cover
Contact Name
Yurnalis
Contact Email
yurnalis@umsb.ac.id
Phone
+6281374631214
Journal Mail Official
yurnalis@umsb.ac.id
Editorial Address
Jln. Pasir Kandang No 4, Koto Tangah, Padang
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Inovasi Pendidikan: Jurnal Pendidikan
ISSN : 19796307     EISSN : 26558475     DOI : https://doi.org/10.31869/ip.v9i1.3272
Core Subject : Education,
Inovasi Pendidikan, merupakan Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah yang diterbitkan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat yang terbit 2 (dua) kali dalam setahun. Penyunting menerima kiriman naskah hasil kajian dan penelitian untuk bidang eksakta, pendidikan/sosial dan agama islam untuk dipublikasikan di jurnal ini. Naskah yang masuk akan dievaluasi dan disunting untuk keseragaman format tanpa mengubah maksud. Syarat-syarat dan cara penulisan tulisan dapat dilihat pada halaman pedoman bagi penulis.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2019): Vol 6, No.1, Maret 2019" : 10 Documents clear
PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PASAMAN MELIA ROZA
Inovasi Pendidikan Vol 6, No 1 (2019): Vol 6, No.1, Maret 2019
Publisher : FKIP UMSB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (467.418 KB) | DOI: 10.31869/ip.v6i1.1570

Abstract

Pemahaman konsep matematika SMPN 1 Pasaman masih belum efektif dikarenakan kurangnya kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dalam menyelesaikan soal-soal.Salah satu tindakan yang dilakukan adalah menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching lebih baik daripada pemahaman konsep matematika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvesional pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pasaman.Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design.Populasi dalam penelitian ini adalah VIII2, VIII3, VIII4, dan VIII5.Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII3 sebagai kelas kontrol dan kelas VIII4 sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pemahaman matematika siswa yang diperoleh dari tes akhir kedua kelas sampel setelah penerapan Model Pembelajaran Quantum Teachingdi kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional di kelas kontrol.Untuk pengujian hipotesis diperoleh yaitu 5,99 >2,02artinya H0 ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa “Pemahaman konsep matematika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching lebih baik daripada pemahaman konsep matematika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvesional pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pasaman”. Kata kunci :Quantum Teaching; Pemahaman konsep matematika.
PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC DIIRINGI PEMBERIAN REWARD DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA ILTAVIA, ILTAVIA
Inovasi Pendidikan Vol 6, No 1 (2019): Vol 6, No.1, Maret 2019
Publisher : FKIP UMSB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (317.728 KB) | DOI: 10.31869/ip.v6i1.1568

Abstract

Dalam proses pembelajaran terlihat kurangnya aktivitas siswa dalamkelas, baik dalam hal mengamati, menanya, mencoba, serta menyajikan/mengkomunikasikan. Dalam hal ini suatu cara yang dapat ditempuh untuk menjadikan siswa lebih aktif, kreatif, dan mandiri serta sebagai pusat kegiatan belajar adalah dengan menerapkan pendekatan scientificdiiringi pemberian reward dalam pembelajaran matematika.Rancangan penelitian yang digunakan adalah Randomized Control Group Only Design. Sedangkan instrumen yang digunakan adalah lembar observasi ranah afektif dan ranah psikomotor. Disaat proses pembelajaran peneliti melakukan penerapan pendekatan scientific diiringi pemberian reward sekaligus mengamati siswa dan observer melakukan pengisian lembar observasi tersebut yang meliputi ranah afektif dan psikomotor. Setelah pendekatan diterapkan, peneliti memberikan tes akhir untuk melihat kemampuan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1)Hasil belajar Matematika siswa kelas XI SMKN 2 Padang Panjang pada ranah afektif dan psikomotor selama pembelajaran dengan penerapan pendekatan scientific diiringi pemberian reward cenderung meningkat.(2) Hasil belajar Matematika siswa yang menerapkan pendekatan scientific diiringi pemberian reward lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa tanpa menerapkan pendekatan scientific diiringi pemberian reward di kelas XI SMKN 2 Padang Panjang. Kata Kunci: Pendekatan Scientific, Hasil Belajar, Reward
MAKNA KONOTATIF DALAM TEKS ULASAN CERPEN DALAM MATA KULIAH SEMANTIK MAHASISWA BAHASA INDONESIA SEMESTER III UNIVERSITAS MUHAMMAD YAMIN SOLOK TAHUN PELAJARAN 2017/2018 DIAN SHAUMIA
Inovasi Pendidikan Vol 6, No 1 (2019): Vol 6, No.1, Maret 2019
Publisher : FKIP UMSB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (225.332 KB) | DOI: 10.31869/ip.v6i1.1564

Abstract

This research is motivated because connotative meaning is not only used in society only, in the text of the short story used the language is very diverse. In writing the text of the short story students only write based on ideas and ideas alone regardless of the use of words and meaning of words contained in the text of the short story reviews. Actually the words written by the students contain a lot of meaning. This study aims to describe the connotative meaning in the text of the students of class education study. This type of research is a qualitative research that produces written data of connotative meanings in the text of students of class education study . The method used in this research is descriptive method that is describe connotative meaning in the text of student class education. The data collection technique is done by the teacher explaining the text material of the short story and connotative meaning, the teacher distributes the short story sheet which will be reviewed, the teacher assigns the students to make the review text, the teacher collects the students work, and the researcher asks the students Indonesia. The steps taken in analyzing the data in this study is, reading the text of the students' short story reviews, underlining words that include connotative meanings by coding in accordance with research instruments, classifying data into tables contained in research instruments, analyzing connotative meanings used by students, and summarizes the results of connotative meaning analysis. Based on the research result, it is concluded that there are 14 connotative meanings. Keywords: connotative meanings, short story text.
THE EFFECTIVENESS OF TASK BASED LEARNING MODEL ON WRITING NEWS ITEM TEXT AT XI GRADE MAN 3 PADANG PANJANG RINI HENDRITA
Inovasi Pendidikan Vol 6, No 1 (2019): Vol 6, No.1, Maret 2019
Publisher : FKIP UMSB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (569.581 KB) | DOI: 10.31869/ip.v6i1.1571

Abstract

This research aimed at describing the effectiveness of TBL model on writing especially on news item text. The research design used was pre-experimental research with one group model. The population of this research was the entire XI grade of MAN 3 Padang Panjang. The sample of this research was one class; XI Science students. To determine the sample, the researcher used purposive sampling technique. To gain the data, this research used pre-test and post-test. The comparison of pre-test and post-test result is 43.57%, the mean of pre-test is 46 % and it increases to 80.47% to the post test one. Then, hypothesis showed that t-count is higher than t-table (8.74 > 1,761). It means task based learning model (TBL) has significant effectiveness on writing news item text. To conclude the result of this research, it can be stated that TBL model have been successful to be effective method and successful to increase students achievement in writing news item text. This research is recommended for teacher to use TBL in teaching writing especially on news items text. Keywords: News item text, task based learning model, writing
PENGUATAN SIKAP RELIGIUS MELALUI MIND MAP GRAVITASI BERNUANSA HIKMAH PADA MEKANIKA LETMI DWIRIDAL
Inovasi Pendidikan Vol 6, No 1 (2019): Vol 6, No.1, Maret 2019
Publisher : FKIP UMSB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (461.033 KB) | DOI: 10.31869/ip.v6i1.1569

Abstract

Permendikbud 20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter pada satuan pendidikan formal dan Permenristekdikti nomor 44 tahun 2015 tentang Standar Nasional untuk Pendidikan Tinggi, hingga sikap "taat kepada Tuhan yang maha kuasa dan harus bisa bersikap religius".Berlatarbelakang masalah refleksi awal bahwa belum optimal sikap religius mahasiswa yang terkait dengan pemahaman fisika. Penelitian ini bertujuan untuk penguatan sikap religius melalui analisa fisika gravitasi dengan pembuatan Mind Map bernuasa hikmah pada perkuliahan mekanika. Metode penelitian tindakan kelas menggunakan model Kemmis & Taggart. Tahapan penelitian : perencanaan, implementasi, observasi dan refleksi. Materi mekanika partikel dan sistem partikel dengan konsep utama "gravitasi".Instrumen berupa penilaian aktivitas pembuatan lembar Mind Map gravitasi dan penguatan sikap religius.Populasi adalah mahasiswa yang telah mengikuti kuliah mekanika tahun akademik 2017/2018. Teknik pengambilan sampel termasuk cluster Random sampling.Data bersifat kualitatif.Teknik analisis data dengan persentase, dihitung sesuai jumlah indikator pada instrumen penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Mind Map gravitasi bernuansa hikmah dapat menumbuhkan penguatan sikap religius pada perkuliahan mekanika. Kategori sikap religius "Sangat Dimiliki" mengalami kenaikan rata-rata yang signifikan dari siklus I ke siklus II sebesar 34.56 %, dimana 36.67 % di siklus I naik menjadi 71.23 % di siklus II. Peningkatan ini dapat diartikan bahwa telah terjadi penguatan sikap religius mahasiswa setelah mempelajari mekanika gravitasi. Kata kunci: mekanika, gravitasi, sikap religius
ANALISIS PEMEROLEHAN SEMANTIK ANAK USIA 5 TAHUN: TINJAUAN PSIKOLINGUISTIK ELAN HALID
Inovasi Pendidikan Vol 6, No 1 (2019): Vol 6, No.1, Maret 2019
Publisher : FKIP UMSB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (171.985 KB) | DOI: 10.31869/ip.v6i1.1565

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemerolehan bahasa berbeda dengan pembelajaran bahasa. Pemerolehan bahasa adalah proses dari anak yang belajar menguasai bahasa ibunya, sedangkan pembelajaran bahasa adalah proses formal yang dilalui seseorang dalam memahami bahasa seperti belajar bahasa di kelas. Pada umumnya anak-anak di Indonesia mendapat pendidikan formal setelah berumur 6 tahun dan pada saat itu pula proses pembelajaran bahasa dimulai. Rentang waktu antara umur 0 sampai 5 tahun anak-anak lebih banyak berhubungan dengan keluarga dan lingkungannya serta proses pemerolehan bahasa terjadi pada rentang waktu itu. Pada proses pembelajaran bahasa si anak telah mengenal bahasa kedua setelah mengenal bahasa pertamanya. Penelitian tentang pemerolehan makna kata pada anak-anak khususnya di usia 5 tahun adalah kajian yang sangat menarik bagi peneliti. Hal ini disebakan oleh ketertarikan peneliti terhadap ilmu psikolinguistik dan perkembangan bahasa anak-anak sejak lahir hingga dewasa. Walaupun seorang anak tidak pernah diajarkan secara formal untuk memaknai suatu kata, tetapi dalam proses perkembangannya pengetahuan itu didapatkan secara empiris. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan pemerolehan semantik anak usia 5 tahun, dan mendeskripsikan tahap pemerolehan semantik anak usia 5 tahun. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metodologi deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini antara lain: teknik dasar yaitu teknik sadap, teknik simak libat cakap atau teknik SLC, dan teknik catat. Teknik analisis data dalam penelitian ini antara lain: (1) mendengarkan hasil rekaman tuturan anak usia 5 tahun, (2) mentranskripsikan bahasa lisan (rekaman) ke dalam bahasa tulis, (3) menggarisbawahi data dan memberi pengkodean berdasarkan jenis pemerolehan bahasa, (4) mengklasifikasikan data ke dalam format tabel yang terdapat pada instrumen penelitian, (5) menganalisis data, dan (6) memberikan kesimpulan dari hasil analisis. Hasil penelitian didapatkan bahwa pemerolehan semantik terdiri dari 2 yaitu Overextension (penggelembungan makna) dan Underextension (penciutan makna). Beberapa tahap pemerolehan semantik pada anak usia 5 tahun yaitu tahap penyempitan makna, tahap generalisasi berlebihan, tahap medan semantik, dan tahap generalisasi. Dari pembahasan pada bab sebelumnya peneliti dapat menyimpulkan bahwa anak usia 5 tahun (Chantika) mengalami proses semantik yang disebut overextension atau penggelembungan makna. Selain overextension anak usia 5 tahun juga mengalami proses semantik yang disebut underextension atau penciutan makna. Underextension terjadi terhadap hewan, namun karena perbedaan suara yang didengarnya anak menganggap bahwa hewan tersebut berbeda. Kata Kunci: Pemerolehan semantik, tahap pemerolehan semantik, dan tinjauan psikolinguistik.
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X YURNALIS YURNALIS
Inovasi Pendidikan Vol 6, No 1 (2019): Vol 6, No.1, Maret 2019
Publisher : FKIP UMSB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (652.824 KB) | DOI: 10.31869/ip.v6i1.1572

Abstract

Penggunaan sistem penilaian yang kurang tepat yaitu guru hanya terpaku pada buku nilai yang berdasar pada nilai ulangan harian, nilai tengah semester dan nilai akhir semester. Kesulitan yang dialami dikarenakan kurangnya pemahaman dan kekurang tertarikan peserta didik pada pelajaran matematika. Peserta didik juga belum mampu mencapai hasil belajar yang sesuai dengan KKM yang di harapkan. Hal ini salah satunya disebabkan oleh Salah satu penerapan model penilaian yang disarankan adalah penerapan penilaian berbasis portofolio. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Hasil belajar matematika pada ranah afektif siswa setelah diterapkan model pembelajaran berbasis portofolio dalam pembelajaran matematika kelas X SMK Cendana Paadangpanjang? (2) Hasil belajar matematika siswa pada ranah psikomotor setelah diterapkan model pembelajaran berbasis portofolio dalam pembelajaran matematika kelas X SMK Cendana Padangpanjang?, (3) Mengetahui apakah model pembelajaran berbasis portofolio efektif untuk meningkatkan belajar matematika siswa kelas X SMK Cendana Padangpanjang. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah One Group Pre-test Post-test Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar yang merupakan salah satu jenis tes yang digunakan untuk mengukur perkembangan atau kemajuan belajar peserta didik, setelah mereka mengikuti proses pembelajaran dan lembar observasi hasil belajar siswa pada ranah afektif serta ranah psikomotor. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis untuk hasil belajar siswa ranah kognitif diperoleh thitung> ttabel, yaitu 3,738 > 1,699 yang berarti bahwa H_0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis portofolio efektif terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas X. Kata kunci : model pembelajaran berbasis portofolio, hasil belajar peserta didik.
STRATEGI INKLUSI DALAM BERITA KRIMINALITAS TEMA PERKOSAAN SURAT KABAR HARIAN PAGI POSMETRO PADANG: Kajian Analisis Wacana Kritis Perspektif Theo Van Leeuwen ERMI ROSMITA
Inovasi Pendidikan Vol 6, No 1 (2019): Vol 6, No.1, Maret 2019
Publisher : FKIP UMSB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (211.863 KB) | DOI: 10.31869/ip.v6i1.1566

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (a) mendeskripsikan strategi inklusi dalam berita kriminalitas tema perkosaan surat kabar Harian Pagi Posmetro Padang yang merupakan kajian analisis wacana kritis perspektif Theo Van Leeuwen dan (b) mendeskripsikan proses pemarjinalan seseorang/kelompok dalam berita kriminalitas tema perkosaan surat kabar Harian Pagi Posmetro Padang yang merupakan kajian analisis wacana kritis perspektif Theo Van Leeuwen. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Objek dalam penelitian ini adalah berita kriminalitas yang memuat kasus perkosaan dalam surat kabar Harian Pagi Posmetro Padang. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri yang dilengkapi dengan lembaran pencatatan data. Data yang digunakan dalam penelitian dikumpulkan dengan cara dokumentasi dan teknik analisis data yang digunakan adalah content analysis (analisis isi) dengan menggunakan model analisis wacana Theo Van Leeuwen. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa (a) strategi inklusi yang digunakan dalam berita kriminalitas tema perkosaan surat kabar Harian Pagi Posmetro Padang, diantaranya (1) objektivasi – abstraksi, (2) kategorisasi, (3) identifikasi, (4) determinasi, dan (5) individualisasi dan (b) pemarjinalan selalu terjadi pada masyarakat golongan bawah dan wanita.
KEMAMPUAN MENULIS CERPEN MENGGUNAKAN MODEL PENDEKATAN INTEGRATIF SISWA KELAS XI MA KM MUHAMMADIYAH PADANGPANJANG LAILA FITRI
Inovasi Pendidikan Vol 6, No 1 (2019): Vol 6, No.1, Maret 2019
Publisher : FKIP UMSB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (298.993 KB) | DOI: 10.31869/ip.v6i1.1573

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan siswa dalam menulis cerpen di kelas XI MA KM Muhammadiyah Padangpanjang. Terbatasnya kosa kata yang dimiliki siswa juga mempersulit mereka dalam menuangkan ide-idenya ke dalam bentuk tulisan serta masih kurangnya variasi model-model pembelajaran yang digunakan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis cerpen menggunakan model pembelajaran Pengaruh Pendekatan Integratif Siswa Kelas XI MA KM Muhammadiyah Padangpanjang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam mengolah data penelitian ini yaitu metode deskriptif. Jumlah sampel penelitian 29 orang siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara proportional random sampling, instrumen penelitian yaitu lembaran tes unjuk kerja. Teknik pengumpulan data dapat dilakukan dengan cara; (1) melakukan observasi, (2) memahami kurikulum, 3) menyusun atau merancang skenario pembelajaran, 4) menyusun rubrik penilaian (5) melaksanakan pembelajaran sesuai dengan RPP, dan (6) melaksanakan tes unjuk kerja menulis cerpen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis cerpen dengan menggunakan model Pengaruh pendekatan integratif siswa kelas XI MA KM Muhammadiyah Padangpanjang secara keseluruhan tergolong baik. Hal itu terlihat pada nilai rata-rata siswa sebagai berikut; (1) Rata-rata nilai menulis cerpen dengan memperhatikan aspek alur adalah 89 (2) Rata-rata nilai menulis cerpen dengan memperhatikan aspek tokoh dan penokohan adalah 87 (3) Rata-rata nilai menulis cerpen dengan memperhatikan aspek latar adalah 90. Rata-rata nilai keterampilan menulis cerpen siswa kelas XI MA KM Muhammadiyah Padangpanjang setelah menggunakan model pengaruh pendekatan integratif secara keseluruhan adalah 81,27 dengan kualifikasi baik. Kata kunci: cerpen, pendekatan integratif
KRITIK SOSIAL DALAM NOVEL TAK SEMPURNA KARYA FAHD DJIBRAN TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA HASMI NOVIANTI
Inovasi Pendidikan Vol 6, No 1 (2019): Vol 6, No.1, Maret 2019
Publisher : FKIP UMSB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (244.035 KB) | DOI: 10.31869/ip.v6i1.1567

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kritik sosial novel Tak Sempurna Karya Fahd Djibran dengan menggunakan tinjauan sosiologi sastra. Ketertarikan penulis terhadap ilmu kritik sosial, dalam hal ini yakni sosiologi sastra yang terkait dengan kehidupan sosial dalam masalah pendidikan yang ada pada masyarakat Indonesia. Kehidupan sosial bermasyarakat yang dituliskan dalam karya sastra novel tersebut merupakan hal yang ingin penulis ungkapkan dalam penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap kritik sosial yang terdapat dalam novel Tak Sempurna karya Fahd Djibran dengan pendekatan sosiologi sastra khususnya sosiologi karya sastra. Penelitian ini menggunakan metode hermeneutik atau penafsiran. Objek penelitian ini adalah Novel Tak sempurna karya Fahd Djibran. Terbit pada 2013, oleh penerbit Kurniaesa Publishing, Terbit di Yogyakarta. Fokus Penelitian ini adalah kritik sosial dalam novel Tak Sempurna karya Fahd Djibran tinjauan Sosiologi sastra, yang melihat dari segi sikap sosial dan perilaku sosial yang ada pada novel. Maka dapat dipahami bahwa data penelitian ini dikumpulkan secara deskriptif. Teknik analisis datadalam penerapan metode interpretasi tersebut, peneliti menekankan pada hermeneutika yang dikembangkan oleh Paul Ricoeur. Hasil penelitian dipaparkan sebagai berikut: (1) sikap sosial dalam novel Tak sempurna Karya Fahd Djibran. Diantara sikap sosial yang digambarkan Fahd Djibran yaitu (a) Sikap Guru Terhadap Pelajar, (b) Sikap Senioritas yang Terjadi di Sekolah, dan (c) Sikap Orang Tua Terhadap Anaknya. (2) Perilaku Sosial dalam novel Tak Sempurna. Di antaranya adalah (a) Tawuran Antar Pelajar , (b) Perilaku Asusila di Kalangan Pelajar Sekolah, dan (c) Narkoba di Kalangan Para Pelajar. Kata kunci : kritik sosial, Tak Sempurna, sosiologi sastra

Page 1 of 1 | Total Record : 10