cover
Contact Name
Indi Ramadhani
Contact Email
indiramadhani@unsil.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jem@unsil.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota tasikmalaya,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Ekonomi Manajemen
Published by Universitas Siliwangi
ISSN : 24772275     EISSN : 26857057     DOI : -
Jurnal Ekonomi Manajemen (P-ISSN: 2477-2275, E-ISSN: 2685-7057) merupakan peer-reviewed journal yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah dalam bidang ilmu-ilmu ekonomi manajemen dan bisnis yang meliputi bidang manajemen operasional, manajemen sumber daya manusia, manajemen keuangan, manajemen pemasaran yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi secara periodik dua kali dalam setiap volume.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2019): Mei 2019" : 8 Documents clear
PENGARUH STRUKTUR AKTIVA DAN PROFITABILITAS TERHADAP STRUKTUR MODAL (PENELITIAN PADA PT. MAYORA INDAH, TBK.) Christin Dita Prastika; Dedeh Sri Sudaryanti
Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 5, No 1 (2019): Mei 2019
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jem.v5i1.855

Abstract

The object of the study was PT. Mayora Indah Tbk., which one of the consumer product business groups in Indonesia. The purpose of this research was to find out and analyze the influence of asset structure and profitability on the capital structure at PT. Mayora Indah Tbk. This study used a quantitative approach in the form of associative using secondary data in the form of annual financial reports at PT. Mayora Indah Tbk. period of 2008-2017. The analytical tool used was multiple linear regression. The results of the study found evidence that the asset structure had a negative and not significant effect on the capital structure, meaning that if the company lowered its asset structure, it would increase the use of debt. Companies with low asset structures will make loans for investment in fixed assets. Also found evidence of profitability has a negative and not significant effect on capital structure. The decrease in profitability will increase the use of debt, or it can be said that the company uses more of its own capital in the company's operations if the probability is high. Simultaneously, asset structure variables and profitability do not have a significant effect on capital structure.Keywords:asset structure; profitability; capital structure. Objek penelitian ini adalah PT. Mayora Indah Tbk., merupakan salah satu kelompok bisnis produk konsumen di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh struktur aktiva dan profitabilitas terhadap struktur modal pada PT. Mayora Indah Tbk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk asosiatifdengan menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan tahunan pada PT. Mayora Indah Tbk. periode tahun 2008-2017. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menemukan bukti Struktur Aktiva berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap struktur modal, artinya apabila perusahaan menurunkan struktur aktivanya akan menyebabkan meningkatnya penggunaan hutang. Perusahaan dengan struktur aktiva rendah akan melakukan pinjaman untuk investasi pada aktiva tetap. Juga ditemukan bukti Profitabilitas berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap struktur modal. Menurunnya profitabilitas akan meningkatkan penggunaan hutang, atau dapat dikatakan perusahaan lebih banyak menggunakan modal sendiri dalam kegiatan operasional perusahaan jika probfitabilitasnya tinggi.Secara simultan variabel struktur aktiva dan profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap struktur modal.Kata Kunci: struktur aktiva; profitabilitas; struktur modal.
HUBUNGAN SINISME ORGANISASI DENGAN KOMITMEN ORGANISASI PADA KARYAWAN POLITEKNIK HARAPAN BERSAMA Ghea Dwi Rahmadiane; Dewi Sulistyowati
Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 5, No 1 (2019): Mei 2019
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jem.v5i1.851

Abstract

This study aims to analyze the influence of organizational cynicism on organizational commitment on employees of Harapan Bersama Polytechnic. One key that determines the success or failure of an organization is the commitment of employees. Employees who are committed to the organization will contribute and demonstrate a full working attitude towards their duties and will have the responsibility to carry out their duties and be very loyal to the company. From a number of things that affect organizational commitment to employees, researchers assume that organizational cynicism has an influence on the commitment of employees of the organization, according to researchers the cynicism of the organization influences the formation of employee commitment. This study used primary data in the form of questionnaire results, with the population are all employees and permanent lecturers DIII Accounting of Harapan Bersama Polytechnic. The sample determination technique used census samples of 25 respondents. Data analysis techniques using Simple Linear Regression Analysis with the results of this study indicate that the variable organizational cynicism (X) is obtained by the value of -3,396 thus –t-value -t-table that is -3,396 -1,714, the hypothesis is accepted, which means that organizational cynicism variable (X) has a negative effect on organizational commitment (Y).Keywords:organizational cynicism; organizational commitment.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sinisme organisasi terhadap komitmen organisasi pada karyawan Politeknik Harapan Bersama.Salah satu kunci yang menentukan berhasil atau tidaknya suatu organisasi adalah komitmen karyawan. Karyawan yang memiliki komitmen terhadap organisasi akan memberikan kontibusi dan menunjukkan sikap kerja yang penuh terhadap tugasnya, dan akan memiliki tanggung jawab untuk melaksanakan tugas–tugas serta sangat loyalitas terhadap perusahaan. Dari beberapa hal yang mempengaruhi komitmen organisasi pada karyawan, peneliti berasumsi bahwa sinisme organisasi memberikan pengaruh terhadap komitmen terhadap karyawan organisasi, menurut peneliti sinisme organisasi memberikan pengaruh dalam terbentuknya komitmen karyawan. Penelitian ini menggunakan data primer berupa hasil kuesioner, dengan populasi adalah semua karyawan dan dosen tetap DIII Akuntansi Politeknik Harapan Bersama. Teknik penentuan sampel menggunakan sampel jenuh sebesar 25 responden. Teknik analisis data menggunakan Analisis Regresi Sederhana dengan hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel sinisme organisasi (X) diperoleh dengan nilai thitung sebesar -3,396 dengan demikian -thitung -ttabelyaitu -3,396 -1,714 maka hipotesis diterima, yang artinya bahwa variabel sinisme organisasi (X) berpengaruh negatif terhadap komitmen organisasi (Y).Kata Kunci: sinisme organisasi; komitmen organisasi.
PERAN KEPERCAYAAN DAN BRAND IMAGE DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE DI INSTAGRAM Allicia Deana Santosa; Vivi Indah Bintari; Risna Amalia Hamzah
Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 5, No 1 (2019): Mei 2019
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jem.v5i1.856

Abstract

This study aims to determine how much the trust and Brand Image influence on online purchasing decision at Instagram and analyze the most dominant factor in influencing online purchasing decisions on Instagram. The population in this study is the Instagram users who ever make online purchases on Instagram. Samples taken as many as 225 respondents using nonprobability sampling technique with accidental sampling approach, ie sampling technique based on chance, that consumers who use the services of Instagram. The results of this study indicate that all independent variables positive and has significant impact on purchasing decisions through F and T test. R value obtained was 0.615 showed a correlation or relationship between trust and Brand Image on online purchasing decisions, which addressed the relationship is a strong relationship since the R value close to 1, while the value of Adjusted R Square of 0.378 indicates a 37.8% variation decision Instagram purchase can be explained by the two independent variables, the remaining 62.2% is explained by other factors beyond the research.Keywords:Trust; Brand Image; Online Buying Decision; E-commerce.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kepercayaan dan Brand Imageterhadap keputusan pembelian secara online di Instagram dan menganalisis faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian di Instagram. Populasi pada penelitian ini adalah pengguna Instagram yang pernah melakukan pembelian secara online pada Instagram. Sampel yang diambil sebanyak 225 responden dengan menggunakan teknik NonProbability Samplingdengan pendekatan accidental sampling, yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu konsumen yang mengunakan jasa Instagram. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua variable independen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian melalui uji F dan uji T. Nilai R diperoleh sebesar 0,615 menunjukan korelasi atau hubungan antara kepercayaan dan Brand Imageterhadap keputusan pembelian, dimana hubungan tersebut menujukan sebuah hubungan yang kuat karena nilai R mendekati 1, sedangkan nilai Adjusted R Squaresebesar 0,378 menunjukan 37,8% variasi keputusan pembelian di Instagram dapat dijelaskan oleh kedua variable independen tersebut, sisanya 62,2% dijelaskan oleh faktor-faktor lain diluar penelitian. Kata Kunci:Kepercayaan; Brand Image; Keputusan Pembelian; E-commerce.
PENGARUH INTEREST BASED INCOME DAN FEE BASED INCOME TERHADAP RETURN ON ASSETS PADA BANK MANDIRI (PERSERO) TBK. Bintari, Vivi Indah; Santosa, Allicia Deana; Hamzah, Risna Amalia
Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 5, No 1 (2019): Mei 2019
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jem.v5i1.852

Abstract

This study aims to know and analyze the influence of interest based income and fee based income on return on assets in Bank Mandiri (Persero) Tbk from 2000 to 2018 simultaneously and partially. Research methodology used was the verifikatif method and descriptive method. Types of data was secondary data in the form of financial report. Instrument analysis using the regression equation was linear multiple, the coefficients corellation, the coefficients determination and the significance test.  The results of the analysis partially interest based income influential but not significant on return on assets while fee based income partially had a significant effect on return on assets. While simultaneously interest based income and fee based income had a significant effect on return on assets in Bank Mandiri (Persero) Tbk. Then the hypothesis was proven and verified. Keywords: Interest Based Income; Fee Based Income; Return On Assets.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh interest based incomedan fee based income terhadap return on assetspada Bank Mandiri (Persero) Tbk periode 2000 sampai 2018 baik secara simultan maupun parsial. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif. Jenis data diperoleh melalui data sekunder berupa data laporan keuangan. Alat analisis menggunakan persamaan regresi linier berganda, koefisien korelasi, koefisien determinasi dan uji signifikansi. Hasil analisis menunjukan secara parsial interest based incomeberpengaruh tetapi tidak signifikan terhadap return on assetssedangkan fee based incomesecara parsial berpengaruh signifikan terhadap return on assets. Sedangkan secara simultandan fee based income berpengaruhsignifikan terhadap return on assetspada Bank Mandiri (Persero) Tbk. Dengan demikian hipotesis yang diajukan terbukti dan terverifikasi. Kata Kunci: Interest Based Income; Fee Based Income; Return On Asset.
PENGARUH INTEGRASI TEKNOLOGI DAN LITERASI DIGITAL TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING CINEMA 21 Sabila Fitriana; Lucky Radi Rinandiyana; Dian Kurniawan
Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 5, No 1 (2019): Mei 2019
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jem.v5i1.853

Abstract

The objective of this research to knows and analyze the technology integration, technology literacy, competitive advantage and the impact of technology integration and digital literacy on competitive advantage in Cinema 21 Tasikmalaya. The approach of this study was quantitative and path analysis with SPSS 16.0 version used in this study as a statistical measurement tool. As a data collection method, questionnaires were submitted to 85 respondents of Cinema 21 M-Tix service users in Tasikmalaya using accidental sampling method. The result showed that technology integration and digital literacy have a significant impact on competitive advantage in Cinema 21 Tasikmalaya. Each variables of technology integration and digital literacy have an impact either partially and simultaneously on competitive advantage in Cinema 21 Tasikmalaya.Keywords:technology integration; digital literacy; competitive advantage.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis integrasi teknologi di Cinema 21 Tasikmalaya, literasi digital di cinema 21 Tasikmalaya, keunggulan bersaing di Cinema 21 Tasikmalaya dan pengaruh integrasi teknologi dan literasi digital terhadap keunggulan bersaing di Cinema 21 Tasikmalaya. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan analisis jalur software SPSS versi 16.0 sebagai alat ukur statistik. Pengumpulan data dalam penelitian ini didapat dengan dengan cara penyebaran kuesioner kepada 85 responden yang diambil dari penggun layanan M-Tix di Cinema 21 Tasikmalaya dan penarikan sampel menggunakan Teknik Accidental Sampling. Penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari integrasi teknologi dan literasi digital terhadap keunggulan bersaing di Cinema 21 Tasikmalaya. Masing – masing variabel integrasi teknologi dan literasi digital berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap keunggulan bersaing di Cinema 21 Tasikmalaya.Kata Kunci: integrasi teknologi; literasi digital; keunggulan bersaing.
KUALITAS WEBSITE, MEREK WEBSITE, REPUTASI, RASA PERCAYA, DAN RISIKO YANG DIRASAKAN YANG MEMPENGARUHI NIAT BELI PRODUK FASHION ONLINE SHOP Asmi Ayuning Hidayah; Suliyanto Suliyanto
Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 5, No 1 (2019): Mei 2019
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jem.v5i1.849

Abstract

This study to analyze the influence of website quality and website brand on purchase intentions mediated by trust and risk perceived by consumers to prove the differences in research results from previous studies conducted by Chang and Chen (2008). This research is a case study using a survey method with questionnaires on respondents who know and are interested in buying fashion shop online products. The selection mechanism of respondents in this study using the random sampling method. The analysis technique uses Structural Equational Model (SEM) with sample 185. The results of this study are variable quality of website, website brand, reputation mediated by trust have a positive effect on purchase intention and negatively affect the perceived risk of consumers. This research can be used by online shopping businesses to increase purchase intention by paying attention to some of these variables.Keywords:website quality; website merk; reputation; risk; purchase intention.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang pengaruh kualitas websitedan merek websiteterhadap niat beli yang dimediasi oleh rasa percaya dan risiko yang dirasakan oleh konsumen untuk membuktikan adanya perbedaan hasil penelitian dari penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Chang dan Chen (2008). Penelitian ini merupakan studi kasus menggunakan metode surveydengan kuisioner pada respondenyang mengetahui dan tertarik untuk membeli produk fashiononline shop. Mekanisme pemilihan responden dalam penelitian ini dengan menggunakan metode random sampling. Teknik analisis menggunakan Structural Equational Model(SEM) dengan sampel 185. Hasil dari penelitian ini adalah variable kualitas website, merek website, reputasi yang dimediasi oleh rasa percaya berpengaruh positif terhadap niat beli dan berpengaruh negative terhadap risiko yang dirasakan konsumen. Penelitian ini dapat dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis online shopagar dapat meningkatkan niat beli dengan cara memperhatikan beberapa variabel tersebut.Kata Kunci: kualitaswebsite; merekwebsite; reputasi; risiko yang dirasakan; niat beli.
MENENTUKAN ESENSI EKUITAS MEREK PRODUK KOPI SIAP SAJI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI D-3 PERBANKAN DAN KEUANGAN UNIVERSITAS SILIWANGI Mira Rahmawati
Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 5, No 1 (2019): Mei 2019
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jem.v5i1.850

Abstract

The purpose of this study is to find out what dimensions in brand equity are the most contributing to the formation of brand equity of ready-to-drink coffee drinks. The survey method was conducted using a questionnaire to 230 respondents using the Proportionate Stratified Random Sampling technique. The analytical tool used in this study is Structural Equation Modeling (SEM), with Brand Awareness and Brand Association as an independent variable and Perceived Quality and Brand Loyalty as the dependent variable. The results of this study indicate that the dimensions of Perceived Quality most contribute to the formation of ready-to-drink coffee brand equity, with a significant and large influence from the dimensions of the Brand Association. Brand Awareness also has an influence on the Perceived Quality, although in this study the effect is not as big as the Brand Association.Keywords:Brand Equity;Ready to drink Coffee; Structural Equation Modelling (SEM).Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dimensi apa dalam ekuitas merek yang paling berkontribusi dalam pembentukan ekuitas merek minuman kopi siap saji.Metode survei dilakukan dengan menggunakan kuesioner kepada 230 responden dengan menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modelling(SEM), dengan Brand Awarenessdan Brand Associationsebagai variabel independen serta Perceived Qualitydan Brand Loyaltysebagai variabel dependen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dimensi Perceived Qualitypaling berkontribusi dalam pembentukan ekuitas merek minuman kopi siap saji, dengan mendapat pengaruh yang signifikan dan besar dari dimensi Brand Association.Brand Awarenessjuga memberikan pengaruh terhadap Perceived Quality, meskipun dalam penelitian ini pengaruhnya tidak sebesar Brand Association.  Kata Kunci: Ekuitas merek; Minuman kopi siap saji; Structural Equation Modelling(SEM).
FIRM SIZE MEMODERASI PENGARUH RETURN ON EQUITY TERHADAP HARGA SAHAM (Survey pada Sektor Food and Beverage yang Listing di Bursa Efek Indonesia) Iis Surgawati; Andri Helmi Munawar; Dede Arif Rahmani
Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 5, No 1 (2019): Mei 2019
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jem.v5i1.854

Abstract

The aims of this researchis to know the influence of Return On Equity on stock prices with company size as a moderating variable. The survey was conducted on 13 companies listing on the Indonesia Stock Exchange in the period 2013-2017. Sampling in the study using purposive sampling method. The change coefficient of 42.80% variation in stock price changes can be questioned by variations in variable changes Return on Equity, company size and moderate. The overall hypothesis test explains the significant effect of Return On Equity on stock prices with the size of the company moderating joint relationships. Return On Equity as an independent variable that has a significant influence and size of the company does not have a significant effect on the company's shares in the food and beverage sector that are listed on the IDX. Regression coefficient gives a positive value, which means that the higher the profitability of the company the higher the stock price of the company. Moderation regression test gives significant results, so it can be concluded that company size is a moderating variable in the effect of Return On Equity on stock prices in the food and beverage sector which is listed on the IDX.Keywords:return on equity; stock price; firm size.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Return On Equity terhadap harga saham dengan firm size sebagai variabel pemoderating. Survey dilakukan pada 13 perusahaan sektor food and beverageyang listing di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2017. Pengambilan sampel dalam penelitian memakai metode purposive sampling. Koefisien korelasi sebesar 42,80% menunjukkan variasi perubahan harga saham dapat dijelaskan oleh variasi perubahan variabel Return On Equity, firm size dan moderat. Uji hipotesis secara simultan menjelaskan bahwa terdapat pengaruh signifikan Return On Equityterhadap harga saham dengan firm size memoderasi hubungan keduanya. Return On Equitysebagai variabel independen memiliki pengaruh signifikan dan ukuran perusahaan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap saham perusahaan pada sektor food and beverage yang listingdi BEI. Koefisien regresi memberikan nilai positif, yang berarti semakin tinggi profitabilitas perusahaan akan semakin tinggi pula harga saham perusahaan. Uji regresi dengan moderasi memberikan hasil yang signifikan, sehingga dapat disimpulkan bahwa ukuran perusahaan merupakan variabel moderasi dalam pengaruh Return On Equityterhadap harga saham pada sektor food and beverage yang listingdi BEI. Kata kunci:return on equity; harga saham; firm size.

Page 1 of 1 | Total Record : 8