cover
Contact Name
Arie Zani Purnomo
Contact Email
ariezani@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
ariezani@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
VISI PUSTAKA: Buletin Jaringan Informasi Antar Perpustakaan
ISSN : 14112256     EISSN : 26857138     DOI : -
Core Subject : Science,
Visi Pustaka presents up-to-date information on research results of library and information science subjece.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 25 No. 1: April 2023" : 7 Documents clear
PENGUKURAN KUALITAS LAYANAN APLIKASI IPUSNAS TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA DENGAN MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0 Savira Taryani; Luki Wijayanti
VISI PUSTAKA: Buletin Jaringan Informasi Antar Perpustakaan Vol. 25 No. 1: April 2023
Publisher : Perpustakaan Nasional RI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37014/visipustaka.v25i1.3179

Abstract

Perpustakaan sebagai penyedia informasi bagi masyarakat merupakan organisasi pendukung pendidikan yang terkena dampak perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Perpustakaan telah berkembang dari konvensional menjadi digital, dan dapat diakses kapanpun dan dimana pun. Salah satu perpustakaan digital yang sering digunakan adalah aplikasi iPusnas. Jika sebuah aplikasi dapat berguna untuk kegiatan sehari-hari, maka pengguna akan merasa puas. Oleh sebab itu, pengukuran kualitas layanan aplikasi iPusnas sebagai salah satu aplikasi perpustakaan digital diperlukan untuk mengetahui baik atau tidaknya aplikasi tersebut menurut pengguna. Dalam penelitian ini, metode WebQual 4.0 dengan tiga variabel digunakan untuk mengidentifikasi kualitas layanan dan kepuasan pengguna aplikasi iPusnas. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner dan diolah menggunakan teknik analisis deskriptif. Berdasarkan data yang didapat, rata-rata kualitas layanan aplikasi iPusnas menurut pengguna sebesar 84,7%, sedangkan kepuasan pengguna aplikasi iPusnas sebesar 86,1%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa layanan aplikasi iPusnas sangat baik dan pengguna merasa sangat puas dalam menggunakan aplikasi tersebut.
SEBUAH NARRATIVE LITERATURE REVIEW DALAM PENELITIAN PENGEMBANGAN KOLEKSI DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH PADA GOOGLE SCHOLAR Anis Rahmanda Putri
VISI PUSTAKA: Buletin Jaringan Informasi Antar Perpustakaan Vol. 25 No. 1: April 2023
Publisher : Perpustakaan Nasional RI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37014/visipustaka.v25i1.3240

Abstract

Pengembangan koleksi di perpustakaan sekolah penting karena perpustakaan dituntut untuk memiliki koleksi sebagai sumber informasi yang mutakhir. Penelitian pengembangan koleksi banyak ditemui pada Google Schoolar.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penelitian pengembangan koleksi di perpustakaan sekolah pada Google Scholar menggunakan narrative literature review. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu  studi literatur (literature review) berjenis narrative review. Dimana peneliti menganalisis beberapa penelitian tepatnya tujuh rujukan yang sesuai dengan objek yang diteliti pada database Google Scholar dengan rentang terbit dari 2016 hingga 2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian terkait pengembangan koleksi pada database Google Scholar merupakan penelitian yang banyak diteliti di perpustakaan sekolah. Mulai dari perpustakaan sekolah pada umumnya hingga perpustakaan sekolah yang berkebutuhan khusus. Adapun analisis penelitian ketujuh rujukan tersebut yaitu memiliki kesamaan dalam hal metode penelitian. Hasil penelitian ketujuh rujukan menunjukkan bahwa pengembangan koleksi berperan penting dalam menunjang proses belajar mengajar peserta didik. Pengembangan koleksi membawa pengaruh baik dalam mendukung tercapainya tujuan sekolah dalam hal pendidikan. Melalui pengembangan koleksi, perpustakaan sekolah mengetahui koleksi yang dibutuhkan dan diperlukan oleh penggunanya sehingga koleksi yang tersimpan merupakan sumber informasi mutakhir.
PERKEMBANGAN PROFIL PUBLIKASI SIVITAS AKADEMIKA UNIVERSITAS GADJAH MADA Purwani Istiana
VISI PUSTAKA: Buletin Jaringan Informasi Antar Perpustakaan Vol. 25 No. 1: April 2023
Publisher : Perpustakaan Nasional RI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37014/visipustaka.v25i1.3278

Abstract

Peneliti melakukan kajian kuantitatif terhadap perkembangan publikasi civitas akademika Universitas Gadjah Mada tahun 2021 berdasarkan sumber data Scopus. Penelitian ini bertujuan mengetahui 1) perkembangan dokumen publikasi sivitas akademika Universitas Gadjah Mada, 2) jenis sumber media publikasi 3) dokumen yang paling banyak disitasi 4) penulis paling produktif dan 5) topik penelitian yang dilakukan pada tahun 2021. Pengumpulan data menggunakan afiliasi Universitas Gadjah Mada dengan nomor ID universitas 60069380 dan dilaksanakan pada tanggal 29 Maret 2022. Analisis data menggunakan hasil olah metadata pada aplikasi excel dan aplikasi VOSViewer. Hasil penelusuran diperoleh 3.056 dokumen sivitas akademika UGM dalam database Scopus tahun 2021.Hasil analisis menunjukkan bahwa dokumen publikasi yang terindeks Scopus yang dihasilkan oleh sivitas akademika UGM mengalami kenaikan signifikan pada tahun 2016, yakni mencapai 51,1%. Diakhir tahun 2021 capaian tertinggi mencapai 3.056 dokumen. Jenis sumber media publikasi didominasi oleh jurnal,  mencapai 2.073 dokumen, diikuti oleh prosiding, book series dan trade Journal. Jurnal yang paling banyak memuat dokumen sivitas akademika UGM adalah Jurnal Biodiversity. Sepanjang 2021 dokumen yang paling banyak disitasi adalah artikel yang berjudul “Spatial, temporal, and demographic patterns in prevalence of smoking tobacco use and attributable disease burden in 204 countries and territories, 1990–2019: a systematic analysis from the Global Burden of Disease Study 2019” yang dimuat pada jurnal The Lancet volume 397, issue 10292, pages 2337 – 2360, mencapai 41 sitasi, pada saat pengambilan data. Penulis paling produktif tahun 2021 adalah Rohman, A. Serta topik riset pada tahun 2021 didominasi oleh tema Covid-19.
SISTEM LAYANAN SIRKULASI PERPUSTAKAAN PADA DINAS ARSIP DAN PERPUSTAKAAN KOTA BANDUNG Sumiyati Sumiyati; Didik Prata Wijaya
VISI PUSTAKA: Buletin Jaringan Informasi Antar Perpustakaan Vol. 25 No. 1: April 2023
Publisher : Perpustakaan Nasional RI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37014/visipustaka.v25i1.3529

Abstract

Kedatangan pemustaka ke perpustakaan merupakan tolak ukur pemanfaatan dan keberhasilan perpustakaan. Salah satu bentuk perwujudan Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Bandung untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat terutama warga Kota Bandung adalah layanan perpustakaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem layanan sirkulasi serta faktor-faktor pendukung & penghambat layanan sirkulasi perpustakaan pada Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, subjek dalam penelitian ini adalah pustakawan pada bidang pengelolaan perpustakaan. Sedangkan objek penelitian ini adalah sistem layanan perpustakaan pada Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Bandung. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian pada sistem layanan sirkulasi perpustakaan pada Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Bandung adalah sistem layanan terbuka. Dengan cakupan layanan sirkulasinya yaitu kegiatan pendaftaran anggota perpustakaan, peminjaman koleksi buku, pengembalian atau perpanjangan masa pinjam koleksi buku, serta pemberian sanksi. Faktor pendukung layanan sirkulasi perpustakaan pada Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Bandung antara lain layanan sudah terotomasi dengan menggunakan aplikasi INLISLite, lokasi perpustakaan yang terletak di pusat Kota Bandung, pemustaka diperbolehkan melakukan penelusuran langsung ke rak koleksi, dan seluruh layanan yang disediakan tidak dipungut biaya apapun atau gratis. Faktor penghambatnya antara lain buku yang dikembalikan langsung oleh pemustaka ke rak tidak tersusun sesuai dengan nomor klasifikasinya, masih adanya anggota perpustakaan yang terlambat dalam pengembalian koleksi buku, aplikasi yang digunakan terkadang bermasalah, kurangnya fasilitas komputer untuk penelusuran koleksi, kekurangan jumlah petugas perpustakaan, ruang baca kurang memadai, dan koleksi perpustakaan yang belum memenuhi seluruh kebutuhan pemustaka. Dari kajian ini diharapkan terdapat penelitian lanjutan yang lebih mendalam, terutama yang membahas mengenai sikap atau persepsi pemustaka terhadap layanan sirkulasi perpustakaan. Sehingga layanan sirkulasi perpustakaan ini sesuai dengan yang diharapkan oleh seluruh pihak.
EVALUASI PENGEMBANGAN LAYANAN PERPUSTAKAAN RISET BAGI SIVITAS BRIN Rahmadani Ningsih Maha; Tupan Tupan; Suci Wulandari
VISI PUSTAKA: Buletin Jaringan Informasi Antar Perpustakaan Vol. 25 No. 1: April 2023
Publisher : Perpustakaan Nasional RI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37014/visipustaka.v25i1.3603

Abstract

Dilakukan kajian evaluasi pengembangnan layanan perpustakaan riset bagi sivitas BRIN yang bertjuan untuk  (1) Mengetahui profil sivitas BRIN yang menggunakan layanan perpustakaan, (2) Mengetahui jenis layanan perpustakaan yang sudah dimanfaatkan oleh sivita, (3) Mengetahui kebutuhan jenis layanan perpustakaan yang akan dimanfaatkan sivitas BRIN, (4) Mengetahui media yang paling banyak digunakan oleh sivitas BRIN dalam   meminta layanan perpustakaan, (5) Mengetahui kendala/hambatan selama proses pemberian layanan perpustakaan.  Penelitian menggunakan metode deskriptif untuk mendeskripsikan dan menginterpretasikan sesuatu fenomena. Pengumpulan data dilakukan degan metode survei dengan menggunakan kuesioner elektronik dalam bentuk google form yang dikirim kepada periset dan sivitas BRIN lainnya. Hasil kuesioner yang terkumpul kemudian dianalisis dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Hasil evalusi menunjkkan bahwa profil pemakai layanan perpustakaan BRIN yang terbanyak adalah laki-laki dengan pendidikan master (S2), jabatan peneliti dan lokasi kerja Jakarta. Jenis layanan yang paling banyak dimanfaatkan adalah layanan penelusuran informasi, literasi informasi dan layanan literatur review. Kebutuhan layanan yang akan dimanfaatkan yang paling banyak adalah layanan pengecekan plagiarisme kemudian diikuti layanan literature, layanan pemeriksaan tatabahasa. Media yang paling banyak digunakan untuk meminta layanan adalah menghubungi pengelola perpustakaan melalui whatsApp, kemudian diikuti oleh media layanan kawasan intra BRIN, melalui email dan datang langsung ke perpustakaan. Dalam proses pemberian layanan kepada sivitas BRIN  sebagian besar mengatakan tidak ada kendala/hambatan
IMPLEMENTASI KATALOG ONLINE PERPUSTAKAAN SEKRETARIAT BALITBANGTAN BERBASIS INLISLITE V3.1 : Inlislite V3.1 Based Online Catalog Implementation of Inslite Library Secretariat of Inslite Based Rushendi Rushendi; Ismuharti Ismuharti
VISI PUSTAKA: Buletin Jaringan Informasi Antar Perpustakaan Vol. 25 No. 1: April 2023
Publisher : Perpustakaan Nasional RI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37014/visipustaka.v25i1.3615

Abstract

Perubahan paradigma perpustakaan dalam menerapkan teknologi informasi melalui layanan berbasis katalog online untuk memudahkan temu kembali bahan perpustakaan dan pustakawan dituntut kreatif serta proaktif mengoperasikan Inlislite dalam memberikan layanan penelusuran informasi ke pemustaka. Sejalan  perkembangan teknologi informasi, Perpustakaan Sekretariat Balitbangtan sebagai penyedia informasi dituntut mampu melakukan kegiatan mengelola informasi pertanian untuk mendukung penelitian serta memberikan layanan informasi terbaik dan berkualitas kepada pengguna melalui kecepatan mengakses sumber-sumber informasi di katalog induk pertanian online menggunakan aplikasi software INLISLite versi 3.1. Untuk mempermudah pelayanan dan mendiseminasikan hasil penelitian pertanian, Perpustakaan Sekretariat Balitbangtan mengintegrasikan katalog induk dengan katalog induk perpustakaan pertanian secara online melalui kegiatan input data katalog. Tujuan kajian mengetahui implementasi perkembangan bahan perpustakaan Sekretariat Balitbangtan yang diinput di katalog induk online berdasarkan kategori koleksi bahan perpustakaan, subyek, penerbit, asal perolehan, dan perkembangan input dalam dua tahun terakhir. Pengkajian dilaksanakan di Jakarta Oktober – November 2022 menggunakan analisis deskriptif kuantitatif bersumber dari katalog induk perpustakaan menggunakan INLISLite v3.1. Data yang digunakan analisis isi dari data Katalog Induk Perpustakaan Sekretariat Balitbangtan dengan teknik pengumpulan menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer diambil dari data di https://kikp.pertanian.go.id/balitbangtan, jenis koleksi, subyek katalog; asal penerbit, sumber koleksi dan perkembangan input di katalog online, sedangkan data sekunder dari literatur-literatur yang relevan dengan tujuan pengkajian. Perpustakaan Sekretariat Balitbangtan menginventarisasi bahan pustaka sebanyak 1.218 judul/2.262 eksemplar yang terdiri dari 1.119 judul/1.504 eks monograf, 118 judul/662 eks terbitan berkala, 66 judul/77 eks sumber elektronik, dan 15 judul/19 eks bahan kartografis dengan subjek komoditas dominan yaitu koleksi tanaman pangan sebanyak 297 judul (24,38%). Koleksi bahan pustaka berdasarkan penerbit tertinggi dari Penerbit IAARD Press sebanyak 348 judul (28,57%). Koleksi bahan pustaka berdasarkan asal perolehan terbanyak dari hadiah/hibah dari lingkup Balitbangtan sebesar 545 judul (44,75%). Selama tahun 2021 dan 2022 input data bibliografi di katalog induk online tertinggi yaitu koleksi monograf dan terbitan berkala/majalah.
ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DI PERPUSTAKAAN PUSAT UNIVERSITAS PADJADJARAN Diaz Ilyasa
VISI PUSTAKA: Buletin Jaringan Informasi Antar Perpustakaan Vol. 25 No. 1: April 2023
Publisher : Perpustakaan Nasional RI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37014/visipustaka.v25i1.3641

Abstract

Semakin lajunya perkembangan dunia keilmuan perpustakaan dan sains informasi, sebuah perpustakaan secara tidak langsung dituntut untuk selalu mengikuti trend dan kebutuhan pemustaka yang dinamis. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan nilai guna perpustakaan terhadap pemustaka. Pustakawan dalam hal ini harus memiliki kualifikasi dan kinerja yang mumpuni untuk terus memenuhi kebutuhan pemustaka, oleh karena itu dilakukan pengembangan sumber daya manusia di sebuah perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara dan strategi Perpustakaan Pusat Universitas Padjadjaran meningkatkan kinerja dan kemampuan pustakawan di lembaga perpustakaannya. Desain penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan literature review. Hasil yang didapatkan dari penelitian bahwa strategi pengembangan sumber daya manusia perpustakaan di Perpustakaan Pusat Universitas Padjadjaran ini meliputi: 1) Penyediaan sumber daya manusia perpustakaan 2) Pemberian Reward 3) Pengawasan dan Evaluasi Pustakawan 4) Penyertaan Pustakawan pada Kegiatan Kepustakawanan. 

Page 1 of 1 | Total Record : 7