Prosiding Konfererensi Nasional Bahasa Arab
Konferensi Nasional Bahasa Arab tahunan JURUSAN SASTRA ARAB FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS NEGERI MALANG Tema : Kreativitas dan Inovasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia Sub Tema : Strategi Pembelajaran Bahasa Arab MetodePembelajaran Bahasa Arab Media Pembelajaran Bahasa Arab Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab Bahan Ajar Pembelajaran Bahasa Arab Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Problematika Pengajar Bahasa Arab Problematika Pebelajar Bahasa Arab Model Pembelajaran Bahasa Arab Pendekatan Pembelajaran Bahasa Arab Motivasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab Peningkatan Mutu Pembelajaran Bahasa Arab Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab Kajian Sastra Arab Kajian Al-Qur’an.
Articles
59 Documents
Search results for
, issue
"No 3 (2017): PROSIDING KONFERENSI NASIONAL BAHASA ARAB III"
:
59 Documents
clear
SABUN_QU STUDYING ARABIC LANGUAGE BASED ON QURANIC STUDIES SEBAGAI SARANA DALAM METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA TAMAN PENDIDIKAN AL-QURAN DUSUN DEPOK, PONOROGO
Sabilul Wafda
Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab No 3 (2017): PROSIDING KONFERENSI NASIONAL BAHASA ARAB III
Publisher : Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Abstrak: Mengikuti perkembangan zaman dalam sudut pandang lingusitisitas, menuntut umat muslim untuk mempelajari tata bahasa Arab dengan meruju' pada panduan berkomunikasi penuh norma (etiquete) dengan sopan. Al-Quran di percaya ummat Islam dalam acuan standart komunikasi, mengingat bahasa Arab penuh Eksistensi dan bersifat mujmal daripada bahasa inggris yang muncul dari serapan ma'na yang modern namun dalam segi transliterasi, Bahasa Inggris tidak baku dan mengalami perkembangan global, Sehinnga muncul sebuah pertanyaan, apakah bahasa penyampaian Al-Quran cocok sebagai pedoman dalam bersosialisasi? Jika demikian, lantas perihal apa yang menjadikan landasan utama (khususnya pelajar) dalam menghadapi fenomena sosial yang terus berkembang? Al-Quran sebagai kalam Illahi yang ditransformasikan ke dalam bahasa manusia memunculkan ma'na universal. Maka, dinamika kehidupan manusia selalu terpengaruh oleh cara pandang dalam tekstual Al-Quran. Oleh karena itu, pemahaman dalam lingusitisitas Quranic akan selalu menjiwai kehidupan sosial penuh norma. Kata Kunci; lingusitisitas. Etiquete. Transliterasi. Quranic. Mujmal
IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DI ERA KURIKULUM 13 DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB: RELEVANKAH?
Moh. Ainin
Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab No 3 (2017): PROSIDING KONFERENSI NASIONAL BAHASA ARAB III
Publisher : Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Abstrak: Kurikulum merupakan bagian integral dari sistem pembelajaran. Sebagai bagian integral, keberadaan kurikulum merupakan instrumern utama yang dijadikan pijakan untuk mengetahui keberhasilan pembelajaran, baik dari sisi proses maupun hasil. Kebermaknaan kurikulum akan terwujud manakala kurikulum tersebut selalu diupdate sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan perkembangan jaman. Sejak awal tahun duaribuan, kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia selalu mengalami perubahan yaitu dari kurikulum Berbasis Kompetensi, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, dan yang terkahir Kurikulum tahun 2013 (K13). Dalam K 13 ini, pendekatan pembelajaran yang ditetapkan untuk semua matapelajaran, termasuk bahasa Arab adalah pendekatan saintifik. Pertanyaannya adalah apakah pendekatan ini relevan atau aplicable untuk pembelajaran bahasa Arab bagi siswa yang notabena masih tingkat pemula? Berdasarkan hasil pemikiran konseptual dan data empiris di lapangan dapat dikemukakan, bahwa pendekatan ini kurang relevan dan kurang aplikatif untuk diimplementasikan dalam pembelajaran bahasa Arab. Pembelajaran bahasa, khususnya bahasa Arab memiliki pendekatan tersendiri yang diadopsi baik dari teori linguistik maupun psikologi belajar. Apabila pendekatan saintifik ini dipaksakan untuk diterapkan, maka keterpaksaan itu pada pembelajaran membaca dan menulis. Kata kunci: Pembelajaran bahasa Arab, tingkat pemula, pendekatan saintifik, relevankah.
PENGEMBANGAN APLIKASI ANDROID KAMUS JAMAK TAKSIR BERBASIS BUKU AL-’ARABIYYAH BAINA YADAIK
Ainal Mardiyah;
Imam Asrori;
Laily Maziyah
Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab No 3 (2017): PROSIDING KONFERENSI NASIONAL BAHASA ARAB III
Publisher : Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Bervariasinya bentuk jamak taksir ternyata menjadi problematika tersendiri bagi pembelajar bahasa Arab. Oleh karena itu, dibuat aplikasi android kamus Jamak Taksir berbasis buku Al-’Arabiyyah Baina Yadaik (ABY). Buku ABY dipilih karena banyak universitas di Indonesia menggunakannya dalam proses pembelajaran bahasa Arab, antara lain Universitas Negeri Malang, UIN Jakarta, dan Universitas Muhammadiyyah Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk kamus Jamak Taksir berbasis buku ABY, dengan mendeskripsikan: (1) produk, (2) kelayakan produk, dan (3) efektifitas produk. Aplikasi ini berisi ±659 kata tunggal lengkap dengan contoh dan materi jamak taksir. Hasil penelitian menunjukkan produk ini sangat layak dan efektif. Uji lapangan menunjukkan banyak mahasiswa menyukai aplikasi ini. Kata kunci: aplikasi android, kamus, jamak taksir, ABY
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KEMAHIRAN MENYIMAK DI MAN 1 TULUNGAGUNG
Muhammad Haris Hadiansyah
Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab No 3 (2017): PROSIDING KONFERENSI NASIONAL BAHASA ARAB III
Publisher : Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Abstrak: Penggunaan model pembelajaran dalam proses belajar sangat penting. Hal tersebut dapat menciptakan pembelajaran yang lebih efektif dan inovatif. Melalui model pembelajaran Blended Learning diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada matapelajaran bahasa Arab.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksaan pembelajaran bahasa Arab menggunakan model pembelajaran Blended Learning dan mengetahui perbedaan prestasi belajar kelompok siswa yang menggunakan model pembelajaran Blended Learning dengan kelompok siswa yang menggunakan model konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian eksperimen dengan teknik Random Sampling. Hasil pada penelitian ini yang dianalisis menggunakan SPSS menunjukkan bahwa rata-rata kelas eksperimen di MAN 1 Tulungagung lebih tinggi dari kelas kontrol. Oleh sebab itu, guru disarankan untuk menggunakan model pembelajaran dengan model Blended Learning. Kata Kunci : Model Pembelajaran, Blended Learning, Prestasi Belajar Siswa.
POLEMIK KITAB SUCI
Dony Burhan Noor Hasan
Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab No 3 (2017): PROSIDING KONFERENSI NASIONAL BAHASA ARAB III
Publisher : Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Abstrak: Salah satu hasil karya tafsir putra Indonesia yang mencoba untuk mencarikan solusi bagi beberapa ayat yang banyak dipahami mengandung polemic dan menghambat pergaulan yang proporsional antar agama. Buku tafsir ini berjudul Polemik Kitab Suci: Tafsir Reformis atas Kritik al-Qur’an terhadap Agama Lain, disusun oleh Mun’im Sirry. Polemic sebagian ayat-ayat al-Qur’an ini nampak jelas dalam pandangan Mun’im pada saat al-Qur’an berbicara tentang orang-orang Yahudi dan Kristen. Kemudian menurutnya, para sarjana dibuat bingung oleh sifat mendua dari ayat-ayat polemic dan non-polemic al-Qur’an, yang memunculkan diskusi panjang dan ilmiah tentang sikap al-Qur’an terhadap komunitas agama lain. Kajian yang telah dilakukan oleh Mun’im belum selesai dan perlu untuk ditidaklanjuti melalui kajian akademis. Sehingga Islam sebagai rahmatan lil alamin, bisa dicitrakan melalui berbagai macam kajian yang mendukung kearah tersebut. Kata Kunci: Polemik, Kitab Suci
إسهام الصراع الإجابي بين الشرق والغرب في الرواية "إسمي أحمر" لأورهان باموق من خلال نظرية ليويس ألفريد جوسير
خطيب الأمم;
عبد الباسط;
أحمد خليل
Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab No 3 (2017): PROSIDING KONFERENSI NASIONAL BAHASA ARAB III
Publisher : Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Abstract: One of the novels with such an intrigue social conflict provided inside is the novel“Ismi Akhmar” written by Orhan Pamuk. The conflict is portrayed very interesting as it narrates the existence of different ideology of West and East found in the era of Sultan Murad III. West refers to the non-muslim Europeans, while East refers to the muslims. The conflict issues between West and East are actually a classic conflict occurred since long ago which keeps remaining up to this day. This is what basically inspires the researcher to analyse the conflict issue portrayed in the novel.This research uses theory of social conflict proposed by Lewis A. Coser which analyses the data indicating either individual or collective conflict. This study is projected to answer the research questions: (1) to portray the conflict of West and East in the novel “Ismi Akhmar”. (2) to describe the causes of the conflict, and (3) to describe the effects of conflict. This study employs descriptive qualitative research method. The method of data collection use reading and writing. For the way of data analysing use which is explained by Mills Habermann that conduct four steps, data collection, reduction, explaining, and conclusion. The result of the study reveals that: 1). Novel “Ismi Akhmar” attempts to interpret an ideological conflict between West and East on the paintings found in Turkey in the era of Sultan Murad III which causes the killings. 2). The causes of the conflict are four: turmoil, different ideology of the paintings, Ulama al Ardrumi’s provocation, and the death of Black Uncle. 3). There are some effects of the conflict as a causes, effects of turmoil, different ideology of the paintings, Ulama al Ardrumi’s provocation, and also effect of the death of Black Uncle. الكلمات الرئيسية: الصراع، الإيديولوجي، الغرب والشرق
PENGARUH PERBEDAAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN TERHADAP PENGGUNAAN STRATEGI BELAJAR BAHASA ARAB DI IAIN PALANGKA RAYA
Nurul Wahdah;
Andinia Wulandari
Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab No 3 (2017): PROSIDING KONFERENSI NASIONAL BAHASA ARAB III
Publisher : Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Abstrak: Penelitian causal comparative ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbedaan latar belakang terhadap penggunaan strategi belajar bahasa Arab yang dipilih para mahasiswa di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya. Jumlah sampel penelitian 142 mahasiswa. Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan angket strategi belajar bahasa dengan nama Strategy Inventory For Language Learning (SILL, Oxford 1990). Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial berupa arithmatic mean dan one way analysis of variance (ANOVA). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1) strategi Metakognitif menjadi strategi yang paling sering dilakukan oleh mahasiswa dengan rata-rata 2,71 dari lulusan SMU; 3,03 dari lulusan Madrasah Aliyah; dan 3,28 dari lulusan Pondok Pesantren, 2) Terdapat perbedaan signifikan dalam pemilihan strategi belajar bahasa Arab antara mahasiswa yang berasal dari sekolah Menengah Umum dengan Madrasah Aliyah, 3) Terdapat perbedaan signifikan dalam pemilihan strategi belajar bahasa Arab antara mahasiswa yang berasal dari sekolah Umum dengan mahasiswa yang berasal dari pesantren, 4) Tidak terdapat perbedaan signifikan dalam pemilihan strategi belajar bahasa Arab antara mahasiswa yang berasal dari Madrsah Aliyah dengan mahasiswa yang berasal dari pondok pesantren. Kata Kunci: Strategi Belajar Bahasa Arab, Strategi Metakognitif
PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
Asna Ainun Ni’ma
Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab No 3 (2017): PROSIDING KONFERENSI NASIONAL BAHASA ARAB III
Publisher : Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi penerapan pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dalam pembelajaran bahasa arab. Dan untuk mengetahui langkah-langkah penerapan strategi kooperatif tipe STAD serta kelebihan dan kekurangan strategi tersebut. Pembelajaran kooperatif tipe STAD merupakan pembelajaran yang mendorong keaktifan siswa dikelas. Pembelajaran ini tidak bisa dilakukan secara mandiri, melainkan saling bekerja sama dengan anggota kelompok lainnya, sehingga pembelajaran ini dapat meningkatkan kemampuan interaksi siswa dengan siswa lainnya. Strategi ini juga salah satu metode pembelajaran kooperatif yang paling sederhana, dan merupakan model paling baik untuk permulaan bagi guru yang baru menggunakan pendekatan kooperatif. Aktivitas belajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD ini memungkinkan siswa dapat belajar lebih rileks, disamping menumbuhkan tanggung jawab, kerjasama, persaingan sehat, dan keterlibatan belajar. Kata Kunci: Strategi, Pembelajaran Kooperatif, STAD
تأثير استخدام وسيلة التعليم "لعبة دمية الأصابع" لترقية مهارة الكلام
سيف المصطفى;
أرني بداية
Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab No 3 (2017): PROSIDING KONFERENSI NASIONAL BAHASA ARAB III
Publisher : Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
الملخص: لا شك أن الكلام هو المكونات الرئيسية في تعليم اللغة العربية وهي أهم المهارات في نطق اللغة تعتبر جزءا أساسيا في تعلم لغة أجنبية، لكن كثير من تلاميذ المدارس الإسلامية بإندونيسيا ضاعفون في الكلام ويصعبون في تنمية مهاراتهم بسبب التعليم الممل وغير الإبتكار والإبداع، لذا سوف يطبق الباحث احدى الوسائل التعليمية هي "لعبة دمية الأصابع" لتلاميذ مدرسة توفيقية الأنثى الإبتدائية بارى كاديري. لعبة دمية الأصابع هي وسيلة إبداعية في التدريس، ليدافع التلاميذ في التعلم التعاوني. استخدم المعلم أصابعه بالصور المصنوعة تشبه الإنسان يتحدث المعلم ويتحرك أصابعه حسب الموضوع المعين والمرجو، وهذا لتطور رغبة التلاميذ في الاستماع والقراءة، وتحسن التعبير شفهية وكتابية.يستخدم هذا البحث المدخل الكمي والمنهج التجريبي، أما مجتمع البحث في الفصل الرابع والعينة عدد 25 تلميذا من فريق " أ " لمجموعة التجربة، وعدد 27 تلميذا من فريق "ب" لمجموعة الظابطة. وجمع الباحث البيانات بالملاحظة والمقابلة والاختبار. أما نتيجة البحث هي أن تنفيذ وسائل التعليم "لعبة دمية الأصابع" في تعليم مهارة الكلام بالخطوات المعينة منها شرح الباحث المادة والتعليمات التي تتعلق بالوسائل المستخدمة، ثم أعطى المفردات جديدة، قسم التلاميذ إلى المجموعات المعينة، أمر لكل فرقة أن تتكلم، كل مجموعة التي تملكها القدرة المرتفعة تساعد أعضاء المجموعة التي تملكها القدرة المنخفضة حتى يستطيع التلاميذ أن يتكلموا مع أصدقائهم جيدا، قام الباحث المسابقة الفردية دون التعاون بينهم، أعطى النقاط من نتيجة المسابقة الفردية وتبرع نتيجة المجموعة، حسب نتيجة الفرد ونتيجة المجموعة، أعلن الباحث أيّ المجموعة التي لديها أعلى النتيجة ثم يعطي الجوائز المناسبة. وتأثر استخدام وسائل التعليم "لعبة دمية الأصابع" تأثيرا قويا لدى رغبة التلاميذ في نفوسهم وليكون التعليم مريح وجذاب. الكلمات الرئيسية : وسيلة التعليم، مهارة الكلام، لعبة دمية الأصابع (Sandiwara Boneka Jari)
PEMANFAATAN AL-ARABIYYAH BAYNA YADAIK BERBASIS APLIKASI ANDROID (APK) UNTUK MENUNJANG KEMAHIRAN BERBAHASA ARAB
Firman Afrian Pratama
Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab No 3 (2017): PROSIDING KONFERENSI NASIONAL BAHASA ARAB III
Publisher : Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Abstrak : Artikel ini merupakan pengembangan dari suatu pembelajaran praktis yang memanfaatkan Al-Arabiyyah Bayna Yadaik berbasis aplikasi android dengan model design (perancangan) and development (pengembangan) sebagai media pembelajaran bahasa Arab. Tujuan Penelitian ini juga untuk meningkatkan kemahiran berbahasa Arab mulai dari Maharah Listening, Kalam, Qiroah dan Kitabah serta dilengkapi materi-materi ABY lainnya seperti pemerolehan mufrodat, tsaqafah, dan pengetahuan lain. Media ini juga memiliki kemudahan dalam belajar menyimak atau Listening yakni dilengkapi audio menyimak yang bisa diperlambat maupun dipercepat rasio kecepatannya hingga 10x kecepatan normal sehingga bisa memudahkan pengguna dalam memahami isi teks dari audio tersebut. Kata kunci : ABY, Bahasa Arab, Android.