cover
Contact Name
Andi Syaputra
Contact Email
-
Phone
+6282332189018
Journal Mail Official
jmd@sttkd.ac.id
Editorial Address
Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Jl. Parangtritis No.KM.4,5, Druwo, Bangunharjo, Kec. Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55143
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Manajemen Dirgantara
ISSN : 22527451     EISSN : 26220946     DOI : -
Jurnal Manajemen Dirgantara is a scientific journal published by Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan. Jurnal Manajemen Dirgantara was first published in 2008 with registered number ISSN 2252-7451 (Print) and ISSN 2622-0946 (Online), is a peer-reviewed journal published two times a year (July and December). Jurnal Manajemen Dirgantara is intended to be the journal for publishing articles reporting the results of management research on aviation.
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 14 No 1 (2021): Jurnal Manajemen Dirgantara, Juli 2021" : 15 Documents clear
PENGARUH KUALITAS KEHIDUPAN KERJA (QUALITY OF WORK LIFE) TERHADAP KETERIKATAN KERJA PADA KARYAWAN PT. AVIA SEJAHTERA ISKANDAR (ASI) PANGKALAN BUN Walid Jumlad; Cornelia Kaja Putri
Jurnal Manajemen Dirgantara Vol 14 No 1 (2021): Jurnal Manajemen Dirgantara, Juli 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (577.225 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan seberapa besar pengaruh dari aspek-aspek kualitas kehidupan kerja (quality of work life) secara parsial dan simultan terhadap keterikatan kerja pada karyawan PT. Avia Sejahtera Iskandar (ASI) Pangkalan Bun. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 7 Juli 2019 sampai dengan 7 Agustus 2019 di Bandar Udara Iskandar Pangkalan Bun dengan menyebarkan kuesioner kepada 30 responden. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah semua karyawan di PT. Avia Sejahtera Iskandar (ASI) Pangkalan Bun. Sedangkan yang menjadi sampelnya adalah karyawan yang sudah bekerja di PT. Avia Sejahtera Iskandar (ASI) Pangkalan Bun lebih dari tiga bulan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa dari empat variabel (kompensasi yang layak, rasa bangga, pengembangan karir dan keselamatan lingkungan kerja) hanya terdapat satu variabel (pengembangan karir) yang berpengaruh secara parsial dan signifikan. Hasil uji f menyatakan bahwa semua aspek quality of work life berpengaruh positif secara simultan dan signifikan terhadap keterikatan kerja karyawan di PT. Avia Sejahtera Iskandar (ASI) Pangkalan Bun. Didapatkan persamaan regresinya sebagai berikut: Y = 31,376 + 0,300 X1 - 0,429 X2 + 1,147 X3 + 0,382 X4. Hasil uji t atau uji parsial menunjukkan bahwa aspek kompensasi yang layak, rasa bangga dan keselamatan lingkungan kerja tidak berpengaruh sedangkan pengembangan karir berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap terhadap keterikatan kerja pada karyawan PT. Avia Sejahtera Iskandar (ASI) Pangkalan Bun.
PENGARUH STRATEGI PROMOSI MELALUI SOCIAL MEDIA TERHADAP KEPUTUSAN KULIAH DI STTKD YOGYAKARTA YANG DIMEDIASI WORD OF MOUTH MARKETING Arif Fakhrudin
Jurnal Manajemen Dirgantara Vol 14 No 1 (2021): Jurnal Manajemen Dirgantara, Juli 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (538.466 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh strategi promosi melalui social media terhadap keputusan kuliah di STTKD Yogyakarta, pengaruh strategi promosi melalui social media terhadap word of mouth marketing pada STTKD Yogyakarta, pengaruh word of mouth marketing terhadap keputusan kuliah di STTKD Yogyakarta dan pengaruh strategi promosi melalui social media yang dimediasi word of mouth marketing terhadap keputusan kuliah di STTKD Yogyakarta. Desain penelitian ini merupakan penelitian survei. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa yang kuliah di STTKD Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 145. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian ini adalah uji regresi, path analysis (analisis jalur), dan uji sobel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: terdapat pengaruh positif strategi promosi melalui social media terhadap keputusan kuliah di STTKD Yogyakarta. Hal ini dibuktikan dari t hitung sebesar 9,664 dengan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05, dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,892, terdapat pengaruh positif strategi promosi melalui social media terhadap word of mouth marketing pada STTKD Yogyakarta. Hal ini dibuktikan dari t hitung sebesar 5,395 dengan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05, dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,495, terdapat pengaruh positif word of mouth marketing terhadap keputusan kuliah di STTKD Yogyakarta. Hal ini dibuktikan dari t hitung sebesar 5,821 dengan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05, dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,540, terdapat pengaruh strategi promosi melalui social media terhadap keputusan yang dimediasi word of mouth marketing pada STTKD Yogyakarta. Hal ini dibuktikan dari koefisisen mediasi sebesar 0,0882 bernilai positif dan memiliki siginifikansi sebesar 0,0217, lebih kecil dari 0,05.
STANDAR PELAYANAN PENGGUNA JASA BANDAR UDARA TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG DOMESTIK DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL ADISUTJIPTO YOGYAKARTA Awan
Jurnal Manajemen Dirgantara Vol 14 No 1 (2021): Jurnal Manajemen Dirgantara, Juli 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (598.293 KB)

Abstract

Pelayanan jasa penumpang pesawat udara adalah pelayanan jasa yang diberikan kepada setiap penumpang di terminal keberangkatan (departure) maupun di terminal kedatangan (arrival), yang diusahakan oleh penyelenggara bandar udara atau badan usaha bandar udara. Pelayanan jasa yang diberikan oleh pengeola bandar udara ini diharapkan dapat menumbuhkan minat penumpang menggunakan transportasi udara. Tujuan penelitian ini 1) untuk mengetahui pengaruh standar pelayanan pengguna jasa bandar udara secara parsial dan gabungan terhadap kepuasan penumpang domestik di Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogykarta. 2) untuk mengetahui besarnya pengaruh standar pelayanan pengguna jasa bandar udara terhadap kepuasan penumpang domestik di Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogykarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode kuesioner. Alat analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, regresi linear berganda, uji T, uji F, dan determinasi. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa fasilitas keberangkatan dan kedatangan tidak berpengaruh terhadap kepuasan penumpang, sedangkan fasilitas kenyamanan dan nilai tambah berpengaruh terhadap kepuasan penumpang. kemudian F hitung sebesar 46,414 > F tabel 2,77 (df=56-3) sig. 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa variabel fasilitas keberangkatan dan kedatangan, fasilitas kenyamanan, dan fasilitas nilai tambah secara bersama sama (simultan) berpengaruh terhadap variabel kepuasan penumpang. Koefisien determinasi memberikan nilai sebesar 71,3%. Hal ini menunjukan bahwa dari fasilitas kedatangan dan keberangkatan, fasilitas keamanan, dan fasilitas nilai tambah memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap kepuasan penumpang, sedangkan sisanya sebesar 28,7% merupakan variabel yang tidak masuk dalam penelitian
ANALISIS PERANAN LEMBAGA PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DALAM MEMPERSIAPKAN SUMBER DAYA MANUSIA YANG BERKUALITAS PADA BIDANG PENERBANGAN DI INDONESIA Raden Fatchul Hilal
Jurnal Manajemen Dirgantara Vol 14 No 1 (2021): Jurnal Manajemen Dirgantara, Juli 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (173.091 KB)

Abstract

Menurut International Civil Aviation Organization (ICAO) kebutuhan sumber daya manusia untuk pilot hingga tahun 2030 mencapai 980.799 orang, sedangkan kebutuhan teknisi pesawat 1.164.969 orang. Untuk Indonesia sendiri, kebutuhan akan pilot baru setiap tahunnya mencapai 600 orang, sedangkan teknisi pesawat mencapai 800 orang per tahunnya. Kondisi ini menciptakan kesempatan lebih besar bagi orang-orang yang memiliki kompetensi di bidang penerbangan untuk mengisi peluang tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya Lembaga Pendidikan dan Pelatihan dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas pada bidang penerbangan di Indonesia dan untuk mengetahui Lembaga Pendidikan dan Pelatihan mengatasi kendala-kendala dalam mempersiapkan sumber daya manusia pada bidang penerbangan di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian normatif. Pendekatan penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh pada dasarnya merupakan data tataran yang dianalisis secara deskriptif kualitatif, yaitu data yang terkumpul dituangkan dalam bentuk uraian logis dan sistematis yang menghubungkan fakta yang ada dengan berbagai peraturan yang berlaku.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengeloaan SDM dengan pendidikan dan pelatihan tenaga kerja sangat penting untuk memperbaiki SDM agar mereka lebih memahami tanggung jawab pekerjaannya, sehingga SDM yang memiliki perfoma tinggi akan memberikan kontribusi positif bagi organisasi. Disiplin kerja perlu dilakukan agar mencapai pelayanan maksimal yang kepuasannya akan di rasakan oleh konsumen. Pesawat delay atau sering terlambat hendaknya di minimalisir agar kepuasan konsumen dapat terpenuhi.
PERAN SISTEM INFORMASI PEMASARAN, KUALITAS PELAYANAN DAN ENTREPRENEURIAL MARKETING SERTA KEPUASAN PELANGGANTERHADAP LOYALITAS GENERASI MILENIAL BERKUNJUNG KE TEMPAT WISATA BIRA DI KABUPATEN BULUKUMBA Nurfaedah; Andi Rustam
Jurnal Manajemen Dirgantara Vol 14 No 1 (2021): Jurnal Manajemen Dirgantara, Juli 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (431.493 KB)

Abstract

Salah satu tempat wisata bira yang ada di kabupaten Bulukumba tidak terlepas dari entrepreneur Marketing yang diterapkan oleh obyek wisata bira dengan penggunaan riset pasar yang mapan serta dalam rangka mendukung Kota bulukumba menjadi Kota Destinasi baik nasional maupun Internasional. Penelitian ini menggambarkan pengaruh dari sistim informasi pemasaran, kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas Generasi Milenial. Di Kabupaten Bulukumba dengan beberapa wahananya menjadi lokasi penelitian dengan jumlah sampel sebanyak 120 orang, dengan karakteristik sampel usia milenial (usia antara 15-34 tahun). Hasil penelitian menunjukan sistem informasi pemasaran tidak berpengaruh secara langsung terhadap loyalitas tetapi sistem informasi pemasaran berpengaruh terhadap loyalitas Generasi Milenial malalui sistem informasi pemasaran, demikian halnya hasil dari kualitas pelayanan yang dengan langsung maupun tidak langsung berpengaruh terhadap loyalitas Generasi Milenial. Adapun entrepreneurial marketing juga ada pengaruh langsung maupun tidak langsing terhadap loyalitas.Generasi Milenial melalui kepuasan pelanggan. Hal ini menunjukan keberadaan tempat wisata bira di Kabupaten Bulukumba sangatlah diperlukan adanya inovasi dan deferensiasi produk serta menginformasikannya kepada pelanggan dengan sistem informasi pemasaran yang update serta tetap terus mempertahankan palayanan juga mengunjungi kembali yang telah berada di tempat wisata bira di kabupaten Bulukumba
PENGARUH PENERAPAN SISTEM E-FILING TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK DENGAN PEMAHAMAN INTERNET SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI Muhamad Andrian Afifi; Evi Maria
Jurnal Manajemen Dirgantara Vol 14 No 1 (2021): Jurnal Manajemen Dirgantara, Juli 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (553.01 KB)

Abstract

This study aims to determine the effect of the application of the e-filing system on taxpayer compliance with internet understanding as a moderating variable in West Mataram KPP Pratama. The research data were obtained from questionnaires (primary) which were distributed to taxpayers registered at KPP Pratama Mataram Barat using accidental sampling method. The population in this study were individual taxpayers who were registered at KPP Pratama West Mataram. The sample used in this study were 100 respondents. The questionnaire was tested for validity and reliability before the study. The classical assumption test used was the multicollinearity test, heteroskdacity test, and normality test. Hypothesis test used is multiple linear regression test and MRA test. The results of this study indicate that (1) The application of the E-Filing System has a positive and significant effect on Taxpayer Compliance, so that the hypothesis can be accepted. (2) Understanding of the internet has a positive and significant effect on taxpayer compliance, so that the hypothesis can be accepted. (3) Understanding the Internet has a positive and significant effect on the relationship between the application of the e-filing system to taxpayer compliance, so that the hypothesis can be accepted.
PENGELOLAAN ZAKAT PRODUKTIF DI LEMBAGA PEMERINTAHAN (STUDI PEMBERDAYAAN KAUM DHU’AFA DI KECAMATAN BLIMBING, KOTA MALANG) Hedher Tuakia
Jurnal Manajemen Dirgantara Vol 14 No 1 (2021): Jurnal Manajemen Dirgantara, Juli 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (709.748 KB)

Abstract

Mengacu mayoritas penduduk Indonesia yang beragama Islam, potensi penggunaan zakat produktif dapat diwujudkan sebagai sumber pendanaan dalam upaya peningkatan perekonomian bangsa. Penelitian ini bertujuan menjelaskan secara rinci sumber-sumber zakat produktif, individu atau lembaga/kelompok yang mengelola zakat produktif, model atau pola pengelolaan zakat produktif, serta kegiatan pemberdayaan ekonomi umat melalui zakat produktif. Penelitian ini dilakukan melalui observasi serta wawancara pengurus lembaga pemerintahan di Kecamatan Blimbing, Kota Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sumber zakat produktif berasal dari para ASN yang bekerja di Instansi Pemerintahan. Lembaga pemerintah yang memiliki kewenangan ialah BAZNAS sesuai dengan UU No. 23 Tahun 2011. Pola pengelolaan zakat produktif di lembaga pemerintahan Kecamatan Blimbing dilakukan dengan pemotongan tunjangan penghasilan (TUMPENG) dari setiap ASN. Upaya pemberdayaan zakat produktif dilakukan melalui Satuan Unit Kerja Kecil yang disebut UPZ. UPZ berdiri disetiap kelurahan Kota Malang.
DETERMINAN PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA PENGELOLAAN KEUANGAN DESA MELALUI TRANSPARANSI Moh Syadeli
Jurnal Manajemen Dirgantara Vol 14 No 1 (2021): Jurnal Manajemen Dirgantara, Juli 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (543.308 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh determinan (kapasitas aparatur desa, ketaatan pelaporan keuangan, pengawasan BPD) terhadap kinerja pengelolaan keuangan desa melalui transparansi. Penelitian dilakukan terhadap 19 desa dengan jumlah 285 responden. Metode analisis menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan transparansi sebagai intervening. Hasil penelitian menunjukkan bahwa determinan (kapasitas aparatur desa, ketaatan pelaporan keuangan, dan pengawasan BPD) berpengaruh positif terhadap kinerja pengelolaan keuangan desa. Hasil pengujian interaksi (intervening) menunjukkan bahwa transparansi berpengaruh positif terhadap kinerja pengelolaan keuangan desa. Kapasitas aparatur desa tidak berpengaruh positif terhadap kinerja pengelolaan keuangan desa melalui transparansi. Sementara ketaatan pelaporan keuangan tidak berpengaruh negatif terhadap kinerja pengelolaan keuangan melalui transaparansi dan pengawasan BPD berpengaruh positif terhadap kinerja pengelolaan keuangan desa melalui transparansi.
READERS’ KNOWLEDGE AND PURPOSE FOR SELF-ACTUALIZATION AFFECTING READING INTENTION FOR HOAX AMONG AVIATION SCHOOL ACADEMIA Yune Andryani Pinem; Dyaz Varrel Effendi
Jurnal Manajemen Dirgantara Vol 14 No 1 (2021): Jurnal Manajemen Dirgantara, Juli 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (786.79 KB)

Abstract

Prior studies on knowledge and or reader purpose have been proven to lead readers’ attitudes. Emerging hoax news circulating social networking sites (SNSs) including among scholars has become a research concern recently. To determine the extent of knowledge and reading purpose on hoax about air transport subject among academia is the purpose of this study. Furthermore, it also measures the effect of those variables on reading intention. Using questionnaires, data is collected from students, instructors, teachers, and staff (n=100) from aviation school. Multivariate regression is applied toward two independent variables (readers’ knowledge and purpose) and one dependent variable (reading intention). Results of this study depicts simultaneously significant impact of readers’ knowledge and purpose of reading to readers’ intention to click on certain news.
PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPERCAYAAN (TRUST) DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN TIKET PESAWAT PADA SITUS TRAVELOKA Rosiana Ulfa
Jurnal Manajemen Dirgantara Vol 14 No 1 (2021): Jurnal Manajemen Dirgantara, Juli 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (605.993 KB)

Abstract

Bersamaan dengan perkembangan era globalisasi dalam hal teknologi informasi terus menjadi bertambah. Dimana data dapat di ketahui secara kilat, pengguna bisa mengakses data yang mereka butuhkan dengan mudah. Perkembangan pemakai internet di Indonesia sangat pesat, hal ini menjadikan pelaku bisnis yang awal mulanya melaksanakan usahanya secara tatap muka( offline) serta diperdagangkan secara langsung, saat ini mulai tumbuh secara online ataupun biasa di sebut e- commerce. Hal tersebut memnbuat customer lebih kritis dalam melakukan kegiatan pemesanan sesuatu produk lewat media informasi. Komunikasi melalui media sosial yang bisa menghimpun banyak orang, membuat internet selaku media yang digemari banyak orang. Masyarakat serta pelaku bisnis menggemari media tersebut disebabkan lebih efektif serta efisien. Dengan memberikan pengalaman melalui media sosial sehingga hendak memesatkan informasi serta promosi. Metode yang peneliti gunakan yaitu mempergunakan pendekatan Kuantitatif. Penelitian ini menganalisis Pengaruh Electronic Word of Mouth pada Kepercayaan (Trust) serta Keputusan Pembelian Tiket Pesawat Pada Situs Traveloka.com. Responden dalam kajian ini yaitu masyarakat yang pernah ataupun tertarik melakukan pemesanan tiket secara online. Jumlah sampel sejumlah 116 respоnden yаng dipilih mempergunakan purpоsive sаmpling serta metode untuk mengumpulkan data mempergunakan kuesioner. Analisis yang dipakai oleh peneliti mempergunakan anаlisis deskriptif serta аnаlisis jаlur (pаth аnаlysis). Hasil analisis jalur memperlihatkan bahwa electronic word of mouth (X) mempunyai pengaruh yang signifikan pada kepercayaan ( Y1) serta keputusan pembelian (Y2), kepercayaan (Y1) memberi pengaruh signifikan pada keputusan pembelian (Y2). Bersumber pada hasil penelitian hendaknya pihak Traveloka memberikan informasi terkait pembelian tiket secara online serta promo menarik agar meningkatkan kepercayaan customer pada produk dari Traveloka sehingga menimbulkan electronic word of mouth antar customer.

Page 1 of 2 | Total Record : 15