cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
jelt.fbs.unp@gmail.com
Editorial Address
English Department of Faculty of Languages and Arts of Universitas Negeri Padang. Jalan Prof. Dr. Hamka Air Tawar, Padang Sumatera Barat, Indonesia, 25131
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Journal of English Language Teaching
ISSN : -     EISSN : 23023198     DOI : -
Core Subject : Education,
Journal of English Language Teaching is a journal published by English Language Teaching Study Program of FBS Universitas Negeri Padang. This journal is published three times a year (March, June, and September). The main purpose of this journal is to advance and foster English Language Teaching or education, research, and professionalism in Indonesia. The journal provides research and paper to increase awareness, consideration and analysis of issues in Teaching English as Foreign Language, and also promotes the interchange of ideas, and comparative studies in this field.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2013): Serie G" : 10 Documents clear
USING THE LOST TWIN GAME TO IMPROVE PRONUNCIATION OF JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS Sherly Rahmawati; Zul Amri
Journal of English Language Teaching Vol 1, No 2 (2013): Serie G
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (366.543 KB) | DOI: 10.24036/jelt.v1i2.1993

Abstract

Abstrak Penulisan artikel ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana cara meningkatkan pelafalan siswa dengan menggunakan the lost twin game untuk siswa sekolah menengah pertama. Pengajaran pelafalan ini bukanlah hal yang mudah karena siswa sangat mudah bosan dalam belajar dan kurangnya motivasi untuk meningkatkan kemampuan berbicara secara tepat dan lancar. Di awal pembelajaran (pre-teaching) guru mengaktifkan latar belakang pengetahuan siswa dengan memperlihatkan sebuah video atau gambar yang sesuai dengan materi yang diajarkan. Kemudian, (whilst-teaching) guru menerangkan ekspresi pada tindak tutur meminta dan memberi barang, melakukan kegiatan bermain peran, dan menerapkan the lost twin game di dalam kelas. Di akhir pembelajaran, (post-teaching) guru menyimpulkan pelajaran dan melakukan kegiatan yang mebuat siswa rileks belajar. Key words: Lost Twin Game, Improve, Pronunciation, Junior High School Student
The Needs Analysis of English Materials on Computer and Network Engineering Students Rizka Marhasni; Kusni Kusni; Rusdi Noor Rosa
Journal of English Language Teaching Vol 1, No 2 (2013): Serie G
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (246.503 KB) | DOI: 10.24036/jelt.v1i2.1998

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai kebutuhan siswa SMK Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di Padang terhadap materi Bahasa Inggris. Sumber data dari penelitian ini adalah siswa SMK Program Studi Teknik Komputer dan Jaringan di Padang, Guru Bahasa Inggris, dan juga Stakeholders atau pemakai tenaga kerja dari siswa SMK ini nantinya. Instrumen yang dipakai dalam penelitian ini adalah angket. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa materi dilihat dari segi input, content, language dan juga task yang merupakan kebutuhan siswa. Selain itu, informasi mengenai materi yang dianggap sulit dan penting oleh siswa, guru, dan stakeholders juga diperoleh. Keywords: needs analysis, materials, necessities, lacks, wants, computer and network engineering, vocational school
Using Puppet Show in Teaching Listening Narrative Texts for Junior High School Students Widi Septian Yusuf; Yuli Tiarina
Journal of English Language Teaching Vol 1, No 2 (2013): Serie G
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/jelt.v1i2.1994

Abstract

Abstrak Makalah ini membahas tentang penggunaan sebuah media yang dapat membantu pengajaran listening (mendengarkan) teks narrative dengan bantuan visualisasi pertunjukkan puppet yang difokuskan kepada siswa sekolah menengah pertama (SMP). Sesuai dengan KTSP 2006, teks narrative wajib diajarkan pada kelas 8 dan 9. Dalam implikasinya, puppet ditampilkan sesuai dengan teks yang diperdengarkan sehingga siswa akan sangat terbantu dalam memahami isi teks narrative, puppet merupakan visualisasi yang menarik yang dapat menggambarkan isi cerita secara langsung. Dapat disimpulkan bahwa pertunjukan puppet dapat digunakan sebagai media alternatif dalam mengajarkan listening narrative texts.   Key Words: Teaching Listening, Narrative Text, Puppet Show
THE STUDENTS’ ABILITY IN USING DISCOURSE MARKERS IN WRITING DISCUSSION TEXT: A Study at English Department of State University of Padang Melia Nesti Ayu; Yenni Rozimela; Don Narius
Journal of English Language Teaching Vol 1, No 2 (2013): Serie G
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (618.863 KB) | DOI: 10.24036/jelt.v1i2.1999

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk (1) melihat kemampuan mahasiswa bahasa Inggris dalam menggunakan discourse markers dalam menulis discussion text, (2) mengetahui discourse markers yang sering digunakan. Sample penelitian ini adalah mahasiswa bahasa Inggris UNP tingkat III tahun akademik 2010 yang berjumlah 21 orang. Instrumen yang dipakai adalah tes tulis. Penelitian ini dilakukan dengan menyuruh siswa menulis discussion text berdasarkan topik yang telah disediakan. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa mahasiswa memiliki kemampuan yang menengah dalam menggunakan discourse markers. Selain itu, discourse markers yang sering digunakan mahasiswa adalah contrastive markers (39,83%), elaborative markers (36,6%), selanjutnya, inferential markers (20.32%), dan reasonable markers (3.25%). Key Words: Writing Ability, Discourse Markers, Discussion Text
USING ABC-BRAINSTORM STRATEGY IN TEACHING READING COMPREHENSION FOR JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS Lina Lesmana; Fitrawati Fitrawati
Journal of English Language Teaching Vol 1, No 2 (2013): Serie G
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/jelt.v1i2.1990

Abstract

Abstrak Artikel ini bertujuan untuk memaparkan strategi yang dapat digunakan dalam pengajaran membaca dalam Bahasa Inggris. Namun dapat dilihat pada saat ini, kebanyakan dari siswa tidak tertarik untuk membaca, apalagi yang berkaitan dengan bacaan yang berbahasa Inggris. Dalam hal ini, penulis khususkan pada siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Untuk dapat menarik kembali minat siswa dalam membaca, serta agar mereka dapat memahami bacaan dengan mudah, dapat dilakukan dengan menggunakan tekhnik ABC-Brainstorm yaitu sebuah strategi yang digunakan untuk menstimulasi pengetahuan dasar siswa tentang topik yang akan dibahas dan dipelajari di dalam teks. Setelah guru memperkenalkan topik yang diberikan kepada siswa, siswa membuat daftar alfabet pada selembar kertas lalu membuat daftar kosakata yang kira-kira berhubungan dengan topik yang diberikan guru. Setelah selesai membuat daftar kosakata secara individu/kelompok untuk membahas hal yang tidak dapat mereka kerjakan secara individu. Dengan menggunakan strategi ini, diharapkan siswa dapat mengembangkan pemikiran mereka sebelum membaca sehingga siswa dapat memahami isi bacaan secara umum sebelum membacanya secara keseluruhan.   Key Words:    Reading, ABC-Brainstorm, junior high school students
STUDENTS’ WRITING DESCRIPTIVE TEXT ABILITY IN RELATION TO THEIR PERSONALITY TYPES Study Case: Second Grade Students of MAN/MAKN Koto Baru Padang Panjang Indah Etika; Mukhaiyar Mukhaiyar; Saunir Saun
Journal of English Language Teaching Vol 1, No 2 (2013): Serie G
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/jelt.v1i2.1995

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan melihat kemampuan menulis teks deskriptif siswa ditinjau dari tipe personalitinya menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah 31 siswa kelas XI Keagamaan Putra dan 33 siswa kelas XI Keagamaan Putri MAN/MAKN Koto Baru Padang Panjang. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk mengetahui tipe personaliti (melankolis, plegmatis, sanguin, dan koleris) siswa dan tes kemampuan menulis deskriptifnya. Dari kuesioner diberikan, mayoritas siswa bertipe melankolis, 30 orang. Sedangkan plegmatis menjadi minoritas hanya 6 orang. Sementara dari tes kemampuan menulis teks deskriptif, skor rata-rata tertinggi, 77,30, diperoleh dari siswa kelompok melankolis. Kemudian, skor rata-rata terendah diperoleh dari kelompok koleris, 60,55.   Key Words: Personality types, melancholic, phlegmatic, sanguine and choleric
AN ANALYSIS OF ENGLISH DEPARTMENT STUDENTS’ GRAMMATICAL DEVIATIONS IN INDONESIAN – ENGLISH TRANSLATION Ika Dirga Sari; Zul Amri; Saunir Saun
Journal of English Language Teaching Vol 1, No 2 (2013): Serie G
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/jelt.v1i2.1991

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan penyimpangan – penyimpangan grammar yang terdapat pada hasil terjemahan bahasa Indonesia kedalam bahasa Inggris mahasiswa tahun keempat yang terdaftar pada kelas translation tahun ajaran 2012/2013 di Jurusan Bahasa dan sastra Inggris UNP, (2) mendeskripsikan bagaimana kemampuan mahasiswa bahasa Inggris dalam menerjemahkan bahasa Indonesia kedalam bahasa Inggris dilihat dari penyimpangan grammar. Data dari penelitian ini adalah hasil terjemahan mahasiswa jurusan bahasa Inggris dari bahasa Indonesia kedalam bahasa Inggris. Sample penelitian ini adalah 27 orang mahasiswa yang terdaftar pada kelas translation di semester 7 tahun ajaran 2012/2013. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes translation yang berjumlah 2 teks tentang pendidikan dan bahasa. Temuan penelitian menunjukkan bahwa terdapat penyimpangan grammar, mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris dalam menerjemahkan teks bahasa Indonesia kedalam bahasa Inggris sebagai berikut 16,96 % pada tipe omission, 5,16 % pada tipe addition, 21,97 % pada tipe misformation dan 55,89 % pada tipe misordering. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan menerjemah mahasiswa dilihat dari penyimpangan grammar berada pada level sedang.   Key words: Deviation, Grammar, Grammatical Deviations, Indonesian – English Translation.
Students’ Writing Quality Viewed from Four Cs (Concise, Credible, Clear, and Correct) at English Department of Padang State University Rita Endriyani; Yenni Rozimela; Yuli Tiarina
Journal of English Language Teaching Vol 1, No 2 (2013): Serie G
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (646.183 KB) | DOI: 10.24036/jelt.v1i2.1996

Abstract

Abstrak Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui seberapa ringkas, terpercaya, jelas, dan benar karya tulis mahasiswa. Sampel adalah mahasiswa tahun ketiga di Jurusan Bahasa Inggris Universitas Negeri Padang. Data berasal dari tes tertulis. Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, 66% dari tulisan mahasiswa dikategorikan sedang, 32% dari tulisan mahasiswa dikategorikan Buruk, dan 2% dari tulisan mahasiswa dikategorikan Sangat Buruk.  Keringkasan tulisan siswa dikategorikan sedang, dan buruk untuk kredibilitas, kejelasan, dan kebenaran. Keywords: writing, concise, credible, clear, correct
USING OK4R IN IMPROVING SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS’ READING COMPREHENSION Septia Wulandari; Zul Amri
Journal of English Language Teaching Vol 1, No 2 (2013): Serie G
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (349.222 KB) | DOI: 10.24036/jelt.v1i2.1992

Abstract

Abstrak Artikel ini bertujuan untuk memaparkan sebuah teknik dalam membaca yaitu OK4R. OK4R merupakan singkatan dari overview, key ideas, read, recite, reflect, dan review. OK4R merupakan sebuah teknik membaca yang menyuruh siswa untuk melakukan enam langkah dalam membaca: melihat sejenak keseluruhan teks, mencari ide kunci setiap paragraph, membaca keseluruhan teks dan mencari ide-ide dan detil pendukung setiap ide kunci yang telah didapatkan sebelumnya, mencatat ide-ide tersebut dan mengaitkannya ke pengetahuan sebelumnya atau ke kehidupan sehari-hari siswa, mengulang kembali untuk menulis kembali atau melafalkan semua ide-ide yang telah ditangkap dari teks tersebut. Teknik ini diterapkan di kelas dua sekolah menengah atas. Teks yang digunakan adalah eksposisi hortatori. Keunggulan teknik ini adalah siswa memiliki gambaran awal dari teks sebelum membaca keseluruhan teks karena siswa diminta untuk mengambil ide kunci dari setiap paragraf.   Key words: OK4R, reading technique, reading comprehension, senior high school
Teaching Reading Through Free Voluntary Reading (FVR) Strategy at Junior High School. Tati Sunarti Yenni; Yuli Tiarina
Journal of English Language Teaching Vol 1, No 2 (2013): Serie G
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (261.312 KB) | DOI: 10.24036/jelt.v1i2.1997

Abstract

Abstrak Artikel ini ditulis untuk memaparkan suatu strategi pembelajaran sekaligus pemilihan materi pembelajaran memahami teks narrative bahasa inggris disekolah menengah pertama dengan cara melalui bacaan bebas seperti komik, karena komik juga bisa dapat dijadikan sebagai media yang digunakan dalam pengajaran dalam memahami teks narrative. Kegiatan yang dibahas dalam artikel ini adalah kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Pada kegiatan awal guru memberitahu siswa bahwa mereka akan membahas tentang  teks narrative.  Pada kegiatan inti, Pada kegiatan inti, guru akan membahas sedikit tentang teks narrative kepada siswa dengan melalui bacaan contohnya komik. Kemudian kegiatan akhir, guru memberikan refleksi tentang pelajaran dan menyimpulkan pelajaran dengan siswa. dan kemudian guru melakukan tanya jawab mengenai bahan bacaan tersebut kepada siswa. Keunggulan dari media ini adalah siswa dibantu untuk mengembangkan ide idenya dalam membaca contoh teks narrative melalui komik.   Keywords      : Narrative teks, Free Voluntary Reading, comics, technique

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2013 2013


Filter By Issues
All Issue Vol 14, No 3 (2025) Vol 14, No 1 (2025) Vol 13, No 3 (2024) Vol 13, No 2 (2024) Vol 13, No 1 (2024) Vol 12, No 4 (2023) Vol 12, No 3 (2023) Vol 12, No 2 (2023) Vol 12, No 1 (2023) Vol 11, No 4 (2022) Vol 11, No 3 (2022) Vol 11, No 2 (2022) Vol 11, No 1 (2022) Vol 10, No 4 (2021) Vol 10, No 3 (2021) Vol 10, No 2 (2021) Vol 10, No 1 (2021) Vol 9, No 4 (2020) Vol 9, No 3 (2020) Vol 9, No 2 (2020) Vol 9, No 1 (2020) Vol 8, No 4 (2019) Vol 8, No 3 (2019) Vol 8, No 2 (2019) Vol 8, No 1 (2019) Vol 7, No 4 (2018) Vol 7, No 3 (2018) Vol 7, No 2 (2018) Vol 7, No 1 (2018) Vol 6, No 1 (2017): Serie D Vol 6, No 1 (2017): Serie B Vol 6, No 1 (2017): Serie C Vol 6, No 1 (2017): Serie A Vol 6, No 1 (2017): Serie E Vol 5, No 1 (2016): Serie C Vol 5, No 1 (2016): Serie F Vol 5, No 1 (2016): Serie D Vol 5, No 1 (2016): Serie B Vol 5, No 1 (2016): Serie A Vol 5, No 1 (2016): Serie E Vol 4, No 2 (2016): Serie A Vol 4, No 1 (2015): Serie A Vol 3, No 1 (2014): Serie B Vol 3, No 1 (2014): Serie A Vol 3, No 1 (2014): Serie C Vol 3, No 1 (2014): Serie D Vol 2, No 3 (2014): Serie A Vol 2, No 2 (2014): Serie A Vol 2, No 2 (2014): Serie C Vol 2, No 2 (2014): Serie B Vol 2, No 1 (2013): Serie F Vol 2, No 1 (2013): Serie D Vol 2, No 1 (2013): Serie A Vol 2, No 1 (2013): Serie E Vol 2, No 1 (2013): Serie C Vol 2, No 1 (2013): Serie B Vol 1, No 3 (2013): Serie A Vol 1, No 2 (2013): Serie H Vol 1, No 2 (2013): Serie G Vol 1, No 2 (2013): Serie B Vol 1, No 2 (2013): Serie I Vol 1, No 2 (2013): Serie D Vol 1, No 2 (2013): Serie C Vol 1, No 2 (2013): Serie E Vol 1, No 2 (2013): Serie A Vol 1, No 2 (2013): Serie F Vol 1, No 1 (2012): Serie A Vol 1, No 1 (2012): Serie B Vol 1, No 1 (2012): Serie D Vol 1, No 1 (2012): Serie C More Issue