cover
Contact Name
Heni Indrayani
Contact Email
jurnal.audience@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
heni.indrayani@dsn.dinus.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Audience
ISSN : 26208393     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Audience, Journal of Communication Studies is a scientific journal published by Dian Nuswantoro University. Audience journal publishes original papers, review papers, conceptual framework, analytical and simulation models, case studies, and empirical research. Audience journal aims to develop and communicate widely the development of creative media and business communication both theoretical and pragmatic. Audience journal publishes papers in the fields of journalism, mass media industries, broadcasting media issue, new media studies, media ethics, political communications, media law, strategic communications management, social marketing, political marketing, political campaign, public relations. Audience journal is published both in print and online versions. Audience journal published twice a year, in February and August.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2023): FEBRUARI 2023" : 9 Documents clear
Semiotic Analysis of Jokowi’s Instagram Account About G20 Faisal Mohamed Kadir; Daniel Susilo
Jurnal Audience: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 6, No 1 (2023): FEBRUARI 2023
Publisher : COMMUNICATION MAJOR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33633/ja.v6i1.7837

Abstract

Indonesia has the honor to be the leader of G20 forum. As the country with unique diversities, its great economy and social development, also leadership dynamics have led to urgency to analyze Indonesian performance in G20, that includes the president of Indonesia named Jokowi. Jokowi has been a great spotlight for Indonesia in almost a decade; therefore, the data is more than enough to be analyzed with semiotic analysis. Saussure’s semiotic analysis has its in-depth technique regarding the language dynamics since Indonesia is strongly affiliated to social alignment. Jokowi’s performance is placed in his Instagram account, using Saussure’s Semiotic analysis we could discover strong multivectorism results in his identity politics in his diplomatic interest behind Jokowi and G20 forum. To understand and discover is to prepare and improve for the better research perspective around the government.Keywords: Multivectorism; Identity Politics; Jokowi; G20 Forum; Diplomatic Interest
Strategi Komunikasi Politik Staf Khusus Presiden Dalam Menangani Isu-Isu Disabilitas di Indonesia Waode Nadiah Nasrawati; Heru Budianto
Jurnal Audience: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 6, No 1 (2023): FEBRUARI 2023
Publisher : COMMUNICATION MAJOR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33633/ja.v6i1.8155

Abstract

Staf Khusus Presiden merupakan lembaga atau organisasi non struktural yang bertugas membantu dan memperlancar pelaksanaan tugas Presiden dalam memberikan pandangan dan pendapat berbasis data. Pengangkatan Staf Khusus Presiden berdasarkan pada Peraturan Presiden Nomor 70 Tahun 2012 tentang Utusan Khusus Presiden, Staf Khusus Presiden, dan Staf Khusus Wakil Presiden.Presiden Jokowi mengamanahkan urusan-urusan penanganan isu-isu disabilitas kepada Staf Khusus Presiden Bidang Sosial yang seorang penyandang disabilitas dan dilantik berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 75/M Tahun 2019 tentang Pengangkatan Staf Khusus Presiden. Pelantikan penyandang disabilitas sebagai Staf Khusus Presiden baru terjadi di periode kedua kepemimpinan Presiden Jokowi. Secara komunikasi politik hal ini menggambarkan bahwa Presiden Jokowi ingin dikatakan sebagai Presiden yang dekat dengan penyandang disabilitas yang selama ini menjadi kelompok yang termarginalkan dan memiliki perhatian terhadap penanganan isu-isu disabilitas di Indonesia. Serta secara politik memiliki potensi elektoral yang cukup besar.Staf Khusus Presiden Bidang Sosial kemudian mulai menyusun strategi komunikasi politik untuk membantu Presiden dalam mengkomunikasikan kebijakan-kebijakan terkait penyandang disabilitas maupun sosialisasi peraturan perundang-undangan perihal penanganan isu-isu disabilitas. Penelitian ini menfokuskan pada bagaimana strategi komunikasi politik Staf Khusus Presiden Jokowi Bidang Sosial dalam menangani isu-isu disabilitas di Indonesia?Penelitian ini menggunakan kerangka teori komunikasi politik dari Dan Nimmo dan Strategi Komunikasi Politik dari John L. Thompson: Visi/perspektif, Rencana, Taktik, Posisi, Pola. Metode penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif–deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi politik Staf Khusus Presiden Bidang Sosial menjadi faktor kesuksesan Presiden Jokowi dalam mengkomunikasi kebijakan-kebijakan strategis tentang disabilitas kepada penyandang disabilitas dan non disabilitas
Mothers Community, COVID-19, and Family Resilience Monika Sri Yuliarti
Jurnal Audience: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 6, No 1 (2023): FEBRUARI 2023
Publisher : COMMUNICATION MAJOR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33633/ja.v6i1.7864

Abstract

The COVID-19 pandemic has had a huge impact on all aspects of human life. One of the things that changed drastically during the crisis was the change in human activities from offline to online. This happened because of the physical distancing policy that was enforced to prevent the spread of the virus. One of the things that is challenged is family resilience. This study aims to explore the role of women in the family, in relation to family resilience during the COVID-19 pandemic crisis, by specifically conducting studies on the ‘Ibu Profesional’ community. As a country where patriarchal values are still attached, in Indonesia, women are always placed exclusively in the private sphere and do not receive respect because of this position. Nevertheless, it is very interesting to explore the extent to which the private sphere contributes to family resilience in times of crisis. By conducting interviews with 6 members of the community from the Surakarta branch, Indonesia, this research yielded the following findings: (1) Women play an important role in family resilience during the COVID-19 pandemic, both in the private and public spheres: (2) Women have the ability to master technology internet due to the changing mode of community activity from offline to online. Furthermore, they also prefer online activities compared to offline activities because of its simplicity.
Pola Komunikasi Kesehatan di Pondok Pesantren Pasca Era Adaptasi Baru Olih Solihin; Yasundari Yasundari; Ballian Siregar
Jurnal Audience: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 6, No 1 (2023): FEBRUARI 2023
Publisher : COMMUNICATION MAJOR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33633/ja.v6i1.7828

Abstract

Pondok pesantren merupakan salah satu tempat untuk mengenyam pendidikan, khususnya pendidikan agama yang berbasi nilai dan ajaran agama islam. Bukan hanya berfokus pada pembelaran mata pelajaran umum dan agama, beberapa pondok pesantren juga memberikan pendidikan kesehatan bagi para santrinya. Komunikasi kesehatan diperlukan bagi tiap individu apalagi di kondisi baru-baru seperti ini dimana kita semua telah melewati pandemi covid-19 dan menjalani kembali kehidupan dengan kondisi new normal. Dalam menjalankan komunikasi di pondok pesatren diperlukan adanya kerjasama antara pihak-pihak terkait seperti para pengajar di pondok pesantren juga kyai dengan para petugas kesehatan yang bertugas untuk memberikan sosialisasi kepada para santri baik secara langsung maupun tidak langsung. Komunikasi kesehatan secara tidak langsung dapat dilakukan oleh para pengajar yang terlebih dahulu sudah mendapatkan sosialisasi dari para petugas kesehatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola komunikasi kesehatan yang dilakukan di beberapa pondok pesantren di Indonesia. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Studi ini menggunakan informasi sekunder, khususnya komunikasi di pesantren, yang telah dipublikasikan di berbagai jurnal ilmiah. Tujuan dari komunikasi kesehatan adalah untuk mempengaruhi perilaku mereka yang menjadi sasaran dalam rangka menciptakan kondisi yang diperlukan untuk peningkatan status kesehatan sebagai hasil atau konsekuensi dari program. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi kesehatan yang dilakukan di pondok pesantren adalah komunikasi persuasif yang bertujuan untuk mempengaruhi orang yang dituju dalam proses komunikasi. Informasi mengenai komunikasi kesehatan yang biasa disampaikan kepada para santri adalah mengenai perilaku hidup bersih dan sehat, menjaga kesehatan reproduksi tiap individu dan juga kesehatan di era new normal.Kata Kunci: Pondok Pesantren; Pendidikan Agama; Komunikasi Kesehatan; Pendidikan Kesehatan
Wujud Determinisme Teknologi dalam Audiobook untuk Meningkatkan Minat Baca Rierind Koniyo; Gita Juniarti; Fatmawaty Damity
Jurnal Audience: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 6, No 1 (2023): FEBRUARI 2023
Publisher : COMMUNICATION MAJOR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33633/ja.v6i1.7869

Abstract

Reading habit merupakan kegiatan individu yang berkaitan dengan motivasi dan keingintahuan individu terhadap informasi yang dibutuhkan, sehingga individu akan memilih buku yang tepat untuk dikonsumsi guna menjawab keingintahuan individu tersebut. Teknologi pun mulai hadir dan perlahan mengubah reading habit individu, khususnya mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang peran teknologi dalam mengubah reading habit mahasiswa di Universitas Negeri Gorontalo (UNG) Fakulta Ekonomi Jurusan Ilmu Ekonomi. Penelitian ini menggunakan teori determinisme teknologi dan pendekatan penelitian kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa teknologi mendatangkan perubahan positif. Perubahan pertama berupa habit mahasiswa mencari review buku yang telah dijadikan konten di Youtube, Twitter, dan Instagram. Perubahan kedua berupa menjadikan media sosial sebagai pedoman untuk mencari dan membaca buku. Perubahan lainnya adalah sistem membeli buku dengan menggunakan e-commerce, hadirnya buku dengan mengandalkan audiovisual, dan terjalinnya komunikasi antara individu yang memiliki hobi membaca dan berdomisili di Gorontalo dengan individu yang memiliki hobi yang sama di negara maupun daerah lain. Perubahan reading habit ini menunjukkan sesuatu yang positif, namun mahasiswa masih perlu untuk meningkatkan minat baca lagi dengan mengandalkan media sosial tersebut.Kata Kunci: Reading habit, teknologi, determinisme teknologi, Gorontalo
Strategi Re-Branding Destinasi Wisata Tkl Eco-Park Untuk Meningkatkan Tren Kunjungan Dwi Susanti; Annisa Zafirah
Jurnal Audience: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 6, No 1 (2023): FEBRUARI 2023
Publisher : COMMUNICATION MAJOR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33633/ja.v6i1.7847

Abstract

Proses re-branding diperlukan sebagai sebuah strategi suatu merek atau organisasi untuk bertahan di antara perubahan industri yang sangat cepat. Pariwisata sebagai salah satu yang industrinya bergerak begitu cepat juga harus berdapatasi dengan perubahan yang ada. Taman Kyai Langgeng adalah salah satu tempat wisata keluarga yang ada di Magelang melakukan proses re-branding untuk terus meningkatkan tren kunjungan wisatawan yang mengalami penurunan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses re-branding yang dilakukan oleh Taman Kyai Langgeng dalam mengubah nama, logo, tata kelola juga produk yang ada di dalamnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui observasi dan wawancara mendalam kepada informan yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam melakukan proses re-branding, pengelola Taman Kyai Langgeng menggunakan beberapa transformasi, yaitu: brand image transformation, bussines model transformation, dan financial transformation. Strategi re-branding Taman Kyai Langgeng yaitu melakukan beberapa pembenahan baik dari segi tata kelola juga manajemen keuangannya, tidak hanya itu TKL juga melakukan perubahan pada image yang dibentuk Taman Kyai Langgeng menjadi lebih segar.
Manajemen Public Relations Asia Pacific Rayon dalam Mengkomunikasikan Sustainable Fashion Dona Bella; Riki Arswendi
Jurnal Audience: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 6, No 1 (2023): FEBRUARI 2023
Publisher : COMMUNICATION MAJOR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33633/ja.v6i1.8184

Abstract

Sustainable fashion is a fashion product that aims to invite the people of Indonesia to maintain environmental conservation. Where Asia Pacific Rayon as a company that produces environmentally friendly products has an important role in communicating it to the general public. How Asia Pacific Rayon's Public Relations management communicates Sustainable Fashion products is the purpose of this research. This research uses qualitative methods with a descriptive approach. The results showed that Asia Pacific Rayon in communicating sustainable fashion in accordance with the concept of public relations management, namely; Fact Finding, finding the focus of the problem. Planning, preparing a communication program plan. Communication, providing collaborative space at Jakarta Fashion Hub (JFH), creating content in offline and online media, especially social media. Evaluating, conducting periodic evaluations of various organizational activities both self-managed and colaboration events.Keywords: Asia Pacifc rayon; Public Relations Management; sustainable fashion.
Hubungan Pengendalian Perilaku Oportunis dengan Kepercayaan dan Komitmen Pemasaran pada Petani Pemasok Ade Febryanti; Amiruddin Saleh; Sarwititi Sarwoprasodjo
Jurnal Audience: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 6, No 1 (2023): FEBRUARI 2023
Publisher : COMMUNICATION MAJOR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33633/ja.v6i1.7846

Abstract

Sebagian besar masyarakat Indonesia masih menggantungkan hidupnya pada sektor pertanian. Salah satu peran strategis sektor pertanian adalah sumber utama pendapatan rumah tangga pedesaan. Masalahnya, kondisi pelaku utama pertanian sekarang yakni tingkat pendidikan rendah, kepemilikan lahan sempit, kurang pemanfaatan teknologi dan informasi, dan masalah pemasaran. Keberhasilan sektor pertanian perlu dukungan semua stakeholder seperti pemerintah, swasta, dan masyarakat termasuk pemuda. Agriculture Youth Mart (AYM) sebagai socio enterprise bertujuan membantu petani memasarkan produk pertanian dalam hubungan pemasaran. Suatu hubungan dapat berjalan baik ketika kedua belah pihak memegang kepercayaan dan komitmen. Pembentukan kepercayaan dan komitmen pemasaran jangka panjang dilakukan dengan pengendalian perilaku oportunis. Penelitian bertujuan untuk: (1) menganalisis hubungan pengendalian perilaku oportunis dengan kepercayaan pada petani pemasok; dan menganalisis hubungan kepercayaan dan komitmen pemasaran jangka panjang pada petani pemasok. Responden penelitian merupakan seluruh petani pemasok AYM di Jawa Barat dan Jawa Tengah, yaitu sebanyak 20 orang. Data dikumpulkan pada bulan Oktober 2018 dan dianalisis menggunakan Statistical Product and Service Solutions (SPSS) versi 24 untuk statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis rank Spearman menunjukkan indikator kesamaan budaya berhubungan positif dan sangat nyata dengan integritas serta berhubungan positif dan nyata dengan kompetensi. Akan tetapi, indikator kesamaan budaya tidak berhubungan nyata dengan loyalitas, konsistensi, dan keterbukaan. Peubah kepercayaan berhubungan sangat nyata dan positif dengan komitmen pada petani pemasok.Kata Kunci: Hubungan Pemasaran; Kepercayaan; Komitmen; Pengendalian Perilaku Oportunis; Petani Pemasok
Pengaruh Penamaan Merek Berbahasa Asing Terhadap Citra Merek Number Sixtyone Kota Bekasi Dengan Kognitif Konsumen Sebagai Variabel Intervening Vira Febrian; Imaddudin Imaddudin; Fadli Muhammad Athalarik
Jurnal Audience: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 6, No 1 (2023): FEBRUARI 2023
Publisher : COMMUNICATION MAJOR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33633/ja.v6i1.7865

Abstract

Industri fashion telah menjadi gaya hidup dan kepribadian masyarakat dengan persaingan yang sangat ketat, menarik konsumen melalui penggunaan bahasa asing sebagai identitas baru yang dikenal oleh konsumen. Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh nama merek berbahasa asing terhadap brand image Number Sixty One di Kota Bekasi dengan kognitif konsumen sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan metode survei dan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah 22.320 pengunjung toko Number Sixty One. Sampel penelitian dipilih berdasarkan teknik accidental sampling dengan jumlah 100 responden dan menggunakan SPSS Versi 25. Berdasarkan hasil penelitian dengan taraf signifikansi 5%, disimpulkan: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan pengaruh antara variabel nama merek berbahasa asing dan nomor citra merek; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel penamaan merek berbahasa asing dan kognitif konsumen number sixty one; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel kognitif konsumen dan brand image number sixty one; (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel penamaan merek berbahasa asing terhadap citra merek dan kognitif konsumen sebagai variabel intervening.Kata kunci: Penamaan Merek Bahasa Asing, Citra Merek, Kognitif Konsumen

Page 1 of 1 | Total Record : 9