cover
Contact Name
Heri Hidayat
Contact Email
-
Phone
+6281321506147
Journal Mail Official
japra@uinsgd.ac.id
Editorial Address
Program Studi PIAUD Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung Jl. Soekarno-Hatta Kel. Cimincrang Kec. Gedebage
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal)
ISSN : 25274325     EISSN : 25807412     DOI : -
Core Subject : Education,
JAPRA adalah jurnal yang mengulas hasil penelitian, pengembangan keilmuan dan pengembangan karya inovatif yang relevan dengan disiplin Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD/PGRA). Jurnal ini diterbitkan oleh program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal" : 9 Documents clear
Analisis Perkembangan Perilaku Proposial Anak Dengan Metode Bermain Peran Rika Abdul Hakim Effendi; Hilman Mangkuwibawa; Teti Ratnasih
Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal Vol 3, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal
Publisher : Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/japra.v3i2.7473

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui realitas perkembangan perilaku prososial anak pada kelompok A dengan metode bermain peran dan metode bernyanyi, serta perbedaan perkembangan perilaku prososial anak dari kedua metode tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Subjek pada penelitian ini adalah 37 anak kelompok A RA PERSIS 235 Nasrullah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis komparasi yaitu, pengujian hipotesis komparatif dengan uji t. Realitas perkembangan perilaku prososial kelas eksperimen dengan metode bermain peran, diperoleh nilai rata-rata pretest = 59 dengan interpretasi kurang, sedangkan nilai rata-rata posttest = 73 dengan interpretasi baik. Realitas perkembangan perilaku prososial kelas kontrol dengan metode bernyanyi, diperoleh nilai rata-rata pretest = 63 dengan interpretasi cukup, sedangkan nilai rata-rata posttest = 68 dengan interpretasi cukup. Hasil uji t1, diperoleh t1= 2,76>nKt1 pada tarafsignifikansi 5% = 1,73, sehingga dapat diinterpretasikan terdapat perbedaan yang signifikan mengenai perkembangan perilaku prososial anak antara metode bermain peran dengan metode bernyanyi.
Filsafat Perenialisme dalam Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Istidamah Nailal Afiyah
Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal Vol 3, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal
Publisher : Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/japra.v3i2.8885

Abstract

Pendidikan perlu diberikan kepada seseorang sejak usia dini, melalui proses pendidikan ini memberikan kematangan pada generasi muda berupa kematangan dalam berpikir, bertindak dan mengambil keputusan. Kematangan tersebut akan terbentuk melalui proses pendidikan yang berlangsung melalui lingkungan sosialnya yakni d alam keluarga (orang tua), sekolah (pendidik), dan lingkungan masyarakat (teman sebaya). Pendidikan yang diinginkan  menurut aliran perenialisme adalah berupa pendidikan yang mencakup dari berbagai aspek dan dimensi ilmu. Filsafat perenialisme merupakan salah satu pemikiran filsafat tentang bagaimana manusia mampu berhadapan dengan perubahan dunia yang begitu pesat sejak lama. Pada aliran filsafat perenialisme menekankan pada nilai baik yang ada pada dalam diri manusia, sehingga akan terbentuk manusia yang kritis dan rasional dalam memikirkan masa depannya karena manusia dilahirkan di dunia ini dalam keadaan fitrah. Filsafat perenialisme dalam kurikulum pendidikan anak usia dini yakni upaya membentuk karakter anak yang bermoral, menjunjung nilai-nilai luhur agama, dan senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai kebaikan diperlukan yang namanya pendidikan. Dalam sebuah pendidikan tentu saja diperlukan kurikulum yang dijadikan sebagai tolok ukur dalam sebuah pembelajaran karena hal tersebut sangatlah penting dan tidak bisa terpisahkan dalam sebuah pembelajaran
Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Mardi Fitri
Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal Vol 3, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal
Publisher : Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/japra.v3i2.8681

Abstract

Para pelajar selama ini kurang termotivasi dalam kegiatan pembelajaran, dikarenakan model yang diterapkan selama ini dianggap tidak menarik dan membosankan bagi para pelajar, khususnya di lembaga PAUD. Para guru kurang peka terhadap kebutuhan para pelajar nya, sehingga mereka tidak dapat menyuguhkan model pembelajaran yang tepat seperti yang diinginkan oleh para pelajar. Seharusnya model pembelajaran untuk anak usia dini itu dirancang sesuai dengan keperluannya, agar proses pembelajaran yang berlangsung menjadi lebih menyenangkan. Maka diperlukan nya suatu model pembelajaran yang sesuai juga menyenangkan bagi setiap anak. Salah satu contoh model pembelajaran yang dapat diterapkan di lembaga PAUD adalah model pembelajaran quantum learning. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui bagaimana konsep penerapan model quantum learning pada pembelajaran anak usia dini (2) untuk mengetahui manfaat dalam penerapan model quantum learning pada pembelajaran anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa studi pustaka atau librabry research. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan pembelajaran quantum tergantung pada kemampuan guru dalam memahami konsep dan mengimplementasikan langkah-langkah pembelajaran quantum dalam kegiatan pembelajarannya.
EPISTIMOLOGI PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DALAM PANDANGAN JEAN PIAGET rizki faizah isnaeni; Maemonah Maenonah
Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal Vol 3, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal
Publisher : Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/japra.v3i2.8892

Abstract

Piaget menjelaskan sejumlah gagasan untuk mendeskripsikan perubahan-perubahan dalam pemikiran yang  diamati pada anak-anak dan orang dewasa. Perkembangan kognitif dimulai dari proses-proses berpikir secara konkret. Dalam teorinya Piaget menjelaskan bahwa kemampuan kognitif terdiri atas empat tahapan dimulai dari manusia lahir hingga dewasa. Piaget percaya bahwa anak-anak memiliki ketertarikan terhadap dunia dan secara aktif mencari informasi yang dapat membantu mereka mengenali dunia tersebut. Sebagai seorang pakar yang banyak melakukan penelitian tentang tingkat perkembangan kemampuan kognitif manusia. Pemikiran Jean Piaget dalam filsafat pendidikan anak usia dini mengacu pada pandangan epistimologi, dikarenakan Jean Piaget menyebut sistem epistemologinya sebagai sebuah usaha untuk menjelaskan pengetahuan yang berdasarkan pada sejarah, asal usul sosial, dan terutama sisi psikologis dari pengertian-pengertian dan operasi-operasi yang mendasarinya.                 
ANALISIS ASPEK PERKEMBANGAN SOSIAL-EMOSIONAL DAN BAHASA DALAM PROGRAM MARKET DAY DI TK KHALIFAH CONDONGCATUR YOGYAKARTA Ririn Dwi Wiresti
Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal Vol 3, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal
Publisher : Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/japra.v3i2.8737

Abstract

Era distrupsi ini membuat kita harus bisa membekali berbagai ilmu pengetahuan, kemampuan, daya inovasi, kreatif terhadap anak usia dini sebab ketika mereka dewasa kelak zaman sudah semakin maju dari hari ini. Jika anak tidak dibekali dengan kemampuan dan ilmu pengetahuan yang baik maka anak akan lemah untuk bersaing dalam memunculkan daya beda dengan temannya. Program market day merupakan sebuah program yang dirancang untuk menstimulus jiwa kewirausahaan anak. Dalam penerapannya penilaian anak usia dini dilihat dengan 6 aspek perkembangan yang meliputi seni, bahasa, nilai agama dan moral, fisik-motorik, kognitif, dan sosial-emosional. Dalam penelitian ini peneliti ingin membedah secara detail capaian indikator apa saja yang tercapai dalam program market day dan seberapa besar peran program market day untuk meningkatkan perkembangan sosia-emosional dan bahasa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif, pengambilan data dengan pengisian instrumen indikator ceklis, wawancara, observasi, dan dokumentasi yang dilakukan di TK Khalifah Condongcatur Yogyakarta dengan sumber data kelas TK B. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menghitung persentase pada instrumen indikator ceklis kemudian mendeskripsikannya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program market day berperan sebesar 83,78% untuk perkembangan sosial-emosional yang artinya masuk dalam kategori sangat baik dan 62,96% untuk perkembangan bahasa yang artinya masuk dalam kategori cukup.
Nilai-Nilai Pembelajaran Adabul Majlis bagi Generasi Emas Prasekolah Islam Devi Vionitta Wibowo
Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal Vol 3, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal
Publisher : Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/japra.v3i2.9043

Abstract

Artikel ini berisikan mengenai kajian keislaman bagi generasi Prasekolah di bidang pengembangan agama dan moral anak yang bertemakan adabul majlis yang bersumber pada Qur’anul Karim serta keilmuan Islam lainnya. Tujuan kepenulisan ini agar orangtua dan pendidik memperoleh keilmuan Islam mengenai pembelajaran adabul majlis bagi generasi emas prsekolah Islam serta mampu mengaplikasikan keilmuan kedalam pribadi keseharian anak. Metode penelitian menggunakan library reseach berupa kepustakaan secara deskripif analitik dengan menggunakan beberapa referensi tafsir serta keilmuan Islam generasi emas Prasekolah. Hasil artikel mengungkapkan bahwa terdapat dua surah dalam Qur’anul Karim yang memuat keilmuan adabul majlis, yaitu surah Al-Mujadalah ayat 11 yang menerangkan tentang kewajiban ikhlas serta mentaati protokol bermajlis sesuai peraturan yang telah ditetapkan. Surah Al-Baqoroh ayat 189 sebagai contoh aplikasi adabul majlis dengan memasuki rumah melalui pintu yang telah  disediakan. Metode yang dapat digunakan berupa pembiasaan dalam bersikap sopan, santun, salam saat brmajlis, metode keteladanan guru, orangtua dalam mncontohkan prilaku yang baik saat bermajlis, metode nasehat digunakan untuk mengajarkan anak akan perbuatan terpuji, serta metode pengawan dilakukan untuk memerhatikan sosialisasi anak ketika bermajlis.
Peran Lingkungan Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Atik Latifah
Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal Vol 3, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal
Publisher : Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/japra.v3i2.8785

Abstract

Anak usia dini merupakan masa keemasan golden age period bagi perkembangan seluruh aspek dalam kehidupannya baik itu perkembangan fisik, kognitif, sosial emosional dan pembentukan karakter pada anak. Pada pembentukan karakter anak usia dini ini membutuhkan peran penting pola asuh orang tua yang mana peran orang tua ini merupakan pilar utama dalam Pendidikan anak usia dini, karakter pada anak usia dini bisa berkembang dengan mendapatkan stimulus yang baik begitu pula sebaliknya bila stimulus yang buruk diberikan maka hal tersebut akan membentuk karakter yang buruk bagi anak usia dini, karena anak usia dini memiliki sikap yang spontan yang belum bisa membedakan perilaku baik maupun perilaku yang buruk. Adapun pengaruh dari luar yang bisa membentuk karakter pada anak usia dini yaitu pegaruh lingkungan, lingkungan sendiri terbagi atas tiga bagian yaitu lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Adapun beberapa teknik pengumpulan data yang peneliti lakukan pada penelitian ini, yang diantaranya adalah observasi terstruktur, wawancara semi-terstruktur dengan menggunakan schedule questioner atau interview guide yang digunakan dalam melakukan wawancara dengan sumber penelitian.
Hubungan Antara Minat Anak Mengikuti Pembelajaran Berbasis Lingkungan Alam dengan Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini Daniah Afandi
Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal Vol 3, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal
Publisher : Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/japra.v3i2.9561

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui realitas hubungan antara minat anak mengikuti pembelajaran berbasis lingkungan alam dengan kecerdasan naturalis anak usia dini di kelas B1 RA Golden Rabbani Kabupaten Bandung. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian adalah penelitian korelasional. Subjek penelitian yaitu siswa kelompok B1. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan unjuk kerja. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif analitik dengan rumus korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa realitas minat anak mengikuti pembelajaran berbasis lingkungan alam berkategori baik ditunjukkan dengan nilai rata-rata sebesar 75. Realitas kecerdasan naturalis anak usia dini berkategori baik ditunjukkan dengan nilai rata-rata sebesar 78. Realitas hubungan antara minat anak mengikuti pembelajaran berbasis lingkungan alam dengan kecerdasan naturalis anak usia dini menghasilkan harga koefisien korelasi sebesar 0,560 artinya berkategori cukup tinggi. Selain itu, hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa 15thitung">  2,814 lebih besar dari 15ttabel">  2,228 artinya Ha diterima dan Ho ditolak, dengan kata lain terdapat hubungan positif yang signifikan antara minat anak mengikuti pembelajaran berbasis lingkungan alam dengan kecerdasan naturalis anak usia dini di Kelompok B1 RA Golden Rabbani Kabupaten Bandung
Optimalisasi Psikologi Perkembangan Anak dalam Lingkungan Keluarga Alfiyanti Nurkhasyanah
Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal Vol 3, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal
Publisher : Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/japra.v3i2.8809

Abstract

Psikologi perkembangan anak menjadi salah satu persoalan yang banyak dialami terutama dalam lingkungan keluarga. Kesulitan dalam mendidik karena tidak sesuai dengan harapan menjadikan anak tidak tumbuh maupun berkembang sesuai usianya. Artikel ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research). Penelitian ini dilakukan untuk menghimpun serta menganalisa data yang bersumber dari buku, majalah, koran, dan karya ilmiah lainnya. Penelitian kepustakaan menggunakan pendekatan yang bersifat kualitatif. Berdasarkan hasil berbagai penelitian disajikan untuk membahas Persoalan yang saat ini dihadapi yakni tidak semua lingkungan keluarga dapat memenuhi harapan dan kebutuhan anak terutama dalam psikologi perkembangannya. Lingkungan keluarga yang berperan sebagai pendidik yang baik dan memenuhi standar menjadi sebuah keseharusan bagi orang tua. Jika tidak, maka psikologi perkembangan anaklah yang menjadi taruhannya, karena orangtua dan anak saling bersinergi untuk menunjang masa depannya. Lingkungan keluarga terutama orang tua merupakan pendidikan pertama bagi psikologi perkembangan anak. Proses perkembangan anak dalam berbagai macam aspek seperti bahasa, fisik-motorik, emosi harus mendapatkan dukungan penting dalam lingkungan keluarga karena dapat menjadikan modal dalam kehidupan anak di masa yang akan datang.

Page 1 of 1 | Total Record : 9