cover
Contact Name
Nurina Ayuningtyas
Contact Email
nurinaayu.n@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
nurinaayu.n@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. sidoarjo,
Jawa timur
INDONESIA
JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Published by STKIP PGRI Sidoarjo
ISSN : 23378166     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue " Vol 2, No 2 (2014): Jurnal Pendidikan matematika Vol. 2 No. 2 (September)" : 6 Documents clear
PROFIL PEMAHAMAN RELASIONAL SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA Rahma, Umria; Mubarakah, Lailatul
JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 2, No 2 (2014): Jurnal Pendidikan matematika Vol. 2 No. 2 (September)
Publisher : STKIP PGRI SIDOARJO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan Untuk mendeskripsikan pemahaman relasional siswa berkemampuan matematika tingkat tinggi, sedang dan rendah dalam memecahkan masalah matematika. Pemahaman relasional merupakan kemampuan siswa dalam memahami setiap langkah-langkah yang dilakukan dalam memecahkan masalah serta mengetahui alasan setiap langkah tersebut dilakukan. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2014-2015 di kelas IX-G SMPN 2 Buduran, Sidoarjo. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemahaman relasional siswa berkemampuan matematika tingkat tinggi, sedang dan rendah dalam memecahkan masalah matematika masih kurang. Hal ini terlihat ketika siswa dapat memahami masalah, merencanakan cara penyelesaian, melaksanakan cara penyelesaian dan mengecek hasil penyelesaian, akan tetapi siswa belum dapat menyatakan alasan setiap langkah yang dilakukan.
ANALISIS PEMAHAMAN GEOMETRI SISWA BERDASARKAN JENIS KELAMIN Setiarini, Erni Hastutik; Mubarakah, Lailatul
JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 2, No 2 (2014): Jurnal Pendidikan matematika Vol. 2 No. 2 (September)
Publisher : STKIP PGRI SIDOARJO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan memperoleh gambaran pemahaman siswa laki-laki dan perempuan dalam mempelajari matematika pada pokok bahasan geometri. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan dilaksanakan di SMA Dharma Wanita 4 Taman kelas XI IPA. Penentuan enam subjek penelitian didasarkan pada dokumentasi nilai ulangan geometri siswa materi dimensi tiga kelas X. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada soal tentang jarak antara dua titik pada kubus ABCD.EFGH, siswa laki-laki memenuhi semua indikator pemahaman dengan benar. Pada soal tentang jarak antara dua bidang pada kubus ABCD.EFGH, siswa laki-laki kelompok atas dapat memecahkan permasalahan tersebut dengan benar, sedangkan siswa laki-laki kelompok tengah dan bawah hanya memenuhi dua indikator pemahaman. Pada soal tentang jarak antara dua titik pada kubus ABCD.EFGD, siswa perempuan memenuhi semua indikator pemahaman dengan benar. Pada soal tentang jarak antara dua bidang pada kubus ABCD.EFGH, Siswa perempuan kelompok atas memenuhi tiga indikator pemahaman, sedangkan kelompok tengah dan bawah memenuhi dua indikator pemahaman.
ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SCAFFOLDING DI Mts. DARUN NAJAH KAJEKSAN TULANGAN Makrifah, Anisatul; Lestariningsih, Lestariningsih
JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 2, No 2 (2014): Jurnal Pendidikan matematika Vol. 2 No. 2 (September)
Publisher : STKIP PGRI SIDOARJO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan belajar siswa dalam menyelesaikan soal persegi dan persegi panjang, interaksi scaffolding yang sesuai untuk mengatasi kesulitan belajar matematika dan mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal setelah diberikan pendekatan scaffolding. Penelitian ini terdiri dari 4 subjek. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti mengidentifikasi beberapa kesulitan yang dialami oleh siswa yaitu kesulitan dalam memahami soal, mengubah satuan panjang dan subjek mengalami kesulitan dalam menyelesaikan jawaban akhir.
PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI DAN NHT Setiawati, Vony Linda; Mubarakah, Lailatul
JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 2, No 2 (2014): Jurnal Pendidikan matematika Vol. 2 No. 2 (September)
Publisher : STKIP PGRI SIDOARJO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan tipe NHT pada materi himpunan kelas VII MTs Negeri Tlasih tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada perbedaan tetapi tidak signifikan antara hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan tipe NHT.
Perbedaan hasil belajar siswa yang di berikan tugas terstruktur dan tidak terstruktur pada materi aljabar Komariyah, Luluk
JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 2, No 2 (2014): Jurnal Pendidikan matematika Vol. 2 No. 2 (September)
Publisher : STKIP PGRI SIDOARJO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Banyak siswa yang kurang aktif dan kurang memahami konsep pembelajaran matematika. Penggunaan metode pembelajaran yang tepat dapat mengatasi masalah yang terjadi di kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pemberian tugas terstruktur dan tidak terstruktur pada materi Aljabar kelas VIII MTs YPM 2 Sariogo tahun pelajaran 2014-2015. Metode Pemberian tugas terstruktur di terapkan di kelas VIII M2 sedangkan Metode pemberian tugas tidak terstruktur di terapkan di kelas VIII M1. Pengujian nilai Uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis menggunakan SPSS dengan melihat nilai Sig. Untuk normalitas kelas VIII M2, nilai Asymp. Sig. (2-tailed) =0,515>0,05, sedangkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed)=0,907>0,05 untuk kelas VIII M1 maka kedua kelas berdistribusi normal. Untuk homogenitas didapat nilai Sig. = 0,547 >0,05, maka varians kedua kelas relatif sama (homogen). Sedangkan untuk uji hipotesis diperoleh nilai Sig. = 0,000
IDENTIFIKASI KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA ilmah, Miftakhul
JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 2, No 2 (2014): Jurnal Pendidikan matematika Vol. 2 No. 2 (September)
Publisher : STKIP PGRI SIDOARJO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu alat yang digunakan untuk mengetahui kualitas jawaban siswa dibandingkan dengan jawaban yang benar yaitu mengggunakan taksonomi SOLO. Taksonomi SOLO terdiri dari lima level yaitu prastruktural, unistruktural, multistruktural, relasional dan extended abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan taksonomi SOLO ditinjau dari kemampuan matematika. Pemilihan subyek yaitu 1 siswa dari masing-masing kelompok siswa berkemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah. Pengelompokkan siswa diperoleh dari tes kemampuan matematika yang terdiri dari 5 soal obyektif. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa berkemampuan tinggi, siswa beremampuan sedang, dan siswa berkemampuan rendah menunjukkan tingkat level taksonomi solo yang berbeda.

Page 1 of 1 | Total Record : 6