JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA adalah publikasi dari Prodi Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Jember berupa tulisan yang diterbitkan secara berkala secara cetak (print) dan elektronik (online),dan Memuat Artikel di bidang manajemen yang meliputi manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen operasional, manajemen sumber daya manusia, manajemen pengetahuan , manajemen inovasi.
Articles
28 Documents
Search results for
, issue
"Vol 5, No 1 (2019)"
:
28 Documents
clear
Pembangunan Ekonomi Islam Pada Civil Society Dan Masyarakat Madani
Najiyah, Faridatun;
Millatina, Afifah Nur
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA Vol 5, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (390.155 KB)
|
DOI: 10.32528/jmbi.v5i1.2579
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman masyarakat madani dan sejarahnya secara umum mulai dari periode Islam hingga abad pertengahan hingga korelasi nya dengan konteks negara berlangsung singkat. Dalam penelitian ini dijelaskan strategi bagaimana pembangunan masyarakat madani, selanjutnya menjelaskan strategi pembangunan pada masyarakat madani dapat terwujud
The Effect Of Career Competencies On Job Satisfaction Through Perceived Employability And Work Engagement
Prameswari, Riyantyari Hayu;
Sridadi, Ahmad Rizki
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA Vol 5, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (573.915 KB)
|
DOI: 10.32528/jmbi.v5i1.2584
The current labor market requires workers to have high career competencies. WHO (2013) further states that in the health sector, in an effort to realize progress in the field of human resource health, competent and trained health workers are one of the keys to achieving job satisfaction and universal health coverage as a whole. Kong et al. (2013) states that workers with high career competencies tend to show positive traits that lead to high job satisfaction. An interesting phenomenon is that although in general the competency of health workers in Surabaya's Husada Utama Hospital is relatively high, but it still leaves the problem of salary dissatisfaction, especially in the nursing division. This phenomenon underlies the interest of researchers to examine more deeply the influence of career competencies on job satisfaction. In addition, in terms of theory, the influence of career competencies on job satisfaction, especially in the health care industry is still rarely examined in Indonesia, moreover by involving the variable perceived employability and work engagement as a mediating variable. This study aims to determine the effect of Career Competencies on Job Satisfaction through Perceived Employability and Work Engagement. This research is a quantitative study, in which the study sample is 160 permanent nurses at the Husada Utama Hospital in Surabaya. The method used in data analysis is SEM. The results of data analysis support each research hypothesis, where career competencies have a positive and significant effect on perceived employability, work engagement, and job satisfaction. In addition, it was also concluded that perceived employability and work engagement each partially mediated the influence of career competencies on job satisfaction
Revitalisasi Enterpreneurship Terhadap Pelaku Industri Kreatif Berbasis Kinerja Balance Scorecard
Cahyono, Dwi
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA Vol 5, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (406.636 KB)
|
DOI: 10.32528/jmbi.v5i1.2589
Tujuan dari penelitian ini adalah pemetaan profil industri kreatif, terutama pada tingkat kinerja BSC, kebijakan pemerintah dan kontribusinya terhadap perekonomian daerah. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif teknik survei kualitatif dan kuantitatif terhadap populasi industri kreatif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa profil industri kreatif dalam perspektif keuangan pada aspek tahap akhir kematangan dan masih belum baik. Dalam perspektif pelanggan bahwa tingkat kepuasan pelanggan mencapai 62,67%, loyalitas yang relatif konstan, segmen pasar usia dewasa lebih dominan, tinggi dan pendidikan seks perempun dan pertumbuhan pelanggan baru cenderung meningkat secara perlahan. Selain itu, perspektif proses bisnis internal sebanyak 65,33% industri kreatif untuk berinovasi, tetapi operasi telah berfluktuasi MCE. Industri kreatif sebagian besar tidak melakukan tren penjualan meskipun kerusakan barang cenderung meningkat. Dalam perspektif pertumbuhan dan pembelajaran bahwa tingkat produktivitas, motivasi dan kemampuan sistem informasi tenaga kerja cenderung meningkat. Pemerintah Kabupaten Jember kurang berperan penting dalam pengembangan sektor industri kreatif, sedangkan di sisi lain pemerintah pusat dan provinsi Jawa Timur telah melahirkan kebijakan khusus terkait sektor ini. Kontribusi industri kreatif terhadap perekonomian di Jember mencapai 3%, tetapi masih di bawah rata-rata nasional yang telah menembus angka7%.
Urgensi Ijin Keamanan Pangan (P-IRT) Dalam Upaya Membangun Kepercayaan Konsumen Dan Meningkatkan Jaringan Pemasaran
Epriliyana, Nike Norma
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA Vol 5, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (532.738 KB)
|
DOI: 10.32528/jmbi.v5i1.2580
Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT) merupakan salah satu syarat wajib yang perlu dimiliki oleh Industri Rumah Tangga untuk membangun kepercayaan konsumen dan meningkatkan jaringan pemasaran Usaha. Dalam upaya memenuhi standar pengolahan pangan yang baik, Industri Rumah Tangga perlu memiliki sertifikat keamanan pangan yang dapat diperoleh dari Dinas Kesehatan di tingkat Kabupaten. Proses mengurus ijin P-IRT memiliki beberapa tahapan yaitu Pendaftaran; Pelatihan; Tinjau Lapang; Keputusan Kelayakan; dan Penyerahan Sertifikat. Artikel ini merupakan hasil kegiatan pengabdian masyarakat dimana Tim Pengabdian Masyarakat membantu 2 Mitra dari Akademi Akuntansi PGRI Jember mengurus ijin P-IRT. Artikel ini mengulas tatacara mengurus ijin P-RT di Kabupaten Jember dan memaparkan urgensi P-IRT dalam upaya membangun kepercayaan konsumen dan meningkatkan jaringan pemasaran. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian menggunakan metode survey, observasi, wawancara dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan setelah Mitra memperoleh Ijin P-IRT, kepercayaan konsumen meningkat dan jaringan pemasaran bertambah
Perputaran Modal Kerja Guna Mengukur Tingkat Rentabilitas Koperasi
Furqon, Moh. Amir;
maulana, Wahyu
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA Vol 5, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (621.021 KB)
|
DOI: 10.32528/jmbi.v5i1.2585
Tujuan penelitian adalah untuk menganalisa tingkat perputaran modal kerja guna mengukur tingkat rentabilitas koperasi BMT UGT Sidogiri Pamekasan. Dengan menganalisa perputaran modal kerja secara efektif, maka dapat menghasilkan tingkat keuntungan yang optimal. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data penelitian menggunakan data sekunder dimana data berasal dari laporan keuangan tahunan yang bersumber pada RAT (rapat anggota tahunan) dari tahun buku 2016 hingga tahun 2018. Teknik analisa data menggunakan perhitungan rasio perputaran modal kerja dan rasio rentabilitas ekonomi serta rentabilitas modal sendiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat perputaran modal kerja terus mengalami perputaran yang begitu lambat. Artinya, kinerja koperasi adalah kurang efektif dalam penggunaan modal kerjanya. Hal yang sama terjadi pada tingkat perolehan rentabilitas dimana baik rentabilitas ekonomi maupun rentabilitas modal sendiri terus mengalami penurunan disetiap tahunnya. Hal ini menggambarkan kinerja koperasi kurang maksimal dalam memperoleh keuntungan. Artinya, adanya ketidakefektifan dalam meraup keuntungan dan penumpukan pada struktur modal kerja sehingga kinerja kurang baik.
Strategi SWOT Pada Pemasaran Tahu Alami Lubuk Buaya Kota Padang
Masrin, Indra;
Rachmi, Lusyana
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA Vol 5, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (878.377 KB)
|
DOI: 10.32528/jmbi.v5i1.2590
Pemasaran merupakan bagian penting dari bisnis. Pabrik Tahu Alami adalah salah satu unit bisnis pengolahan makanan di kota Padang. Salah satu masalah Pabrik Tahu Alami adalah pemasaran belum optimal, sehingga penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi strategi pemasaran yang tepat berdasarkan faktor internal dan eksternal bisnis. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan studi dokumen. Analisis data menggunakan analisis SWOT dengan matriks IFE dan matriks EFE. Strategi pemasaran yang dapat diterapkan berdasarkan analisis faktor internal dan eksternal meliputi (1) menjaga kualitas produk dengan citarasa alami tanpa bahan pengawet yang memiliki nilai gizi tinggi untuk kesehatan; (2) menjaga kerja sama yang baik dengan produsen kedelai sehingga mereka dapat memenuhi kebutuhan produksi pabrik; (3) meningkatkan kegiatan promosi produk dengan memposting di media sosial; (4) memberi kepercayaan kepada orang lain untuk mengelola bisnis sehingga mereka dapat membuka cabang bisnis di tempat lain; (5) memperbaharui mesin produksi sehingga produksi menjadi lebih efektif. Hasil penelitian ini merekomendasikan bahwa Pabrik Tahu Alami memiliki peluang bagus untuk mengembangkan bisnis, mampu bersaing dan mengatasi ancaman bisnis tetapi perlu ditingkatkan untuk strategi pemasaran.
Sifat Kepemimpinan Dalam Bisnis Islam
Rahmasari, Oliv Amalia
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA Vol 5, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (381.656 KB)
|
DOI: 10.32528/jmbi.v5i1.2581
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan sifat kepemimpinan dalam bisnis Islam. Permasalahan kepemimpinan yang terjadi ketika bisnis mereka mengalami kerugian, sehingga perilaku pemimpin biasanya bertindak sesuai dengan kehendaknya tanpa memperhatikan karyawannya dan tentunya mengabaikan prinsip-prinsip Islam terutama karakteristik pemimpin dalam Islam. Dalam kepemimpinan Islam, pemimpin akan selalu mengingat Allah, walaupun bisnis nya tersebut mengalami kerugian dan tetap melakukan inovasi yang kreatif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan; sumbernya diambil dari sumber sekunder dalam bentuk buku, jurnal, dan kertas yang berkaitan dengan sifat kepemimpinan dalam bisnis Islam.
Pengaruh Brand Image Terhadap Customer Relationship Management Dan Loyalitas Pelanggan
Nursaidah, Nursaidah
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA Vol 5, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (410.674 KB)
|
DOI: 10.32528/jmbi.v5i1.2586
perekonomian Indonesia. UMKM dituntut untuk mampu merumuskan strategi yang baik, karena produk UMKM tidak akan dapat dipasarkan apabila tanpa didukung adanya strategi pemasaran yang tepat dan strategi pemasaran juga diperlukan untuk pengembangan serta mempertahankan kelangsungan bisnis UMKM itu sendiri. Dalam konsep pemasaran, setiap unit bisnis termasuk UMKM dituntut untuk mampu memahami perilaku konsumen. Tujuan penelitian pada adalah untuk menyusun model pengaruh brand image terhadap Customer Relationship Management (CRM) dan loyalitas pelanggan pada UMKM.Populasi penelitian ini adalah para pelaku UMKM sektor makanan di Kabupaten Jember. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling, yaitu dengan cara accidental sampling dan jumlah sampel ditentukan sebanyak 60 responden. Analisis data dan pengujian hipotesis peneliti menggunakan teknik analisis Structural Equation Modelling (SEM) dengan menggunakan program software Smart Partial Least Square (SmartPLS).
Pengaruh Keselamatan Kerja Dan Kesehatan Kerja (K3) Dan Turnover Intention Terhadap Komitmen Organisasi dan Kinerja Karyawan
Reskiputri, Tatit Diansari;
Romadhoni, Rizki
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA Vol 5, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (288.414 KB)
|
DOI: 10.32528/jmbi.v5i1.2591
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keselamatan kerja dan kesehatan kerja (k3) dan turnover intention terhadap kinerja karyawan dengan mediasi komitmen organisasi karyawan PT. Cement Puger Jaya Raya Sentosa. Sampel penelitian sebanyak 51 karyawan yang diperoleh dengan metode purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yakni menggunakan uji instrumen, uji asumsi klasik, analisis jalur dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan keselamatan kerja dan kesehatan kerja (K3) berpengaruh positif signifikan terhadap komitmen organisasi. Turnover intention berpengaruh negatif siginifkan terhadap komitmen organisasi. Keselamatan kerja dan kesehatan kerja (K3)berpengaruh positif signifkan terhadap kinerja karyawan. Turnover intention berpengaruh negatif signifikan terhadap kinerja karyawan. Komitmen organisasiberpengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan.
Kinerja Keuangan Pada PT.Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. Periode 2012-2016
Dimara, Apolos;
F. Lahallo, Fensca;
Manurung, Tagor
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA Vol 5, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (412.592 KB)
|
DOI: 10.32528/jmbi.v5i1.2582
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis kinerja keuangan PT.Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. Periode 2012-2016 dengan menggunakan rasio likuiditas, rasio solvabilitas rasio aktivitas, dan rasio profitabilitas. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Rasio likuiditas secara keseluruhan yang diukur dengan rasio lancar, rasio cepat dan rasio kas menggambarkan keadaan perusahaan berada dalam keadaan yang baik. Untuk rasio hutang atas modal, keadaan perusahaan cukup mengkhawatirkan. Perusahaan berada pada posisi insolvable yaitu keadaan dimana kemampuan perusahaan untuk membayar hutang-hutangnya secara tepat waktu berada dalam posisi bermasalah bahkan cenderung tidak tepat waktu. Ditinjau dari analisis kinerja keuangan dengan menggunakan rasio aktivitas mengindikasikan bahwa, perusahaan sudah efektif dalam memanfaatkan semua sumber daya yang ada pada pengendaliannya. Hal ini dilihat dari nilai rasio perusahaan yang sekalipun berfluktuasi tetapi perputarannya cukup tinggi. Rasio profitabilitas menunjukkan perusahaan memiliki kemampuan dalam menggunakan modalnya untuk menghasilkan keuntungan dalam periode tertentu.