cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
jelt.fbs.unp@gmail.com
Editorial Address
English Department of Faculty of Languages and Arts of Universitas Negeri Padang. Jalan Prof. Dr. Hamka Air Tawar, Padang Sumatera Barat, Indonesia, 25131
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Journal of English Language Teaching
ISSN : -     EISSN : 23023198     DOI : -
Core Subject : Education,
Journal of English Language Teaching is a journal published by English Language Teaching Study Program of FBS Universitas Negeri Padang. This journal is published three times a year (March, June, and September). The main purpose of this journal is to advance and foster English Language Teaching or education, research, and professionalism in Indonesia. The journal provides research and paper to increase awareness, consideration and analysis of issues in Teaching English as Foreign Language, and also promotes the interchange of ideas, and comparative studies in this field.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2014): Serie C" : 10 Documents clear
TEACHING WRITING A HORTATORY EXPOSITION TEXT BY USING TEAM-ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) STRATEGY TO SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS Riza Ummara El Darman; Saunir Saun
Journal of English Language Teaching Vol 3, No 1 (2014): Serie C
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (461.334 KB) | DOI: 10.24036/jelt.v3i1.4377

Abstract

Abstrak Menulis dalam bahasa Inggris adalah salah satu keterampilan yang harus dikuasai oleh semua siswa di tingkat Sekolah Menengah Atas. Namun ada beberapa permasalahan yang sering kali muncul di dalam pengajaran keterampilan menulis tersebut, terutama dalam menulis teks hortatory exposition, seperti terbatasnya kemampuan siswa dalam mengetahui kosakata bahasa Inggris, kurangnya pemahaman mereka dalam menggunakan tata bahasa yang baik, serta faktor ketidaknyamanan kelas yang muncul akibat kurangnya pembaharuan dan kreatifitas guru dalam mengelola proses pembelajaran di dalam kelas. Agar siswa dapat menulis secara terarah dan lebih baik, penulis memilih stategi TAI (Team-Assisted Individulization) sebagai sebuah strategi untuk mengajarkan keterampilan menulis bagi siswa. TAI adalah sebuah strategi yang berorientasi kerja kelompok (sekitar 4-5 siswa). Kelompok ini dipilih secara acak sehingga di setiap masing-masing kelompok mempuanya level kemampuan yang berbeda-beda. Meskipun bekerja dalam kelompok, siswa akan tetap dinilai secara individu sehingga setiap siswa termotivasi untuk tetap belajar. Penulis juga berharap agar strategi ini dapat memberikan kontribusi positif bagi guru dalam mengajarkan kemampuan menulis serta bisa meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis.   Key words:  Keterampilan menulis, Team-Assisted Individualization strategi, Hortatory Exposition Text
TEACHING WRITING HORTATORY EXPOSITION TEXT BY USING STOP AND DARE STRATEGY TO SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS Vicko Kurniawan; Fitrawati Fitrawati
Journal of English Language Teaching Vol 3, No 1 (2014): Serie C
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (532.424 KB) | DOI: 10.24036/jelt.v3i1.4372

Abstract

Abstrak Siswa SMA masih menemui kesulitan dalam menulis hortatory teks. Hal ini disebabkan karena mereka masih lemah dalam hal menulis dan menyalurkan ide-ide untuk dituangkan dalam teks hortatori. STOP and DARE adalah sebuah strategi menulis yang terdiri dari STOP dan DARE. STOP merupakan strategi yang digunakan untuk menstimulus siswa untuk mengeluarkan ide-ide berupa opini yang digunakan dalam menulis teks hortatori. Setelah ide-ide siswa terkumpul maka guru akan mengaplikasikan DARE sebagai strategi ketika menulis. Siswa dan guru bersama sama mengembangkan ide-ide yang telah terkumpul menjadi paragaraf-paragraf yang runtut dan akhirnya menjadi sebuah teks hortatory. Guru memberikan kebebasan kepada siswa untuk mengemukakan pendapat mereka mengenai sebuah topik atau isu yang dia sediakan. Setelah itu guru menuntun siswa dalam langkah-langkah penulisan. Dengan mengaplikasikan strategi ini dalam mengajar writing khususnya menulis teks hortatory guru akan mudah mengekplorasi ide-ide siswa dan mudah membantu mereka dalam mengembangkannya menjadi sebuah teks hortatori. Kata kunci:Writing, hortatory, STOP and DARE strategy
TEACHING READING ANALYTICAL EXPOSITION TEXT TO SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS BY USING POSSE (PREDICT, ORGANIZE, SEARCH, SUMMARIZE, EVALUATE) STRATEGY Gusnila Arianti; Yuli Tiarina
Journal of English Language Teaching Vol 3, No 1 (2014): Serie C
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (420.476 KB) | DOI: 10.24036/jelt.v3i1.4376

Abstract

Abstrak   Membaca merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa dalam belajar. Tetapi, banyak siswa yang mengeluh ketika mereka di minta untuk membaca sebuah teks karena mereka kesulitan dalam memahami dan menemukan ide pokok dari teks yang mereka baca, terutama teks dalam bentuk bahasa Inggris salah satunya teks analytical exposition. Guru dapat membantu siswa untuk mengatasi masalah ini dengan menggunakan strategi membaca. Salah satu strateginya yaitu POSSE (predict, organize, search, summarize, evaluate). POSSE dapat membantu siswa tingkat SMA dalam memahami teks. Strategi ini terdiri dari beberapa langkah. Pertama, predict, ini dilakukan sebelum membaca. Siswa memprediksikan apa yang dibicarakan dalam teks dengan melihat judul teks atau dengan bantuan gambar. Kedua, organize, dalam tahap siswa menuangkan prediksi mereka dalam diagram. Ketiga, search, siswa membaca teks untuk menemukan apakah prediksi mereka benar dan menemukan ide pokok dari teks. Keempat, summarize, siswa merangkum atau ide-ide pokok dari teks. Kelima, evaluate, pada fase terakhir ini siswa membandingkan diagram yang mereka buat pada tahap organize dengan setelah membacanya dan kemudian mendiskusikannya bersama-sama. Dengan demikian di harapkan strategi POSSE dapat memberikan konstribusi yang baik dalam pengajaran membaca teks analytical exposition kepada siswa.   Key words: Membaca, POSSE strategy, teks analytical exposition
TEACHING RECOUNT TEXT BY USING “CRISSCROSS” GAME IN TEACHING SPEAKING AT JUNIOR HIGH SCHOOL Putri Anggun Sari; An Fauzia Rozani Syafe'i
Journal of English Language Teaching Vol 3, No 1 (2014): Serie C
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (429.475 KB) | DOI: 10.24036/jelt.v3i1.4371

Abstract

Abstrak Makalah ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana cara membangun dan mengembangkan ide siswa dengan menggunakan teks recount dalam pengajaran speaking. Kemampuan siswa  SMP dalam menyampaikan isi  teks  masih sangat kurang disebabkan karena kurang nya ide atau  gagasan  dalam  berbicara.  Recount  teks  adalah  suatu  jenis  teks  yang menceritakan kejadian masa lalu atau pengalaman seseorang. Langkah-langkah  dalam  pengajaran  recount teks  dengan  balon dan music  yaitu  persiapan,  sewaktu-pengajaran  dan sesudah-pengajaran. Pada  persiapan, guru mempersiapkan materi recount teks, media ajar  yang akan digunakan, balon dan music.  Pada  sewaktu-pengajaran,  guru memodelkan  sebuah  teks,  dan  menjelaskan  kepada  murid  cara menyampaikan isi  teks tersebut,  menyuruh  murid  untuk  menceritakan  teks tersebut di depan kelas. Pada  sesudah-pengajaran, guru memberikan umpan balik kepada murid dan memberikan nilai dan penghargaan kepada murid yang mampu berbicara di depan kelas dalam menceritakan isi recount text tersebut.   Kata kunci: recount, crisscross game.
DEVELOPING MULTIPLE INTELLIGENCES IN TEACHING ENGLISH FOR YOUNG LEARNERS Dila Fitriani; An Fauzia Rozani Syafe'i
Journal of English Language Teaching Vol 3, No 1 (2014): Serie C
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (309.835 KB) | DOI: 10.24036/jelt.v3i1.4375

Abstract

Abstrak   Multiple Intelligences merupakan sebuah teori yang diperkenalkan oleh Howard Gardner (1983), di dalam teori ini di jelaskan bahwa untuk mengembangkan kecerdasan dan kemampuan siswa lebih baik tidak cukup hanya mengandalkan kecerdasan intelektual(IQ) saja. Ada delapan kecerdasan lainnya yang perlu dikembangakn oleh pengajar untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan baik yaitu : (1) Linguistic Intelligence (2) Logical/Mathematical Intelligence (3) Musical Intelligence (4) Body/Kinesthetic Intelligence (5) Interpersonal Intelligence (6) Visual/Spatial Intelligence (7)  Intrapersonal Intelligence dan (8) Naturalist intelligence. Pada akhirnya penulis berharap agar guru bisa mengembangkan teori pembelajaran ini sebagai salah satu alternatif dalam proses belajar dan mengajar Bahasa Inggris pada anak-anak.   Key words: Multiple Intelligences, Young Learner.
TEACHING WRITING A RECOUNT TEXT AT JUNIOR HIGH SCHOOL BY USING STORYBIRD MEDIA Gita Maydika Sari; Muhammad Al-Hafizh
Journal of English Language Teaching Vol 3, No 1 (2014): Serie C
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (262.54 KB) | DOI: 10.24036/jelt.v3i1.4378

Abstract

Abstrak Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada umumnya mengalami kesulitan dalam menulis sebuah recount text. Hal ini disebabkan karena siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) kesulitan mencari ide yang akan dikembangkan menjadi sebuah teks. Tidak adanya aktivitas dan media pembelajaran yang menuntun dan memotivasi siswa untuk menggunakan imajinasi dalam menemukan dan menyusun ide-ide tersebut juga menjadi penghalang dalam menulis recount text. Maka dari itu penulis mengusulkan penggunaan Storybird web 2.0 tool untuk membantu siswa mengumpulkan ide-ide dan meningkatkan motivasi siswa dalam menulis recount text. Storybird adalah salah satu media online yang difokuskan pada kegiatan membaca dan menulis. Storybird dilengkapi dengan gambar-gambar yang menarik sehingga siswa akan termotivasi untuk menulis. Dengan memanfaatkan Storybird sebagai media pembelajaran menulis recount text, siswa akan tertantang untuk membuat sebuah online story book berkolaborasi dengan siswa lain. Selain itu guru dapat membuat recount text sendiri sebagai materi pembelajaran dengan menggunakan Storybird sehingga pembelajaran akan lebih menarik. Storybird juga menyediakan virtual classroom sehingga guru dapat memantau kegiatan siswa, memberikan tugas dan menilai hasil kerja siswa. Kata kunci: Recount text, Storybird, Story book.
THE USE OF DISCOVERY LEARNING STRATEGY IN TEACHING READING REPORT TEXTS TO SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS Yunisa Rahmi; Ratmanida Ratmanida
Journal of English Language Teaching Vol 3, No 1 (2014): Serie C
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (476.721 KB) | DOI: 10.24036/jelt.v3i1.4374

Abstract

Abstract Penulisan makalah ini dilatarbelakangi oleh kemampuan membaca teks siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) yang masih rendah. Kondisi ini disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya seperti kurangnya pengetahuan dasar siswa tentang topik yang dibahas dan kurangnya penguasaan kosakata mereka. Dari guru, sebagian mereka kurang mengaitkan antara penjelasan topik dengan kehidupan nyata siswa dan mereka juga cenderung menggunakan strategi yang sama pada teks yang berbeda. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penulis memperkenalkan strategi discovery learning, yang akan membantu siswa SMA dalam memahami teks report. Strategi discovery learning adalah  strategi yang mengharuskan siswanya untuk menemukan sendiri informasi topik yang dipelajarinya melalui enam tahapan kegiatan, yakni stimulation, problem statement, data collection, data processing, verification, dan generalization. Langkah pengajaran yang dilalui adalah sesuai dengan pendekatan scientific yakni observing, questioning, information collecting, associating, dan communicating. Adapun keuntungan dari strategi ini adalah: 1) memperkaya pengetahuan dasar dan kosakata siswa, 2) memotivasi siswa untuk belajar 3) membuat rasa ingin tahu siswa berkembang, 4) membuat siswa menjadi lebih kreatif, 5) mengajarkan ilmu sekaligus skil kepada siswa , 6) dan meningkatkan kepercayaan diri siswa. Pada akhirnya, penulis berharap agar guru bisa menggunakan strategi ini sebagai salah satu alternatif dalam mengajarkan kemampuan membaca teks report kepada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Key words: Reading, Report Text, Teaching Reading to Senior High School Students, Discovery Learning Strategy
THE EFFECT OF USING SELF REGULATED STRATEGY DEVELOPENT TOWARD SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS’ WRITING ABILITY IN HORTATORY EXPOSITION Dwi Bayu Saputra; Ratmanida Ratmanida; Muhammad Al-Hafizh
Journal of English Language Teaching Vol 3, No 1 (2014): Serie C
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (422.382 KB) | DOI: 10.24036/jelt.v3i1.4370

Abstract

Abstrak   Kemampuan menulis siswa kelas XI SMA Adabiah Padang masih rendah. Salah satu kesulitan yang dihadapi siswa ketika menulis teks adalah  membuat topic kalimat yang benar dan mengembangkan topic kalimat tersebut menjadi kalimat-kalimat yang benar secara tatabahasa. Membuat kalimat yang lengkap dan benar secara tata bahasa merupakan hal yang penting dalam menulis. Dalam penelitian ini, peneliti mencoba untuk mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan Self-Regulated Strategy Development. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dampak dari penggunaan Self-Regulated Strategy Development terhadap kemampuan menulis teks hortatory exposition siswa kelas XI SMA Adabiah Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental yang dilaksanakan di SMA Adabiah Padang. Self-Regulated Strategy Development ini memiliki enam proses dalam penggunaannya. Keenam proses ini adalah developing background knowledge, discussing, modeling, memorizing, supporting, dan write independently. Melalui pendekatan ini, siswa akan menulis dengan bantuan dirinya sendiri. Siswa akan bertanya kepada dirinya untuk membantu mengembangkan kalimat perkalimat dalam tulisannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang dihasilkan kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu 70.23 : 63.63. Dengan menggunakan rumus t-test, diperoleh t-hitung sebesar 3.87 dan t-tabel sebesar 1.68. Hasil tersebut menyatakan bahwa t-hitung > t-tabel pada taraf signifikan 0.05, yang dapat disimpulkan bahwa penerapan Self-Regulated Strategy Development terhadap pengajaran hortatory exposition text memberikan dampak yang  baik terhadap kemampuan menulis siswa dibandingkan dengan metode pembelajaran yang biasa digunakan guru di sekolah. Kata kunci: Self Regulated Strategy Development, Hortatory exposition.
USING CPC (CONTENT PROCESS CRAFT) TABLE TO TEACH READING COMPREHENSION AT SENIOR HIGH SCHOOL Hilfi Ghassani; Yuli Tiarina
Journal of English Language Teaching Vol 3, No 1 (2014): Serie C
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (461.361 KB) | DOI: 10.24036/jelt.v3i1.4379

Abstract

Abstrak   Makalah ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana cara menggunakan CPC (Content Process Craft) table dalam mengajar pemahaman membaca didalam pelajaran bahasa Inggris. Dalam pengajaran bahasa Inggris siswa SMA sering mengalami kesulitan dalam membaca dikarenakan mereka tidak begitu memahami bacaan yang mereka baca. Kemampuan siswa dalam memahami teks masih sangat kurang disebabkan karena kurang bervariasinya strategi ataupun aktifitas yang digunakan selama membaca. CPC (Content Process Craft) table digunakan untuk mempermudah siswa dalam menyusun informasi, memberikan pendapat, serta menggabungkaninformasi dan pendapat mereka menjadi sebuah gagasan yang baru. Penggunaan CPC (Content Process Craft) table akan mempermudah guru dan siswa dalam pengajaran pemahaman membaca. Dengan menggunakan tabel CPC (Content Process Craft) pada pengajaran membaca, kemampuan siswa dalam menganalisa bacaan akan semakin terasah sehingga pemahaman mereka menjadi lebih baik.   Keywords: CPC (Content Process Craft) Table
DEVELOPING PATTERN BOOK THROUGH ANIMATION MOVIE AS YOUNG LEARNERS’ READING MEDIA Akmal Nazirwan; An Fauzia Rozani Syafe'i
Journal of English Language Teaching Vol 3, No 1 (2014): Serie C
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1328.806 KB) | DOI: 10.24036/jelt.v3i1.4373

Abstract

ABSTRAK   Dalam pengajaran reading, ada beberapa media yang bisa digunakan dalam mengajar reading untuk young learners. Salah satunya yaitu dengan menggunakan pattern books. Penggunaan pattern books dalam mengajar reading, sangatlah memudahkan young learners untuk memahami suatu bacaan karena adanya gambar yang memudahkan siswa dalam mengilustrasikan dan memahami sebuah cerita. Pattern book dapat dibuat dalam bentuk printed dan unprinted. Dalam menyajikannya sebagai sebuah media pembelajaran sebenarnya dapat dibuat dan dikembangkan oleh guru itu sendiri. Pattern book, sebagai salah satu media yang disarankan dalam mengajar reading untuk young learners, dapat diciptakan dengan mudah oleh guru. Kemudian pattern book yang telah dibuat dapat disajikan dalam sebuah media yang dikolaborasikan dengan aplikasi J Quiz. Melihat kenyataan selama ini proses belajar mengajar bahasa inggris di SD (Sekolah Dasar) hanya menggunakan papan tulis sebagai media dalam menampilkan metode ajar, maka dengan dibuatnya pattern book oleh guru itu sendiri dan dikolaborasikan dengan J Quiz diharapkan dapat membantu siswa memahami sebuah bacaan untuk mencapai kemampuan reading yang sangat baik bagi young learners. Karena cara pembuatan media ini pun tidaklah begitu sulit, maka makalah ini membahas tentang cara pembuatan media untuk pattern books yang dikolaborasikan dengan J Quiz sebagai media ajar bagi young learners. Diharapkan dengan pembuatan makalah ini, guru EFL (English as a First Language) young learnes dapat menciptakan media ajar yang menarik. Sehingga guru-guru EFL (Engslish as a First Language) dapat menjadi guru yang lebih berkompetensi dalam membuat media ajar.   Key Word : Reading, Young Learner, Animation Movie.

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2014 2014


Filter By Issues
All Issue Vol 14, No 3 (2025) Vol 14, No 1 (2025) Vol 13, No 3 (2024) Vol 13, No 2 (2024) Vol 13, No 1 (2024) Vol 12, No 4 (2023) Vol 12, No 3 (2023) Vol 12, No 2 (2023) Vol 12, No 1 (2023) Vol 11, No 4 (2022) Vol 11, No 3 (2022) Vol 11, No 2 (2022) Vol 11, No 1 (2022) Vol 10, No 4 (2021) Vol 10, No 3 (2021) Vol 10, No 2 (2021) Vol 10, No 1 (2021) Vol 9, No 4 (2020) Vol 9, No 3 (2020) Vol 9, No 2 (2020) Vol 9, No 1 (2020) Vol 8, No 4 (2019) Vol 8, No 3 (2019) Vol 8, No 2 (2019) Vol 8, No 1 (2019) Vol 7, No 4 (2018) Vol 7, No 3 (2018) Vol 7, No 2 (2018) Vol 7, No 1 (2018) Vol 6, No 1 (2017): Serie C Vol 6, No 1 (2017): Serie A Vol 6, No 1 (2017): Serie E Vol 6, No 1 (2017): Serie B Vol 6, No 1 (2017): Serie D Vol 5, No 1 (2016): Serie C Vol 5, No 1 (2016): Serie F Vol 5, No 1 (2016): Serie D Vol 5, No 1 (2016): Serie B Vol 5, No 1 (2016): Serie A Vol 5, No 1 (2016): Serie E Vol 4, No 2 (2016): Serie A Vol 4, No 1 (2015): Serie A Vol 3, No 1 (2014): Serie A Vol 3, No 1 (2014): Serie B Vol 3, No 1 (2014): Serie C Vol 3, No 1 (2014): Serie D Vol 2, No 3 (2014): Serie A Vol 2, No 2 (2014): Serie C Vol 2, No 2 (2014): Serie B Vol 2, No 2 (2014): Serie A Vol 2, No 1 (2013): Serie D Vol 2, No 1 (2013): Serie A Vol 2, No 1 (2013): Serie C Vol 2, No 1 (2013): Serie E Vol 2, No 1 (2013): Serie B Vol 2, No 1 (2013): Serie F Vol 1, No 3 (2013): Serie A Vol 1, No 2 (2013): Serie H Vol 1, No 2 (2013): Serie G Vol 1, No 2 (2013): Serie I Vol 1, No 2 (2013): Serie B Vol 1, No 2 (2013): Serie C Vol 1, No 2 (2013): Serie D Vol 1, No 2 (2013): Serie E Vol 1, No 2 (2013): Serie A Vol 1, No 2 (2013): Serie F Vol 1, No 1 (2012): Serie A Vol 1, No 1 (2012): Serie B Vol 1, No 1 (2012): Serie D Vol 1, No 1 (2012): Serie C More Issue