cover
Contact Name
Yeni Marsih
Contact Email
marsihyeni@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
marsihyeni@gmail.com
Editorial Address
Jl. Merdeka No. 531 Kel. Balai Agung Kec. Sekayu Kab. Muba Sumsel
Location
Kab. banyuasin,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Manajemen Kompeten
Published by STIE Rahmaniyah Sekayu
ISSN : -     EISSN : 26215381     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal Manajemen Kompeten diterbitkan oleh STIE Rahmaniyah Sekayu. Tujuan penerbitan adalah untuk menyebarluaskan hasil-hasil penelitian kepada para mahasiswa, akademisi dan praktisi yang tertarik pada bidang manajemen.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 2 (2022): Jurnal Manajemen Kompeten" : 7 Documents clear
PENGARUH CURRENT RATIO (CR) DAN NET PROFIT MARGIN (NPM) TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN OTOMOTIF DAN KOMPONEN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA Hidayani ,; Hairunnisa ,; Ratna ,; Itsnaini ,; Nia ,
Jurnal Manajemen Kompeten Vol 5 No 2 (2022): Jurnal Manajemen Kompeten
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Rahmaniyah Sekayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1477.472 KB) | DOI: 10.51877/mnjm.v5i2.272

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Current Ratio (CR) dan Net Profit Margin (NPM) secara parsial maupun simultan terhadap harga saham pada perusahaan otomotif dan komponen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2016-2020 (5 tahun). Jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Jumlah populasi dalam penelitian ini berjumlah 13 perusahaan. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 6 perusahaan. Variabel independen yang digunakan adalah Current Ratio (CR) dan Net Profit Margin (NPM) dan variabel dependen yang digunakan adalah harga saham. Metode analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan program SPSS Versi 23 for windows. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t , uji f dan koefisien determinasi. Hasil pengujian secara parsial (uji t) menunjukkan hanya variabel Net Profit Margin (NPM) yang berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Sedangkan variabel Current Ratio (CR) tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham pada perusahaan otomotif dan komponen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2016-2020. Hasil pengujian secara simultan (uji f) menunjukkan Current Ratio (CR) dan Net Profit Margin (NPM) secara silmultan berpengaruh signifikan terhadap harga saham pada perusahaan otomotif dan komponen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2016-2020. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan nilai Adjusted R Square sebesar 0,105, hal ini berarti 10,5% variabel dependen dapat dijelaskan oleh variabel independen, sedangkan sisanya 89,5% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP DISIPLIN KERJA PEGAWAI PADA KELURAHAN BALAI AGUNG KECAMATAN SEKAYU KABUPATEN MUSI BANYUASIN Ika Rakhmalina; Yeni Marsih; Feri Supriyanto; Laidy Zubardi
Jurnal Manajemen Kompeten Vol 5 No 2 (2022): Jurnal Manajemen Kompeten
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Rahmaniyah Sekayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (855.01 KB) | DOI: 10.51877/mnjm.v5i2.274

Abstract

Gaya kepemimpinan yang sesuai dengan keadaan pemerintahan dan keinginan Kelurahan akan mendorong dalam peningkatan kinerja pegawai dalam pencapaian sasaran dan tujuan pemerintahan. Dalam pelaksanaan kegiatannya para pemimpin mempunyai gaya tersendiri dalam proses untuk mempengaruhi dan mengarahkan pegawainya, sehingga diharapkan mau bersama-sama berusaha mencapai tujuan pemerintahan melalui pelaksanaan pekerjaan yang telah ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh gaya kepemimpinan terhadap disiplin kerja pegawai. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah Pegawai pada Kelurahan Balai Agung Kecamatan Sekayu. Waktu penelitian dilakukan pada bulan September 2021 hingga November 2021. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara kepada pegawai pada Kelurahan Balai Agung Kecamatan Sekayu, untuk menggali informasi mengenai 1) Gaya Kepemimpinan, dan 2) Disiplin Kerja. Hasil penelitian menemukan bahwa gaya kepemimpinan berpengaruh terhadap disiplin kerja. Disiplin kerja dapat diterapkan dengan baik apabila adanya aturan tertulis tentang tata tertib lingkungan Kelurahan.
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK REI OUTDOOR GEAR DI BANDAR LAMPUNG Irvan Baskara; Lestari Wuryanti; Iing Lukman
Jurnal Manajemen Kompeten Vol 5 No 2 (2022): Jurnal Manajemen Kompeten
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Rahmaniyah Sekayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (445.572 KB) | DOI: 10.51877/mnjm.v5i2.275

Abstract

This study aims to test and prove the factors affecting decision to purchase rei outdoor gear product in Bandar Lampung. Thepopulation in this study is the sales volume of rei outdoor gear product in Bandar Lampung from 2017-2018 amounting to 30.484 .sales of sampling methods using purposive sampling with a number of respondent 400 people. sampling criteria, namely consumers who have purchased rei outdoor gear product in Bandar Lampung. The variables used are as many as 5 variables. The test equipment used was a partial tes. Test result show that.a) the store atmosphere variable has no effect on purchasing decision. b) Locaton variables do not affect purchasing decision. c) Motivation variable does no affect purchasing decisions. d) Perception variable does not affect purchasing decisions. e) Product quality variable does not affect the purchase decision.
PENGARUH PRODUK DAN HARGA TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN BUKU PADA PT. PENERBIT ERLANGGA (STUDI KASUS KONSUMEN DI SEKAYU) Ropal Tores; Yeni Marsih; Rumbiati ,
Jurnal Manajemen Kompeten Vol 5 No 2 (2022): Jurnal Manajemen Kompeten
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Rahmaniyah Sekayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (395.037 KB) | DOI: 10.51877/mnjm.v5i2.276

Abstract

Penerbit Erlangga merupakan salah satu penerbit buku-buku mata pelajaran dari tingkat pendidikan SD, SMP, SMA bahkan hingga Perguruan Tinggi. Harga yang relatif lebih mahal dibanding produk dari penerbit lain menimbulkan penurunan dalam penjualan. Kelengkapan isi buku juga menjadi salah satu pertimbangan konsumen dalam membeli buku Penerbit Erlangga. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh produk dan harga terhadap peningkatan buku PT. Penerbit Erlangga. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah konsumen yang membeli buku PT. Erlangga di Sekayu. Waktu penelitian dilakukan pada bulan September 2021 hingga November 2021. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara kepada beberapa konsumen PT. Penerbit Erlangga, untuk menggali informasi mengenai 1) Kelengkapan Isi, 2) Harga, dan 3) Strategi Penjualan Buku Pt. Penerbit Erlangga. Hasil penelitian menemukan bahwa konsumen PT. Penerbit Erlangga di Sekayu membeli buku dari Penerbit Erlangga dengan pertimbangan kelengkapan produk yang lebih dibandingkan produk dari penerbit lain. Selain itu harga yang ditawarkan juga menjadi pertimbangan, karena dengan harga yang lebih mahal sedikit tapi konsumen bisa mendapatkan buku dengan isi materi yang lengkap dibanding dari penerbit lain. PT. Penerbit Erlangga juga menjalin kerjasama dengan pihak-pihak terkait seperti pihak sekolah maupun Dinas-Dinas terkait untuk mempromosikan produknya.
DISIPLIN KERJA MEMPENGARUHI KINERJA Ellisyah Mindari
Jurnal Manajemen Kompeten Vol 5 No 2 (2022): Jurnal Manajemen Kompeten
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Rahmaniyah Sekayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (431.107 KB) | DOI: 10.51877/mnjm.v5i2.270

Abstract

The organization’s goals will be difficult to achieve without work discipline. Studies of the influence of work discipline (preventive discipline, corrective discipline and progressive discipline) on performance together or partially were carried out in this research. This quantitative research survey method, the formulation of the problem is associative in the form of a causa/causal relationship. The population and sample were 50 respondents with census sampling techniques. Data tested for validity, reliability, multiple regression analysis, coefficient of determination, F test and t test used of IBM SPSS Statistic 24. Multiple regression equation is Y=32,266+0,419x1-0,507x2-0,111x3. The coefficient determinant 0,455 means that y is described by x1, x2 and x3 by 45,5%, the remaining 54,5% is explained by other factors. Obtained Fcount 12,816 > Ftable 2,807 meaning x1, x2 and x3 together affect y with a significant degree of 0,000 < α (0,05), so there is a significant effect. The results of the analysis explain that there is a significant effect of preventive discipline and corrective discipline on performance. However, a partial progressive discipline has no significant effect on performance. Preventive discipline has the most dominant effect on performance
STRATEGI KOMUNIKASI PENGUSAHA PASAR BARU TRADE CENTRE BANDUNG DALAM MENGHADAPI MARAKNYA PENGUSAHA UMKM ONLINE Suci Kirani Putri; Kirana Widyadhana Rachman; M. Afrizal Maulana
Jurnal Manajemen Kompeten Vol 5 No 2 (2022): Jurnal Manajemen Kompeten
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Rahmaniyah Sekayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (310.74 KB) | DOI: 10.51877/mnjm.v5i2.277

Abstract

Technology is developing rapidly and has entered the 4.0 revolution era, one of the effects of this era is the buying and selling process. Many large and small entrepreneurs (SMEs) currently use two systems in their business activities, namely offline and online. The purpose of this study was to find out the communication strategies used by MSMEs during the rise of online shops. This type of research uses a qualitative-descriptive approach. The data collection technique used was interviews with 4 (four) SMEs at Pasar Baru Trade Center Bandung. The results of the study showed that the communication strategy used by MSMEs in Pasar Baru Trade Center Bandung were personal selling and direct marketing and pays attention to the 7P marketing mix elements. Entrepreneurs currently are experiencing a decline because of the large number of online entrepreneurs and the communication strategies used only promote directly. It is better for MSME actors to start adapting to current technological developments and pay attention to the communication strategies used.
STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN STREET FOOD DI JALAN LENGKONG KECIL KOTA BANDUNG DALAM MENARIK PERHATIAN PENGUNJUNG Hasya Nindi Fadillah; Feni Desvianda; M. Afrizal Maulana
Jurnal Manajemen Kompeten Vol 5 No 2 (2022): Jurnal Manajemen Kompeten
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Rahmaniyah Sekayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (313.518 KB) | DOI: 10.51877/mnjm.v5i2.271

Abstract

Street food sells food and beverages, prepares and serves them on the roadside or other public places for immediate or short-term consumption. Street food helps develop small businesses with very low capital investment. Many street foods are found in Bandung, but only a few are known by the public, this is due to a lack of communication. This research aimed to explore the marketing communication strategy of street food in Jalan Lengkong Kecil, Bandung City. The research used a qualitative-descriptive approach. The research subjects were street food vendors on Jalan Lengkong Kecil, Bandung City. The research was conducted from September 2022 to December 2022. Data collection techniques were carried out through interviews with several street food traders and administrators of Jalan Lengkong Kecil Bandung City, to explore information about 1) History, 2) Condition, and 3) Strategy. The results of the study found that street food traders and visitors on Jalan Lengkong Kecil Bandung City worked together to promote the street food, so that it can be better known by the public, such as by promoting on social media, recommending to friends, and making innovations so that the street food remains crowded with visitors. These findings showed that the marketing communication strategy in street food on Jalan Lengkong Kecil, Bandung City had been carried out well.

Page 1 of 1 | Total Record : 7