cover
Contact Name
Sowanya Ardi Prahara
Contact Email
insight@mercubuana-yogya.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
insight@mercubuana-yogya.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi
ISSN : 16932552     EISSN : 25481800     DOI : -
Core Subject : Social,
Jurnal Insight diterbitkan oleh Unit Publikasi Ilmiah & HaKI Universitas Mercu Buana Yogyakarta, dimaksudkan sebagai media pertukaran informasi dan hasil penelitian antara staf pengajar, alumni, mahasiswa. Insight terbit dua kali setahun.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 22 No. 2: Agustus 2020" : 7 Documents clear
KEBERMAKNAAN HIDUP PADA MAHASISWA RANTAU DI INDONESIA Damarhadi, Suprastowo; Junianto, Mahmud; Indasah, Siti Nur; Situmorang, Nina Zulida
Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi Vol. 22 No. 2: Agustus 2020
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26486/psikologi.v22i2.957

Abstract

Yogyakarta merupakan tempat belajar bagi para mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna hidup yang dimiliki mahasiswa rantau di Indonesia. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Responden sebanyak 77 mahasiswa yang dipilih menggunakan teknik purposive  menjawab pertanyaan yang diajukan menggunakan kuesioner dan wawancara. Hasil analisis pada penelitian ini menunjukan bahwa makna hidup merupakan sebuah kebermanfaat (27,6%), proses (24,63%), dan beribadah (14,24%) menempati persentase tertinggi, kemudian diikuti kebersyukuran (13,35%), kebahagiaan (11,27%), ikhlas (8,91%).
PENGEMBANGAN KREATIVITAS BERPIKIR SISWA DI ERA INDUSTRI 4.0 MELALUI PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA AUGMENTED REALITY Estheriani, Ni Gusti Nyoman; Muhid, Abdul
Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi Vol. 22 No. 2: Agustus 2020
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26486/psikologi.v22i2.1206

Abstract

Permasalahan pada Literature Review kali ini adalah untuk meningkatkan kreativitas siswa di Era 4.0 melalui Augmented Reality. Setiap siswa memiliki kemampuan beraneka ragam, dalam hal ini, perlu diberikan dorongan agar menumbuhkan sikap kreativitas dalam diri siswa. Dibidang pendidikan kreativitas merupakan suatu kemampuan yang penting untuk dikembangkan. Augmented Reality (AR) dapat didefinisikan sebagai sebuah teknologi yang mampu menggabungkan benda maya dua dimensi atau tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan yang nyata kemudian memunculkannya atau memproyeksikannya secara real time. AR dapat digunakan untuk membantu menggambarkan konsep abstrak untuk pemahaman dan struktur suatu model objek. Media pembelajaran merupakan suatu alat yang digunakan oleh pendidik dalam melakukan proses mengajar sehingga informasi yang tersampaikan kepada siswa dapat diterima denga baik dengan demikian kegiatan proses belajar mengajar dapat terlaksana dengan efektif dan efisien. Melalui media Augmented Reality pendidik dapat menggunakan sebagai sarana dalam memberikan informasi kepada siswa agar tercipta pemikirian kritis dan kreatif dalam diri siswa dalam menghadapi setiap masalah dan kejadian yang ada di sekitar mereka. Tujuan dari media Pendidikan adalah membantu siswa dalam memahami sebuah konsep ada atau tidak adanya pendidik sehingga proses pembelajaran tetap akan berjalan dimanapun dan kapanpun. Media Pembelajaran AR dapat dipakai sebagai media yang lebih efektif di Era Industri saat ini.  
KONSTRUKSI INSTRUMEN PENGUKURAN KONFLIK PEKERJAAN KELUARGA PADA IBU YANG BEKERJA: BERBASIS PENDEKATAN INDIGENOUS Kuncoro, Muhammad Wahyu; Edwina, Triana Noor; Prahara, Sowanya Ardi
Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi Vol. 22 No. 2: Agustus 2020
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26486/psikologi.v22i2.1149

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan skala konflik pekerjaan-keluarga yang dialami ibu yang bekerja pada istri yang bekerja berbasis pendekatan psikologi  indigenous Melalui pendekatan psikologi indigenous diharapkan dapat menciptakan instrumen pengukuran psikologi dengan aspek yang lebih konstektual. Penelitian ini dilakukan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) karena DIY merupakan salah satu pusat budaya Jawa. Karakteristik subyek penelitian adalah istri yang mengidentifikasikan dirinya sebagai etnis Jawa mempunyai anak yang berusia di bawah 12 tahun yang tinggal bersama suami, bekerja sebagai tenaga professional sebanyak 292. Pengumpulan data penelitian menggunakan skala konflik pekerjaan-keluarga yang dialami ibu yang bekerja, penulisan aitem skala ini mengacu pada aspek hasil temuan dari  penelitian dengan pendekatan  psikologi indigenous  untuk mengeksplorasi konstrak konflik pekerjaan-keluarga. Berdasarkan analisis dengan menggunakan model persamaan struktural yaitu SEM (Struktural Equation Modeling) diperoleh instrumen konflik pekerjaan-keluarga yang dialami ibu yang bekerja pada istri yang bekerja berbasis pendekatan psikologi indigenous. Kontribusi terbesar pada variabel konflik pekerjaan-keluarga adalah dimensi rekan kerja dan yang terendah adalah beban kerja  
PENGARUH PSIKODRAMA TERHADAP ASERTIVITAS PADA MAHASISWA UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA Lestari, Archangela Girlani Dwi; Budiyani, Kondang; Rinaldi, Martaria Rizky
Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi Vol. 22 No. 2: Agustus 2020
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26486/psikologi.v22i2.1148

Abstract

Mahasiswa diharapkan memiliki peran dalam kontrol sosial yang membutuhkan kemampuan untuk menolak sesuatu yang tidak baik, akan tetapi terkadang mahasiswa kesulitan untuk bersikap asertif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh psikodrama terhadap asertivitas pada mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Hipotesis yang diajukan adalah ada pengaruh psikodrama terhadap asertivitas pada mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Karakteristik subjek yaitu mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta yang berusia 18-21 tahun dengan skor asertivitas sedang-rendah. Subjek penelitian ini berjumlah tujuh orang. Desain penelitian yaitu one group pretest-posttest. Pengambilan data penelitian menggunakan Skala Asertivitas. Teknik analisis data yang digunakan yakni uji Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil analisis menunjukkan nilai Z sebesar -2,201 dengan p=0,028 (p<0,05). Rata-rata skor pretest subjek sebesar 87,14 dan rata-rata skor posttest subjek sebesar 93,86. Hal tersebut menunjukkan bahwa psikodrama berpengaruh terhadap asertivitas. Tingkat asertivitas subjek setelah diberi psikodrama lebih tinggi daripada sebelum diberi psikodrama.  
EFEKTIFITAS PSIKOEDUKASI KEMAMPUAN EMPATI DALAM MENINGKATKAN TOLERANSI BERAGAMA PADA MAHASISWA SALAH SATU PERGURUAN TINGGI SWASTA DI JAKARTA Sofwana, Hania Maria; Rosiana, Fitri; Haryanto, Handrix Chris
Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi Vol. 22 No. 2: Agustus 2020
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26486/psikologi.v22i2.1141

Abstract

Konflik akibat intoleransi hingga saat ini masih sering terjadi dan melibatkan berbagai lapisan masyarakat, salah satunya adalah mahasiswa. Mahasiswa sebagai harapan masa depan bangsa dalam mengemban amanah kepemimpinan dan agen perubahan sosial, kiranya harus dibekali dengan pengetahun, pengalaman, dan kebijaksanaan yang cukup dalam menyikapi pluralitas bangsa yang sangat tinggi. Toleransi beragama mencakup masalah-masalah keyakinan dalam diri manusia yang berhubungan dengan akidah atau ketuhanan yang diyakininya. Salah satu faktor yang memengaruhi toleransi adalah empati. Adapun intervensi yang dapat meningkatkan kemampuan empati salah satunya adalah psikoedukasi. Penelitian ini, bertujuan untuk menguji efektifitas psikoedukasi empati dalam meningkatkan toleransi beragama pada mahasiswa-mahasiswa salah satu perguruan tinggi swasta di Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuasi eksperimen dengan desain dua kelompok non-randomized pretest-posttest control group design. Penelitian ini terdiri dari 94 orang mahasiswa dengan kriteria mahasiswa semester 1 dan semester 3 (dimana 49 mahasiswa semseter 3 sebagai kelompok eksperimen dan 45 mahasiswa semseter 1sebagai kelompok kontrol).  Skala toleransi beragama digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian dengan analisis statistik Uji Mann Whitney dan hasil yang diperoleh adalah taraf signifikansi p=0,000 (<0,05). Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat perbedaan skor posttest antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok yang mendapat psikoedukasi kemampuan empati menunjukkan peningkatan dalam toleransi beragama dibandingkan kelompok yang tidak mendapat psikoedukasi kemampuan empati. Maka dapat disimpulkan bahwa psikoedukasi kemampuan empati efektif dalam meningkatkan toleransi beragama mahasiswa.
INGAT ATAU TIDAK INGAT? SUATU PENELITIAN PADA MAHASISWA DENGAN MENGGUNAKAN INDUKSI MINDFULNESS Yan, ka; Fun, Lie Fun; Cakrangadinata, Cakrangadinata
Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi Vol. 22 No. 2: Agustus 2020
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26486/psikologi.v22i2.1039

Abstract

kesadaran dan menanggapi secara terampil proses-proses mental yang berkontribusi pada emotional distress dan perilaku yang maladaptif (Bishop, et al., 2004). Dengan demikian, mindfulness membuat seseorang lebih well being, memiliki atensi yang lebih terpusat dan pada akhirnya lebih akurat dalam mengingat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh mindfulness terhadap memori sehingga menggunakan metode eksperimental. Sampel yang dipilih adalah mahasiswa  sebanyak 76 orang untuk studi  pertama  (untuk mengetahui pengaruh pada short term memory) dan 60 orang  untuk studi  kedua (untuk mengetahui pengaruh pada long term memory). Masing-masing studi terdiri dari kelompok eksperimen dan kontrol. Alat ukur memori yang dipakai adalah clip dan pertanyaan tentang clip ‘Pay It Forward’ yang disusun oleh Carissa (2017) untuk studi 1, sedangkan untuk study 2 menggunakan alat ukur baku yaitu The Rey Ostterieth Complex Figure (ROFC) oleh Rey dan Osterrieth. Pada studi pertama, diperoleh hasil tidak terdapat perbedaan short term memory pada mahasiswa. Sedangkan pada studi kedua diperoleh hasil terdapat perbedaan long term memory pada mahasiswa. Untuk penelitian selanjutnya, peneliti menyarankan penelitian mengenai mindfulness dan long term memory, dengan menggunakan alat ukur memori lain (seperti kata-kata maupun angka). Peneliti juga menyarankan melakukan penelitian dengan melakukan induksi mindfulness dalam jangka waktu lebih panjang atau melakukan intervensi mindfulness selama 8 minggu.
MINDFULNESS DAN PENERIMAAN DIRI PADA REMAJA DI ERA DIGITAL Waney, Natalia Christy; Kristinawati, Wahyuni; Setiawan, Adi
Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi Vol. 22 No. 2: Agustus 2020
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26486/psikologi.v22i2.969

Abstract

Di era digital ini, remaja melakukan eksplorasi dan mengekspresikan diri di media sosial. Media sosial menyebabkan remaja rentan terlibat dalam cyberbullying . Hal ini membuat remaja malu dengan diri sendiri dan berusaha menampilkan citra ideal di media sosial sehingga kurang mampu menerima diri apa adanya. Studi ini merupakan studi literatur yang mencoba menelusuri bagaimana mindfulness dan penerimaan diri pada remaja di era digital. Mesin pencari (search engine) digunakan sebagai alat mencari data. Ditemukan 13 literatur dan penelitian dan digunakan sebagai sumber data. Penelitian ini menyimpulkan bahwa latihan mindfulness bisa dijadikan alternatif dalam meningkatkan penerimaan diri pada remaja, dan mindfulness dapat dipraktikkan dengan memanfaatkan aplikasi smartphone. Namun, belum ditemukan penelitian yang secara khusus membuktikan efektivitas penggunaan aplikasi mindfulness dalam meningkatkan penerimaan diri pada remaja di Indonesia.

Page 1 of 1 | Total Record : 7