cover
Contact Name
G.A. Kristha Adelia Indraningsih
Contact Email
kristhaghea@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
kristhaghea@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota palu,
Sulawesi tengah
INDONESIA
Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayaan Hindu
ISSN : 23029102     EISSN : 26857189     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
Jurnal Widya Genitri adalah jurnal yang diterbitkan oleh STAH Dharma Sentana Sulawesi Tengah mengundang para peneliti, dosen dan praktisi untuk mengirimkan artikel hasil penelitian dan pengabdian yang berkaitan dengan Agama dan Kebudayaan. Jurnal ini pertama kali terbit pada tahun 2012 dengan terbitan setiap 6 bulan (dua kali setahun) dan telah memiliki nomor e-ISSN : 2685-7189 ISSN: 2302-9102.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 12 No 2 (2021): Widya Genitri: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayaan Hindu" : 7 Documents clear
PENGGUNAAN BANTEN PRAYASCITA DALAM UPACARA DEWA YAJNA DI PURA PENATARAN PED DI DESA TIRTA BUANA Wayan Bagiana; Gede Merthawan; I Nyoman Suparman
Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayaan Hindu Vol 12 No 2 (2021): Widya Genitri: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayaan Hindu
Publisher : STAH Dharma Sentana Sulawesi Tengah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36417/widyagenitri.v12i2.331

Abstract

Upacara Dewa Yajna adalah pemujaan atau persembahan sebagai perwujudan bhakti kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa (Tuhan Yang Maha Esa) dalam berbagai macam manifestasinya, yang diwujudkan dalam bermacam-macam bentuk upakara. Dengan menggunakan salah satu jenis Banten yaitu Banten Prayascita.Umat Hindu di Desa Tirta Buana selalu menggunakan Banten Prayascita Sari, pada Upacara Dewa Yajna di Pura Penataran Ped. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan Banten Prayascita dalam Upacara Dewa Yajna di Pura Penataran Ped di Desa Tirta Buana Kecamatan Dapurang Kabupaten Pasangkayu Provinsi Sulawesi Barat yaitu: digunakan pada saat purnama dan tilem, digunakan untuk memohon tirtha pengelukatan, pembersihan dan pabyakaonan, dan digunakan untuk matur piuning dalam upacara pujawali/piodalan. makna yang terkandung pada Banten Prayascita dalam Upacara Dewa Yajna di Pura Penataran Ped di Desa Tirta Buana Kecamatan Dapurang Kabupaten Pasangkayu Provinsi Sulawesi Barat yaitu : makna religius, makna ritual/upacara, dan makna estetika.
POLA ADAPTASI PELAKU KONVERSI AGAMA DARI NON HINDU KE HINDU MELALUI PERKAWINAN Gusti Ayu Satiawati; I Ketut Suparta; Ni Ketut Ratini
Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayaan Hindu Vol 12 No 2 (2021): Widya Genitri: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayaan Hindu
Publisher : STAH Dharma Sentana Sulawesi Tengah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36417/widyagenitri.v12i2.338

Abstract

Pelaku konversi agama memiliki pemahaman dan pengetahuan yang kurang dibandingkan dengan umat yang memang sejak lahir beragama Hindu. Namun beberapa pelaku konversi agama lebih memiliki pemahaman dan pengetahuan dari segi bebantenan. Pelaku terlihat aktif dalam berbagai kegiatan sosial dan keteguhan melaksanakan ajaran Agama Hindu. Pokok permasalahan:(1)Bagaimanakah pola adaptasi pelaku konversi agama dari non Hindu ke Hindu melalui perkawinan di Kota Palu?. (2)Apakah strategi yang digunakan oleh pelaku konversi agama non Hindu melalui perkawinan di Kota Palu?. Tujuan dari penelitian ini yaitu:(1)Untuk mengetahui pola adaptasi pelaku konversi.(2) Untuk mengetahui Strategi pelaku konversi Agama. Metode pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan: Reduksi data, model data, penarikan dan verifikasi kesimpulan. Dapat disimpulkan bahwa: Pola adaptasi pelaku konversi agama dari non Hindu ke Hindu melalui perkawinan di Kota Palu yaitu: (1)Melakukan Sudhiwadani, (2)kesulitan dalam memahami tatacara hindu, (3)berusaha tidak menyerah, (4)melakukan upaya penyesuaian, (5)Mampu melaksanakan ritual agama. Sedangkan strategi yang digunakan pelaku yaitu: (1)belajar dari buku, (2)belajar dari mertua dan suami, (3)belajar dari lingkungan, (4)belajar ritual agama, (5)belajar dari media sosial.
PEMBELAJARAN AKSARA DEVANAGARI PADA SISWA HINDU DI SDN 2 TATURA PALU Catur Rahayu Ning Susanti; Sugiarti Sugiarti; Gede Merthawan
Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayaan Hindu Vol 12 No 2 (2021): Widya Genitri: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayaan Hindu
Publisher : STAH Dharma Sentana Sulawesi Tengah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36417/widyagenitri.v12i2.390

Abstract

Realitas yang terjadi adalah aksara Devanagari yang seharusnya dapat diperoleh anak sejak dini justru tidak diajarkan sama sekali di ketiga jenjang pendidikan yang ada (formal, informal dan non formal). Hal ini menyebabkan sebagian besar anak terkadang merasa asing dan bingung ketika pertama kali melihat kitab-kitab suci agama Hindu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran pembelajaran aksara Devanagari pada siswa Hindu dan juga kendala yang dihadapi serta upaya yang dilakukan selama pembelajaran aksara Devanagari berlangsung. Jenis penelitian ini adalah dekriptif kualitatif. Teori yang digunakan adalah teori belajar kognitif dan teori belajar konstruktivisme. Penentuan sumber data menggunakan purposive sampling dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.
PEMBENTUKAN KARAKTER MELALUI KELAS YOGA PADA IBU-IBU PKK DESA PELAPUAN KECAMATAN BUSUNGBIU I Ketut Agus Artha; Ni Wayan Seriasih; Ni Nyoman Suastini
Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayaan Hindu Vol 12 No 2 (2021): Widya Genitri: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayaan Hindu
Publisher : STAH Dharma Sentana Sulawesi Tengah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36417/widyagenitri.v12i2.396

Abstract

Pentingnya pembentukan karakter yaitu menanamkan nilai-nilai dan bersikap yang positif, yang dimiliki oleh individu ataupun seseorang yang bermuara pada tingkah laku, cara berfikir dan pada akhirnya menjadi sifat yang membudaya. Penanaman suatu karakter bukan persoalan yang mudah untuk dilakukan, sehingga dengan suatu pendidikan yang berkarakter seyogyanya akan menjadikan suatu hal yang perlu mendapatkan perhatian. Suatu karakter akan terbentuk bilamana diberikan suatu rangsangan ataupun sentuhan yang bersifat positif baik yang diaplikasikan secara fisik, mental maupun spiritual pada diri seseorang. Adapun jalan keluar ataupun solusi yang diambil dalam menangani permasalahan tersebut yaitu dengan mengadakan bimbingan yang berkaitan dengan materi pembentukan karakter dan mengadakan kelas yoga (pelatihan) pada ibu-ibu PKK di desa pelapuan kecamatan busungbiu dengan tujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu-ibu PKK dalam melakukan aktifitas yoga. Kegiatan dilaksanakan melalui bimbingan berupa materi yang disampaikan oleh narasumber berkaitan dengan pendidikan karakter serta mengadakan pelatihan yoga.
ETIKA HINDU DALAM REPRESENTASI SENI BONDRES DI KOTA SINGARAJA BALI Wayan Sunampan; Nyoman Suardika
Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayaan Hindu Vol 12 No 2 (2021): Widya Genitri: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayaan Hindu
Publisher : STAH Dharma Sentana Sulawesi Tengah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36417/widyagenitri.v12i2.422

Abstract

The results of this study discuss the form of bondres art representation in the city of Singaraja with an ethical perspective, and focus on several bondres sekaa in the city of Singaraja. This research is a qualitative type with the process of collecting data through observation, interviews, documentation, and online data searches. The data obtained were then analyzed and then presented with a qualitative descriptive. The results of the study show that Bondres art is represented by several things including 1) Characters, 2 Clothing, 3) Plays. The form of representation of Bondres art shows that there is an ethical aspect where Bondres art is used as an educational medium to instill moral values. Although sometimes there is an unethical impression either from the clothes or the dialogue that is delivered.
YOGA BHUWANA PRAWERTI SEBAGAI METODE DALAM MENINGKATKAN KESEHATAN ORGAN TUBUH Ni Kadek Tuti Sri Devi
Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayaan Hindu Vol 12 No 2 (2021): Widya Genitri: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayaan Hindu
Publisher : STAH Dharma Sentana Sulawesi Tengah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36417/widyagenitri.v12i2.429

Abstract

A healthy and fit body condition is one of the most important things in life. Various studies have shown that a healthy and fit body can be obtained through yoga activities. One type of yoga that provides health for the body's organs is Yoga Bhuwana Prawerti which is preserved at the Seruling Dewata Islamic Boarding School, Bantas Village, East Selemadeg District, Tabanan Regency, Bali Province. Bhuwana Prawerti Yoga has six movements consisting of Bhaumanasana, Bhumisayasana, Bhumipalasana, Bhumipadasana, Nagaparwatasana and Bhuwanadipasana. This yoga practice also has a different method by adding the number of repetitions at each stage. Starting from stage 1 with 5 repetitions to stage 9 with 21 repetitions. This is done to train discipline in doing something to get maximum results. The number 21 is also taken on the grounds that the cells in the human body will die and undergo rejuvenation once every 21 days.
URGENSI GROWTH MINDSET UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI COVID 19 Evi Srihastuti; Fitri Wulandari
Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayaan Hindu Vol 12 No 2 (2021): Widya Genitri: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayaan Hindu
Publisher : STAH Dharma Sentana Sulawesi Tengah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36417/widyagenitri.v12i2.431

Abstract

Selama pandemi covid-19 proses pembelajaran diseluruh lembaga pendidikan dilakukan secara daring. Oleh sebagian siswa perubahan sistem ini membutuhkan kemampuan adaptasi dan kegigihan yang tinggi, selama proses pembelajaran tersebut siswa menjadi tidak semangat, merasa malas, bosan serta motivasi belajar siswa mengalami penurunan sehingga berdampak pada prestasi siswa yang ikut menurun. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui urgensi growth mindset untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di masa pandemi covid-19. Metode yang digunakan adalah studi literatur (telaah hasil riset). Growth mindset atau pola pikir berkembang merupakan sebuah pola pikir yang meyakini bahwa kercerdasan, bakat dan kualitas-kualitas dalam diri individu dapat berkembang melalui usaha dan kerja keras meskipun harus menghadapi berbagai tantangan dan kesulitan untuk meraihnya. Sehingga growth mindset memiliki peranan sangat penting untuk membangun pribadi siswa yang tangguh selama proses pembelajaran di masa pandemi covid-19. Oleh karena itu, dengan growth mindset siswa akan memiliki motivasi, semangat belajar dan tidak akan mudah menyerah dalam menghadapi tantangan-tantangan maupun kesulitan-kesulitan selama proses pembelajaran tersebut. Dari kajian ini dihasilkan bahwa growth mindset dapat meningkatkan prestasi belajar siswa terutama di masa pandemi covid-19.

Page 1 of 1 | Total Record : 7