cover
Contact Name
Karin Amelia Safitri
Contact Email
karinka1803@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jsht@vokasi.ui.ac.id
Editorial Address
Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia
Location
Kota depok,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Sosial Humaniora Terapan
Published by Universitas Indonesia
ISSN : 26221764     EISSN : 26221152     DOI : -
Core Subject : Humanities,
Jurnal Sosial Humaniora Terapan is a journal which contains publications in applied science including the social sciences and humanities.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1: December 2019" : 8 Documents clear
Tinjauan Alur Kerja Copywriter Divisi Konten Suitmedia dalam Industri Kreatif Pemasaran Digital Hardika Widi Satria; Dewi Kurnia Agustine
Jurnal Sosial Humaniora Terapan Vol 2, No 1: December 2019
Publisher : Program Pendidikan Vokasi UI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (369.297 KB) | DOI: 10.7454/jsht.v2i1.66

Abstract

Komunikasi memiliki peranan yang penting dalam industri kreatif baik di media konvensional maupun digital. Komunikasi dalam pemasaran di era digital saat ini menghadapi agitasi yang ketat terutama di antara agensi digital lokal. Pengembangan kreativitas melalui pembentukan konten yang baik dan sesuai kebutuhan klien dirasa menjadi keunggulan kompetitif suatu biro iklan digital. Suitmedia sebagai salah satu agensi digital lokal menaruh perhatian khusus terhadap profesi copywriter sebagai corong komunikasi pemasaran kreatif mereka terhadap audiens. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui observasi alur kerja yang dilakukan selama 4 (empat) bulan dengan tujuan untuk mengobservasi peran copywriter dalam proses pembentukan pesan dan melakukan monitoring dampak pesan di khalayak. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa copywriter di divisi konten Suitmedia telah memilki alur kerja serta panduan dalam penyusunan tulisan dengan berpedoman pada AIDCA copywriting model selain kewajiban berpikir serta menulis secara kreatif dalam konteks pemasaran digital yang mengacu pada brief klien. Selain itu monitoring dan evaluasi juga dilakukan dalam divisi konten demi menjaga kualitas tulisan dan kesesuaian dengan target yang telah disepakati bersama klien. Kata kunci : Copywriter, AIDCA, Alur Kerja, Pemasaran Digital, Copywriting Model
KEKUATAN 7P BAURAN PEMASARAN TERHADAP PILIHAN MAHASISWA BERKULIAH DI PROGRAM PENDIDIKAN VOKASI UNIVERSITAS INDONESIA Pijar Suciati; Mareta Maulidiyanti
Jurnal Sosial Humaniora Terapan Vol 2, No 1: December 2019
Publisher : Program Pendidikan Vokasi UI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (440.651 KB) | DOI: 10.7454/jsht.v2i1.61

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis tujuh faktor bauran pemasaran (Product, Price, Place, Promotion, People, Physical Evidence, Process) yang mempengaruhi pengambilan keputusan mahasiswa untuk memilih berkuliah di Program Pendidikan Vokasi UI. Metode penelitian ini adalah kuantitatifdengan teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan survei. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia. Data tersebut dianalisis dan diinterprestasikan secara univariatdan multivariat. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah; mahasiswa memilih berkuliah di perguruan tinggi vokasi dipengaruhi oleh seluruh faktor bauran promosi, namun faktor Promotion yang berpengaruh paling kuat, walaupun kekuatannya adalah sedang. Promosi memberikan pengetahuan mengenai kurikulum dan program magang yang mereka jalani di Vokasi UI, maka hal itu yang menjadi alasan utama mereka dalam menentukan keputusan. Generalisasi penelitian ini masih belum sempurna, masih diperlukan untuk melakukan penelitian sejenis ke beberapa perguruan tinggi vokasi lainnya, untuk memvalidasi hasil dari penelitian ini. Saran praktisbagi praktisi Public Relations di perguruan tinggi vokasi adalah; rencanakan program-program sosialisasi yang lebih mengarah pada program sosialisasi kepada sekolah-sekolah yang menjadi target sasaran. 
KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM PROSES PEMBENTUKAN BUDAYA ORGANISASI (STUDI NILAI BUDAYA ORGANISASI I’VE CARE PADA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS INDONESIA) Melisa Bunga Altamira; Effy Rusfian
Jurnal Sosial Humaniora Terapan Vol 2, No 1: December 2019
Publisher : Program Pendidikan Vokasi UI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (383.878 KB) | DOI: 10.7454/jsht.v2i1.71

Abstract

Budaya organisasi dalam sebuah perusahaan/institusi/organisasi tak hanya berfungsi sebagai alat untuk meningkatkan kualitas perusahaan/institusi/organisasi, tetapi juga sebagai pedoman dan nilai-nilai berperilaku para anggota perusahaan/institusi/organisasi dalam beraktivitas sehari-hari. Sebagai fakultas kedokteran nomor satu di Indonesia, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) merumuskan I’Ve Care sebagai budaya organisasinya. Studi ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pembentukan budaya organisasi I’Ve Care, faktor-faktor yang menghambatnya dan evaluasi yang dibutuhkan FKUI ke depannya. Metode penelitian dilakukan secara kualitatif, studi kasus melalui wawancara mendalam. Hasil yang didapat dari penelitian ini, bahwa pembentukan budaya organisasi belum optimal dikarenakan adanya faktor-faktor: pengkisahan, komunikasi, penyelesaian masalah yang positif, pengkisahan mengenai pendiri dan pemimpin, kepemimpinan, contoh role model, norma-norma, pengharapan, nilai-nilai, sistem penghargaan, manajemen karier, rekrutmen dan penempatan staf, sosialisasi kepada staf baru, pelatihan dan pengembangan, kontak anggota organisasi, partisipasi dalam pengambilan keputusan, koordinasi antar grup, dan perubahan personal. Diperlukan evaluasi dan saran yang holistis dalam pembentukan budaya organisasi di FKUI. Kata kunci: komunikasi organisasi, budaya organisasi, nilai-nilai budaya organisasi 
Chatbot : Inovasi Layanan Informasi Digital pada Humas Institusi Pendidikan mareta maulidiyanti; Pijar Suciati
Jurnal Sosial Humaniora Terapan Vol 2, No 1: December 2019
Publisher : Program Pendidikan Vokasi UI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1566.044 KB) | DOI: 10.7454/jsht.v2i1.63

Abstract

Hubungan Masyarakat (Humas) merupakan fungsi manajemen yang strategis dalam sebuah institusi, termasuk di institusi pendidikan. Dalam menjalankan fungsi penyampaian informasi kepada publik, Humas ditantang untuk selalu inovatif untuk menghadapi perkembangan digital di era 4.0 ini. Penelitian ini menjelaskan tentang inovasi humas di Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (UI) yang berupaya melayani publiknya dengan chatbot. Chatbot ditampilkan pada website resmi institusi pendidikan  yang merupakan backbone dari seluruh medium komunikasi institusi. Chatbot digunakan sebagai pendorong komunikasi dua arah dan inovasi atas menu “Kontak Kami” yang dinilai tidak efektif dalam interaksi dengan publik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan data sekunder (laporan statistik chatbot)  dan juga data primer yang diperoleh dari wawancara dengan Humas Vokasi UI. Penelitian menjabarkan bagaimana pengelolaan chatbot dan respon publik terhadap layanan chatbot ini. Data selama uji coba Chatbot dalam 5 bulan menunjukkan bahwa pengguna chatbot lebih besar 79% lebih banyak dibandingkan pengguna menu kontak kami. Sebelum ada chatbot, hanya kurang dari 49 pengunjung website yang meninggalkan pesan dan setelah ada chatbot, terdapat 429 pengguna yang meninggalkan pesan. Selain itu melalui chatbot, tim Humas mampu membangun databased pengunjung website sebagai upaya customer relationship management (CRM). Untuk penelitian lebih lanjut, penelitian ini dapat dikembangkan dengan metode kuantitatif yaitu untuk melihat bagaimana respon publik terhadap aplikasi chatbot yang digunakan. Penelitian kuantitatif dapat dikembangkan dengan Technology Acceptance Model (TAM). Kata kunci : Chatbot, Humas Digital, Humas, Layanan Informasi Digital 
PENINGKATAN KEMANDIRIAN REMAJA BERKEBUTUHAN KHUSUS MELALUI PELATIHAN CETAK SABLON arius krypton
Jurnal Sosial Humaniora Terapan Vol 2, No 1: December 2019
Publisher : Program Pendidikan Vokasi UI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (238.163 KB) | DOI: 10.7454/jsht.v2i1.64

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengamati peningkatan kemandirian remaja berkebutuhan khusus melalui pelatihan cetak sablon kaos bagi siswa tunarungu kelas XII di SLB Nusantara Beji. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang mengadaptasi model Kemmis dan McTaggart yang dibagi menjadi dua siklus. Subjek penelitian merupakan 3 siswa kelas XII. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif, kemudian dilanjutkan dengan teknik komparatif dengan membandingkan hasil pra test dan post test. Hasil dari siklus I belum dapat memenuhi indikator keberhasilan minimal yang telah ditentukan. Pada siklus I semua subjek belum mampu mencapai kriteria ketuntasan minimal yang telah ditentukan yaitu sebesar 70. Sehingga perlu diberikan pendampingan dan pemantapan yang lebih intensif pada siklus II. Pada siklus II subjek AA memperoleh nilai 89 dengan kriteria sangat baik, subjek NU mendapat nilai 93 dengan kriteria sangat baik dan subjek DW mendapat nilai 82 dengan kriteria sangat baik. Peningkatan nilai hasil pelatihan keterampilan cetak sablon tersebut diikuti dengan peningkatan kualitas belajar dan kemandirian selama pelaksanaan proses pelatihan cetak sablon kaos. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa pelatihan cetak sablon kaos dapat meningkatkan keterampilan remaja tunarungu kelas XII di SLB Nusantara Beji. Kata kunci:kemandirian, keterampilan, pelatihan, sablon kaos, remaja tunarungu
Penggunaan Pursed Lip Breathing dan Diaphragmatic Breathing Pada Kasus Bronkiektasis Et Causa Post Tuberkulosis Paru Analisis Kasus Berbasis Bukti Riza Pahlawi; Aditya Denny Pratama
Jurnal Sosial Humaniora Terapan Vol 2, No 1: December 2019
Publisher : Program Pendidikan Vokasi UI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (327.824 KB) | DOI: 10.7454/jsht.v2i1.65

Abstract

Bronkiektasis merupakan dilatasi abnormal bronkus yang terjadi karena infeksi yang menyebabkan inflamasi serta obstruksi jalan nafas. Dengan adanya infeksi dapat menimbulkan respon inflamasi seperti sesak napas, batuk, dan produksi sputum yang meningkat. Breathing exercise menjadi salah satu modalitas fisioterapi dalam menangani kasus-kasus kardiorespirasi, dan kombinasi latihan berupa pursed lip breathing dan diaphragmatic breating breating diperkirakan mampu mengurangi sesak sehingga pasien mampu beraktivitas secara optimal. Muncul pertanyaan pertanyaan klinis, “Apakah pemberian pursed lip breathing dan diaphragmatic breathing dapat memberikan efek yang lebih baik untuk menurunkan sesak pada pasien bronkiektasis et causa post tuberculosis paru?” Ilustrasi kepustakaan enggunakan instrument pencarian Pubmed, Science Direct, dan Chocrane Library sesuai dengan kata kunci. Pada penulusuran didapatkan 19 artikel yang memenuhi kriteria inklusi. Kemudian tahap pencarian dilanjutkan dengan membaca keseluruhan artikel dan ditemukan artikel yang sesuai sebanyak 2 artikel pada Pubmed, 3 artikel pada Science Direct, dan 0 artikel pada Cochrane Library.  Kata Kunci : pursed lip breathing, diaphragmatic breathing, breathing exercise, bronkiektasis
Program Revitalisasi Situ Rawa Besar Sebagai Daya Tarik Wisata Air di Kota Depok rahmi setiawati
Jurnal Sosial Humaniora Terapan Vol 2, No 1: December 2019
Publisher : Program Pendidikan Vokasi UI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (663.147 KB) | DOI: 10.7454/jsht.v2i1.67

Abstract

Depok merupakan kota dengan sebutan 1000 Setu, sehingga Pemkot Depok berencana membuat objek wisata air dengan memanfaatkan situ yang ada di wilayahnya. Salah satunya adalah Situ Rawa Besar yang dijadikan objek wisata air. Hal ini sejalan dengan dalam merancang penataan ke depannya tentang keberadaan Situ Rawa Besar yang berada di tengah kota menjadikan kota yang nyaman sesuai dengan visi dan Misi Kota Depok. Namun, untuk menciptakan optimalisasi dalam mencapai tujuan tersebut perlu adanya kebijakan Pemerintah Kota Depok dalam mewujudkan Situ Rawa Besar sebagai objek wisata air. Sehingga diperlukan revitalisasi untuk memberdayakan potensi wisata dan kreasi Situ Rawa Besar yang dapat memberikan manfaat ekonomi dari aspek pariwisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses revitalisasi, mengetahui hambatan dan kemudahan di dalam proses revitalisasi di Situ Rawa Besar. Penelitian ini menggunakan tinjauan konsep revitalisasi, pengembangan wisata air dan kepariwisataan.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan studi kepustakaan yang digunakan yaitu berupa kajian pustaka; dan berupa dokumen kebijakan yang terkait dengan revitalisasi Situ Rawa Besar.Hasil penelitian sangat diperlukan  melakukan revitalisasi Situ Rawa Besar yang dilaksanakan sesuai dengan rancangan dengan memperhatikan aspek peningkatan fasilitas, daya tarik, aksesibiitas, dan managemen destinasi, selain itu Situ Rawa Besar sebagai objek wisata air dilakukan sekaligus untuk penataan kualitas air dan pengelolaan sampah, serta meningkatkan sumberdaya manusia dan dukungan masyarakat sekitar. Sehigga disarankan perlu adanya koordinasi antara pemerintah provinsi dengan daerah dan dinas-dinas terkait terus ditingkatkan, sehingga ke depan dapat terbentuk merek (ikon) situ untuk pariwisata Kota Depok. Kata kunci : Revitalisasi, Situ, Daya Tarik (Atraksi) Wisata Air, Perencanaan wisata air
WAYANG SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI DALAM PELATIHAN KEPEMIMPINAN WIKASATRIAN priyanto priyanto
Jurnal Sosial Humaniora Terapan Vol 2, No 1: December 2019
Publisher : Program Pendidikan Vokasi UI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (501.385 KB) | DOI: 10.7454/jsht.v2i1.60

Abstract

Wayang mengandung nilai-nilai budi luhur yang sangat berharga bagi kehidapan masyarakat. Dalam pertunjukkan wayang digambarkan bagaimana manusia berkomunikasi dengan manusia lain, alam dan Tuhan, termasuk bagaimana saling menghormati sesama makhluk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana nilai-nilai budi luhur dalam wayang dapat di eksplor untuk pelatihan kepemimpinan di wikasatrian. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data meliputi sumber lisan, sumber tertulis, dan sumber lapangan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai budi luhur wayang dapat dieksplor untuk pelatihan kepemimpinan wikasatrian dengan menggunakan metode experiential learning sehingga peserta dapat memaknai lebih mendalam mengenai nilai budi luhur dalam wayang. Keywords: Puppet, Leadership Value

Page 1 of 1 | Total Record : 8