cover
Contact Name
Gerardus Gilang
Contact Email
gilang@starki.id
Phone
-
Journal Mail Official
gilang@starki.id
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis
ISSN : 25410741     EISSN : 25982443     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis adalah jurnal ilmiah bidang ilmu komunikasi serta ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan bidang komunikasi yang diterbitkan oleh STIKS TARAKANITA, Program Studi S1 Komunikasi di Jakarta. Jurnal Ilmu Komunikasi menyampaikan sumbangan pemikiran di bidang komunikasi yang otentik, analitis dan kritis kepada para akademisi yang menaruh perhatian dan berminat di bidang ilmu komunikasi. Terbit satu tahun dua kali bulan April dan November.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis" : 8 Documents clear
PENGARUH IKLAN YOUTUBE TRANSPORTASI ONLINE TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN GOJEK DI WILAYAH KELAPA GADING, JAKARTA UTARA Dra. Maria F. Lies Ambarwati, M.M.
Jurnal Komunikasi dan Bisnis Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis
Publisher : STARKI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36914/jikb.v6i1.458

Abstract

The use of proper communication in marketing online transportation services is needed by companies in order to be able to compete against competitors in similar business categories. One of the marketing communication activities that is considered to have the main power to reach large numbers of customers and can persuade consumers is by serving advertisements related to the products offered. This study aims to analyze the effect of YouTube advertising from Gojek online transportation on consumer decisions. The theories and concepts used in this study are persuasion communication theory, marketing communication, AIDA concept, and consumer decision theory. This study was conducted in February-June 2020. The research method used is a quantitative method in the form of a survey with a questionnaire as a tool in data collection and measured using a Likert scale. The sampling technique used was non-probability sampling, namely purposive sampling. The number of respondents is 100 (one hundred) who live in Kelapa Gading, North Jakarta. Researchers tested the validity, reliability, normality, linearity, simple regression, determination, simple correlation, and t test using the SPSS 26 for windows program. The results of the analysis of determination obtained 44.5% which indicates a positive influence between advertising on consumer decisions. The remaining 55.5% is influenced by other variables outside of this study.
Cover, Editorial Team, Table of Contents Editorial Team
Jurnal Komunikasi dan Bisnis Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis
Publisher : STARKI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36914/jikb.v6i1.469

Abstract

POLA KOMUNIKASI PENJUAL TERHADAP PEMBELI PEMPEK DI KOTA PALEMBANG Elsa Maria Simarmata; Agustinus Rustanta
Jurnal Komunikasi dan Bisnis Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis
Publisher : STARKI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36914/jikb.v6i1.467

Abstract

Pola Komunikasi sangat penting dalam mendukung kelancaran proses komunikasi sehari-hari. Pola Komunikasi terbentuk karena adanya kebiasaan berulang yang terjadi secara terus menerus di dalam situasi dan kondisi yang berbeda-beda di dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini fokus pada pola komunikasi yang terjadi antara penjual terhadap pembeli pempek yang terjadi di Restoran Pempek Beringin Gudang Makan-Kenten Street, Jalan MP. Mangkunegara, Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi. Teori yang digunakan adalah Teori Interaksi Simbolik. Data dikumpulkan dengan cara wawancara mendalam dengan 3 (tiga) orang, yaitu dua orang karyawan dan satu orang konsumen Pempek Beringin. Dari hasil wawancara mendalam dan observasi di lapangan, penulis menemukan bahwa pola komunikasi secara umum sudah dijalankan dengan cukup baik oleh penjual dan pembeli di Restoran Pempek Beringin.
Preferensi Keluarga dan Informasi Politik Yuli Nugraheni; Anastasia Yuni Widyaningrum
Jurnal Komunikasi dan Bisnis Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis
Publisher : STARKI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36914/jikb.v6i1.418

Abstract

Penelitian ini berjudul Preferensi Keluarga dan Informasi Politik. Keluarga adalah kelompok masyarakat terkecil yang sekaligus menjadi sasaran pemilih pemilu 2019. Masing-masing anggota keluarga mengakses beragam informasi politik melalui beragam pilihan media. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari tahu preferensi keluarga di Surabaya dalam pencarian informasi tentang politik. Teori yang digunakan uses and gratification serta konsep-konsep utama mengenai preferensi media, jenis media, informasi politik serta keluarga.Pendekatan penelitian kuantitatif jenis penelitian deskriptif dan metode survey. Pengumpulan data melalui kuesioner. Populasi adalah keluarga di Surabaya dengan sampel 100 keluarga. Penarikan sampel probability sampling dengan teknik accidental sampling. Hasil penelitian menunjukan media online digunakan sebagai preferensi utama keluarga dalam mendapatkan informasi politik. Baik ayah, ibu dan anak. Media konvensional yaitu media cetak dan elektronik hampir ditinggalkan sebagai sumber informasi politik di keluarga. Kata kunci: preferensi, media, keluarga, informasi, politik
MOTIF MAHASISWA KOTA SURABAYA DALAM MENGGUNAKAN REUSABLE PRODUCT . Diajeng Sagita Yasmine Wijaya Puteri; Anam Miftakhul Huda
Jurnal Komunikasi dan Bisnis Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis
Publisher : STARKI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36914/jikb.v6i1.407

Abstract

College students in metropolitan cities like Surabaya are high in the use of disposable products. Consumptive lifestyles, a culture of hanging out, coffee lifestyle, efficiency and low production costs cause companies to produce disposable products. The problem arises of waste and to handle it college students as agents of change do campaign for the use of reusable products. after that eco product company was present andt produced reusable products. By looking at consumer behavior in metropolitan cities and lifestyle in modern society, the company produces reusable products that are current to suit the needs. Such as stainless straw, tumblr, tote bag, cloth mask and other reusable products. Furthermore, the use of reusable products is increasingly being intensified and starting become lifestyle. This research have purpose to find out or determine the motives of colleger in using reusable products with descriptive quantitative methods. With sample of 348 college students from universities and colleges in Surabaya. Questionnaires were distributed with non-probability sampling. Used a Likert scale and analyzed with the mean. Motive variables are divided into four, namely product motifs, patronage motifs, emotional motives and rational motives. From the results of data processing found that college students have different motives in make use of reusable products. It was concluded that the motif with the highest value with 84,8% is the product motif that shows conformity to the needs. Then the patronage motif, means that students have consideration in using it. The third rational motive, the use of reusable products with rational reasons such as to protect the environment, more saving, efficient, and because it is durable. The last emotional motive, shows something that affects individuals using products without rational reasons such as feeling present, cool, influenced by an idol, achieving comfort, because the product is unique and cute, and to achieve pleasure.
STRATEGI HUMAS POLSEK CIMENYAN DALAM MENSOSIALISASIKAN TINDAK KRIMINAL DI WILAYAH CIMENYAN ROCKY HARYONO
Jurnal Komunikasi dan Bisnis Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis
Publisher : STARKI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36914/jikb.v6i1.417

Abstract

This research was conducted to explain the strategy carried out by the Cimenyan Police Public Relations in disseminating information about criminal acts that occurred in the Cimenyan area. With the rampant crime in the city of Bandung, especially when there was a Covid outbreak that occurred in Indonesia, then the need for strategies to strive for, minimize the occurrence of crime, especially in this Cimenyan region, by conducting socialization to the surrounding communities around crime and its dangers and how to overcome it . The research method used is a qualitative research method with a descriptive approach. Data collection techniques are carried out through interviews and observations, including by interviewing the Public Relations Police of Cimenyan Sector and members related to the title discussed, as well as making observations by jumping directly into the field. The strategy carried out by the Cimenyan Police Public Relations is with a persuasive, educative and informative strategy. The results obtained are the strategies carried out by the Cimenyan Police Public Relation went well, and were well received by the community and were very effective. Keywords: Public Relations Strategy, Socialization, and crime.
Komodifikasi Pekerja Lepas di Industri Media Online: Pemanfaatan Community Writers oleh Idntimes.com Rahardian Shandy; Mohammad Jhanattan; A. G. Eka Wenats
Jurnal Komunikasi dan Bisnis Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis
Publisher : STARKI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36914/jikb.v6i1.392

Abstract

Idntimes.com membentuk komunitas penulis bernama Community Writer yang berkesempatan menulis di portal berita idntimes.com. Sebagai bentuk imbalan, Idntimes.com memberikan reward berupa poin yang bisa ditukar dengan uang tunai. Minimal penukaran poin sebesar 2.500 poin atau setara Rp250.000. Untuk bisa mendapatkan 2.500 poin, Community Writers harus bisa mendapatkan 2.500 pembaca. Sampai 4 Januari 2020 Community Writer sudah berjumlah 210.551 member. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah kritis. Data yang digunakan untuk menganalisa yaitu data primer dan sekunder. Hasil penelitian ini menyatakan adanya komodifikasi yang dilakukan oleh idntimes.com berupa pemanfaatan terhadap Community Writer. Idntimes.com diuntungkan dengan meningkatnya traffic portal yang mampu menggaet 2,8 juta pembaca per harinya tanpa harus mempekerjakan wartawan atau penulis dalam jumlah banyak dan tidak perlu memberikan upah sesuai aturan UMR yang berlaku. Hal ini menambah catatan negatif industri media di Indonesia. Kata Kunci: komodifikasi, community writer, idntimes.com, media online
Strategi Komunikasi PT Semen Indonesia (Persero) Tbk dalam Manajemen Isu Pabrik Rembang Sigit Wahono
Jurnal Komunikasi dan Bisnis Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis
Publisher : STARKI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36914/jikb.v6i1.420

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi komunikasi yang dilakukan oleh PT Semen Indonesia (Persero) dalam manajemen isu pembangunan pabrik semen di Rembang menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, Semen Indonesia telah menyusun strategi komunikasi dalam pengelolaan isu pembangunan pabrik semen di Rembang yang dibagi dalam beberapa elemen, meliputi pesan yang disampaikan, pemetaan sasaran komunikasi, media komunikasi yang digunakan, dan melakukan evaluasi terhadap dampak yang diperoleh dari strategi komunikasi yang telah dilakukan. Selain berdasarkan monitoring isu di media massa dan media sosial, penyesuaian strategi dilakukan dengan menganalisa perkembangan aksi dan agenda setting yang dilakukan oleh pihak kontra.

Page 1 of 1 | Total Record : 8