cover
Contact Name
Jayanti Putri Purwaningrum
Contact Email
jayanti.putri@umk.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
anargya@umk.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. kudus,
Jawa tengah
INDONESIA
ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
ISSN : 26154196     EISSN : 26154072     DOI : -
Core Subject : Education,
“Anargya: Jurnal Ilmiah Pedidikan Matematika” is a journal aims to be a peer-reviewed platform and an authoritative source of information. We publish original research papers, review articles and case studies focused on mathematics education as well as related topics. All papers are peer-reviewed by at least two referees. “Anargya: Jurnal Ilmiah Pedidikan Matematika” is managed to be issued twice in every volume. The scope of “Anargya: Jurnal Ilmiah Pedidikan Matematika”.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 2 (2025)" : 7 Documents clear
Efektivitas Bahan Ajar Siansun Berbasis Pendekatan CPA untuk Meningkatkan Kelancaran Prosedural Matematis Siswa SD Fase B Adevina, Andina; Mufliva, Rosiana; Nuryani, Pupun
ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 8, No 2 (2025)
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/anargya.v8i2.15573

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya kelancaran prosedural matematis pada materi operasi perkalian bersusun bilangan cacah sampai 100 siswa fase B sekolah dasar. Hal tersebut dikarenakan kegiatan pembelajaran belum memfasilitasi penggunaan bahan ajar dan metode yang digunakan masih berpusat pada guru yaitu metode ceramah, sehingga diperlukan penggunaan bahan ajar berbasis pendekatan matematika yaitu bahan ajar Siansun berbasis pendekatan CPA. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas bahan ajar Siansun berbasis pendekatan CPA terhadap peningkatan kelancaran prosedural matematis siswa SD fase B. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-experimental design yaitu one group pre-test-post-test design. Sampel penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 21 orang. Instrumen yang digunakan yaitu tes. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan kelancaran prosedural matematis siswa yang signifikan antara sebelum dan sesudah diberikan treatment. Hal ini dibuktikan melalui uji perbedaan rerata menggunakan uji Wilcoxon. Selan itu berdasarkan hasil uji N-Gain keefektifan bahan ajar “Siansun” berbasis pendekatan CPA berada pada kriteria tinggi. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar Siansun berbasis pendekatan CPA efektif untuk meningkatkan kelancaran prosedural matematis siswa SD fase B pada materi operasi hitung perkalian bersusun bilangan cacah sampai 100.
Ice breaking pada Pembelajaran Matematika Sekolah Menengah : Systematic Literature Review Anggreini, Mia Ning; Eviolita, Alya; Anggraini, Choirina; Fakhriyana, Dina
ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 8, No 2 (2025)
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/anargya.v8i2.13998

Abstract

Icebreaking adalah cara yang dapat digunakan untuk mengembalikan konsentrasi peserta didik dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas penggunaan icebreaking pada pembelajaran matematika di sekolah menengah. Metode yang digunakan adalah metode tinjauan literatur sistematik (SLR). Tujuan penggunaan metode tinjauan literatur sistematik (SLR) untuk menganalisis seluruh temuan penelitian yang berkaitan dengan topik yang diteliti. Pengumpulan data penelitian diawali dengan mencari artikel pada database Google Scholar menggunakan Publish or Perish (PoP) dengan kata kunci “ Icebreaking pada Pembelajaran Matematika”, yang diterbitkan antara tahun 2020-2024. Artikel awal yang ditemukan sebanyak 995 artikel kemudian dilakukan inklusi dan ekslusi hingga mendapatkan 15 artikel yang memenuhi kriteria penelitian. Berdasarkan penelitian tersebut ditemukan bahwa icebreaking efektif dalam pembelajaran matematika dan dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep, motivasi, minat, dan hasil belajar. Penelitian selanjutnya diharapkan mampu mengetahui frekuensi penerapan icebreaking untuk menemukan hasil yang optimal pada pembelajaran matematika.
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran CORE Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMPN 3 Stabat Rahmasari, Utami; Sari, Dewi Purnama; Hasibuan, Ainul Marhamah
ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 8, No 2 (2025)
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/anargya.v8i2.15878

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji dampak penerapan model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa di SMPN 3 Stabat dalam topik analisis data dan ukuran tendensi sentral. Penelitian ini melibatkan 64 siswa dari kelas VIII-1 dan VIII-2, yang dipilih melalui cluster random sampling, dengan menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Data dikumpulkan melalui skor pretest dan posttest kemampuan komunikasi matematis siswa, kemudian dianalisis menggunakan tes prasyarat dan uji hipotesis dengan bantuan SPSS. Temuan penelitian menegaskan bahwa siswa di kelas eksperimen memperoleh skor posttest rata-rata yang lebih unggul dibandingkan dengan mereka di kelas kontrol, dan hasil Independent Sample T-Test menunjukkan Sig. 0,05. Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, dan Extending) memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa di SMPN 3 Stabat.
Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Luas Daerah Bidang Datar Ditinjau Dari Model Analisis Newman sumargiyani, sumargiyani
ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 8, No 2 (2025)
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/anargya.v8i2.14426

Abstract

This research aims to describe the types of student errors in working on flat area area problems using Newman error analysis. This type of research is descriptive qualitative with subjects as many as 25 students of the Mathematics Education Study Program at Ahmad Dahlan University. The research instrument is a written test which is carried out at the Final Semester Examination, and the data is analyzed based on Newman's five stages of error, namely reading, understanding, transformation, process skills, and writing the final result. The research results showed that students made 8% reading errors, 36% comprehension errors, 64% transformation errors, 60% processing skills errors, and 74% writing errors. Factors causing errors include student errors in drawing function graphs, determining the upper and lower limits of integrals, as well as the inability to arrange the solution steps systematically.
Analisis Hambatan Literasi dan Numerasi Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika pada Materi Persamaan Linier Fatdilah, Muhammad Davi; Sari, Dewi Purnama
ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 8, No 2 (2025)
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/anargya.v8i2.15906

Abstract

This research aims to (1) Find out what the literacy and numeracy barriers are for students in solving mathematical problems in linear equations material, (2) Find out what students' literacy and numeracy barriers are in solving mathematical problems in linear equations material. The subjects in this research were 31 students in Class VII-A of SMP Negeri 1 Wampu for the 2025/2026 academic year. Data collection in this research was through written tests and interviews. The data analysis technique used the method according to Milles Huberman. The results of the study showed that students experienced obstacles in several aspects: (1) Mathematical Literacy. Students had difficulty interpreting word problems into mathematical models. They tended to memorize procedures without understanding the meaning behind them. (2) Procedural Numeracy. Some students experienced difficulties and frequently made errors in basic calculations such as multiplication, subtraction, and division. (3) Conceptual Understanding. Students faced difficulties in understanding basic concepts and solution procedures, such as elimination and substitution. Although some students were able to solve problems correctly, they still had difficulty explaining the thought processes and reasoning behind their answers. The main obstacles were in variable modeling, arithmetic accuracy, and algebraic procedures.
Desain Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep Kaidah Pencacahan Azzahra, Vista Ulya; Gunandi, Farid; Mellawaty, Mellawaty; Komariah, Komariah
ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 8, No 2 (2025)
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/anargya.v8i2.14880

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar berbasis Problem Based Learning (PBL) dalam upaya meningkatkan pemahaman konsep siswa terhadap materi Kaidah Pencacahan di SMK. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Pada tahap Define, hasil wawancara dengan guru menunjukkan rendahnya pemahaman konsep dasar siswa dan minimalnya penerapan model PBL dalam pembelajaran matematika. Tahap Desain meliputi penyusunan perangkat ajar berupa skenario pembelajaran, LKPD, bahan ajar, dan evaluasi berbasis teknologi. Pada tahap Develop, dilakukan validasi ahli, uji praktis, dan uji efektivitas dengan hasil bahwa modul ajar tergolong layak, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran. Uji praktis menunjukkan respon positif dari siswa dan pengamat, sementara uji-t dan Chi-Square menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman konsep siswa. Tahap Disseminate dilakukan melalui penyebarluasan produk digital untuk mendukung akses dan kolaborasi yang lebih luas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PBL secara sistematis dapat meningkatkan motivasi belajar, partisipasi aktif, dan pemahaman konsep siswa. Dengan demikian, model pembelajaran berbasis masalah relevan digunakan untuk menjawab tantangan pembelajaran abad 21 yang menekankan pada berpikir kritis, kreatif, dan kolaboratif.
Systematic Literature Riview (SLR): Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Fadilah, Choirunisa Fitri; Nindiasari, Hepsi; Novaliyosi, Novaliyosi; Mutaqqin, Anwar
ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 8, No 2 (2025)
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/anargya.v8i2.15247

Abstract

The objective of this study is to identify, present, and analyze several primary studies concerning the implementation of the Problem-Based Learning (PBL) model in relation to students’ mathematical connection abilities. To support this investigation, the appropriate method employed is the Systematic Literature Review (SLR), which involves several stages: formulating research questions, collecting primary studies, applying inclusion criteria, and ultimately selecting 20 relevant articles. The selected primary studies were then evaluated and analyzed based on several categories, including educational level, instructional approaches employed, research methods, and the effectiveness of PBL in enhancing students’ mathematical connection skills. The evaluation and analysis reveal that the majority of the studies adopted a quantitative research method, particularly quasi-experimental designs, which demonstrate a positive impact of PBL on students’ mathematical connection abilities, especially at the junior high school level. However, most implementations of the PBL model were general in nature and did not incorporate varied instructional approaches. Therefore, there is a need for the integration of other pedagogical approaches that are closely aligned with PBL, such as the metacognitive approach, to optimize its effectiveness

Page 1 of 1 | Total Record : 7