembelajaran Daring terhadap Perkembangan Fisik Motorik Anak di RA Nurul Hikmah Ketemas Dungus Puri Mojokerto Putri Ismawati; Susi Maulida; Umi Maysaroh
SELING: Jurnal Program Studi PGRA Vol 7 No 1 (2021): Januari 2021
Publisher : Program Studi PGRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (886.138 KB) | DOI: 10.29062/seling.v7i1.722

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah dalam proses pembelajaran daring guru tidak bisa memantau perkembangan fisik motorik anak, karena anak-anak lebih banyak belajar dirumah dan dirumahpun anak-anak tidak bisa leluasa keluar rumah untuk bermain ataupun pergi rekreasi. Akibatnya banyak orangtua yang berfikir bahwa dengan bermain HP lah yang menjadi solusi utamanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektifitas pembelajaran daring terhadap perkembangan fisik motorik anak di RA Nurul Hikmah Ketemasdungus Puri Mojokerto. Manfaat penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan, baik secara teoritis maupun praktis bagi peneliti sesuai dengan fokus penelitian yang dilakukan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan tempat penelitian di RA Nurul Hikmah Ketemasdungus yang dilaksanakan pada 1 April – 30 Mei 2020. Adapun subjek penelitian adalah 10 siswa RA Nurul Hikmah Dsn.Ketemas RT.03/RW.02. Sedangkan informan penelitiannya adalah kepala sekolah. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan peneliti adalah indikator fisik motorik. Analis data menggunakan model analisis interaktif dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian perkembangan fisik motorik anak pada saat pembelajaran daring mengalami penurunan. Penurunan ini ditunjukkan dari hasil penilaian kepada 10 anak yang hasilnya rata-rata mulai berkembang (MB). Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran daring terhadap perkembangan fisik motorik anak di RA Nurul Hikmah Ketemasdungus Puri Mojokerto kurang efektif.
Pola Komunikasi Orang Tua dengan Anak terhadap Ketergantungan Media Internet di BTN Gowa Lestari Batangkaluku Andrianto Andrianto; Dwi Noviatul Zahra; Nurul Aisyah
SELING: Jurnal Program Studi PGRA Vol 7 No 1 (2021): Januari 2021
Publisher : Program Studi PGRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (837.802 KB) | DOI: 10.29062/seling.v7i1.724

Abstract

The Internet is a global information network that can be accessed via a home computer, modem, smartphone, internet cafe, and through other services, namely Web-TV. However, there are some people who are against the internet as a new mass medium available the public. This research’s goals are twofold: (1) determining the pattern of communication between parents and adolescents when overcoming the internet media dependency in BTN Gowa Lestari Batangkalukuand (2) identifying possible strategies to break the communication barriers between parents and adolescents who experienced the dependency of internet media. This research is a descriptive qualitative using and approach based on Media System Dependency theory as developed by Krisnawati (2016). The data sources of this study included parents and adolescents in BTN Gowa Lestari Batangkaluku. The informants were 6 people: 3 parents(1 female and 2 males), and 3 teenagers. Furthermore, the techniques used for data collection consist of: observation, interviews, and documental research. Based on the discussions of the research results, it can be argued that (1) there are 2 types of communication patterns used by parents when it comes to internet dependence at BTN Gowa Lestari Batangkaluku, them being: (a) permissive communication patterns that leave the children free to do anything, and (b) authoritative communication patterns where parents and children discuss all the rules in the house. The results of this study indicate that, (2) when communicating with teenagers parents experience a series of obstacles. Said barriers of communication between parents and adolescents being, for example: lack of time to spend with the children, business and work, lack of knowledge concerning the internet, irritability due to fatigue after work, parents not focusing on taking care of and supervising their children, and selfishness from both children and parents. Research implications, as well as suggestions are: (1) for parents to improve the quality of the approach by making it less incisive, improving their communication skills, understanding their role as a parent and providing appropriate solutions to their children so that they are not overly dependent on the internet; 2) for them to take extra time for the children and supervise them when using the internet, so that in the future parents have a strategy in deeper understanding when dealing with problems relating to internet consumption. Finally, (3) for teenagers, it is suggested to try to fill their free time with positive things and strengthen their relationship with their parents, by being willing to tell what problems they are facing more openly, so that their connection with their parents is stronger.
Meningkatkan Kecerdasan Musik Anak melalui Media Gadget Berbasis Aplikasi (Games Music) Mushab Al Umairi; Suyadi Suyadi; Naimah Naimah
SELING: Jurnal Program Studi PGRA Vol 7 No 1 (2021): Januari 2021
Publisher : Program Studi PGRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1002.742 KB) | DOI: 10.29062/seling.v7i1.725

Abstract

Pendidikan musik anak usia dini adalah salah satu alternatif yang dapat di tempuh, upaya untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak. Dengan adanya pembelajaran seni musik anak dapat mengembangkan talenta dan membina anak usia dini agar dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan bakat dan minat anak. Kecerdasan musik dapat dimiliki seorang anak secara ilmiah. Bermain musik suatu kegiatan yang dapat mengembangkan pengetahuan dan kemampuan anak usia dini dalam berbagai aspek perkembangannya. Karena perkembangan seluruh aspek pada anak menentukan kemampuannya sebagai bekal di masa depan. Media gadget merupakan media teknologi yang sering digunakan oleh semua orang baik dalam bidang apapun. Latar belakang masalah penelitian ini adalah rendahanya kecerdasan musik anak mungkin dikarenakan oleh media dalam pelaksanaan pembelajaran yang digunakan kurang menarik dan menyenangkan. Metode atau kegiatan dalam penelitian ini yaitu kegiatan bermain musik berbasis aplikasi (game music) media gadget.
Penguatan Karakter Anak Usia Dini dalam Perspektif Al-Qur’an dan Hadits M. Mujib Utsmani
SELING: Jurnal Program Studi PGRA Vol 7 No 1 (2021): Januari 2021
Publisher : Program Studi PGRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (318.605 KB) | DOI: 10.29062/seling.v7i1.732

Abstract

Di era yang semakin global ini tuntutan adanya sumber daya manusia yang berkualitas dan berwawasan luas tidak hanya dalam bidang ilmu pengetahuan umum saja, namun juga harus didasari dengan ahlak yang karimah, sehingga mampu mengandalikan diri dari pengaruh budaya yang serba membolehkan yang mengiringi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut. Krisis yang melanda Indonesia dewasa ini diindikasikan bukan hanya berdimensi material, akan tetapi juga telah memasuki kawasan moral agama. Hal ini dipicu oleh tidak adanya pengetahuan agama yang kuat. Tujuan utama Pendidikan Islam ialah membentuk akhlak dan budi pekerti yang sanggup menghasilkan orang-orang yang bermoral, jiwa bersih, kemauan keras, cita-cita yang besar sertaa akhlak yang tinggi, tahu arti kewajiban dan pelaksanaannya, menghormati hak-hak manusia, bisa membedakan baik dan buruk, menghindari perbuatan tercela, dan senantiasa mengingat Allah SWT dalam setiap pekerjaan yang mereka lakukan. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, maka kita harus berusaha semaksimal mungkin untuk mewujudkannya dan juga kita harus berpandangan luas mengenai bagaimana kita sebagai orang dewasa untuk mendidik dalam bersikap dan bertingkah laku kepada anak, karena bahwasanya anak-anak adalah kuncup-kuncup yang akan berkembang dalam kehidupan kita, janji gemilang bagi masa depan, dan penghibur hati kita
Implementasi Pengembangan Kecerdasan Naturalis Anak Usia 4-5 Tahun melalui Pendekatan Ekplorasi Lingkungan Terza Travelancya dp
SELING: Jurnal Program Studi PGRA Vol 7 No 1 (2021): Januari 2021
Publisher : Program Studi PGRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (303.86 KB) | DOI: 10.29062/seling.v7i1.734

Abstract

Ketersediaan alat peraga edukatif yang digunakan dalam kelas dan diluar ruang kelas masih terbatas, dengan jumlah yang terbatas memiliki dampak semakin sedikitnya anak yang peduli terhadap alam dan lingkungan, dan guru belum optimal dalam mengajarkan kecerdasan naturalis. Penelitian ini bertujuan mengetahui Implementasi Pengembangan Kecerdasan Naturalis Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Pendekatan Ekplorasi Lingkungan Sekitar di RA Nurul Iman. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif, jenis penelitian ini dilakukan di RA Nurul Iman Ranuwurung Gading Tahun Pelajaran 2019/2020, yang dilaksanakan pada bulan April sampai Juni, subjek penelitian ini guru kelas A di RA Nurul Iman Raunuwurung Gading, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi yang mana mewawancarai kepala RA dan guru kelas A dan B di RA Nurul Iman. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Implementasi Pengembangan Kecerdasan Naturalis Anak Usia 4-5 Tahun melalui Pendekatan Ekplorasi Lingkuangan Sekitar di RA Nurul Iman Tahun Pelajaran 2019/2020, dilakukan dengan melakukan perencanaan yang dilakukan dengan membuat RPPH setiap hari, pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan tiga stategi yaitu belajar melalui alam, menggunakan tanaman sebagai alat peraga, dan mengamati tumbuhan, kemudian evaluasi pembelajaran dilakukan setiap hari dengan membuat penilaian harian dn penilaian hasil karya.
Implementasi Pendidikan Karakter Islam Ahlussunah Waljama’ah (Aswaja) pada Mahasiswa Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) IAIMNU Metro Lampung Muhyidin Thohir; Dedi Setiawan; Muhammad Zaini; Leli Fertiliana Dea
SELING: Jurnal Program Studi PGRA Vol 7 No 1 (2021): Januari 2021
Publisher : Program Studi PGRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (319.42 KB) | DOI: 10.29062/seling.v7i1.735

Abstract

Pendidikan karakter merupakan kebutuhan mendesak bagi dunia pendidikan khususnya di Indonesia saat ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi dari pendidikan karakter Aswaja di lingkungan Perguruan Tinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) IAMNU Metro Lampung. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Implementasi pendidikan karakter Aswaja pada penelitian ini yaitu 1) Penanaman pendidikan karakter Aswaja dapat dilakukan pada proses perencanaan, implementasi dan evaluasi, 2) Perencanaan pendidikan karakter Aswaja pada Prodi PIAUD dilakukan ketika penyusunan rencana pembelajaran, 3) Pelaksanaan pendidikan karakter dilakukan melalui proses belajar mengajar tatap muka di dalam kelas dan kegiatan-kegiatan lain diluar kelas dan 4) Evaluasi pelaksanaan pendidikan karakter Aswaja dilaksanakan dengan cara menilai secara langsung dan pengamatan.
Pengembangan E-Modul “Bagaimana Merancang dan Melaksanakan Pembelajaran untuk Memicu HOTS Anak Usia Dini melalui Open Ended Play” Berbasis Ncesoft Flip Book Maker I Wayan Sutama; Wuri Astuti; Pramono Pramono; M.Abdul Ghofur; Dewi Endah N.; Lailatus Sangadah
SELING: Jurnal Program Studi PGRA Vol 7 No 1 (2021): Januari 2021
Publisher : Program Studi PGRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (309.785 KB) | DOI: 10.29062/seling.v7i1.736

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan E-Modul “Bagaimana Merancang dan Menerapkan Pembelajaran Memicu HOTS Anak Usia Dini Melalui Permainan Terbuka Berakhir“ Berbasis Ncesoft Flip Book Maker ”yang efektif, efisien dan menarik untuk digunakan dalam pembelajaran otodidak bagi guru-guru PAUD. Hal ini dikarenakan proses pembelajaran pada PAUD cenderung memicu perkembangan keterampilan berpikir tingkat bawah yang kurang relevan di era abad 21. Selain itu, kesempatan bagi guru untuk berpartisipasi dalam pengembangan keprofesian berkelanjutan secara tatap muka saat ini terkendala wabah covid-19. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang dimodifikasi menjadi 9 langkah. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan pedoman wawancara yang melibatkan ahli media berbasis IT, ahli materi, kelompok kecil dan Uji kelompok besar. Hasil uji ahli media meunjukkan persentase kelayakan hingga 97,5%, hasil uji materi mencapai 95%. Uji kelompok kecil menunjukkan hasil kelayakan mencapai 97.7%, dan hasil uji kelompok besar mencapai persentase kelayakan hingga 86,67%. Hal ini menunjukkan bahwa pengembangan e-modul sangat efektif, efisien, dan menarik sehingga layak digunakan untuk membantu guru dalam menstimulasi HOTS anak. Modul ini tepat digunakan untuk belajar secara individual. Perlu dilakukan sosialisasi agar hasil pengembangan produk ini dapat lebih bermanfaat bagi banyak guru PAUD, selain itu perlu juga dikembangkan secara lebih rinci untuk setiap materi yang tersedia.
Pesona Pembelajaran Bermuatan SELAMET pada Peningkatan HOST Anak Usia Dini Luluk Rochanah
SELING: Jurnal Program Studi PGRA Vol 7 No 1 (2021): Januari 2021
Publisher : Program Studi PGRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (683.952 KB) | DOI: 10.29062/seling.v7i1.737

Abstract

Proses pembelajaran yang diberikan pada usia ini harus memperhatikan HOTS ( Higher, Order, Thingking, Skill ) disetiap tahap perkembangannya. dengan melaksanakan dan mengimplementasikan pembelajaran bermuatan SELAMET (Sains, Engineering, Literacy, Art, Mathematics, Technology ) dilembaga yang diemban, pendidik harus paham tentang model pembelajaran ini agar anak memiliki kemampuan HOTS dalam menyonsong era pendidikan abad 21. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berdasarkan perspektif fenomenologis, dengan tehnik wanwancara, observasi, dokumentasi. Penelitian ini bertujuan mengamati dan memahami Pembelajaran HOTS yang menyenangkan anak dengan menggunakan pembelajaran bermuatan SELAMET melalui mengenali, mengingat informasi dan fakta, memahami informasi, melakukan fakta, menganalisis, mengevaluasi. Pembelajaran bermuatan SELAMET yang memiliki unsur kreativitas, kritis, komunikasi, kerjasama merupakan salah satu model yang dapat meningkatkan HOTS anak usia dini.

Page 1 of 1 | Total Record : 10