cover
Contact Name
Islamiani Safitri
Contact Email
eduscience@ulb.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
eduscience@ulb.ac.id
Editorial Address
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Labuhanbatu Jalan SM. Raja No. 135 Aek Tapa, Rantauprapat Kode Pos 21415
Location
Kab. labuhanbatu,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Eduscience (JES)
ISSN : 2303355x     EISSN : 26852217     DOI : 10.36987/jes
Core Subject : Education,
Jurnal Eduscience is a peer-reviewed journal that is published by LPPM of Labuhanbatu University. This journal publishes biannually in June and December. This Journal publishes current original research on education studies using an interdisciplinary perspective, especially within Mathematic Education, Biology Education, Civic Education, Science Education, Physics Education, and all about teaching and learning research. Reviewers will review any submitted paper. The review process employs a double-blind review, which means that both the reviewer and author identities are concealed from the reviewers, and vice versa
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2017): Jurnal Eduscience (JES)" : 7 Documents clear
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN RANAH KOGNITIF, AFEKTI DAN FISIKOMOTOR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X MAS DARU FALAH LANGGA PAYUNG Zunaidy Abdullah Siregar
JURNAL EDUSCIENCE (JES) Vol 4, No 1 (2017): Jurnal Eduscience (JES)
Publisher : Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (479.533 KB) | DOI: 10.36987/jes.v4i1.806

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar biologi pada ranah kognitif siswa kelas X MAS Darul Falah (2) mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbasis Scientific Approach terhadap hasil belajar biologi pada ranah afektif siswa kelas X MAS Darul Falah, (3) mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbasis Scientific Approach terhadap hasil belajar biologi pada ranah psikomotorik siswa kelas X MAS Darul Falah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi experiment (eksperimen semu). Populasi penelitian adalah semua siswa kelas X MAS Darul Falah. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling, yaitu kelas X-1 (kelas eksperimen) dan kelas X-3 (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) model Problem Based Learning secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa biologi pada ranah kognitif, afekti dan fisikomotor
PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN MINAT BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA SMA NEGERI 1 SILANGKITANG Suryani Suryani
JURNAL EDUSCIENCE (JES) Vol 4, No 1 (2017): Jurnal Eduscience (JES)
Publisher : Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (424.592 KB) | DOI: 10.36987/jes.v4i1.798

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa khususnya tentang persamaan dan pertidaksamaan linier. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 128 orang siswa dan sebagai sampel berjumlah 64 oran yan diambil secara acak, terdiri dari 32 orang siswa kelas X6 yang mendapat perlakuan pendekatan pembelajaran konvensional dan 32 oran siswa X5 dengan pendekatan PBM. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan tes berpikir kritis. Angket diberikan kepada siswa dengan tujuan untuk mengklasifikasikan minat yang dimiliki sisnwa, sedangkan tes digunakan untuk mengetahui kemapuan berpikir kritis siswa. Uji statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan statistik inferensial digunakan ANAVA dua jalur. Nilai rata-rata hasil yang diperoleh siswa kelas eksperimen 53,125%, sedangkan pada kelas kontrol yaitu 46,875%. Hal ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa yang diajarkan dengan Pembelajaran Berbasis Masalah lebih tinggi dari pada siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Konvensional. Maka dari hasil perhitungan uji hipotesis thitung > ttabel (2,855 > 1,671) pada taraf α = 0,05. Maka Ho ditolak Ha diterima maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensioanal.
PENERAPAN METODE INKUIRI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI GEOMETRI DI KELAS V SDN 118164 AJAMU KECAMATAN PANAI HULU KABUPATEN LABUHANBATU TAHUN AJARAN 2014/2015 Bintiati Bintiati
JURNAL EDUSCIENCE (JES) Vol 4, No 1 (2017): Jurnal Eduscience (JES)
Publisher : Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (562.003 KB) | DOI: 10.36987/jes.v4i1.800

Abstract

Tujuan penelitian ini dalah untuk mengetahui Penerapan Metode Inkuiri Pada Pembelajaran Matematika Materi Geometri di Kelas V SDN 118164 Ajamu Kecamatan Panai Hulu Kabupaten Labuhanbatu Tahun Ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( PTK ) dengan menggunakan metode inkuri sebagai sasaran utama.Peneliti dalam hal ini adalah sebagai instrumen kunci, pengambilan sumber data melalui penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri No. 118164 Ajamu Kecamatan Panai Hulu Kabupaten Labuhanbatu Tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah 22 orang. Alat yang digunakan untuk pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1). Pada tes awal sebelum diberikan tindakan terlihat bahwa terlihat bahwa rata
PELAKSANAAN PELAJARAN SAINS BIOLOGI DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMA GRAHA KIRANA KECAMATAN MEDAN TEMBUNG Risma Delima Harahap
JURNAL EDUSCIENCE (JES) Vol 4, No 1 (2017): Jurnal Eduscience (JES)
Publisher : Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (474.226 KB) | DOI: 10.36987/jes.v4i1.802

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan sains biologi di SMA Graha Kirana Kecamatan Medan Tembung, dampak positif bagi siswa yang telah mempelajari sains biologi. Mengetahui bagaimana pengaruh pelajaran sains biologi terhadap prestasi belajar. Dan bagaimana pengaruh antara pelajaran sains biologi dengan pelajaran lainnya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Graha Kirana dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Random Sampling yang berjumlah 75 siswa. instrumen yang digunakan yaitu dengan observasi, wawancara, studi dokumentasi, studi kepustakaan dan angket. Hasil analisa data berdasarkan hasil wawancara dan observasi di SMA Graha Kirana, bahwa pelaksanaan pelajaran sains biologi terhadap prestasi belajar siswa khususnya pada anak-anak/siswa SMA Graha Kirana tersebut mampu meningkatkan prestasi bukan saja dibidang sains akan tetapi yang lain. Hasil angket menunjukkan bahwa kondisi pengetahuan belajar sains biologi dikalangan siswa sebanyak 16,0% tergolong tinggi, 66,7% tergolong sedang dan 17,3% tergolong rendah. Pelaksanaan pelajaran sains biologi mempunyai pengaruh yang tinggi (kuat) terhadap peningkatan kualitas atau prestasi belajar siswa SMA Graha Kirana diketahui dari hasil korelasi kontingensi 9,603 pada analisa data. Setelah praktik sains biologi dilakukan maka dampak yang timbul secara positif adalah pengetahuan, keterampilan, pengalaman belajar siswa semakin tinggi, sehingga rasa keingintahuan tentang sesuatu timbul dari siswa, serta adanya daya tarik untuk meneliti tentang ilmu pengetahuan.
PERBANDINGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF INKUIRI DENGAN KONVENSIONAL PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL (SPLTV) DI KELAS X SMA NEGERI 1 BILAH HULU Rohani Pasaribu
JURNAL EDUSCIENCE (JES) Vol 4, No 1 (2017): Jurnal Eduscience (JES)
Publisher : Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (457.6 KB) | DOI: 10.36987/jes.v4i1.796

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan model pembelajaran kooperatif inkuiri dengan konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di kelas X SMA Negeri 1 Bilah Hulu tahun pembelajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen. Pada penelitian sampel diambil sebanyak 30 orang untuk masing-masing kelompok dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif inkuiri pada kelas eksperimen dan model konvensional pada kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa pilihan ganda yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa pada pokok bahasan sistem persamaan linear tiga variabel (SPLTV). Hasil pengujian hipotesis posttes pada kelas eksperimen dan kontrol diperoleh thitung = 3,060 pada df = 29 taraf nyata = 0,05 dengan ttabel = 2,716. Pada hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa thitung > ttabel maka 3,060 > 2,716 sehingga Ho diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif inkuiri lebih baik digunakan dari pada konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Model konvensional kurang efektif dapat dilihat dari hasil posttes kelas eksperimen dan kontrol diperoleh standar deviasi 7,506 dengan rata-rata nilai pretes kelas eksperimen dengan model pembelajaran inkuiri adalah 71,73. Model pembelajaran kooperatif inkuiri berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa Pada hasil posttes kelas eksperimen diperoleh rata-rata 71,73 dengan standar devisiasi 7,506 sedangkan pada hasil posttes kelas kontrol diperoleh rata-rata 66,83. Sehingga dikatakan bahwa semua Variabel berpengaruh secara signifikan. Maka Ho ditolak dan Ha diterima.
PERAN ADVOKAT DALAM MEMBERIKAN BANTUAN HUKUM DALAM SISTEM PERADILAN PIDANA DI INDONESIA Toni Toni
JURNAL EDUSCIENCE (JES) Vol 4, No 1 (2017): Jurnal Eduscience (JES)
Publisher : Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (191.673 KB) | DOI: 10.36987/jes.v4i1.804

Abstract

Menurut Pasal 27 ayat (1) UUD 1945 menyatakan bahwa
KEMAMPUAN TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT SEBAGAI ADSORBEN UNTUK MEREGENERASI MINYAK JELANTAH Dini Hariyati Adam
JURNAL EDUSCIENCE (JES) Vol 4, No 1 (2017): Jurnal Eduscience (JES)
Publisher : Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (243.547 KB) | DOI: 10.36987/jes.v4i1.797

Abstract

Pada penelitian ini dipelajari kemampuan tandan kosong kelapa sawit sebagai adsorben, untuk menurunkan bilangan peroksida (PV), dan warna gelap minyak goreng bekas. Pengolahan dengan adsorben ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas minyak jelantah sehingga umur pemakaian minyak goreng dapat diperpanjang. Adsorben dari tandan kosong kelapa sawit disiapkan dibersihkan dan digiling, dilakukan proses aktivasi menggunakan asam phosphat (H3PO4). Selanjutnya serbuk dipanaskan dalam furnace pada temperatur 170oC selama satu jam, kemudian temperatur dinaikkan 500oC selama satu jam. Proses adsorpsi dilakukan dengan mengkontakkkan minyak goreng bekas dan adsorben pada suhu 75

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2017 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 6 (2025): IN PRESS Vol 12, No 5 (2025): Jurnal Eduscience (JES), (Authors from Malaysia and Indonesia) Vol 12, No 4 (2025): Jurnal Eduscience (JES), (Authors from Malaysia, Thailand, and Indonesia) Vol 12, No 3 (2025): Jurnal Eduscience (JES), (Authors from Malaysia and Indonesia) Vol 12, No 2 (2025): Jurnal Eduscience (JES), (Authors from United Kingdom, Nigeria, and Indonesia) Vol 12, No 1 (2025): Jurnal Eduscience (JES), (Authors from Philippines, Thailand, and Indonesia) Vol 11, No 3 (2024): Jurnal Eduscience (JES), (Authors from Hungary, South Africa, Malaysia, and Ind Vol 11, No 2 (2024): Jurnal Eduscience (JES), (Authors from Nigeria, Korea, and Indonesia) Vol 11, No 1 (2024): Jurnal Eduscience (JES), (Authors from Nigeria, India, and Indonesia) Vol 10, No 3 (2023): Jurnal Eduscience (JES), (Authors from Nigeria and Indonesia) Vol 10, No 2 (2023): Jurnal Eduscience (JES), (Authors from Turkey, Malaysia, Algeria, Indonesia) Vol 10, No 1 (2023): Jurnal Eduscience (JES), (Authors from Algeria and Indonesia) Vol 9, No 3 (2022): Jurnal Eduscience (JES) Vol 9, No 2 (2022): Jurnal Eduscience (JES) Vol 9, No 1 (2022): Jurnal Eduscience (JES) Vol 8, No 2 (2021): Jurnal Eduscience (JES) Vol 8, No 1 (2021): Jurnal Eduscience (JES) Vol 7, No 2 (2020): Jurnal Eduscience (JES) Vol 7, No 1 (2020): Jurnal Eduscience (JES) Vol 6, No 2 (2019): Jurnal Eduscience (JES) Vol 6, No 1 (2019): Jurnal Eduscience (JES) Vol 6, No 1 (2019) Vol 2, No 1 (2015): Jurnal Eduscience (JES) Vol 5, No 2 (2018): Jurnal Eduscience (JES) Vol 5, No 1 (2018): Jurnal Eduscience (JES) Vol 4, No 1 (2017): Jurnal Eduscience (JES) Vol 4, No 2 (2017): Jurnal Eduscience (JES) Vol 3, No 2 (2016): Jurnal Eduscience (JES) Vol 3, No 1 (2016): Jurnal Eduscience (JES) Vol 2, No 2 (2015): Jurnal Eduscience (JES) More Issue