Puteri Hijau : Jurnal Pendidikan Sejarah
Puteri Hijau: Jurnal Pendidikan Sejarah, merupakan media publikasi hasil penelitian guru, dosen dan peneliti bidang Pendidikan Sejarah, Ilmu Sejarah dan Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Puteri Hijau terbit per 6 (enam) bulan, Januari dan Juli.
Articles
30 Documents
Search results for
, issue
"Vol 7, No 2 (2022): Puteri Hijau: Jurnal Pendidikan Sejarah"
:
30 Documents
clear
INTERNALISASI NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT MELAYU DALAM CERITA RAKYAT SEI TUALANG RASO DI SMP IT DARUL FIKRI TANJUNGBALAI
Efy Handayani Simarmata;
Mita Syahfitri;
Rahmad Edi Kurniawan
Puteri Hijau : Jurnal Pendidikan Sejarah Vol 7, No 2 (2022): Puteri Hijau: Jurnal Pendidikan Sejarah
Publisher : Department of History Education, Faculty of Social Science, Universitas Negeri Medan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.24114/ph.v7i2.37240
Kajian ini dilakukan untuk menganalisis tentang nilai-nilai kearifan lokal dan internalisasinya dalam cerita rakyat Sei Tualang Raso di SMP IT Darul Fikri Tanjung Balai. Cerita Rakyat Sei Tualang Raso merupakan salah satu cerita rakyat yang terdapat di Kota Tanjung Balai dimana ceritanya tentang Tualang dan Raso yang sama-sama anak dari Raja dan saling mencintai kemudian bersatu hingga akhirnya cerita ini menjadi nama salah satu kecamatan yang ada di Kota Tanjung Balai. Terdapat beberapa unsur kebudayaan pada orang Melayu di Tanjung Balai diantaranya adalah sistem religi, sistem mata pencaharian, sistem bahasa, sistem sosial, sistem pengetahuan, sistem teknologi, dan sistem kesenian. Dan internalisai nilai pendidikan dari cerita rakyat Sei Tualang Raso terhadap siswa di SMP IT Darul Fikri Tanjung Balai adalah nilai religius, nilai kejujuran dan nilai kerjasama.
PELAKSANAAN PERAN IBU RUMAH TANGGA PADA MASA PENDEMI COVID -19 (Studi Kasus: Buruh Tani Perempuan Jorong Sigalangan Kecamatan Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat)
Ainil Fitri;
Marleni Marleni;
Isnaini Isnaini
Puteri Hijau : Jurnal Pendidikan Sejarah Vol 7, No 2 (2022): Puteri Hijau: Jurnal Pendidikan Sejarah
Publisher : Department of History Education, Faculty of Social Science, Universitas Negeri Medan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.24114/ph.v7i2.37245
Ibu memiliki banyak peranan dan mampu melakukan banyak hal untuk kebutuhan semua anggota keluarga. sosok seorang ibu mampu melakukan banyak hal termasuk memasak, mengasuh anak, mendidik, menata rumah, dan banyak hal lainnya dalam kondisi apapun. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan peran ibu rumah tangga pada masa pendemi covid- 19. pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumen.berdasarkan hasil penelitian terdapat beberapa peran ibu rumah tangga yang bekerja sebagai buruh tani pada masa pandemi covid-19 diantaranya yaitu: (1)Pelaksanaan peran ibu rumah tangga yang bekerja sebagai buruh tani dapat mengerjakan pekerjaan domestik mulai dini hari sampai ia berangkat bekerja. Dan ibu rumah tangga akan melanjutkan pekerjannya setelah pulang dari tempat bekerja hingga malam, dan atau dibantu oleh anak- anak mereka.(2)Disamping keikut sertaan perempuan bekerja diluar rumah ia tidak lepas dari tugasnya sebagai istri, baik itu dalam mengelola rumah tangga, melayani suami, begitu juga dalam mengurus anak- anaknya meskipun dalam pelaksaannya ia harus pandai- pandai dalam mengatur manajemen waktunya.
DUSUN SEBERANG JAYA KECAMATAN BATHIN II PELAYANG KABUPATEN BUNGO 2007-2021
Pitri Yani;
Livia Ersi;
Juliandry Kurniawan Junaidi
Puteri Hijau : Jurnal Pendidikan Sejarah Vol 7, No 2 (2022): Puteri Hijau: Jurnal Pendidikan Sejarah
Publisher : Department of History Education, Faculty of Social Science, Universitas Negeri Medan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.24114/ph.v7i2.38139
Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut. (1), untuk mendeskripsikan proses pembentukan Dusun Seberang Jaya (2), untuk mendeskripsikan perkembangan Dusun Seberang Jaya Kecamatan Bathin II Pelayang Kabupaten Bungo tahun 2007-2021. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah dengan langkah-langkah sebagai berikut, heuristik yaitu pengumpulan data, kritik sumber yaitu melakukan pengujian terhadap keaslian data, interprestasi yaitu memahami makna dan menafsirkan informasi yang telah terkumpul dan historiografi yaitu penulisan hasil penelitian dalam bentuk ilmiah atau skripsi. Hasil dari penelitian ini adalah, proses pembentukan Dusun Seberang Jaya pada dasarnya tidak lepas dari keinginan masyarakat itu sendiri sehingga memunculkan beberapa tokoh dalam melakukan pembentukan untuk meningkatkan pelayanan dan pembangunan di daerahnya, masyarakat yang berkeinginan supaya terciptakan efisiensi dan efektivitas dalam pengelolaan potensi daerah dan menciptakan ruang bagi masyarakat untuk berpacu dalam proses pembangunan. Asal usul nama Dusun Seberang Jaya tidak lepas dari cerita lisan yang berkembang di tengah masyarakat yang sudah turun temurun di Dusun Seberang Jaya. Kondisi sosial ekonomi pada masa pemerintahan M. Johar ini masih dibawah rata-rata karena pada tahun ini sosial ekonomi masyarakat belum mengalami perkembangan dan juga di satu sisi mata pencaharian masyarakat dusun Sebererang Jaya ini masih bertani dan bercocok tanam. Kondisi sosial sosial ekonomi pada masa pemerintahan Muslim ini sudah mulai berkembang dapat dilihat dari segi pembangunan jalan dari dusun Seberang Jaya ke dusun Pulau kerakap, pembangunan jalan ke Gedung SMA. Pada masa jabatannya Marlini mempunyai banyak kebijakan yang mampu membuat desa seberang jaya semakin berkembang. Perkembangannya dapat dilihat dari segi bangunan, seperti Gedung Paut, Gedung SD, Gedung Posyandu, pembukaan jalan baru, segi sarana prasarana olahraga, dan segi peningkatan kapasitas masyarakat. Selain itu Dusun Seberang Jaya sangat pesat perkembangannya pada masa kepemimpinan Marlini 2016-2021.
KENDALA-KENDALA DALAM PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE (ETH) DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELASX IPS 3 SMAN 2 TEBO
Rindi Antika;
Zulfa Zulfa;
Jaenam Jaenam
Puteri Hijau : Jurnal Pendidikan Sejarah Vol 7, No 2 (2022): Puteri Hijau: Jurnal Pendidikan Sejarah
Publisher : Department of History Education, Faculty of Social Science, Universitas Negeri Medan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.24114/ph.v7i2.37761
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran sejarah dengan model everyone is a teacher here di Kelas X IPS 3 SMA Negeri 2 Tebo, mendeskripsikan kendala-kendala dalam pelaksanaan pembelajaran sejarah dengan menggunakan model everyone is a teacher here, dan mendeskripsikan upaya-upaya untuk menanggulangi kendalakendala dalam menerapkan model everyone is a teacher here di kelas X IPS 3 dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian ditemukan bahwa: 1) Model pembelajaran everyone is a teacher here sudah digunakan oleh guru sejarah dalam kegiatan belajar mengajar bisa dilihat dari RPP yang telah dibuat. 2) Kendala yang terjadi adalah dari faktor guru seperti keterbatasan waktu, pertanyaan yang diajukan menyimpang dan banyak peserta didik yang takut untukmengemukakan pendapatnya di depan kelas sedangkan faktor dari peserta didik adalah peserta didik merasa tidak percaya diri untuk berbicara di depan kelas, rendahnya minat dan motivasi belajar peserta didik dan lebih suka guru yang menjelaskan materi. 3) Upaya untuk mengatasi kendala tersebut adalah utuk kelas yang besar, guru bisa membagi kelompok untuk mempersingkat waktu, guru harus mampu meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik agar lebih semangat dalam belajar, untuk peserta didik yang masih takut untuk berbicara di depa kelas, boleh bertanya dengan teman sekelompoknya dan boleh menjadi jawabannya di buku maupun internet. Bedasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan dengan model everyone is a teacher here dapat membuat peserta didik menjadi lebih aktif dan mampu berfikir kritis.
PENGGUNAAN MEDIA INTERNET PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X IPS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 1 MANDAILING NATAL
Inayah Az Zahra;
Buchari Nurdin;
Kaksim Kaksim
Puteri Hijau : Jurnal Pendidikan Sejarah Vol 7, No 2 (2022): Puteri Hijau: Jurnal Pendidikan Sejarah
Publisher : Department of History Education, Faculty of Social Science, Universitas Negeri Medan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.24114/ph.v7i2.37323
Penelitian ini dilatarbelakangi Meluasnya penggunaan internet memungkinkan siswa untuk mengakses informasi secara efektif tanpa terbatas oleh waktu. Nilai manfaat dari internet itu sendiri juga meningkat seiring dengan pesatnya pertumbuhan penggunaan internet. Internet belum sepenuhnya dimanfaatkan sebagai sumber informasi untuk membantu pendidikan. Minat belajar siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan media internet yang meliputi berbagai website untuk mencari ilmu. Guru dapat memanfaatkan internet untuk meneliti sumber daya dan memberikan referensi dalam bahan ajar selain siswa. Hasil penelitian ini adalah desain pembelajaran online berhasil karena sekolah juga menyediakan fasilitas dan peralatan yang diperlukan untuk proses pembelajaran. Peneliti menemukan bahwa ketika menggunakan media internet, siswa belajar konten lebih efektif jika mereka memiliki kontak langsung dengan guru, sedangkan mereka menggunakan media internet lebih banyak saat melakukan aktivitas. Hal ini dapat diamati melalui berbicara dengan siswa dan melakukan pengamatan terhadap mereka. Pembatasan jaringan dan kuota, serta tidak semua mahasiswa melek teknologi menjadi kendala yang dihadapi mahasiswa dalam mengkonsumsi media internet. Dimasa sekarang tentunya sangat berpengaruh terhadap pengetahuan. Namun, peserta didik juga merasa selain dengan bertatap muka, menggunakan media internet juga menjadi sarana pengetahuan baru untuk lebih mahir dalam menggunakan media internet.
TINJAUAN PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT MAP PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X IPA SMAN 6 PADANG
Romi Purnama;
Kaksim Kaksim;
Meldawati Meldawati
Puteri Hijau : Jurnal Pendidikan Sejarah Vol 7, No 2 (2022): Puteri Hijau: Jurnal Pendidikan Sejarah
Publisher : Department of History Education, Faculty of Social Science, Universitas Negeri Medan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.24114/ph.v7i2.39242
Salah satu model yang digunakan oleh guru sejarah dalam proses belajar mengajar sejarah yaitu pelaksanaan model Concept Map. Penggunaan model Concept Map sudah sering digunakan oleh guru sejarah di SMA N 6 Padang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah tinjauan pelaksanaan model Concept Map pada mata pelajaran Sejarah Kelas X IPA di SMA N 6 Padang. Penulisan ini bertujuan untuk mendeksripsikan tinjauan pelaksanaan model pembelajaran concept map pada mata pelajaran sejarah kelas X IPA DI SMA N 6 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data adalah melalui wawancara dan observasi. Wawancara dilakukan dengan informan sebanyak 11 orang, informan dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik Purposive sampling, maka informan yaitu terdir dari guru dan siswa SMA N 6 Padang. Model analisis data yaitu melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tinjauan penggunaan model Concept Map pada pembelajaran sejarah di SMA N 6 Padang yaitu: penggunaan model Concept Map dalam belajar sejarah terlaksana sesuai dengan langkah-langkah model pembelajaran. Setiap tahap atau langkah dari model Concept Map sudah diterapkan oleh guru sesuai dengan langkah-langkah model Concept Map, maka melalui penarapan model ini dengan langkah-langkah model yang terarah maka penerapan model ini mampu melatih kemampuan berfikir dan kerjasama siswa dalam belajar. Selain itu selama proses belajar beralngsung terjalinya komunikasi dan interaksi yang baik antara guru dengan siswa dan antara siswa yang satu dengan yang lainnya.
NAGARI RAWANG GUNUNG MALELO DI KECAMATAN SUTERA KABUPATEN PESISIR SELATAN PASCA PEMEKARAN TAHUN 2011-2020
Nori Yasni Dwi Saputri;
Zusmelia Zusmelia;
Meri Erawati
Puteri Hijau : Jurnal Pendidikan Sejarah Vol 7, No 2 (2022): Puteri Hijau: Jurnal Pendidikan Sejarah
Publisher : Department of History Education, Faculty of Social Science, Universitas Negeri Medan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.24114/ph.v7i2.37980
Penelitian ini mengkaji tentang Nagari Rawang Gunung Malelo Pasca Pemekaran serta menggambarkan kondisi Nagari Rawang Gunung Malelo setelah pemekaran dari tahun 2011-2020. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu, (1) Bagaimana Sejarah terbentuknya Nagari Rawang Gunung Malelo Pasca Pemekaran 2011-2020, (2) Bagaimana perkembangan fisik dan non fisik Nagari Rawang Gunung Malelo sebelum dan sesudah pemekaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah dengan langkah-langkah sebagai berikut : 1). Heuristik 2) Kritik sumber 3) Interpretasi 4) Historiografi. Hasil dari penelitian ini adalah, Nagari Rawang Gunung Malelo terbentuk pasca pemekaran dari Nagari Surantih, yang secara resmi di tandai dengan keluarnya Perda Pembentukan Nagari Rawang Gunung Malelo undang-undang Nomor 63 tahun 2011 dari Kabupaten Pesisir pada tanggal 30 Juni 2011. Setelah pemekaran, Nagari Rawang Gunung Malelo mengalami Perkembangan di bidang fisik dan non fisik seperti pembangunan Jalan antar desa, pembangunan sarana pendidikan , pembangunan saluran irigasi sawah, Pembangunan Fasilitas kesehatan (Pustu) meningkatnya tingkat pendidikan masyarakat , peningkatan ekonomi serta berkembangya sumber daya manusia yang ada di Nagari Rawang Gunung Malelo. Kata Kunci: Sejarah Nagari, Pemekaran, Nagari Rawang Gunung Malelo.
PERFILMAN DI INDONESIA TAHUN 1950-1965
Melza Huzelmi;
Meri Erwati;
Refni Yulia
Puteri Hijau : Jurnal Pendidikan Sejarah Vol 7, No 2 (2022): Puteri Hijau: Jurnal Pendidikan Sejarah
Publisher : Department of History Education, Faculty of Social Science, Universitas Negeri Medan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.24114/ph.v7i2.37676
Penelitian ini membahas tentang Perkembangan Perfilman di Indonesia dari tahun 1950-1965. Penelitian ini masuk kedalam kajian studi kepustakaan, yang bersumber dari buku-buku, baik itu buku online dan buku diperpustakaan, dan dibantu dengan jurnal dan situs internet lainnya. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini yaitu : 1).Apa yang dimaksud dengan The Long March Of Siliwangi sebagai tonggak baru film nasional dan munculnya film-film nasional lainnya, 2).Bagaimana arus film impor ke pasar film Indonesia, 3). Bagaimana kebijakan Soekarno menutup akses film impor yang mendominasi dunia film di Indonesia, dan bagaimana pengaruh kebijakan tersebut terhadap perkembangan film Indonesia. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian sejarah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Sejarah. Metode Sejarah ini terbagi atas empat tahapan yaitu : 1). Heuristik 2). Kritik Sumber 3). Interpretasi 4). Historiografi. Hasil penelitian ini yaitu melihat perkembangan perfilman Indonesia dari tahun 1950-1965 yaitu Perfilman nasional dimulai dari tahun 1950 dengan dibuatnya film The Long March Of Siliwangi sebagai tonggak kedua film di Indonesia dan dengan ini mulai bermunculannya film-film nasional, namun film nasional ini digeser keberadaannya oleh film impor yang masuk ke Indonesia, film yang di dominasi oleh film impor dari Amerika, namun usaha untuk mengembangkan film nasional tetap ada dengan dibuatnya kebijakan untuk menutup akses film impor ke Indonesia dengan dilakukan pemulangan terhadap film impor yang masuk ke Indonesia dan dilakukan pembinaan terhadap perfilman Indonesia untuk perkembangannya.
RANCANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK SIMULASI (PBPS) PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI SMA DIAN ANDALAS PADANG
Rani Widirta;
Zulfa Zulfa;
Kaksim Kaksim
Puteri Hijau : Jurnal Pendidikan Sejarah Vol 7, No 2 (2022): Puteri Hijau: Jurnal Pendidikan Sejarah
Publisher : Department of History Education, Faculty of Social Science, Universitas Negeri Medan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.24114/ph.v7i2.38523
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yaitu karena masih ada siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran ketika guru menggunakan metode pembelajaran ceramah. kurangnya minat siswa dalam belajar sejarah. Tujuan penelitian ini adalah Untuk merancang model pembelajaran berbasis proyek simulasi (PBPS) pada mata pelajaran sejarah kelas XI SMA Dian Andalas Padang, dan untuk mengetahui langkah-langkah model PBPS pada mata pelajaran sejarah kelas XI SMA Dian Andalas Padang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D). metode yang digunakan dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap perencanaan (design). Teknik pengumpulan data melalui dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data melalui tahap pengumpulan data adalah editing, classifaying, vertifikasi, analzing, concluding/menarik kesimpulan. Hasil penelitian tentang rancangan model PBPS yaitu dapat disimpulkan sebagai berikut. Langkah-langkah Pembelajaran dengan model PBPS terdiri dari 6 langkah yaitu. Pembelajaran dimulai dengan pertanyaan esensial. Guru memberikan pertanyan kepada siswa berupa penugasan dikaitkan dengan dunia nyata yang relevan dan bermakna untuk peserta didik, dimulai dengan sebuah investigasi mendalam. Kemudian guru meminta siswa untuk merencanakan aturan main, pemilihan aktivitas yang dapat mendukung dalam menjawab pertanyaan esensial. Guru dan peserta didik secara kolaboratif menyusun jadwal aktivitas dalam menyelesaikan proyek. Guru melakukan monitor terhadap aktivitas peserta didik selama menyelesaikan proyek. Kesimpulan dari hasil penelitian ini ialah dengan rancangan model PBPS dapat diketahui peserta didik mampu mengembangkan pengetahuan dan keterampilanya melalui PBPS ini meningkatkan Inovasi dan kreatifitas dengan kemapuan yang dimiliki peserta didik.
KASYANTI S.P DARI AKTIVIS KE WALI NAGARI 1995-2021
Yuliana Serli;
Livia Ersi;
Juliandry Kurniawan Jinaidi
Puteri Hijau : Jurnal Pendidikan Sejarah Vol 7, No 2 (2022): Puteri Hijau: Jurnal Pendidikan Sejarah
Publisher : Department of History Education, Faculty of Social Science, Universitas Negeri Medan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.24114/ph.v7i2.37855
Artikel ini mengkaji tentang Biografi Kasyanti sebagai Wali Nagari yang di percaya masyarakat untuk menjadi pemimpin di Koto Laweh, Lembang Jaya. Penulisan ini bertujuan untuk: menjelaskan latar belakang kehidupan social budaya kasyanti dan menjelaskan kepemimpinan Kasyanti selama menjabat sebagai Wali Nagari. Metode dalam penelitian adalah metode sejarah, dengan langkah-langkah sebagai berikut: 1. Heuristik, pengumpulan berbagai data dari data primer melalui wawancara dengan para pelaku dan sumber sekunder dari buku-buku yang relevan dan ada hubungan dengan tulisan ini (studi literatur), 2.kritik Sumber, 3. Analisis-sintesis dan interpretasi, 4. Historiografi, yaitu menuliskan data sejarah sehingga menjadi sebuah karya Ilmiah. Dari pembahasan yang dilakukan dapat diketahui bahwa, Sebelum dilantik menjadi wali Nagari Kasyanti merupakan seorang aktivis yang telah banyak mengikuti berbagai bidang organisasi mukai dari pemandu Radio hingga mnejadi aktivis dari parti politik dan menjadi ketua gabungan kelompok tani. Pada tahun 2020 Kasyanti resmi dilantik menjadi Wali Nagari Koto Laweh secara serentak di Sport Hall GOR Batu Batupang, dan dilantik Sumpah Jabatan para Wali Nagari terpilih untuk periode 2020-2026. Selama menjadi Wali Nagari Kasyanti juga membangun nagari di bidang Ekonomi yaitu melakukan alokasi dana kepada Masyarakat seperti bantuan modal usaha disabilitas, modal usaha basnas, sehingga dengan bantuan ini dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.