cover
Contact Name
Heri Prasuhanda Manurung. S.AB, M.Si
Contact Email
prasuhanda@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jmesunaekonomi@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. asahan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Manajemen, Ekonomi Sains
Published by Universitas Asahan
ISSN : 26858754     EISSN : 26860759     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal Manajemen, Ekonomi Sains (MES) merupakan wadah untuk publikasi artikel yang memuat tentang ide, gagasan, hasil penelitian, kajian pustaka dan inovasi lainnya yang berkaitan pada bidang manajemen dan ilmu ekonomi. Jurnal ini dipublikasikan dan diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Asahan dengan periode terbit 2 (dua) kali setahun yaitu bulan Agustus dan Februari.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2021): FEBRUARI 2021" : 10 Documents clear
PENGARUH KEPUASAN PELANGGAN, CITRA TOKO DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA UD. TERANG JAYA KISARAN LASSON MANURUNG; TENGKU SYARIFAH
Jurnal Manajemen, Ekonomi Sains (MES) Vol 2, No 2 (2021): FEBRUARI 2021
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36294/mes.v2i2.1886

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara serempak dan pasial kepercayaanmerek, kepuasan pelanggan, citra toko dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan dengan menggunakan 96 responden sebagai sampel. Hasil uji-F, secara serempak kepuasan pelanggan, citra toko dan kualitas pelayanan memberikan pengaruh terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai Fhitung (37,566) > Ftabel (2,70). Hasil uji parsial (uji-t), kepuasan pelanggan mempengaruhi loyalitas pelanggan karena thitung (3,796) > ttabel (1,985), citra toko berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan karena thitung (2,430) > ttabel (1,985) dan kualitas pelayanan memberikan pengaruh terhadap loyalitas pelanggan karena thitung (2,503) > ttabel (1,985) Hasil uji koefisien determinasi (Uji-R2), kepuasan pelanggan, citra toko dan kualitas pelayanan menghasilkan pengaruh 53,6%, sedangkan selebihnya yaitu 46,4% dipengaruhi oleh beberapa variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.Kata Kunci :           KepercayaanMerek, Kepuasan Pelanggan, Citra Toko, Kualitas Pelayanan, Loyalitas Pelanggan
PENGARUH PENGALAMAN KERJA, KEPUASAN KERJA DAN INSENTIF TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN DI PDAM TIRTA KUALO KOTA TANJUNGBALAI ERWIN ERWIN; ROSNAIDA ROSNAIDA
Jurnal Manajemen, Ekonomi Sains (MES) Vol 2, No 2 (2021): FEBRUARI 2021
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36294/mes.v2i2.1891

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial pengalaman kerja, kepuasan kerja dan insentif terhadap produktivitas kerja dengan jumlah sampel sebayak 64 karyawan. Analisis regresi linear berganda menghasilkan persamaan  Y = 2,587 + 0,363(X1) + 0,350(X2) + 0,390(X3), artinya pengalaman kerja, kepuasan kerja dan insentif memberikan pengaruh positif terhadap produktivitas kerja. Hasil uji-F, secara simultan pengalaman kerja, kepuasan kerja dan insentif berpengaruh terhadap produktivitas kerja karena Fhitung (29,731) > Ftabel (2,76). Hasil uji-t, nilai thitung (3,022) > ttabel (1,999) sehingga secara parsial pengalaman kerja berpengaruh terhadap produktivitas kerja, nilai thitung (3,718) > ttabel (1,999) sehingga kepuasan kerja berpengaruh terhadap produktivitas kerja, nilai thitung (3,718) > ttabel (1,999) sehingga insentif berpengaruh terhadap produktivitas kerja. Hasil uji-R2, nilai adjusted R square 0,578, artinya pengaruh pengalaman kerja, kepuasan kerja dan insentif terhadap produktivitas kerja adalah 57,8%, sedangkan 42,2% dipengaruhi variabel lainnya yang tidak termasuk padapenelitian ini. Kata Kunci :    Pengalaman Kerja, Kepuasan Kerja, Insentif, Produktivitas Kerja
PENGARUH KOMPETENSI, KARATERISTIK PEGAWAI DAN KEPEMIMPINAN TERHADAP PRESTASI KERJA PEGAWAI PADA DINAS PEKERJAAN UMUM DAN PENATAAN RUANG KABUPATEN ASAHAN RABIATUL ADHAWIYAH; ANSHARI PUTRA
Jurnal Manajemen, Ekonomi Sains (MES) Vol 2, No 2 (2021): FEBRUARI 2021
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36294/mes.v2i2.1887

Abstract

Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kompetensi, Karateristik Pegawai dan Kepemimpinan terhadap Prestasi Kerja Pegawai pada Dinas Pekerjaan Uumum dan Penataan Ruang Kabupaten Asahan. Populasi dalam penelitian ini adalah Pegawai Negeri Sipil berjumlah 89 pegawai. Sampel dalam penelitian menggunakan sampel jenuh. Pengujian data dilakukan pada kuesioner menggunakan analisis statistik dengan bantuan SPSS 20.0 for windows.       Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi  Y= 8,900-0,218X1 +0,428X2 +0,322X. Pengujian hipotesis secara serempak (Uji F) diperoleh nilai Fhitung > Ftabel (8,779 > 2,71) dan sig (0,000 <0,05). Disimpulkan bahwa kompetensi, karateristik pegawai dan kepemimpinan berpengaruh terhadap prestasi kerja pegawai pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Asahan. Pada uji parsial (uji t) menunjukkan bahwa variabel kompetensi tidak berpengaruh terhadap prestasi kerja pegawai dengan nilai thitung -1,826 < 1,662, dengan nilai signifikan 0,071>0,05. Variabel karateristik pegawai secara parsial berpengaruh terhadap prestasi kerja pegawai dengan nilai thitung > ttabel yaitu 3,154 > 1,662, dengan nilai signifikan 0,002 < 0,05. Variabel kepemimpinan secara parsial berpengaruh terhadap prestasi kerja pegawai dengan nilai thitung>ttabel yaitu 3,741> 1,662, dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Koefisien determinasi (Adjusted R Square) sebesar 0,210 yang berarti 21,0% variasi variabel terikat (prestasi kerja) mampu dijelaskan oleh variabel kompetensi, karateristik pegawai dan kepemimpinan, sisanya sebesar 0,79% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.Kata kunci : Kompetensi, karateristik Pegawai, Kepemimpinan, Prestasi Kerja.
ANALISIS PENGARUH NILAI RASIO SOLVABILITAS DAN RASIO AKTIVITAS TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN FARMASI YANG TERDAFTAR DI BEI YUNITA LESTARI MALAU; NISFU FITHRI
Jurnal Manajemen, Ekonomi Sains (MES) Vol 2, No 2 (2021): FEBRUARI 2021
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36294/mes.v2i2.1892

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh nilai rasio solvabilitas dan rasio aktivitas terhadap kinerja keuangan perusahaan farmasi yang terdaftar di BEI periode 2014-2018. Secara serempak melalui uji-F, DAR, DER, FATO dan TATO mempengaruhi kinerja keuangan dengan nilai thitung (45,289) > ttabel (2,61) dan signifikansi 0,000 < 0,05.Secara parsial melalui uji-t, DAR berpengaruh signifikan terhdap kinerja keuangan dengan thitung (-11,663) < ttabel (-2,019) dan signifikansi 0,000 < 0,05. DER tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan dengan thitung (0,426) < ttabel (2,019) dan signifikansi 0,672 > 0,05. FATO berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan dengan thitung (8,549) > ttabel (2,019) dan signifikansi 0,000 < 0,05. TATO berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan dengan thitung (-3,536) < ttabel (-2,019) dan signifikansi 0,001 < 0,05. DAR, DER, FATO dan TATO memberikan pengaruh sebesar 80,1% melalui uji-R2 sedangkan selebihnya yaitu 19,9% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.Kata Kunci : DAR, DER, FATO, TATO, Kinerja Keuangan
PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PRODUK KOSMETIK WARDAH BAMBANG PRAYOGO; ZULFA KHAIRINA BATUBARA
Jurnal Manajemen, Ekonomi Sains (MES) Vol 2, No 2 (2021): FEBRUARI 2021
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36294/mes.v2i2.1880

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kualitas produk, harga, dan kualitas pelayanan secara simultan dan parsial berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada Heri Distro Kisaran. Hasil penelitian analisis regresi linier berganda diperoleh Y = 1,426+ 0,345 X1 + 0,346 X2 + 0,224X3 + e, variabel kualitas pelayanan memiliki nilai paling renda yaitu 0,224. Hasil Uji simultan (uji-F) menunjukan bahwa Ha diterima dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kualitas produk, harga dan kualitas pelayanan berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai Fhitung > Ftabel (25,756> 2,70) dengan nilai signifikan 0.000 < 0,05. Secara parsial (uji-t) kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai thitung > ttabel (4,441 > 1,984) dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05, variabel harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai thitung  >  ttabel (4,350  < 1,984) dengan signifikan 0,000 < 0,05 dan variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai thitung > ttabel (2,922 > 1,984) dengan signifikan 0,004 < 0,05. Hasil uji determinasi Adjusted R Square atau R2 sebesar 0,429 atau 42,9%, sedangkan sisanya sebesar 59,1% dijelaskan oleh faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci : Kualitas Produk, Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan
PENGARUH PENGEMBANGAN KARIR, LINGKUNGAN KERJA, KEPEMIMPINAN DAN KOMITMEN TERHADAP MOTIVASI KERJA KARYAWAN PDAM TIRTA KUALO KOTA TANJUNGBALAI HELMI NASUTION; ARIS SIREGAR
Jurnal Manajemen, Ekonomi Sains (MES) Vol 2, No 2 (2021): FEBRUARI 2021
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36294/mes.v2i2.1888

Abstract

Penelitian inimbertujuan untuk mengetahui pengaruh secara serempak dan parsial pengembangan karir, lingkungan kerja, kepemimpinan dan komitmen terhadap motivasi kerja. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 64 responden. Teknik analisis menggunakan regresi linear berganda. Uji-F menghasilkan nilai Fhitung (99,198) > Ftabel (2,53), artinya pengembangan karir, lingkungan kerja, kepemimpinan dan komitmen secara serempak mempengaruhi motivasi kerja. Uji-t menghasilkan nilai thitung (2,196) > ttabel (2,000), artinya pengembangan karir berpengaruh terhadap motivasi kerja. Nilai thitung (3,993) > ttabel (2,000), artinya lingkungan kerja mempengaruhi motivasi kerja. Nilai thitung (2,762) > ttabel (2,000), artinya kepemimpinan mempengaruhi motivasi kerja. Nilai thitung (3,207) > ttabel (2,000), artinya komitmen mempengaruhi motivasi kerja. Hasil uji-R2, nilai yang dihasilkan melalui adjusted R square yaitu 0,862, artinya pengaruh variabel bebas yang terdiri dari pengembangan karir, lingkungan kerja, kepemimpinan dan komitmen terhadap motivasi kerja adalah sebesar 86,2%, sedangkan 13,8% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.Kata Kunci :        Pengembangan Karir, Lingkungan Kerja, Kepemimpinan, Komitmen, Motivasi Kerja
PENGARUH KOMPENSASI, LINGKUNAN KERJA, DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAI PDAM TIRTA SILAU PIASA KABUPATEN ASAHAN Karya Gunawan; Normansyah Normansyah
Jurnal Manajemen, Ekonomi Sains (MES) Vol 2, No 2 (2021): FEBRUARI 2021
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36294/mes.v2i2.1884

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Kompensasi, Lingkungan Kerja dan Disiplin Kerja, baik secara parsial maupun secara simultan terhadap Produktivitas Kerja Pegawai PDAM Tirta Silaupiasa Kabupaten Asahan. Adapun Perumusan masalah penelitian ini adalah: Bagaimana Pengaruh Kompensasi, Lingkungan Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Produktivitas Kerja Pegawai PDAM Tirta Silaupiasa Kabupaten Asahan, baik secara parsial maupun secara simultan? Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, sedangkan sifat penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Sebagai populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai tetap pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Silaupiasa Kabupaten Asahan yang berjumlah sebanyak 141 orang, sedangkan sampel diambil sebanyak 59 orang pegawai dengan menggunakan rumus Slovin. Jenis dan sumber data terdiri dari data primer dan data sekunder, sementara teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan kuesioner, wawancara, dan studi dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan ialah analisis Regresi Linier Berganda, yang dilanjutkan dengan uji hipotesis dengan Uji Simultan (Uji F) dan Uji Parsial (Uji t) Uji Koefisien Determinasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Kompensasi berpengaruh sifnifikan terhadap Produktivitas Kerja Karyawan PDAM Tirta Silau Piasa Kabupaten Asahan, yang dibuktikan oleh nilai thitung (2,264) > ttabel (2,00404). Selanjutnya hasil penelitian ini menemukan bahwa Lingkungan Kerja berpengaruh sifnifikan terhadap Produktivitas Kerja Karyawan PDAM Tirta Silau Piasa Kabupaten Asahan, yang dibuktikan oleh nilai thitung (2,892) >ttabel (2,00404). Sementara itu Disiplin Kerja juga berpengaruh sifnifikan terhadap Produktivitas Kerja Karyawan PDAM Tirta Silau Piasa Kabupaten Asahan, yang dapat diketahui dari nilai thitung (2,533) >ttabel (12,00404). Kemudian dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Kompensasi, Lingkungan Kerja dan Disiplin Kerja berpengaruh sifnifikan secara simultan terhadap Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan PDAM Tirta Silau Piasa Kabupaten Asahan, yang dibuktikan oleh nilai Fhitung (33,427) > (Ftabel 2,78). Berdasarkan nilai koefisien determinasi dapat diketahui bahwa 62,6% perubahan Produktivitas Kerja Karyawan pada PDAM Tirta Silaupiasa Kabupaten Asahan ditentukan oleh faktor Kompensasi, Lingkungan Kerja dan Disiplin Kerja, sedangkan sisanya yang 37,4% lagi disebabkan faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.Kata Kunci:     Kompensasi, Lingkungan Kerja, Disiplin Kerja, Produktivitas Kerja Pegawai.
PENGARUH GAYA HIDUP, PROMOSI ONLINE, DAN KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE PRODUK MINISO DI ASAHAN (STUDI KASUS MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNA) YULI YULI; HALIMATUSSAKDIAH MARPAUNG
Jurnal Manajemen, Ekonomi Sains (MES) Vol 2, No 2 (2021): FEBRUARI 2021
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36294/mes.v2i2.1889

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Gaya Hidup, Promosi Online, dan Kepercayaan Merek secara simultan dan parsial berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Online Produk Miniso Di Asahan (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNA). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNA T.A 2016/2017 dan 2017/2018 Program Studi Manajemen dan Ekonomi Pembangunan yang telah membeli produk miniso. Populasi didapat sebanyak 226 yang didapat dari Sumber Fakultas Ekonomi UNA 2020.Teknik pengambilan sampel menggunakan salah satu metode non probability sampling yaitu convenience sampling didapat 96 responden.Hasil penelitian analisis regresi linear berganda diperoleh Y= 2,006 + 0,664 X1+ 0,269 X2 + 0,763 X3 + e, dimana variabel Promosi Online memiliki nilai yang paling rendah 0,269 atau 269%. Uji secara simultan (uji-f) menunjukkan bahwa Gaya Hidup, Promosi Online, dan Kepercayaan Merek berepengaruh secara simultan terhadap Keputusan Pembelian Online dengan nilai Fhitung > Ftabel (23,358> 2,70 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Secara Parsial (uji-t) menunjukkan bahwa Gaya Hidup berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Online dengan nilai thitung > ttabel (2,721>1,986) dengan nilai signifikan 0,008<0,05, Promosi Online berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan Pembelian Online dengan nilai thitung > ttabel (2,139>1,986) dengan nilai signifikan 0,035 < 0,05, Kepercayaan Merek berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan Pembelian Online dengan nilai thitung > ttabel (6,298>1,986) dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Hasil uji koefis ien determinasi Adjusted R Square (R2) sebesar 0,414 atau sebesar 41,4%, sedangkan sisanya sebesar 0,586 atau 58,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Untuk peneliti selanjutnya agar menambah variabel-variabel penelitian diluar dari model ini.Kata Kunci :    Gaya Hidup, Promosi Online, Kepercayaan Merek dan Keputusan Pembelian Online.
PENGARUH HARGA, LOKASI, KUALIATAS DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA WARUNG BAKSO MEKAR ASIH DESA BINJAI BARU KABUPATEN BATU BATA RIZKY FADILA; HERI PRASUHANDA MANURUNG
Jurnal Manajemen, Ekonomi Sains (MES) Vol 2, No 2 (2021): FEBRUARI 2021
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36294/mes.v2i2.1885

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Harga, Lokasi, Kualitas Produk, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Twarung Bakso MekarAsih Binjai Baru. Berdasarkan Hasil uji F menunjukkan bahwa secara bersama-sama variabel Harga, Lokasi, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan mempunyai pengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan dengan hasil sebesar 0.000. Sedangkan hasil analisis koefisien determinasi (R²) sebesar 0.526. Hal ini berarti 52,6 % menunjukkan bahwa variasi naik turunnya Kepuasan Pelanggan dipengaruhi oleh Harga, Lokasi, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan. Sedangkan hasil uji t diketahui bahwa hasil penelitian untuk variabel Harga menunjukkan nilai signifikan 0,177 yang berarti tidak ada pengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan, Variabel Lokasi menunjukkan nilai signifikan 0,013 yang berarti ada pengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan, variabel Kualitas Produk menunjukan nilai signifikan 0,000 yang berarti ada pengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan dan Kualitas Pelayanan menunjukkan nilai signifikan 0,000 yang berarti ada pengaruh yang signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan.Kata kunci :     Harga, Lokasi, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan Pelanggan.PENDAHULUAN
MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI MELALUI KOMUNIKASI DAN BEBAN KERJA PADA DINAS PERDAGANGAN LAHAT AMALUDIN AMALUDIN
Jurnal Manajemen, Ekonomi Sains (MES) Vol 2, No 2 (2021): FEBRUARI 2021
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36294/mes.v2i2.1890

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi dan beban kerja terhadap kinerja pegawai pada dinas Perdagangan Lahat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis regresi linear berganda, diperoleh persamaan dan pengujian hipotesis menggunakan uji F, uji t dan koefisien determinasi, sehingga akan dapat melihat pengaruh secara linier antara dua atau lebih variabel independent dengan variabel dependentHasil variabel komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada dinas Perdagangan Lahat. Hal ini dapat dilihat dari nilai t hitung > t tabel (6,023 > 1,671) sedangkan variabel beban kerja  tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pegawai pada dinas Perdagangan Lahat. Hal ini dapat dilihat dari nilai t hitung < t tabel (-1,261 < 1,671). Serta komunikasi dan beban kerja secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada dinas Perdagangan Lahat. Hal ini dapat dilihat dari nilai F hitung > F tabel (18,609 > 3,15) dan nilai signifikansi < taraf signifikansi (α) 0,05 (0,000 < 0,05).Kata Kunci           :  Komunikasi, Beban Kerja, Kinerja Pegawai

Page 1 of 1 | Total Record : 10