cover
Contact Name
Oda I. B. Hariyanto
Contact Email
oda@uib.ac.id
Phone
+627787437111
Journal Mail Official
oda@uib.ac.id
Editorial Address
Jl. Gajah Mada Baloi Set Ladi
Location
Kota batam,
Kepulauan riau
INDONESIA
Altasia : Jurnal Pariwisata Indonesia
ISSN : -     EISSN : 2655965X     DOI : -
Jurnal Pariwisata Indonesia (ALTASIA) merupakan hasil penelitian yang mengikuti situasi dan kondisi kekinian sesuai dengan perkembangan Dynamic Global Tourism. Mengaplikasikan teori dan kajian ilmiah di bidang Kepariwisataan serta mengkompilasi kajian-kajian analisis kritis kepariwisataan secara multidimensi dan multidisiplin. Terbit secara berkala setiap enam bulan sekali, bulan Februari dan Agustus.
Articles 31 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2020): Jurnal ALTASIA (Edisi Khusus)" : 31 Documents clear
Analisa City Branding Banyuwangi Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Lokal Genoveva, Genoveva; Fitriana, Mustika Indah
Jurnal Pariwisata Indonesia Vol 2 No 2 (2020): Jurnal ALTASIA (Edisi Khusus) - Acceptance
Publisher : Program Studi Pariwisata - Universitas Internasional Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (17.293 KB)

Abstract

Sebagai kota dengan even terbanyak di Indonesia yaitu mencapai 72 even di tahun 2017, belum membuat kota Banyuwangi dikenal oleh masyarakat Indonesia, sehingga wisatawan lokal belum banyak yang menjadikan Banyuwangi sebagai salah satu destinasi wisata unggulan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis apakah atraksi, budaya, infrastruktur dan peluang investasi berpengaruh terhadap keputusan berkunjung ke kota Banyuwangi sebagai destinasi wisata. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Kuesioner disebarkan dengan menggunakan  purposive sampling dan  memperoleh 355 responden, data kemudian diolah dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial atraksi, budaya, infrastruktur dan peluang investasi berpengaruh terhadap keputusan berkunjung ke kota Banyuwangi sebagai destinasi wisata. Variabel yang memiliki pengaruh paling besar adalah budaya, sehingga pemerintah kota Banyuwangi dapat memasukkan unsur-unsur budaya sebagai bagian dari even yang diadakan dalam promosi wisata. Novelti dalam penelitian ini adalah keputusan berwisata berdasarkan city branding dengan  keputusan investasi sebagai variabel yang mendukung pariwisata Banyuwangi, karena tempat yang menjadi tujuan wisata perekonomiannya akan berkembang karena wisatawan akan membelanjakan uangnya untuk hotel, makan, membeli souvenir dan membayar tiket masuk untuk tempat dan atraksi wisata. Dapat disimpulkan bahwa kota Banyuwangi dapat menjadi salah satu peluang investasi bagi investor selain sebagai tempat wisata.
Teknologi Informasi E-Tourism Sebagai Strategi Digital Marketing Pariwisata Komalasari, Rita; Pramesti, Puji; Harto, Budi
Jurnal Pariwisata Indonesia Vol 2 No 2 (2020): Jurnal ALTASIA (Edisi Khusus) - Acceptance
Publisher : Program Studi Pariwisata - Universitas Internasional Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (17.293 KB)

Abstract

Industri perjalanan dan pariwisata dapat berkembang pesat karena peran dari informasi teknologi dan karena dapat memfasilitasi wisatawan yg ingin mengakses informasi mengenai produk pariwisata kapanpun dan dimanapun. E-Tourism secara mendasar memerlukan integrasi teknologi informasi sebagai strategi digital marketing untuk meningkatkan kedatangan wisatawan. Biro perjalanan dapat meraih wisatawan dari seluruh dunia dengan menggunakan teknologi terutama menggunakan aplikasi mobile dan teknologi web. Kajian ini menjelaskan peranan teknologi informasi dalam hal e-Tourism yang digunakan sebagai sarana digital marketing untuk meningkatkan jumlah kedatangan wisatawan dan mempunyai tujuan untuk mengintegrasikan teknologi informasi dengan pariwisata yang akan memungkinkan lebih banyak penyediaan layanan aksesibilitas, visibilitas informasi dan  ketersediaan berbagai produk sehingga tercapai kepuasan wisatawan.
Keterkaitan Budaya dan Strategi Pemasaran Pada UMKM Mulyanti, Dwinta; Widjaja, Yani Restiani; Rohaeni, Heni
Jurnal Pariwisata Indonesia Vol 2 No 2 (2020): Jurnal ALTASIA (Edisi Khusus) - Acceptance
Publisher : Program Studi Pariwisata - Universitas Internasional Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (17.293 KB)

Abstract

UMKM dijadikan sebagai salah satu penggiat perekonomian nasional dimasa depan. Hal tersebut terlihat dari perkembangan pelaku UMKM yang setiap tahun mengalami peningkatan. Guna mencapai perkembangan UMKM yang optimal, tentunya hal tersebut tidak terlepas dari peran strategi pemasaran pada UMKM. Dimana strategi pemasaran UMKM tidak dapat terlepas dari budaya yang tumbuh dan berkembang pada UMKM itu sendiri. Berlandaskan hal tersebut nampak pentingnya mengkaji hubungan antara budaya terhadap strategi pemasaran yang diterapkan pada UMKM. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif eksplanatori, dengan melakukan survey terhadap 65 pemilik UMKM yang berada di Kabupaten Tasikmalaya. Data kuantitatif berupa kuesioner yang diperoleh dari penelitian ini diuji menggunakan partial least square utk mengetahui hubungan yang ada diantara variabel budaya dan variabel strategi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang positif antara budaya dan strategi pemasaran. Yang menunjukkan bahwa penerapan strategi pemasaran pada UMKM tergantung dari budaya yang terdapat pada para pelaku UMKM. Hal lain yang ditemukan dari penelitian ini adalah pada variabel budaya terdapat dua dimensi yang memiliki nilai yang paling besar dalam membangun variabel budaya yaitu kenyamanan dan kesetaraan gender. Penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM dalam penyusunan strategi pemasaran dengan mengacu pada budaya yang tumbuh dan berkembang pada UMKM
Wonderful Indonesia Digital Tourism 4.0 Dengan Aspek Estetika Destinasi Instagramable Meinal, Tri Riki; Pratama, Wahyudi
Jurnal Pariwisata Indonesia Vol 2 No 2 (2020): Jurnal ALTASIA (Edisi Khusus) - Acceptance
Publisher : Program Studi Pariwisata - Universitas Internasional Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (17.293 KB)

Abstract

Masyarakat Indonesia seharusnya mampu memaksimalkan bahwa Indonesia memiliki destinasi wisata alam dan buatan yang dikenal Instagramable. Kebiasaan masyarakata Indonesia yang gemar melakukan swafoto adalah bukti betapa banyak hit atau like dalam applikasi Instagram bukti bahwa era digital tourism sudah marak dan memasyarakat. Kehidupan wisatawan baik local dan mancanegara pun sudah terfasilitasi dengan baik di Indonesia dalam menyongsong Wonderful Indonesia Digital Tourism 4.0 yang kental dengan aktifnya media sosial sebagai media sebaran informasi berwisatanya. Riset yang kami lakukan masih merupakan awal dari sebuah purwarupa , berangkat dari pertanyaan kritis tentang mengenai bagaimana di era Digital Tourism 4.0 ini muncul sebuah konsep Instagramable yang secara kamus Bahasa Inggris baku baru perpaduan kata Instagram dan able belum memiliki arti dalam gramatikalnya. Karena Indonesia itu indah, wonderful, mempesona maka melalui pendekatan kajian komunikasi visual, riset ini menitikberatkan pada kajian estetika komunikasi visual buatan. Kajian estetika visual buatan dipilih karena spot Instagramable buatan memiliki landasan filosofi estetik yang jelas seperti dalam buku Philosophy of The Art (Graham, 2000) dan karya seni buatan yang umumnya menjadi spot destinasi Instagramable yang banyak digunakan oleh wisatawan. Metode Penelitian yang digunakan adalah melakukan perhitungan indeks estetika komunikasi visual yang ditanyakan kepada 53 orang responden tentang 5 komponen dasar estetika komunikasi visual indera penglihatan terhadap foto Instagram yaitu : warna , tema ,bentuk, ukuran, dan tipografi. Penelitian ini menghasilkan bahwa Indeks Estetik Visual (IEV) sebesar 0,34. Dengan demikian maka satu purwarupa dari pengukuran Instagramable dapat dijadikan patokan.
Pengembangan Pariwisata Budaya di Kawasan Dataran Tinggi Dieng dalam Satu Dasawarsa Dieng Culture Festival Ayu, Malidya Puspita; Kemalasari, Ayu Setya; Sofia, Meisa
Jurnal Pariwisata Indonesia Vol 2 No 2 (2020): Jurnal ALTASIA (Edisi Khusus) - Acceptance
Publisher : Program Studi Pariwisata - Universitas Internasional Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (17.293 KB)

Abstract

Dataran Tinggi Dieng yang termasuk ke dalam KSPN Borobudur-Dieng melingkupi dua wilayah administrasi kabupaten yaitu Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara menjadi salah satu destinasi wisata yang diunggulkan di Jawa Tengah. Ditunjang dengan adanya atraksi wisata tahunan yang secara rutin menarik banyak wisatawan baik domestik maupun mancanegara untuk mengunjungi Dieng yaitu Dieng Culture Festival yang kemudian disingkat DCF. Hingga tahun 2019, DCF sudah dilaksanakan selama satu dasawarsa berturut-turut. Acara ini menggabungkan wisata budaya dan wisata alam dengan mengandalkan suasana Dieng yang dingin dengan suhu yang rendah pada Bulan Agustus. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bertujuan menganalisis peran Dieng Culture Festival sebagai faktor penggerak pariwisata budaya di Kawasan Dataran Tinggi Dieng. Adapun data yang didapatkan merupakan hasil observasi serta wawancara semi-terstruktur dengan pemangku kepentingan di Kawasan Dataran Tinggi Dieng. Temuan penelitian menunjukkan bahwa telah terjadi beberapa pengembangan pada unsur-unsur pelaksanaan Dieng Culture Festival dari tahun ke tahun. Masyarakat lokal mengaku tidak merasakan berkurang atau bahkan hilangnya makna sakral dalam pelaksanaan ritual upacara pemotongan rambut gimbal dan pertunjukkan kesenian tradisional. Sebaliknya, masyarakat mengaku bahwa pengemasan Dieng Culture Festival hingga tahun ini justru meningkatkan perekonomian masyarakat dan mereka tidak merasa terganggu dengan keberadaan wisatawan.
Pola Komunikasi Dalang Wayang Golek dengan Klien dalam Tahap Perencanaan Kampanye Politik Menggunakan Pertunjukan Wayang Golek Romli, Nada Arina; Anindhita, Wiratri; Rosdiani, Khairunnisa
Jurnal Pariwisata Indonesia Vol 2 No 2 (2020): Jurnal ALTASIA (Edisi Khusus) - Acceptance
Publisher : Program Studi Pariwisata - Universitas Internasional Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (17.293 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana komunikasi yang dibangun dalang wayang golek dengan kliennya dalam tahap perencanaan yaitu pemilihan cerita yang akan digunakan dalam kampanye politik melalui pertunjukan wayang golek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma konstruktivisme dan pendekatan fenomenologi. Subjeknya adalah dalang wayang golek yang telah dipercaya oleh aktor politik, partai politik atau lembaga pemerintah melakukan kampanye. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan observasi partisipan pasif. Hasil penelitian mengungkapkan pola komunikasi yang dilakukan oleh dalang dengan klien dibagi dalam tiga poin, (1) pemilihan cerita ditentukan dalang yang sesuai dengan tema kampanye, hanya konten pesan politiknya yang didikusikan dengan klien, (2) pemilihan cerita dalam kampanye politik biasanya menggunakan cerita karangan dari dalang sendiri yang disebut sanggitan, (3) pemilihan cerita tergantung pada klien, akan memilih sendiri cerita dan lakonnya atau merupakan rekomendasi dari dalang.
Strategi Perencanaan Mitigasi Bencana Tsunami Pada Pelaku Usaha Mice di Kawasan Tanjung Bunga L, Aqilah Nurul Khaerani; Rahayu, Harkunti P
Jurnal Pariwisata Indonesia Vol 2 No 2 (2020): Jurnal ALTASIA (Edisi Khusus) - Acceptance
Publisher : Program Studi Pariwisata - Universitas Internasional Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (17.293 KB)

Abstract

Kawasan Tanjung Bunga (KTB) merupakan Kawasan Pariwisata Terpadu dan Bisnis Global. Kawasan tersebut merupakan salah satu waterfront dari Kota Makassar, serta area pantai yang langsung berhadapan dengan bagian Selatan dari Selat Makassar. Walau hal ini sangat baik untuk bidang pariwisata, namun kawasan ini juga cukup beresiko mendapatkan ancaman bencana tsunami dari kegiatan seismik di Selat Makassar bagian Selatan dan Spreading Center. Sementara wisata MICE dan jumlah kunjungan di KTB dalam kurun waktu 2016?2018 terus bertambah. Hal ini memunculkan permasalahan kesiapan pelaku usaha MICE dalam menghadapi bencana tsunami untuk menunjang pembangunan pariwisata yang berkelanjutan di KTB. Penelitian ini bertujuan sebagai bahan pertimbangan kepada pelaku usaha MICE terhadap perencanaan pariwisata berkelanjutan di KTB. Penelitian ini menggunakan dua analisis, yaitu analisis resiko bencana (kerentanan dan kapasitas wilayah) dan analisis kesiapsiagaan berdasarkan komponen pariwisata (atraksi, amenitas, dan aksesibilitas) dengan metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan tingginya resiko bencana tsunami dari kerentanan dan kapasitas serta belum ada rencana mitigasi bencana tsunami. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, peneliti mengusulkan adanya strategi perencanaan penanggulangan bencana tsunami pada pelaku usaha MICE berdasarkan komponen pariwisata.
Pengembangan Pariwisata di Jakarta dalam Perspektif Sumber Daya Manusia Amin, Grace; Rahmiati, Filda; Ismail, Yunita; Simatupang, Togar; Larso, Dwi; Othman, Norfaridatul
Jurnal Pariwisata Indonesia Vol 2 No 2 (2020): Jurnal ALTASIA (Edisi Khusus) - Acceptance
Publisher : Program Studi Pariwisata - Universitas Internasional Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (17.293 KB)

Abstract

Selain sebagai ibu kota negara Indonesia dan pusat perekonomian, Jakarta juga merupakan salah satu kota yang banyak dikunjungi turis lokal maupun mancanegara karena keanekaragaman  wisata yang ditawarkan. Pengelolaan pariwisata dari berbagai aspek merupakan hal yang perlu diperhatikan oleh pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran penting manajemen sumber daya manusia dalam pengembangan pariwisata di Jakarta. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dan tehnik purposive sampling dalam penelitian ini. Hasil interview dengan beberapa representative responden mendapatkan bahwa pengelolaan sumber daya manusia seperti dalam proses seleksi karyawan, peningkatan kompetensi, pelatihan serta sistem pengelolaan yang baik sangat dibutuhkan dalam rangka pengembangan dunia pariwisata di Jakarta.
Tantangan Pulau Komodo: Dilema Wacana Penutupan Sementara Widiyarto, Sigit; Mubasyira, Mu?thia
Jurnal Pariwisata Indonesia Vol 2 No 2 (2020): Jurnal ALTASIA (Edisi Khusus) - Acceptance
Publisher : Program Studi Pariwisata - Universitas Internasional Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (17.293 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji lebih dalam tentang problematika terkini yang dihadapi oleh pulau komodo sebagai salah satu destinasi pariwisata yang menjanjikan di abad 21. Problematika ini mencakup wacana pemerintah untuk melakukan penutupan pulau komodo untuk sementara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Dalam metode ini dilakukan kajian pustaka dengan pengkajian konsep dan teori yang digunakan berdasarkan literatur yang tersedia. Dari penelitian ini didapat kesimpulan bahwa wacana penutupan pulau ini cukup dilematis. Ada pertimbangan yang perlu dilakukan mengingat objek wisata ini tidak hanya ramai dikunjungi oleh wisatawan domestik namun juga dikunjungi oleh wisatawan mancanegara. Pulau ini menyajikan tidak hanya pemandangan yang sangat indah dan asri tetapi juga ribuan fauna langka, komodo yang hidup di habitat aslinya. Untuk itu pertimbangan yang lebih matang diperlukan sebelum wacana ini benar-benar direalisasikan.
Analisis Kepuasan Terhadap Loyalitas Tamu Menginap di Hotel Berbintang Kota Bandung Hamzah, Faizal; Setiyariski, Ramdani; Ghani, Yosef Abdul
Jurnal Pariwisata Indonesia Vol 2 No 2 (2020): Jurnal ALTASIA (Edisi Khusus) - Acceptance
Publisher : Program Studi Pariwisata - Universitas Internasional Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (17.293 KB)

Abstract

Kontribusi para pelaku industri hotel dan restoran sangat besar terhadap dunia pariwisata Indonesia dengan menyumbang pendapatan enam puluh persen. Kota Bandung sebagai Ibukota Jawa Barat menjadi tujuan wisatawan favorit, karena memiliki banyak objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Banyaknya wisatawan yang datang tentunya perlu diimbangi dengan penyediaan hotel, dengan meningkatnya kebutuhan akan hotel berbintang di kota Bandung, hal ini juga berpengaruh terhadap persaingan industri hotel berbintang. Tahun 2017 terjadi penurunan jumlah hotel non bintang yang disebabkan banyaknya hotel non bintang beralih fungsi menjadi kos-kosan. Suatu hotel dikatakan berkembang dan maju ditentukan oleh pelanggan. Strategi mempertahankan tamu yang loyal dapat dimulai dari memenuhi harapan tamu dan menciptakan kepuasan tamu. Teknik penelitian yang digunakan adalah deskriptif-verifikatif. Teknik pengambilan sampel non-probability dengan metode insidental sampling, jumlah sampel sebanyak 150 responden yang pernah menginap di hotel berbintang kota Bandung. Hasil penelitian deskriptif menunjukan bahwa tanggapan responden terhadap variabel kepuasan dan loyalitas tamu menginap di hotel berbintang kota Bandung termasuk kedalam kategori ?Sangat Baik?. Hasil penelitian verifikatif menunjukan adanya pengaruh positif dan signifikan dari variabel kepuasan terhadap loyalitas. Temuan penelitian menunjukkan bahwa, harapan melalui dimensi yang digunakan adalah reliability, responsiveness, assurance, facilities dan employees, mempunyai pengaruh terhadap kepuasan dan loyalitas tamu, selain itu ditemukan bahwa responden dengan karakteristik usia dewasa produktif di rentang 20-30 Tahun dengan penghasilan menengah pada rentang  2,5 ? 5 Juta sangat memperhatikan harga yang ditetapkan oleh hotel dengan apa yang mereka terima di Hotel.

Page 1 of 4 | Total Record : 31